Argan Oil untuk Rambut: Manfaat dan Cara Penggunaannya

argan oil untuk rambut

Bruver punya rambut yang kering, kusut, gampang rontok, dan susah diatur? Tandanya, Bruver harus kenalan sama argan oil yang udah dipercaya dari dulu untuk kesehatan rambut dan kulit. Dalam artikel ini, kita akan bahas berbagai manfaat argan oil untuk rambut.

Sebelum bahas lebih lanjut, kenalan dulu yuk sama argan oil! Argan oil adalah minyak nabati yang diekstraksi dari biji pohon argan (Argania spinosa), yang hanya ditemukan di wilayah semi-gurun barat daya Maroko. 

Untuk mendapatkan minyaknya, dibutuhkan proses yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama. Biji argan dikumpulkan, dikeringkan, dipanggang, dan kemudian digiling untuk mengeluarkan minyaknya. 

Kandungan yang Ada dalam Argan Oil

Minyak ini punya sebutan sebagai “emas cair” karena manfaatnya yang luas untuk kesehatan, kecantikan, dan bahkan makanan. Manfaat ini tentu didapatkan dari kandungan-kandungan di bawah ini:

  1. Polifenol dan Flavonoid

Argan oil punya kandungan antioksidan kuat, yaitu polifenol dan flavonoid, yang siap melindungi tubuhmu. Kandungan antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas melindungi dari kerusakannya.

  1. Karoten

Argan oil juga mengandung karoten, yang diubah menjadi Vitamin A oleh tubuhmu. Vitamin A ini penting banget untuk kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan Vitamin E dalam argan oil membantu menangkal radikal bebas dan menjaga kelembapan.

  1. Asam Lemak Omega

Argan oil kaya akan asam lemak omega, terutama omega-9 dan omega-6. Kedua jenis asam lemak tak jenuh ini penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Asam lemak omega membantu menjaga kelembaban kulit, meningkatkan elastisitas, dan membuat rambut lebih berkilau.

  1. Fitosterol

Argan oil juga mengandung fitosterol, seperti schottenol, spinasterol, dan beta-sitosterol. Fitosterol ini punya sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu menenangkan kulit yang kemerahan, iritasi, dan meradang.

Manfaat Argan Oil untuk Rambut

manfaat argan oil untuk rambut

Bruver, sekarang waktunya kita bahas khasiat argan oil untuk rambut. Apa aja sih manfaat argan oil untuk rambut?

  1. Merawat Rambut Beruban

Fungsi argan oil untuk rambut beruban adalah untuk merawatnya, sehingga bisa membuatnya lebih sehat dan nggak keliatan kusut. Rambut beruban juga lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV dan polusi. Nah, antioksidan dalam argan oil bisa membantu melindungi rambut dari kerusakan ini.

  1. Melembapkan Rambut

Argan oil sangat efektif sebagai pelembap dan kondisioner karena kandungan asam lemaknya yang tinggi, terutama asam oleat dan linoleat. Asam lemak ini memberikan manfaat argan oil untuk rambut kering, dengan cara melumasi batang rambut dan menjaga kelembapannya. 

  1. Mencegah Kebotakan

Dikutip dari Healthline, sejauh ini belum ada manfaat khusus argan oil untuk rambut rontok. Tapi, vitamin E dan antiinflamasi yang ada di dalam argan oil terbukti dalam studi penelitian untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Jadi, meskipun rambutmu rontok, argan oil bisa mencegah kebotakan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Vitamin E dalam argan oil bertindak sebagai antioksidan, sehingga melindungi kulit kepala dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan kesehatannya. Selain itu, sifat antiinflamasi dari argan oil untuk rambut juga bisa mengurangi peradangan pada kulit kepala yang juga jadi penyebab ketombe. 

  1. Menghaluskan Rambut

Berbagai sumber mengatakan kalau mengaplikasikan argan oil untuk rambut bisa meningkatkan kilau rambut dan membuatnya lebih halus saat disentuh. Sifatnya yang menghidrasi juga bisa mengatasi rambut kusut, sehingga rambut Bruver akan lebih gampang di-styling.

