Apakah Kulit Sawo Matang Bisa Putih? Jawaban dan Tips Perawatannya

apakah kulit sawo matang bisa putih

Meskipun kulit sawo matang disebut sebagai warna kulit yang eksotis, tapi riset membuktikan kalau mayoritas orang Indonesia ingin punya kulit yang lebih putih dari yang mereka punya saat ini. Tapi, apakah kulit sawo matang bisa putih? Kita bahas yuk, Bruver!

Keistimewaan Kulit Sawo Matang

Sebelum ke pembahasan apakah kulit sawo matang bisa putih, kita bahas lebih dulu tentang keistimewaan kulit sawo matang. Ternyata, warna kulit ini punya beberapa karakteristik keren yang bikin kita harus bangga, antara lain:

  1. Warna Kulit

Kulit sawo matang punya warna kecokelatan yang hangat dan eksotis, perpaduan antara warna kuning dan cokelat. Biasanya, kulit sawo matang juga terlihat bercahaya dan berkilau. Banyak pria menginginkan warna kulit ini karena bisa bikin terlihat lebih gagah dan maskulin. 

  1. Terlindungi dari Sinar Matahari

Melanin nggak cuma bikin kulit kita lebih gelap, tapi juga melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Artinya, Bruver yang punya kulit sawo matang punya risiko lebih kecil untuk mengalami kulit terbakar atau sunburn.

  1. Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan

Melanin juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh sinar UV. Jadi, kulit sawo matang bisa lebih tahan terhadap keriput dan noda hitam. Jadi, kulit kita tetap awet muda!

  1. Elastisitas Kulit

Karena melanin bisa menyerap sinar UV, jadi kerusakan pada kolagen dan elastin bisa berkurang. Hasilnya, kulit sawo matang terasa lebih elastis dan terlihat lebih muda.

  1. Risiko Kanker Kulit Lebih Kecil 

Penelitian menunjukkan kalau melanin mampu mengurangi risiko kanker kulit. Soalnya, melanin berfungsi untuk menyerap radiasi ultraviolet (UVR) dan punya sifat antioksidan yang bisa membasmi radikal bebas.

Selain itu, banyak penelitian epidemiologi yang menunjukkan risiko kanker kulit yang lebih rendah pada individu dengan kulit lebih gelap dibandingkan dengan mereka yang berkulit putih.

  1. Punya Tulang yang Lebih Kuat

Udah tau kan, sinar matahari bisa mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang punya manfaat penting untuk pembentukan kalsium dan tulang? Nah, kulit sawo matang yang punya banyak melanin bisa memungkinkan seseorang menyerap sinar matahari secara lebih optimal.

Selain manfaat diatas, sebenarnya masih banyak keistimewaan kulit sawo matang lainnya. Makanya, nggak heran kalau banyak bule yang suka berjemur di pantai demi mendapatkan kulit yang tan.

Kenapa Orang Indonesia Memiliki Kulit Sawo Matang?

apakah warna kulit sawo matang bisa putih

Jadi gini, Indonesia itu kan berada di daerah tropis. Nah, daerah tropis itu punya sinar matahari yang kuat sepanjang tahun. Karena sering terpapar sinar matahari, tubuh kita otomatis memproduksi lebih banyak melanin. 

Melanin ini adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata kita. Semakin banyak melanin di kulit, makin gelap warna kulit kita. Itulah kenapa mayoritas orang Indonesia punya kulit sawo matang.

Nggak cuma di Indonesia, negara-negara tropis lain seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan beberapa negara di Amerika Latin juga mayoritas penduduknya punya kulit sawo matang. Jadi, kita nggak sendirian, Bruver!

Apakah Kulit Sawo Matang Bisa Putih?

Sebenarnya obsesi seseorang untuk punya kulit putih sudah ada sejak lama, dan nggak cuma ada di Indonesia, lho! Journal of Pakistan Association of Dermatologists menyebutkan masyarakat India, Mesir, dan lainnya menganggap kulit putih sebagai tolok ukur kesucian dan kepolosan.

