Cara Agar Tidak Insecure Karena Fisik, Cukup Lakuin 10 Tips Ini

cara agar tidak insecure karena fisik

Bruver! Pernah nggak sih ngerasa insecure sama fisik? Kayak minder karena badan nggak ideal, muka nggak ganteng, atau tinggi badan pas-pasan? Tenang, Bruver nggak sendirian kok. Banyak cowok juga ngalamin hal yang sama.

Tapi jangan sampe insecure nyerang mental Bruver ya. Kita hidup di dunia yang penuh standar kecantikan yang nggak realistis. Inget, setiap orang punya keunikan dan kelebihannya sendiri. Nggak perlu ngikutin standar orang lain. Nah, MinBruv punya cara agar tidak insecure karena fisik nih, disimak sampai abis ya.

Seperti Apa Orang yang Insecure Karena Fisik?

Insecure fisik adalah rasa tidak percaya diri dan keraguan terhadap penampilan fisik diri sendiri. Perasaan ini bisa muncul pada siapa saja, lho, nggak cuma cewek. Cowok juga bisa ngerasa insecure sama fisiknya.

Insecure fisik bisa terjadi ketika Bruver punya masa lalu yang nggak menyenangkan, misalnya pernah diolok-olok, dibully, bahkan dilecehin sama orang lain. Ini juga termasuk trauma atau masalah kesehatan mental.

Selain itu, kurangnya self-esteem atau rasa percaya diri dan seringnya Bruver ngebanding-bandingin diri sama orang lain, terutama teman atau saudara Bruver.

Tapi, dari semua itu, menurut ZAP Beauty Index 2023, 42,8% pria merasa insecure dengan penampilan mereka karena tingginya standar kecantikan bagi pria itu sendiri.

Kriteria Fisik yang Dianggap Ideal Bagi Pria

insecure karena merasa jelek
  • Kulit Sawo Matang

Warna kulit khas Indonesia ini unik dan nggak pasaran, Bruver. Bahkan, di negara lain banyak orang yang rela berjemur atau pakai tanning lotion biar kulitnya jadi coklat. 

Terus, banyak wanita yang suka cowok berkulit sawo matang. Warna kulit sawo matang ini dianggap lebih maskulin, eksotis, dan lebih sehat. Warna kulit ini juga cocok sama berbagai warna rambut dan pakaian, sehingga gampang untuk tampil stylish.

Selain sawo matang, ada juga kuning langsat. Untuk Bruver yang belum tahu bedanya apa, bisa cek detailnya di artikel perbedaan warna kulit sawo matang dan kuning langsat.

  • Tubuh Atletis

Tubuh yang atletis, kekar, berotot, dan sehat dinilai lebih enak diliat, nggak terlalu kurus, tapi juga nggak gemuk. Tubuh atletis bikin seseorang lebih menarik dan seksi. Percaya diri juga makin naik.

Tubuh atletis juga menunjukkan bahwa orang itu disiplin dan punya komitmen tinggi. Soalnya, bukan perkara gampang buat nge-build tubuh. Butuh usaha keras, latihan yang disiplin, dan ngejaga pola makan.

  • Wajah Proporsional

Hidung mancung, mata yang cerah, bibir yang sehat, alis yang tebal dan rapi, hingga rahang yang tegas semua itu bikin wajah terlihat lebih enak diliat dan menunjukkan kondisi tubuh yang baik. 

Nyatanya, menurut survei MEN/O/LOGY Index 2024, 19,1% cowok ngerasa ganteng kalau punya wajah mulus, bersih dan glowing, tanpa punya masalah kulit kaya jerawat, bekas luka, kusam, atau lainnya.

Tips: Bruver bisa coba beberapa gerakan senam wajah agar simetris.

  • Rambut Hitam

Rambut hitam tuh identik sama maskulinitas, kekuatan, dan eksotis. Apalagi, kalau punya rambut hitam yang berkilau dan sehat, orang itu jadi terlihat rajin merawat dan menjaga kesehatan rambut.

