Double Cleansing untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Cek Langkah Amannya

Double Cleansing untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Bruver sering terpapar polusi atau sering menggunakan makeup? Hati-hati! Ini bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, apalagi kalau Bruver punya kulit yang berminyak. Kulit yang kotor bisa memicu penyumbatan pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Artinya, Bruver perlu pembersihan secara ekstra! Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan metode double cleansing. Metode apa sih ini? Yuk, bahas tentang double cleansing untuk kulit berminyak dan berjerawat dalam artikel ini!

Manfaat Double Cleansing untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Pernah denger metode double cleansing? Kayak namanya, ini adalah metode pembersihan dalam dua langkah. Umumnya, terdiri dari pembersih berbasis minyak, kemudian dilanjutkan pembersih berbasis air.

Metode ini berasal dari Asia, terutama di Korea dan Jepang pada abad ke-14. Pada awalnya, metode double cleansing digunakan untuk membersihkan makeup atau foundation yang tebal seperti cat putih.

Teknik double cleansing ini menjadi sangat populer di seluruh dunia, apalagi banyak beauty influencer dan selebriti yang mempopulerkannya di media sosial. 

Tujuan dari metode ini adalah untuk menghilangkan semua kotoran, minyak, makeup, dan sisa skincare yang telah menempel sepanjang hari di kulit secara mendalam.

Kalau Bruver pikir teknik double cleansing cuma cocok untuk pemilik kulit kering, Bruver salah besar! Nyatanya, double cleansing bagi kulit berminyak dan berjerawat juga bagus lho.

Bruver yang punya kulit berminyak dan berjerawat justru membutuhkan perawatan pembersihan yang lebih ekstra untuk mencegah produksi minyak berlebih dan pori-pori tersumbat yang memicu jerawat.

Double cleansing sendiri punya banyak manfaat, antara lain:

  1. Membersihkan Makeup dan Skincare

Buat Bruver yang rutin pakai makeup dan skincare, double cleansing sangat efektif untuk membersihkannya, bahkan dari produk-produk yang waterproof.

  1. Mengontrol Produksi Minyak

Double Cleansing membantu mengangkat minyak berlebih yang menyumbat pori-pori, sehingga membantu mengontrol produksi minyak dan mengurangi kilap pada wajah.

  1. Meminimalisir Tampilan Pori-pori

Pori-pori yang tersumbat kotoran bisa keliatan lebih lebar. Jadi, double cleansing bisa membantu meminimalisir tampilan pori-pori dan membuat tekstur kulit lebih halus dan merata.

  1. Mencegah Masalah Kulit

Melakukan double cleansing secara teratur dapat membantu membersihkan permukaan kulit secara menyeluruh dan juga lapisan pori-pori terdalam, sehingga bisa mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, komedo, dan kulit kusam.

  1. Mencegah Munculnya Jerawat

Sisa-sisa kotoran dan minyak yang nggak dibersihkan dengan benar bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Nah, double cleansing bisa membantu membersihkannya secara menyeluruh dan membantu mencegahnya.

  1. Mencerahkan Kulit

Melakukan double cleansing secara rutin bisa membantu Bruver mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga muncul kulit baru yang lebih cerah dan glowing

  1. Lebih Lembut untuk Kulit

Banyak orang dengan kulit berminyak dan berjerawat yang hanya menggunakan cleanser berbahan keras untuk menghilangkan minyak berlebih. 

Tapi, sebenarnya ini kurang baik ya, Bruver. Kehilangan minyak justru bisa menyebabkan kulit kering, bahkan iritasi.

Nah, karena double cleansing menggunakan pembersih berbasis minyak yang tidak mengandung bahan astringen, ini jauh lebih lembut dan aman untuk kulitmu.

  1. Memudahkan Penyerapan Skincare Selanjutnya

Kulit yang bersih dari kotoran, minyak, dan makeup, ini bisa membantu memudahkan penyerapan dan meningkatkan efektivitas produk skincare yang Bruver gunakan selanjutnya. Ini karena kemampuannya menghilangkan sel kulit mati yang kadang menghambat penyerapan skincare.

Dilansir dari Everyday Health, Dr. Lal, seorang ahli dermatologis mengatakan bahwa double cleansing sangat cocok untuk orang dengan kulit berminyak dan berjerawat, sering menggunakan makeup, sering terpapar polusi dan kotoran, serta orang dengan rambut di wajah. 

Sebaliknya, orang-orang yang punya kulit sensitif atau kondisi kulit tertentu, misalnya rosacea atau eczema, sebaiknya hindari teknik double cleansing.

Double Cleansing Terdiri dari Apa Saja?

Sebenernya, nggak ada pedoman yang pasti mengenai jenis cleanser yang dipakai untuk melakukan double cleansing. Tapi, umumnya double cleansing dimulai dengan pembersih berbasis minyak, dan diakhiri pembersih berbasis air.