Apalagi, iklan dan media yang terus menerus memproyeksikan gagasan bahwa kulit putih adalah faktor penting yang dapat menandakan status sosial dan meningkatkan daya tarik lawan jenis.

Makanya, nggak heran kalau banyak wanita dan pria yang rela menghabiskan uang dan waktunya untuk memutihkan wajah. Tapi, apakah kulit sawo matang bisa putih?

Pertanyaan ini sering muncul di kalangan individu yang ingin mengubah warna kulit mereka. Banyak yang bertanya, apakah kulit sawo matang bisa putih melalui penggunaan krim pemutih atau perawatan kecantikan tertentu. 

Selain itu, apakah kulit sawo matang bisa putih secara permanen atau hanya sementara? Beragam metode dan produk beredar di pasaran, tetapi penting untuk mengetahui apakah kulit sawo matang bisa putih tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. 

Sayangnya, warna kulit biasanya dipengaruhi oleh genetik, ras, dan paparan sinar matahari. Jadi, akan sulit untuk diubah secara permanen. 

Supaya Bruver looksnya tetep keren dan percaya diri dengan warna kulit sawo matang, yuk cek apa saja warna yang cocok untuk kulit sawo matang.

Cara Merawat Kulit Sawo Matang Agar Glowing

Udah tau kan, jawaban dari pertanyaan apakah kulit sawo matang bisa putih? Meskipun kulit sawo matang nggak bisa berubah drastis menjadi putih, tapi kita tetap bisa merawatnya supaya tetap sehat dan glowing. Berikut ini cara merawat kulit sawo matang agar glowing:

  1. Jangan Lupa Pakai Sunscreen

Sunscreen punya fungsi yang penting, yaitu untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa bikin produksi melanin berlebihan. 

Jangan lupa pakai sunscreen minimal SPF 15, setiap hari sebelum memulai aktivitas. Aplikasikan sebanyak dua ruas jari untuk seluruh area wajah hingga leher. Re-apply  sunscreen setiap 2 jam sekali, atau lebih sering kalau Bruver melakukan aktivitas outdoor.

  1. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati bisa bantu regenerasi sel kulit baru, sehingga warna kulit akan lebih cerah dan glowing. Eksfoliasi secara rutin juga bisa mencegah munculnya jerawat serta kerutan dan garis halus.

Ada dua jenis metode eksfoliasi wajah yang bisa dilakukan, yaitu physical exfoliation dan chemical exfoliation. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit Bruver. Tapi ingat, tetap lakukan secara lembut, supaya nggak iritasi. Lakukan secara rutin, atau 1-2 kali seminggu.

  1. Jaga Kebersihan Kulit

Untuk punya kulit yang glowing, Bruver nggak boleh males bersihin kulit ya. Membersihkan kulit bisa bantu angkat sel kulit mati dan peradangan.

Bersihkan kulit dengan cara mandi minimal dua kali sehari waktu pagi dan malam pakai sabun yang cocok sama kulit Bruver. Hindari sabun dengan kandungan yang terlalu keras dan bikin kulit kering.

  1. Gunakan Bahan Alami

Bahan-bahan alami seringkali punya kandungan yang bisa bikin kulit jadi lebih cerah dan glowing, misalnya bahan alami berikut ini:

  • Madu

Madu punya sifat yang bisa memutihkan kulit, membantu mengatasi hiperpigmentasi, dan bikin kulit jadi glowing. Madu juga bisa menjaga hidrasi kulit karena kemampuannya untuk melembapkan.

  • Lemon

Vitamin C yang ada di dalam lemon bisa mencerahkan kulit, sekaligus menghilangkan flek hitam dan hiperpigmentasi lainnya. 

  • Susu

PharmEasy menyebutkan kalau susu bisa mengontrol tingkat tirosin, atau hormon yang bisa mengontrol melanin di kulit. Selain itu, susu juga bisa membuat kulit glowing. 

