Apakah Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Flek Hitam? Cek Faktanya Yuk

apakah jeruk nipis bisa menghilangkan flek hitam

Bruver punya flek hitam di wajah? Udah coba berbagai skincare, bukannya ilang, tapi malah makin parah? Mungkin Bruver harus coba pakai bahan alami, misalnya jeruk nipis. Tapi, apakah jeruk nipis bisa menghilangkan flek hitam? Kita bahas bareng yuk!

Sekilas Tentang Flek Hitam di Wajah

Sebelum bahas apakah jeruk nipis bisa menghilangkan flek hitam, kita bahas sekilas tentang flek hitam di wajah. Masalah kulit ini sangat umum terjadi pada manusia, baik pria maupun wanita. 

Secara umum, flek hitam adalah bintik-bintik gelap yang muncul di permukaan kulit, akibat produksi melanin yang berlebihan. 

Produksi melanin, atau pemberi warna kulit ini dipengaruhi paparan sinar matahari, perubahan hormon, genetika, stres, peradangan, dan juga faktor penuaan.

Medical News Today menyebutkan bahwa flek hitam bisa hilang dengan sendirinya, tapi ini memakan waktu yang cukup lama, bisa berbulan-bulan, bahkan menahun.

Meskipun begitu, banyak orang yang melakukan berbagai macam cara, dari menggunakan skincare sampai treatment di klinik, hanya untuk menghilangkan flek hitam yang ganggu penampilan ini.

Apakah Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Flek Hitam?

Jeruk nipis atau citrus aurantifolia adalah buah kecil berwarna hijau yang memiliki rasa asam dan segar. 

Jawaban untuk bisa tidaknya jeruk nipis menghilangkan flek hitam adalah bisa banget! Hal ini karena Jeruk nipis kaya akan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini kandungan yang ada dalam jeruk nipis yang berpotensi untuk menghilangkan flek hitam: 

  1. Vitamin C

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Ad-Dawaa Journal Of Pharmacy, jeruk nipis punya kandungan vitamin C sebesar 0,218 persen. 

Vitamin C dinilai punya banyak manfaat untuk kulit dan aman untuk sebagian besar jenis kulit. 

Manfaat tersebut diantaranya untuk memberikan hidrasi, meningkatkan produksi kolagen, dan dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Vitamin C juga dapat mencerahkan kulit, mengurangi kemerahan, mengurangi hiperpigmentasi, sampai mengurangi tampilan lingkaran hitam di bawah mata. 

Vitamin C menghambat sintesis melanin dengan cara menurunkan aktivitas enzim yang dikenal sebagai tirosinase. 

Mungkin ini bisa sedikit menjelaskan apakah jeruk nipis bisa menghilangkan flek hitam.

  1. Antioksidan 

Bukan hanya vitamin C, tapi jeruk nipis punya senyawa aktif yang juga berfungsi sebagai antioksidan yang pastinya punya manfaat untuk kulit, antara lain:

  • Flavonoid: Antioksidan ini melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan, dan dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus.
  • Limonoid: Limonoid memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, yang dapat membantu mengobati jerawat dan infeksi kulit lainnya, serta mengurangi kemerahan dan iritasi.
  • Quercetin: Quercetin dikenal dengan efek antiinflamasi dan antioksidannya, yang membantu melindungi kulit, mengurangi kemerahan dan iritasi, serta memperbaiki warna kulit secara keseluruhan.
  • Kaempferol: Antioksidan ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan. Ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, yang dapat mencegah hiperpigmentasi.
  1. Citric Acid

Citric acid atau asam sitrat bertindak sebagai alpha hydroxy acid (AHA) yang menjadi eksfoliator alami. Ini bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. 

Citric acid membantu mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin, pigmen yang menyebabkan flek hitam.

Selain jeruk nipis, masih banyak bahan alami untuk menghilangkan flek hitam.

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Jeruk Nipis

Gimana, udah paham kan, terkait khasiat jeruk nipis untuk menghilangkan flek hitam? Sekarang, kita akan bahas terkait bagian pentingnya, yaitu cara menghilangkan flek hitam dengan jeruk nipis. 

Caranya gampang banget lho, Bruver. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Siapkan buah jeruk nipis.
  • Potong menjadi dua bagian.
  • Peras dan ambil sarinya.
  • Aplikasikan dengan menggunakan kapas ke area yang ada flek hitam.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

Bruver juga bisa mengkombinasikan jeruk nipis dengan bahan-bahan alami lain berikut ini:

  • Jeruk Nipis dan Putih Telur

Putih telur punya kandungan protein, vitamin, mineral, dan kandungan lain yang punya manfaat baik untuk kulit, termasuk untuk menyamarkan flek hitam.

