6+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Cepat

cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat

Punya bekas jerawat yang hitam di pipi ganggu penampilan banget kan? Mungkin bukan cuma Bruver yang mendadak insecure, tapi hampir semua orang! Tapi tenang, MinBruv punya cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat. Simak ya, sampai abis!

Jerawat itu masalah kulit yang umum, baik pada remaja, maupun orang dewasa. Tamu tak diundang ini bisa muncul di mana saja, tapi area favoritnya adalah dahi, pipi, dan dagu.

Apa sih penyebab jerawat?

Jaid, ketika pori-pori kulit tersumbat sama minyak, sel kulit mati, dan rambut, jerawat bisa muncul secara otomatis. 

Meskipun pori-pori emang ngeluarin minyak dan sel kulit mati secara alami, tapi, kalau punya tipe kulit berjerawat, pori-pori jadi gampang tersumbat dan bakteri terperangkap di dalamnya.

Bakteri ini yang kemudian berkembang biak dan bikin peradangan, kayak bengkak, merah, panas, dan nyeri. Nah, peradangan ini yang bisa merusak kulit dan nimbulin bekas jerawat hitam.

Tubuh berusaha untuk memperbaiki kerusakan dengan memproduksi kolagen, tapi nggak selalu sempurna. Kadang, produksi kolagen berlebihan dan nggak merata, sehingga terbentuklah bekas jerawat hitam.

Jenis Bekas Jerawat Hitam

Ada dua jenis utama bekas jerawat hitam:

  • Macula

Kalau Bruver pernah punya jerawat hitam dan mirip kayak tahi lalat, tapi biasanya lebih besar dan muncul setelah jerawat meradang, tandanya Bruver punya macula.

Macula adalah jenis bekas jerawat hitam yang berbentuk bercak coklat kehitaman datar di wajah. Biasanya, jerawat jenis ini muncul di pipi dan lebih gampang memudar.

  • Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi itu bekas jerawat yang lebih gelap dan lebih bandel daripada macula. Hiperpigmentasi muncul sebagai noda coklat yang lebih besar dan lebih susah dihilangkan dari macula. Bekas ini muncul setelah jerawat yang parah, dan biasanya membutuhkan waktu lama untuk memudar.

Faktor-faktor yang memperparah bekas jerawat antara lain jerawat yang parah, kebiasaan memencet jerawat, dan paparan sinar matahari.

Penyebab Jerawat Hitam di Pipi

cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Jerawat hitam itu nggak muncul tiba-tiba, Bruver. Ada beberapa penyebab jerawat hitam di pipi nih, hati-hati ya!

  1. Peradangan Jerawat

Kayak yang udah dijelasin sebelumnya, waktu jerawat muncul, dan terjadi peradangan pada kulit, bisa memicu produksi melanin, yang kemudian menyebabkan noda hitam setelah jerawat sembuh.

  1. Paparan Sinar Matahari

Udah tau kan, sinar matahari mengandung sinar UV? Nah, sinar UV ini nih yang bikin noda hitam bekas jerawat makin coklat dan susah diilangin. Kenapa sih bisa gitu?

Ternyata, sinar UV ini bisa merangsang produksi melanin di kulit, yang bikin kulit kita berwarna. Nah, kalo di kulit yang lagi ada jerawat, produksi melanin ini makin berlebihan. Jadinya, noda hitam bekas jerawat pun makin keliatan.

  1. Memencet Jerawat

Kalau lagi jerawatan, rasanya gemes ya, pengen mencet gitu. Tapi, jangan keseringan deh Bruver. Soalnya, tanganmu yang mungkin kotor, bisa bikin bakteri baru ke jerawat.

Selain itu, memencet jerawat juga bisa ngerusak jaringan kulit di sekitar jerawat. Hal ini bisa bikin bekas jerawat yang susah hilang, kayak bopeng atau noda hitam.

  1. Faktor Genetik

Bekas jerawat hitam membandel mungkin juga disebabkan faktor genetik. Orang yang punya gen tertentu lebih rentan terhadap PIH (hiperpigmentasi pasca inflamasi), yaitu kondisi di mana bekas jerawat jadi lebih gelap dan susah hilang.

  1. Jenis Kulit

Bruver yang punya jenis kulit gelap atau sawo matang, lebih rentan terkena bekas jerawat hitam. Soalnya, orang dengan kulit gelap punya melanin yang lebih banyak. 

Nah, saat jerawat meradang, produksi melanin di area tersebut jadi lebih banyak. Makanya, bekas jerawatnya jadi lebih gelap.