  1. Pembersih Berbasis Minyak

Pembersih berbasis minyak atau oil-based cleanser mungkin sering disepelekan. Belum lagi, muncul rumor-rumor yang bilang kalau oil-based cleanser meninggalkan sisa minyak pada kulit dan berpotensi menyumbat pori-pori.

Faktanya, pembersih berbasis minyak bekerja dengan cara mengikat sebum dan kotoran yang ada di kulit Bruver, sehingga bisa membersihkan secara menyeluruh dengan lembut.

Ini bisa membersihkan makeup, kelebihan minyak, serta menembus pori-pori secara mendalam, untuk melarutkan minyak dan membunuh bakteri jahat, tanpa bikin kulitmu kering.

WebMD merekomendasikan beberapa minyak alami yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah, antara lain minyak zaitun, minyak kelapa, argan oil, jojoba oil, rosehip oil, sunflower oil, grapeseed oil, dan masih banyak lagi.

Tapi, Bruver juga bisa menggunakan makeup remover, oil cleanser, micellar water, milk cleanser, ataupun cleansing balm yang beredar di pasaran.

  1. Pembersih Berbasis Air

Pembersih berbasis air atau water-based cleanser adalah pembersih yang paling umum digunakan untuk menghilangkan kotoran dan kelebihan minyak.

Kayak namanya, pembersih ini punya formula yang berbahan dasar air. Pembersih ini umumnya mengandung surfaktan, bahan yang memiliki daya tarik ganda terhadap air dan minyak. 

Waktu Bruver menggunakan pembersih berbasis air, surfaktan menarik kotoran yang larut dalam air seperti debu dan keringat di permukaan kulit.

Setelah menarik kotoran, surfaktan mengemulsikannya, atau memecah kotoran menjadi partikel-partikel kecil yang dapat dicampur dengan air. Ini memungkinkan kotoran tersebut terbilas dengan mudah.

Dermatovenereologist, dr. Annisa Anjani, memberikan tips untuk memilih cleansing water yang tepat untuk kulitmu, sebagaimana dikutip dari id.my-best.com:

  • Pastikan ada cleansing agent, misalnya surfaktan, dalam komposisi utama. Tapi, hindari kandungan surfaktan yang tinggi kalau Bruver punya kulit yang kering dan sensitif.
  • Cari water-based cleanser dengan kandungan pelembap humektan, misalnya glycerin, hyaluronic acid, atau ceramide.
  • Pertimbangkan cleanser yang punya kandungan aktif, untuk membantu mengatasi masalah kulitmu.
  • Hindari cleanser yang punya kandungan pewangi, pewarna, atau bahan yang memicu iritasi lainnya.

Double Cleansing Berapa Kali Sehari?

Karena kotoran menumpuk ketika Bruver beraktivitas seharian, teknik double cleansing sangat cocok dilakukan di malam hari. Tapi, Bruver juga bisa melakukannya di waktu lain, kalau ada kondisi tertentu.

Misalnya, di pagi hari kalau Bruver punya kulit yang sangat berminyak, kulit terasa kotor, atau lupa membersihkan makeup di malam harinya. 

Jadi, double cleansing umumnya dilakukan sekali sehari, pada malam hari, tapi boleh lebih ketika Bruver membutuhkannya.

Apakah double cleansing bisa dipakai setiap hari?

Jawabannya bisa, meskipun sebenarnya tidak perlu. 

Bagi Bruver yang jarang menggunakan makeup atau terpapar polusi, Hello Sehat menyarankan untuk melakukan double cleansing seminggu sekali atau bahkan dua minggu sekali.

Double cleansing menjadi wajib dilakukan setiap hari ketika Bruver memang sedang membutuhkan pembersihan ekstra, misalnya setelah menggunakan makeup.

Cara Double Cleansing untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kayak yang udah sering disebutkan sebelumnya, double cleansing dilakukan dengan dua step utama, yaitu:

Step 1: Pembersih Berbasis Minyak

Meskipun kulit berminyak, tapi step pertama yang perlu dilakukan untuk melakukan double cleansing adalah dengan menggunakan oil-based cleanser ke kulit, untuk membantu menghilangkan kotoran, minyak, sisa skincare, maupun makeup. Gunakan oil-based cleanser yang non-comedogenic.

  1. Gunakan sekitar 2-3 pump oil-cleanser, dan oleskan secara merata pada seluruh permukaan kulit. Bruver bisa menggunakan aplikator atau tangan dalam kondisi bersih.
  2. Pijat dengan lembut dengan gerakan memutar supaya kotoran dan residu lebih terangkat.
  3. Usap dengan kapas atau cleansing pad, sampai kotoran terangkat.
  4. Bilas dengan bersih, untuk meluruhkan sisa-sisa minyak. Cleveland Clinic juga menyebut kalau Bruver bisa membilas menggunakan air hangat.

