Manfaat Argan Oil untuk Wajah, Rahasia Perawatan Kulit Optimal

manfaat argan oil untuk wajah

Bruver, pernah denger nggak soal argan oil? Katanya sih, minyak ini lagi hits banget di dunia kecantikan. 

Banyak cewek-cewek yang suka sama minyak argan karena katanya bisa bikin wajah glowing dan awet muda. Tapi, tau gak sih, ternyata minyak argan gak cuma buat cewek aja lho, Bruver!

Banyak banget manfaat argan oil untuk wajah cowok-cowok. Nggak percaya? Simak artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Argan Oil?

Argan Oil dalam Sabun Bruv For Men

Argan oil adalah salah satu bahan perawatan kulit yang paling populer, dan ini bukan tanpa alasan. Minyak berwarna emas ini kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang bisa bikin kulit Bruver jadi glowing.

Minyak argan berasal dari biji pohon argan, yang tumbuh di Maroko. Sejak dulu, masyarakat udah pakai minyak ini buat ngobatin berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah kulit.

Bikin argan oil itu perlu proses yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama. Biji argan dikumpulkan, dikeringkan, dipanggang, dan kemudian digiling untuk mengeluarkan minyaknya. 

Kandungannya terdiri dari:

1. Polifenol (Flavonoid)

Polifenol dan flavonoid itu antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak, polifenol dalam argan oil tetap memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan kecantikan.

2. Karoten

Karoten diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A yang mendukung kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karoten, seperti antioksidan lainnya, membantu memerangi radikal bebas berbahaya yang merusak sel dan berkontribusi pada penuaan dan penyakit kronis.

3. Vitamin E

Vitamin E dikenal sebagai antioksidan kuat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, dan argan oil adalah salah satu sumber terbaiknya.

Secara persis, kandungan vitamin E dalam argan oil bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti asal pohon, cara ekstraksi, dan kondisi penyimpanan. Namun, secara umum, argan oil diperkirakan mengandung sekitar 75-140 mg vitamin E per 100 gram.

4. Asam Lemak Omega

Argan oil memang kaya akan asam lemak omega, terutama omega-9 dan omega-6. Kandungan kedua jenis asam lemak tak jenuh ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

5. Fitosterol

Argan oil punya kandungan fitosterol kayak schottenol, spinasterol, dan beta-sitosterol yang bagus banget buat kulit. Fitosterol nggak larut dalam air, tapi larut dalam lemak dan minyak. Kandungan ini punya sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Nah, karena kandungan-kandungan itulah argan oil punya manfaat luar biasa untuk kulit dan sering dijadiin bahan buat skincare. 

Manfaat Argan Oil untuk Wajah

manfaat minyak argan untuk wajah

Kalau udah kenalan sama argan oil, waktunya Bruver tau nih benefit-benefit kalau rajin pakai argan oil. Yuk kita bahas manfaat argan oil untuk wajah lebih lengkap!

1. Sebagai Anti-inflamasi

Salah satu manfaat argan oil untuk wajah yang paling terkenal adalah sifat anti-inflamasinya. Argan oil telah terbukti bisa mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk kulit kering, terbakar sinar matahari, dan dermatitis atopik, jenis eksim yang paling umum.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, minyak argan menunjukkan efek anti-inflamasi yang paling kuat, dibandingkan jojoba oil, minyak alpukat, minyak kedelai, dan minyak zaitun, dengan cara mengurangi produksi sitokin dan ekspresi gen yang berkaitan dengan peradangan.

2. Melindungi dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Aktivitas antioksidan yang ada di dalam argan oil bisa bantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas akibat sinar matahari. Jadi, argan oil bisa mencegah sunburn, hiperpigmentasi, dan dalam jangka panjangnya bisa mencegah perkembangan kanker kulit, termasuk melanoma.

3. Melembapkan Kulit

Argan oil bisa melembapkan kulit dan meningatkan elastisitasnya dengan cara menembus lapisan kulit dan mengunci kelembapan dan membantu meningkatkan produksi kolagen.  

4. Mengontrol Produksi Sebum

Meskipun bentuknya minyak, argan oil itu non-komedogenik dan bisa dipakai Bruver yang punya kulit berminyak. Jangan khawatir, soalnya argan oil bisa mengontrol produksi sebum supaya nggak berlebihan dan nggak bikin kering.

5. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Kandungan vitamin E yang kaya antioksidan pada argan oil membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi. Hal ini dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan keriput.

Baca Juga: Ciri Ciri Sel Kulit Mati Pada Wajah.

6. Mengatasi Jerawat

Kayak yang udah dijelasin sebelumnya, argan oil itu punya sifat anti-inflamasi yang luar biasa, jadi bisa mengatasi peradangan yang disebabkan jerawat. Selain itu, kandungan antibakterinya juga bisa bantu melawan bakteri penyebab jerawat.

7. Memudarkan Hiperpigmentasi

Minyak ini punya lapisan pelindung alami yang bantu cegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Nggak cuma itu, kandungan vitamin E yang punya kemampuan memperbaiki kulit juga ikut memudarkan hiperpigmentasi. Hasilnya, wajah jadi kelihatan lebih cerah dan bersinar.

Penelitian lain juga membuktikan manfaat argan oil untuk wajah dalam memudarkan hiperpigmentasi, seperti flek hitam dan bekas jerawat.

8. Memperkuat Skin Barrier

Argan oil membantu memperkuat skin barrier, sehingga bikin kulit lebih tahan sama iritan dan alergen. 

Selain punya manfaat yang banyak, argan oil juga aman dan ramah untuk kulit sensitif. Sifat anti-inflamasinya membantu menenangkan iritasi dan kemerahan. Pakai argan oil secara rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat.

Argan Oil dalam Skincare

Argan oil menawarkan kombinasi unik antioksidan, asam lemak esensial, dan vitamin yang punya manfaat luar biasa bagi kulit. Jadi cocok banget buat dimasukin ke tahapan-tahapan skincare Bruver!

Bruver punya kulit kering, kulit berminyak, sampai kulit sensitif? Tenang aja! Argan oil cocok buat semua jenis kulit. Tapi, hati-hati ya Bruver, tetep lakuin skin patch test, supaya terjamin keamanannya.

Manfaat argan oil untuk wajah bisa Bruver dapetin secara langsung dengan mengoleskannya ke wajah yang udah dibersihin, sambil dipijat-pijat sampai meresap.

Biasanya, argan oil juga bisa Bruver temuin di produk-produk skincare kayak cleanser, toner, moisturizer, serum, sampai face mask.

Argan Oil dalam Bruv For Men

Buat Bruver yang pengen cobain argan oil anti ribet, cobain Bruv For Men Face Wash! Sabun cuci muka ini diformulasikan khusus untuk pria dengan kandungan argan oil yang kaya manfaat.

Selain punya kandungan argan oil, Bruv For Men juga punya kandungan bamboo charcoal dan peppermint oil, yang bisa bikin sensasi beda waktu Bruver cuci muka. Dijamin seger dan bersih sampai ke pori-pori terdalam.

Buruan! cobain Bruv For Men, yang udah teruji secara klinis, aman buat segala jenis kulit. Karena Bruv tak hanya jadi Sabun Muka untuk Pria Berjerawat dan Berminyak, tapi semua jenis kulit bisa pakai!

Share This Post

Discover More