  1. Produk Perawatan Kulit Tertentu

Produk-produk skincare tertentu, misalnya yang mengandung benzoyl peroxide atau AHA, bisa bikin kulit Bruver lebih sensitif dan rentan terhadap sinar UV.

Kombinasi kulit sensitif dan paparan sinar UV ini bikin bekas jerawat makin gelap dan susah dihilangin.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Cepat

Banyak ya, faktor penyebabnya? Jangan khawatir! Cobain cara-cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat di bawah ini!

1. Jangan Lupa Pakai Sunscreen

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat adalah dengan mengurangi paparan sinar matahari yang bikin produksi melanin meningkat.

Makanya, Bruver jangan lupa pakai sunscreen sebelum beraktivitas. Pilih produk yang punya kandungan minimal SPF 30. Rajin-rajin re-apply juga ya Bruver!

2. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi itu proses pengelupasan sel kulit mati di dikulit. Cukup lakuin sekitar 2-3 kali seminggu aja, dan ini bisa jadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat dan efektif.

Ada banyak produk eksfoliasi yang bisa Bruver temukan di pasaran. Cari produk yang mengandung AHA, BHA, Retinoid, atau asam salisilat.

3. Pakai Skincare

Kalau mau punya kulit mulus, jangan males pakai skincare! Skincare biasanya punya kandungan yang punya fungsinya masing-masing. 

Misalnya, niacinamide, vitamin C, dan hydroquinone dalam skincare bisa membantu memudarkan noda hitam dan meratakan warna kulit.

Kandungan kayak retinol dan AHA membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.

Baca Juga: Manfaat Charcoal untuk Wajah.

4. Pakai Masker Alami

Bahan-bahan alami yang ada di dalam masker, kaya akan vitamin dan mineral yang membantu mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam. Ini beberapa bahan yang bisa jadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat:

  • Masker Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Caranya, ambil gel lidah buaya segar dan oleskan secara langsung ke area bekas jerawat, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Masker Lemon

Lemon punya kandungan vitamin C yang bisa bantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat. Tapi, Bruver juga harus hati-hati. Soalnya, lemon juga bikin iritasi kalau Bruver punya kulit sensitif.

  • Masker Kentang

Kandungan potasium yang ada di kentang bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat hitam. Caranya, parut kentang dan pakai endapan tersebut sebagai masker wajah atau lulur mandi.

  • Masker Kunyit

Kunyit emang terkenal punya sifat antiinflamasi dan dapat membantu meregenerasi kulit. Makanya, cocok untuk jadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat. Bubuk kunyit bisa digunakan sebagai masker untuk memudarkan warna bekas jerawat.

  • Masker Madu

Madu juga punya sifat antibakteri alami yang bisa mengurangi bekas jerawat yang menghitam di pipi. Campur madu dengan bahan lain seperti kayu manis atau minyak zaitun untuk manfaat tambahan.

5. Bersihkan Wajah

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat dan gampang tuh dengan membersihkan wajah. Cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam. Gunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Bruver.

Membersihkan wajah membantu mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Penyumbatan pori-pori ini nih yang bikin jerawat muncul dan ninggalin bekas hitam.

6. Perawatan Klinik

Mau cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat atau bahkan bisa dibilang instan? Jawabannya, lakuin perawatan di klinik! 

Karena menggunakan teknologi canggih, bahan-bahan kuat, dan dikerjakan oleh ahlinya, maka perawatan klinik bisa menghilangkan bekas jerawat dengan lebih efektif.

Bruver bisa coba chemical peeling, microdermabrasion, laser therapy, IPL, dan lainnya, tergantung jenis dan tingkat keparahan bekas jerawat. 

Bekas jerawat hitam emang nggak bisa langsung hilang gitu aja, tapi dengan konsisten dan sabar dalam ngikutin cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat di atas, Bruver bisa dapetin kulit yang bersih dan cerah.

Merawat Muka Berjerawat dengan Bruv

Masih males dan ngerasa ribet ngelakuin cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat kayak di atas?

Kenalin, Bruv For Men! Sabun cuci muka khusus pria yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami, kayak activated charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang punya banyak manfaat.

Bruv nggak cuma bantu menghilangkan jerawat, tapi juga bisa memudarkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat. Sabun ini juga aman digunakan setiap hari, tanpa bikin kulit kering atau iritasi.

Yuk, rutin pakai Bruv 2 kali sehari, pagi dan malam, untuk hasil yang maksimal. Wajah bebas dari jerawat dan bekasnya, biar penampilan kamu makin keren dan maksimal.

Untuk kulit berjerawat, pastikan pilih sabun muka khusus untuk pria berjerawat!

Share This Post

Discover More