Cara Menghilangkan Jerawat Mendem, Dengan atau Tanpa Skincare Bisa!

Cara Menghilangkan Jerawat Mendem

Ada benjolan kecil di wajah yang terasa nyeri waktu Bruver pegang? Kemungkinan besar itu jerawat mendem. Jerawat ini emang ganggu banget, soalnya nggak keliatan tapi bikin nggak nyaman. Terus gimana cara menghilangkan jerawat mendem? Simak terus ya!

Jerawat mendem atau juga bisa disebut jerawat nodul, adalah benjolan jerawat yang terbentuk di bawah kulit yang terasa merah dan nyeri. Contoh jerawat mendem emang nggak selalu kelihatan, tapi akan terasa benjolannya waktu disentuh.

Kalau jerawat biasa punya ‘kepala’, jerawat mendem nggak punya lubang untuk mengeluarkan nanah. Hal ini bikin cara menghilangkan jerawat mendem lebih sulit dan berisiko meninggalkan bekas luka.

Akar permasalahan jerawat mendem terletak pada peradangan kronis yang terjadi di folikel rambut. Peradangan ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  1. Produksi Minyak Berlebih
penyebab jerawat mendem

Kelenjar minyak di kulit memproduksi sebum untuk menjaga kelembutan dan elastisitas kulit. Tapi, pada orang yang rentan jerawat, produksi sebum berlebihan bisa bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri penyebab jerawat yang hidup di permukaan kulit, sehingga menyumbat pori-pori dan menimbulkan peradangan.

  1. Hiperkeratosis

Dikutip dari alodokter, hiperkeratosis adalah kondisi di mana sel-sel kulit diproduksi secara berlebih, yang membuat lapisan luar kulit lebih tebal. Kondisi ini bisa menyumbat pori-pori dan memicu peningkatan pertumbuhan bakteri jerawat dan menyebabkan peradangan.

  1. Faktor Genetik

Keluarga Bruver punya riwayat jerawat mendem? Hati-hati, bisa jadi Bruver selanjutnya! Gen tertentu bisa mempengaruhi regulasi hormon androgen, yang selanjutnya meningkatkan aktivitas kelenjar sebaceous. Peningkatan produksi sebum menyebabkan kulit lebih berminyak, sehingga meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori dan berkembangnya jerawat mendem.

  1. Faktor Hormon

Tau nggak sih kalau pria lebih sering mengalami jerawat mendem dibanding wanita? Ini berkaitan erat sama fluktuasi hormon pria, terutama testosteron dan dihidrotestosteron (DHT). keduanya berperan untuk meningkatkan produksi sebum, sehingga meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori dan jerawat.

  1. Stres

Stres bisa memperburuk kondisi jerawat dengan meningkatkan produksi hormon stres seperti kortisol. Kortisol dapat meningkatkan produksi sebum, sehingga bisa memicu dan memperlambat proses penyembuhan jerawat mendem.

  1. Makanan 

Beberapa penelitian menunjukkan kalau makanan dengan indeks glikemik tinggi (IG) dan tinggi lemak jenuh dapat memperburuk kondisi jerawat. Bruver perlu menghindari konsumsi nasi putih, roti, pasta, kue, permen, minuman manis, daging merah, olahan susu, makanan olahan, gorengan, dan sebagainya.

Menurut Cleveland Clinic, beberapa jerawat mendem akan muncul ke permukaan dan terlihat pada akhirnya. Tapi ada juga yang hilang tanpa meninggalkan bekas

Ciri-ciri Jerawat Mendem

Cara Menghilangkan Jerawat Mendem

Ciri-ciri jerawat mendem yang utama dan yang paling membedakannya dengan jerawat yang lain adalah letaknya yang ada di dalam kulit dan bisa memengaruhi folikel rambut, serta jaringan di sekitarnya. Ciri-ciri jerawat mendem lainnya antara lain:

1. Benjolan Keras

Jerawat mendem emang nggak keliatan, tapi kalau disentuh terasa ada benjolan yang keras, kayak ada batu di dalam kulit Bruver.

2. Terasa Nyeri

Saat disentuh, benjolan keras jerawat mendem ini terasa nyeri dan tidak nyaman. Nyeri ini disebabkan peradangan yang terjadi di dalam kulit.

3. Ukuran Besar

Benjolan jerawat mendem biasanya berukuran lebih besar dari 5 milimeter, bahkan bisa mencapai beberapa sentimeter, tergantung seberapa parah jerawatnya.

4. Berwarna Kemerahan 

Benjolan jerawat mendem biasanya berwarna merah atau ungu, menandakan adanya peradangan.

5. Tidak Punya Lubang Nanah

Beda sama jerawat biasa, jerawat mendem nggak selalu punya ‘kepala’ atau lubang nanah untuk mengeluarkan nanah jerawat.

6. Lokasi

Jerawat mendem biasanya muncul di wajah, punggung, dada, atau bahu.

7. Perkembangan Lambat

Jerawat mendem biasanya berkembang lebih lambat daripada jerawat biasa dan bisa bertahan selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Cara Menghilangkan Jerawat Mendem

Jerawat mendem umumnya lebih susah diobati karena letaknya yang ada di dalam. Tapi, bukan berarti nggak bisa ya! Berikut ini cara menghilangkan jerawat mendem:

1. Kompres Hangat

Menggunakan kompres hangat bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat mendem dan membantu mengeluarkan nanah.

Panas dari kompres membantu melebarkan pembuluh darah di area jerawat, sehingga meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lebih baik membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke area tersebut, yang membantu mempercepat proses penyembuhan.

