Apakah Kulit yang Hitam Karena Matahari Bisa Putih Lagi? #QnA Bruver

apakah kulit yang hitam karena matahari bisa putih lagi

Kelamaan kena sinar matahari waktu Bruver lagi ngelakuin aktivitas di luar ruangan emang bisa bikin kulit gosong dan belang. Padahal kan sebagai cowok, Bruver pengennya tampil keren dan menarik. Kulit gosong dan belang bisa bikin Bruver jadi gak pede. 

Terus, apakah kulit yang hitam karena matahari bisa putih lagi? Cari tau jawabannya di artikel ini ya.

Kenapa Sinar Matahari Bisa Bikin Kulit Hitam?

Kulit hitam terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari mengandung sinar UV (Ultra Violet) yang terbagi menjadi UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVC tidak sampai ke bumi karena tertahan oleh atmosfer.

Sinar UVA dan UVB inilah yang dapat merusak sel-sel kulit dan memicu produksi melanin. Melanin itu pigmen yang memberi warna coklat pada kulit. Nah, kalau melanin diproduksi berlebihan, kulit jadi terlihat lebih gelap, sampai menghitam.

Apakah Kulit yang Hitam Karena Matahari Bisa Putih Lagi? Berapa Lama?

Banyak yang bertanya soal kemungkinan apakah kulit yang hitam karena matahari bisa putih lagi? Soal itu, jawabannya bisa, Bruver! Tapi, perlu diingat nih, prosesnya gak instan dan butuh usaha ekstra.

Lama waktu yang dibutuhkan kulit untuk kembali putih setelah terkena sinar matahari tergantung pada beberapa faktor, misalnya tingkat keparahan kulit gosong, warna kulit alami, usia, dan gimana Bruver merawat kulit.

Secara umum, kulit gosong ringan bisa kembali putih dalam waktu 2-4 minggu, sedangkan kulit gosong parah membutuhkan waktu 6-8 minggu atau bahkan lebih lama.

Cara Mengatasi Kulit yang Hitam Karena Matahari

Mengembalikan kulit hitam karena sinar matahari

Berikut beberapa cara yang bisa Bruver coba untuk mengembalikan kulit hitam karena sinar matahari:

1. Pakai Sunscreen

Setiap kali keluar rumah, wajib hukumnya pakai sunscreen dengan SPF minimal 30. Sunscreen ini gunanya untuk melindungi kulit dari sinar UV. Rajin-rajin oleskan sunscreen setiap 2 jam sekali, ya, Bruver.

2. Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang bikin kulit terlihat kusam dan gelap. Ada dua jenis eksfoliasi yang bisa Bruver coba, fisik dan kimia.

Physical exfoliation menggunakan bahan abrasif seperti scrub, sikat wajah, atau kain lap untuk mengangkat sel kulit mati. Sedangkan, chemical exfoliation menggunakan bahan kimia seperti asam untuk melarutkan sel kulit mati.

Lakukan eksfoliasi dengan hati-hati, 1-2 kali seminggu, jangan sampai berlebihan. Pakai pelembap setelahnya, supaya kulit Bruver nggak iritasi.

3. Pakai Produk Pencerah Kulit

Untuk bikin kulit bisa putih lagi secara instan pakai skincare? Bisa, tapi harus telaten dan rutin pakainya.

Cari produk skincare yang mengandung bahan pencerah seperti:

  • Niacinamide

Bantu mencerahkan kulit dengan menghambat transfer melanin ke permukaan kulit.

  • Vitamin C

Punya kandungan antioksidan yang kuat, jadi bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Kojic Acid

Bisa menghambat produksi melanin, jadi bisa mencerahkan kulit.

  • Alpha Arbutin

Membantu mencerahkan kulit dengan menghambat tirosinase, enzim yang bertanggung jawab atas produksi melanin.

  • AHA dan BHA

Membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru.

Pastikan Bruver memperhatikan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit dan lakukan patch test terlebih dahulu.

4. Gunakan Bahan Alami

Mengembalikan warna kulit putih yang sudah menghitam karena sinar matahari pakai bahan alami? Bisa dong. Beberapa bahan alami di bawah ini bisa Bruver coba:

  • Mentimun

Mentimun punya kandungan antioksidan vitamin C, flavonoid, dan phenolic acid serta turunannya. Kandungan-kandungan inilah yang bisa mencerahkan dan meratakan kulit wajah karena matahari. 