Step 2: Pembersih Berbasis Air

Setelah menggunakan pembersih berbasis minyak, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan pembersih berbasis air. Untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan face wash atau cleanser dengan bahan aktif kayak salicylic acid, glycolic acid dan benzoyl peroxide. Ini akan membantu Bruver membersihkan pori-pori dan minyak berlebih.

  1. Tuangkan cleanser di tangan, tambahkan sedikit air, dan busakan dengan cara menggosoknya.
  2. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dengan cara dipijat secara lembut.
  3. Bilas dengan air bersih, hindari penggunaan air yang terlalu panas supaya kulit tidak kering.
  4. Keringkan dengan handuk atau tisu yang lembut. Bruver harus menghindari menggosok wajah terlalu keras.

Efek Samping Double Cleansing

Meskipun punya banyak manfaat dan gampang dilakukan, tapi Bruver juga harus hati-hati, soalnya ada beberapa efek negatif yang mungkin terjadi, terutama kalau produk yang Bruver gunakan untuk double cleansing nggak cocok. Berikut ini efek samping yang mungkin terjadi:

  • Kulit Kering

Double cleansing bisa menghilangkan minyak alami kulit, apalagi kalau Bruver menggunakan produk yang terlalu keras, atau tidak cocok. Ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering, mengelupas, dan kusam, bahkan ketika Bruver punya jenis kulit berminyak.

  • Iritasi 

Penggunaan produk yang tidak cocok atau terlalu sering melakukan double cleansing bisa menyebabkan iritasi kulit. Gejala iritasi yang mungkin terjadi adalah kemerahan, gatal, perih dan sensasi terbakar.

  • Jerawat

Penggunaan produk yang kurang tepat bisa memicu produksi  minyak yang lebih banyak, sehingga menyebabkan jerawat dan bruntusan. 

  • Skin Barrier Rusak

Penggunaan pembersih yang terlalu keras atau frekuensi double cleansing yang terlalu sering bisa merusak lapisan pelindung alami kulit. Ini bisa mengganggu dan merusak skin barrier.

  • Kulit Lebih Sensitif

Kulit bisa menjadi lebih sensitif terhadap produk lain yang digunakan setelah double cleansing. Misalnya, penggunaan eksfolian atau bahan aktif yang keras setelah double cleansing bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan mudah teriritasi.

Apa yang Harus dilakukan Setelah Double Cleansing?

Untuk mencegah munculnya efek negatif yang ditimbulkan setelah double cleansing, Bruver harus melakukan step skincare selanjutnya. Berikut ini hal-hal yang harus Bruver lakukan setelah melakukan double cleansing:

  1. Gunakan Toner

Toner punya fungsi untuk menghidrasi kulit dan menyeimbangkan pH kulit, yang mungkin terganggu setelah proses double cleansing. Hindari toner dengan kandungan yang terlalu keras, misalnya alkohol, paraben, dan pewangi. 

  1. Gunakan Essence

Bukan cuma toner yang bisa bantu menjaga hidrasi kulit setelah double cleansing, tapi essence juga. Selain itu, essence punya fungsi lain karena kandungan bahan aktifnya. Ini bisa menutrisi dan memperbaiki kulit secara mendalam.

  1. Gunakan Serum

Menggunakan serum setelah melakukan double cleansing juga cukup penting. Karena, serum punya kandungan aktif yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit tertentu yang Bruver alami.

  1. Gunakan Pelembap

Pelembap atau moisturizer punya fungsi untuk mengunci kelembapan dan juga menjaga skin barrier yang mungkin terganggu saat proses double cleansing.

Bruver juga bisa menyesuaikan rutinitas skincare ini dengan jenis kulitmu. Gunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan Bruver untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Jangan lupa untuk melengkapi rutinitas skincare-mu dengan asupan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Buat yang masih bingung pilih-pilih cleanser, Produk Bruv For Men cocok banget buat Bruver yang punya kulit berminyak atau berjerawat, lho. 

Kandungan activated bamboo charcoal di dalamnya membantu menyerap minyak dan membersihkan pori-pori. Argan oil-nya membantu melembapkan kulit dan peppermint oil-nya memberikan sensasi dingin dan segar.

Apalagi, Bruv For Men juga punya konsep shareable, jadi bisa dipakai bersama-sama dengan teman atau keluarga. Hemat dan praktis, kan?

Yuk, Bruver! Mulai sekarang rawat kulit wajahmu dengan double cleansing pakai Bruv For Men. Dapatkan kulit wajah yang sehat, cerah, dan segar! Bruv cocok jadi andalan kamu saat double cleansing untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Share This Post

Discover More