  • Yogurt

Yogurt punya banyak kandungan yang baik untuk kesehatan kulit, sekaligus membuatnya lebih glowing, antara lain asam laktat, alfa hydroxy acid, dan vitamin seperti vitamin B12, B6, D, K, protein dan kalsium.

  • Aloe Vera

Kandungan asam folat, kolin, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, dan vitamin E, serta mineral lainnya yang ada di dalam aloe vera atau lidah buaya bisa menjaga hidrasi kulit sekaligus mencerahkannya.

  • Timun

Timun punya kandungan nutrisi penting, mineral, dan juga antioksidan. Makanya, timun bisa mengatasi pori-pori tersumbat, minyak berlebih, dan juga mencegah jerawat. Timun juga punya kandungan 96% air yang bisa menjaga hidrasi kulit dan membuatnya lebih glowing.

  • Kunyit

Kurkumin yang ada di dalam kunyit punya kandungan antibakteri sekaligus antioksidan yang bisa mengatasi kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan inilah yang bikin kunyit bisa memutihkan wajah sekaligus bikin glowing.

  • Putih Telur

Protein yang ada di dalam putih telur bisa memproduksi anti-tirosinase peptida yang bermanfaat untuk mengatasi hiperpigmentasi. Selain itu, putih telur mengandung banyak air yang dapat memberikan hidrasi pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih sehat dan cerah.

  • Pepaya

Pepaya juga mengandung enzim papain, yang mengelupas kulit dengan menghilangkan sel-sel mati, serta beta-karoten dan senyawa tumbuhan, yang memperbaiki warna kulit dan bikin kulit glowing.

  • Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin C dan E, yang merupakan antioksidan yang menghambat produksi melanin, sehingga bikin kulit sawo matang jadi glowing.

  • Green Tea

Kandungan antioksidan yang ada di dalam green tea punya fungsi untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga bisa menjaga kelembapan kulit dan bikin kulit glowing.

  • Oatmeal 

Oatmeal punya kandungan protein dan vitamin E yang telah dikenal bisa bikin kulit sehat, keliatan muda, dan glowing. Oatmeal juga bisa menjadi eksfoliator yang baik, sehingga bikin kulit cerah dan halus.

  1. Pakai Skincare

Saat ini ada berbagai macam skincare dengan klaim memutihkan dan mencerahkan kulit. Ini bisa dijadikan solusi praktis untuk Bruver. Cari produk skincare yang punya bahan pencerah kayak:

  • Niacinamide: Bikin kulit lebih cerah dengan mencegah melanin sampai ke permukaan.
  • Vitamin C: Melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dengan antioksidan kuat.
  • Kojic Acid: Bisa mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin.
  • Alpha Arbutin: Bikin kulit glowing dengan menghambat kerja enzim tirosinase yang bikin melanin.
  • AHA dan BHA: Eksfoliator yang mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Selain melakukan cara merawat kulit sawo matang agar glowing diatas, Bruver juga harus menjaga gaya hidup agar tetap sehat. Minum air putih minimal 8 gelas sehari, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup, untuk kulit sawo matang yang sehat dan glowing.

Baca Juga: Apa Bedanya Kulit Sawo Matang dan Kuning Langsat?

Bruv For Men untuk Bantu Percepat Kulit Putih dan Cerah!

Buat Bruver yang punya kulit sawo matang, nggak perlu susah-susah untuk mendapatkan kulit putih dan cerah! Sabun Bruv For Men hadir buat Bruver!

Dengan kandungan aktif seperti activated bamboo charcoal yang terkenal ampuh angkat kotoran dan minyak berlebih, ditambah argan oil yang super melembapkan, kulit Bruver bakal lebih putih dan cerah dalam waktu singkat. Ditambah lagi, peppermint oil-nya kasih sensasi dingin yang bikin mandi makin segar.

Nggak ada lagi tuh, kulit kusam dan berminyak. Bruv For Men bantu percepat kulit putih dan cerah! Yuk, coba sekarang dan rasakan sendiri bedanya!

Jangan lupa disiplin buat nerapin cara-cara meratakan warna kulit wajah, Bruver!

Share This Post

Discover More