  1. Melindungi dari Kerusakan

Kandungan vitamin E pada minyak argan merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi rambut dari kerusakan, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi kerusakan. Bahkan, penelitian Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa sifat antioksidan vitamin E dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada rambut, sehingga menjaga integritas dan kekuatan strukturalnya.

  1. Melindungi dari Sinar Matahari

Nggak cuma kulit yang butuh dilindungi dari sinar matahari! Kalau rambut terpapar sinar matahari, bisa gampang kusut karena struktur keratin yang rusak. Tapi, argan oil bisa melindungi rambut dari sinar matahari karena kandungan antioksidannya. 

Penggunaan Argan Oil untuk Rambut

Untuk mendapatkan kebaikan argan oil untuk rambut, Bruver bisa mengaplikasikannya dengan cara-cara di bawah ini:

  1. Sebagai Kondisioner

Gunakan leave-in conditioner argan oil setiap hari untuk menjaga rambut tetap lembap dan berkilau.

Setelah keramas, oleskan beberapa tetes argan oil pada rambut yang lembab, fokus pada bagian tengah batang rambut hingga ke ujung. Kondisioner jenis ini nggak perlu dibilas.

  1. Masker Rambut

Lakukan masker rambut argan oil 1-2 kali seminggu untuk menutrisi rambut dari dalam, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan memperbaiki rambut yang kering dan rusak. 

  • Campurkan 1-2 sendok makan argan oil dengan 1 sendok makan madu atau yogurt.
  • Oleskan campuran tersebut pada rambut yang lembab, mulai dari tengah batang rambut hingga ke ujung.
  • Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, kemudian bilas dengan air hangat dan sampo.
  1. Styling Rambut

Kandungan argan oil akan membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat panas. Oleskan beberapa tetes argan oil pada rambut sebelum menggunakan alat styling panas seperti hair dryer, catokan, atau curling iron.

Selain Rambut, Argan Oil Juga Baik untuk Perawatan Wajah

Nggak cuma punya banyak manfaat untuk rambut kita, argan oil juga punya banyak manfaat untuk wajah, lho. Manfaat argan oil untuk wajah antara lain:

  1. Mengatasi Peradangan

Argan oil punya sifat antiinflamasi yang kuat untuk melawan peradangan pada kulit kering, sunburn, dermatitis atopik, sampai jerawat.

  1. Mencegah Kerusakan

Kandungan antioksidannya membantu melindungi kulit dari radikal bebas, sinar matahari, dan polusi, sehingga mencegah hiperpigmentasi, tanda penuaan dini, dan kanker kulit.

  1. Melembabkan Kulit

Argan oil punya kemampuan menembus lapisan kulit untuk mengunci kelembapan, meningkatkan elastisitas, dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit terasa lebih lembab, kenyal, dan awet muda.

  1. Mengontrol Minyak

Meskipun berbentuk minyak, argan oil bersifat non comedogenic dan bisa membantu mengontrol produksi sebum pada kulit berminyak tanpa membuatnya kering.

  1. Memudarkan Hiperpigmentasi

Sifat antiinflamasi dan antioksidannya membantu memudarkan bekas jerawat, flek hitam, dan hiperpigmentasi lainnya, membuat wajah lebih cerah dan bersinar.

  1. Memperkuat Skin Barrier

Argan oil membantu memperkuat skin barrier, sehingga kulit lebih tahan terhadap iritan dan alergen.

Argan oil juga aman dan cocok untuk kulit sensitif, bahkan bisa membantu menenangkan iritasi dan kemerahan. Nggak heran, argan oil disebut-sebut sebagai minyak yang lagi hits di dunia kecantikan.

Salah satu produk skincare yang punya kandungan argan oil adalah Bruv For Men Face Wash. Kandungan ini bikin kulit Bruver tetap lembab dan nggak ada rasa ketarik setelah cuci muka.

Selain punya kandungan argan oil, Bruv For Men juga punya kandungan bamboo charcoal dan peppermint oil yang bisa membantu membersihkan kulit hingga pori-pori terdalam dan memberikan sensasi segar.

Makanya, jadikan sabun Bruv For Men sebagai bagian dari rutinitas perawatan wajahmu untuk mendapatkan kulit yang sehat, lembab, dan segar.

Share This Post

Discover More