Caranya, gunakan satu butir telur dan ambil putihnya. Kocok ringan. Campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan secara merata, dan biarkan meresap selama 20 menit. Bilas dengan air bersih.

  • Jeruk Nipis dan Tomat

Tomat kaya akan vitamin, likopen, dan antioksidan yang bisa mencerahkan kulit. Kalau di-combo sama jeruk nipis, ini bisa memudarkan flek hitam membandel.

Gunakan perasan jeruk nipis dan tomat yang sudah dihaluskan. Aduk secara merata. Oleskan ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

  • Jeruk Nipis dan Oatmeal

Oatmeal dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari kulit, sehingga kulit kusam menjadi lebih cerah. Selain itu, oatmeal juga punya kandungan lain yang bermanfaat untuk kulit.

Larutkan dua sendok makan oatmeal. Campurkan dengan perasan jeruk nipis secukupnya, hingga bertekstur seperti pasta. Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan sampai setengah kering. Bilas dengan air yang bersih.

  • Jeruk Nipis dan Madu

Masker dari campuran jeruk nipis dan madu dapat mencerahkan kulit, mengurangi peradangan, melembapkan, dan mengecilkan pori-pori. 

Campurkan dua sendok makan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bersihkan masker dengan air bersih.

Berapa Lama Menghilangkan Flek Hitam dengan Jeruk Nipis?

Sebenarnya, nggak ada jawaban pasti tentang berapa lama menghilangkan flek hitam dengan jeruk nipis. Karena, ini bisa berbeda tergantung faktor-faktor di bawah ini:

  • Tingkat keparahan: Flek hitam yang lebih gelap dan sudah lama mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk memudar dibandingkan dengan yang lebih terang dan baru.
  • Jenis kulit: Biasanya, flek hitam akan lebih cepat hilang pada orang dengan kulit cerah. Sebaliknya, orang dengan kulit gelap akan lebih susah hilang.
  • Konsistensi: Ketika Bruver mengaplikasikannya secara teratur dan konsisten, flek hitam mungkin akan lebih cepat hilang.

Balik lagi, hilangnya flek hitam di setiap orang mungkin bisa beda-beda, yang penting Bruver usaha dengan konsisten dan rutin.

Apakah Boleh Memakai Jeruk Nipis untuk Wajah Setiap Hari?

Setelah Bruver tau apakah jeruk nipis bisa menghilangkan flek hitam, muncul pertanyaan lain, boleh nggak sih, pakai jeruk nipis untuk wajah setiap hari dengan harapan akan lebih cepat dalam menghilangkan flek hitam?

Meskipun jeruk nipis bisa efektif untuk menghilangkan flek hitam, Bruver harus berhati-hati. Pengolesan langsung air jeruk nipis yang belum diencerkan bisa menyebabkan iritasi kulit, terutama bagi Bruver yang punya kulit sensitif. 

Selain itu, air jeruk nipis bisa membuat kulit jadi fotosensitif. Makanya, selalu gunakan sunscreen sebelum beraktivitas, dan jangan lupa re-apply setiap dua jam sekali.

Nggak cuma sunscreen, Bruver juga harus rutin menjaga kebersihan kulit untuk memaksimalkan efektivitas jeruk nipis untuk menghilangkan flek hitam.

Pakai face wash yang nggak mengandung bahan-bahan berbahaya kayak alkohol atau SLS. Pastikan juga face wash sesuai dengan jenis kulit Bruver.

Nggak perlu bingung lagi, ada Bruv For Men face wash yang 3x lebih efektif membersihkan kulit secara menyeluruh sekaligus memudarkan flek hitam.

Sabun ini juga udah teruji klinis, lho. Jadi, pastinya aman untuk kulit Bruver.

Kandungan activated bamboo charcoal di dalamnya membantu membersihkan kotoran dan minyak di pori-pori, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan flek hitam.

Argan oil dalam Bruv For Men juga membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam. 

Kandungan peppermint oil-nya membantu menenangkan kulit dan meredakan peradangan, yang dapat mempercepat proses memudarnya flek hitam.

Pastikan gunakan Bruv For Men dua kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal. Say good bye sama flek hitam di wajah!

Share This Post

Discover More