Rendam handuk bersih dengan air hangat, peras handuk supaya tidak terlalu basah. Kompreskan handuk hangat ini pada area jerawat mendem selama 5-10 menit. Bruver bisa mengulangi ini sebanyak 3-4 kali sehari.

2. Pakai Acne Patch

Bukan cuma gaya-gayaan, acne patch bisa jadi salah satu cara menghilangkan jerawat mendem di pipi (Baca Juga: Makanan penyebab jerawat di pipi).

Acne patch bekerja dengan cara menyerap nanah dan minyak dari jerawat, melindungi jerawat dari kotoran dan bakteri, dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Ada banyak jenis acne patch yang bisa Bruver pakai, diantaranya hydrocolloid patch, salicylic acid patch, dan microneedle patch. Sesuaikan dengan masalah jerawat yang Bruver alami.

3. Hindari Memencet

Memencet jerawat mendem dapat mendorong nanah dan bakteri lebih dalam ke dalam kulit, sehingga memperparah peradangan dan meningkatkan risiko infeksi. Makanya, Bruver sebaiknya hindari memencet apalagi mencoba memecah jerawat sebagai cara mengatasi jerawat mendem di hidung.

4. Kompres Es

Dingin dari kompres es bisa bantu menyempitkan pembuluh darah di area jerawat, sehingga mengurangi aliran darah dan pembengkakan. Hal ini bisa jadi cara menghilangkan jerawat mendem karena membantu meredakan kemerahan dan rasa sakit pada jerawat.

Tapi, jangan langsung aplikasikan es batu ke jerawatmu ya. Bungkus es batu pakai handuk bersih atau kantong. Kompreskan es batu ke area jerawat mendem selama 5-10 menit.

5. Jaga Kebersihan Kulit

Cara untuk menghilangkan jerawat mendem di dagu atau area lain yang nggak boleh Bruver skip adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Cuci muka dua kali sehari dengan sabun cuci muka yang lembut dan cocok sama jenis kulit Bruver. Coba juga lakuin metode double cleansing biar lebih bersih.

6. Pakai Skincare

Nggak cuma jerawat biasa yang bisa dipakein skincare, tapi ini juga bisa jadi cara ampuh untuk mengatasinya lho. Cobain skincare yang punya kandungan-kandungan di bawah ini:

  • Salicylic Acid

Bekerja dengan mengangkat sel kulit mati dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran, makanya nanah dan bakteri penyebab jerawat lebih mudah keluar.

  • Benzoyl Peroxide

Dikutip dari Healthline, kandungan ini bisa membunuh bakteri di bawah kulit yang jadi penyebab jerawat dan membantu mengeringkan jerawat.

  • Retinoid

Retinoid dipercaya bisa meningkatkan pergantian sel kulit, sehingga pori-pori tidak tersumbat dan membantu mengurangi peradangan, karena sifat antiinflamasinya.

  • Azelaic Acid

Memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, membantu meredakan peradangan dan hiperpigmentasi. Nilai plusnya, azelaic acid umumnya aman untuk kulit sensitif dan jarang menyebabkan iritasi.

  • Niacinamide

Mengatur produksi minyak, membantu meredakan peradangan, dan memudarkan bekas jerawat.

7. Pakai Bahan Alami

Kalau Bruver lebih suka perawatan pakai bahan alami, ada juga cara menghilangkan jerawat mendem di dahi atau jidat dengan bahan-bahan di bawah ini:

  • Tea Tree

Teh hijau mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan pada jerawat mendem. 

Bruver bisa menyeduh teh hijau dengan air panas, dinginkan, lalu kompreskan pada jerawat mendem selama 10-15 menit.

  • Madu 

Madu punya sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan. 

Caranya, oleskan madu murni pada jerawat mendem, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Lidah Buaya

Sifat antiinflamasi dan antibakteri, serta efek mendinginkan yang ada di lidah buaya bisa membantu meredakan peradangan, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat penyembuhan jerawat mendem.

Cara menghilangkan jerawat mendem pakai lidah buaya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya yang segar dan bersih ke jerawat mendem. Setelah 15-20 menit, bilas pakai air hangat.

  • Kunyit

Kunyit memang sering digunakan sebagai bahan alami untuk membantu mengatasi jerawat mendem. Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki beberapa sifat yang berpotensi bermanfaat untuk jerawat, misalnya sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan.

Buat pasta dari kunyit bubuk dan air, oleskan pada jerawat mendem. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang memiliki sifat antibakteri, sehingga berpotensi melawan bakteri penyebab jerawat. Sifat antiinflamasi pada bawang putih mungkin dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat mendem.

Oleskan bawang putih secara langsung ke jerawat, tapi hati-hati ya Bruver, kadang bawang putih menyebabkan iritasi pada kulit, apalagi kalau Bruver punya kulit sensitif.

Yuk cobain berbagai cara di atas secara rutin dan telaten, jerawat mendem akan mereda seiring berjalannya waktu!

Selain jerawat nodul, kenali juga soal wajah purging dan breakout yang seringkali terjadi pada kulit wajah.

Bruv Face Wash Bisa untuk Kulit Berjerawat

Untuk memaksimalkan cara menghilangkan jerawat mendem di atas, Bruver bisa pakai Bruv Face Wash

Sabun pria ini bukan sembarang sabun, Bruver! Kandungan aktifnya yang powerful seperti activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil siap bantu basmi jerawat mendem sampai ke akarnya.

Gunakan Bruv Face Wash dua kali sehari, pagi dan malam, untuk hasil yang maksimal. Yuk, wujudkan kulit wajah impian tanpa jerawat bersama Bruv Face Wash!

Share This Post

Discover More