  • Teh Chamomile

Teh chamomile udah jadi minuman favorit masyarakat, soalnya punya rasa dan aroma yang enak dan menenangkan. Ternyata, chamomile ini efektif untuk mencerahkan kulit wajah juga lho, soalnya punya kandungan antioksidan yang tinggi.

  • Madu dan Gandum

Madu emang udah terkenal punya banyak banget manfaat, termasuk sebagai cara mengatasi muka gosong karena sinar matahari. Menurut halodoc, madu punya sifat eksfoliasi yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati dan meratakan warna kulit.

  • Lidah Buaya

Kandungan vitamin dan mineral di dalam lidah buaya bisa menyeimbangkan pH kulit dan menurunkan pigmentasinya. Jadi, apakah kulit yang hitam karena matahari bisa putih lagi pakai lidah buaya? Jawabannya bisa, tapi dengan konsistensi.

  • Oatmeal

Oatmeal bisa membantu memutihkan kulit karena mengandung asam amino, vitamin B1, dan zinc. Ini juga membantu mengatasi perubahan warna karena matahari, menyamarkan bekas luka, dan mencerahkan kulit.

  • Kunyit

Kurkumin yang ada di dalam kunyit punya sifat antioksidan dan anti-inflamasi, jadi bisa membantu mencerahkan warna kulit dan mengurangi bintik hitam dan pigmentasi.

  • Air Beras

Bisa juga menggunakan bahan alami air beras. Namun sebenarnya, masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air beras untuk kulit.

Potensinya berasal dari kandungan antioksidan, vitamin B dan mineral yang bisa membantu menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit, sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bruver bisa pakai bahan-bahan alami tersebut dengan cara mengoleskannya dalam bentuk masker pada wajah yang menghitam selama 15-30 menit. Inget! Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil optimal.

5. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Terus kalau kulit Bruver gosongnya udah parah gimana? Apakah kulit yang hitam karena matahari bisa putih lagi kalau udah parah? Ada baiknya konsultasi dengan dokter kulit. Dokter mungkin akan memberikan resep obat atau treatment khusus untuk membantu mencerahkan kulit.

Oh iya, ngomong-ngomong soal warna kulit. Bruver pasti udah tahu kan, kalau di Indonesia mayoritas kulitnya sawo matang? Tapi ada juga yang namanya kuning langsat. Kalau belum tahu dan penasaran soal bedanya, Bruver bisa cari tahu lebih lanjut apa perbedaan kulit kuning langsat dan sawo matang.

Tips Agar Kulit Tidak Hitam Saat Terkena Sinar Matahari

Berapa Lama Kulit Kembali Putih Setelah Terkena Sinar Matahari

Sebelum muka jadi gosong atau menghitam, sebaiknya Bruver melindungi kulit dari sinar matahari. Langkah pertama dan paling penting adalah menghindari paparan sinar matahari berlebih, terutama saat jam 10 pagi sampai 4 sore. Soalnya, sinar matahari di waktu-waktu ini mengandung sinar UV yang paling kuat dan bisa bikin kulit gosong.

Terus, wajib banget yang namanya pakai sunscreen! Sunscreen adalah cara termudah dan paling efektif untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Bruver bisa pakai sunscreen minimal SPF 30 PA ++ sebanyak dua ruas jari sebelum beraktifitas, supaya kulit tetap terlindungi.

Tips lainnya, pakai pakaian yang lebih tertutup, topi, serta kacamata yang punya pelindung UV. Hindari beraktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik, yaitu antara jam 10 pagi hingga 4 sore. Jika terpaksa harus keluar, carilah tempat yang teduh.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan ini, Bruver bisa melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari yang berbahaya dan bikin kulit jadi hitam.

Jangan lupa rutin bersihin wajah pakai Bruv For Men, supaya wajah jadi lebih cerah. Bruv For Men mengandung activated bamboo charcoal yang ampuh mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Argan oil dan peppermint oilnya membantu menutrisi dan mencerahkan kulit. Sabun ini juga aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Yuk, Bruver! Cerahkan kulitmu dengan Bruv For Men dan tampil lebih pede!

Share This Post

Discover More