  • Tinggi Ideal

Selain punya badan atletis, cowok yang tinggi juga sering dianggap lebih maskulin, lebih seksi, dan lebih menarik. Bukan cuma di mata cewek, tapi di beberapa bidang pekerjaan, tinggi badan ideal bisa menjadi keuntungan. Contohnya, di bidang militer, kepolisian, dan olahraga.

Nah, banyak kan, penyebab insecure fisik pada cowok? Faktor-faktor ini dapat memengaruhi rasa percaya diri dan self-esteem mereka, dan bahkan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan emosional mereka.

Contoh Insecure Karena Fisik

contoh insecure karena fisik

Walaupun efek negatifnya bisa parah, kadang cowok-cowok tuh nggak nyadar kalau mereka lagi insecure. Nih, beberapa contoh insecure fisik yang sering cowok-cowok lakuin:

  1. Sering Mengkritik Penampilan Diri Sendiri

Contoh insecure fisik yang dilakuin cowok itu salah satunya sering mengkritik penampilannya sendiri, kayak bentuk tubuh, wajah, rambut, atau kulitnya. Mungkin cowok-cowok itu terus menerus berkomentar negatif tentang diri mereka di depan cermin, sama teman, atau di media sosial.

  1. Menghindari Situasi Tertentu

Siapa yang males pergi ke acara kumpulan, reuni, atau acara sosial lain karena merasa akan dihakimi atau dibandingkan dengan orang lain? Orang yang insecure secara fisik, mungkin juga menghindari aktivitas yang mereka sukai karena ngerasa nggak nyaman sama penampilannya.

  1. Terobsesi dengan Penampilan

Cowok yang insecure fisik mungkin terobsesi sama penampilannya dan menghabiskan banyak waktu untuk merawat diri, berolahraga, atau mencoba berbagai produk kecantikan. Mereka juga suka foto selfie dan cari-cari validasi dari orang lain tentang penampilannya.

  1. Gampang Cemburu

Gampang cemburu bisa jadi contoh insecure fisik lainnya. Cowok yang insecure gampang cemburu sama cowok lain yang mereka anggap lebih menarik atau lebih sukses. Biasanya, ini juga ngaruh ke hubungan percintaan mereka dan terus-terusan cari reassurance dari pasangannya.

  1. Punya Kebiasaan Buruk

Walaupun nggak semua, tapi sebagian cowok yang nggak pede punya kebiasaan buruk kayak merokok, minum alkohol, atau makan berlebihan buat ngatasin rasa insecurenya. Kebiasaan ini bisa berdampak negatif sama kesehatan fisik dan mental mereka.

Cara Agar Tidak Insecure Karena Fisik

tidak insecure karena fisik

Gimana nih, setelah tau ciri-ciri atau contoh insecure fisik? Apakah Bruver termasuk cowok yang insecure? Kalau iya, segera atasi yuk,  biar nggak makin parah. Ini cara agar tidak insecure karena fisik:

1. Terima Diri Sendiri

Setiap orang pasti punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Terima diri sendiri apa adanya sebagai cara agar tidak insecure karena fisik yang paling dasar.

Fokus sama kelebihan yang Bruver punya dan syukuri semua ada. Selalu inget kalau manusia unik dan istimewa dengan caranya masing-masing.

2. Stop Bandingin Diri

Kalau kata Farel Prayoga, “Wong ko ngene kok dibanding-bandingke, saing-saingke yo mesti kalah” artinya nggak usah deh, ngebandingin diri sendiri sama orang lain.

Soalnya, kalau terus-terusan bersaing, cuma bikin Bruver ngerasa kalah atau nggak cukup. Inget, rumput tetangga emang selalu terlihat lebih hijau, tapi kenyataannya nggak selalu kayak gitu.

3. Berhenti Mengkritik Diri Sendiri

Pernah nggak sih Bruver ngerasa selalu nge-kritik diri sendiri? Kayak “Ah, gue jelek banget sih.” “Gue kurang tinggi deh.”

Pemikiran begini harus banget dilawan sih. Soalnya, dipikir-pikir makin bikin kepikiran. Ganti pikiran negatif dengan afirmasi positif yang lebih realistis dan ngebangun.

4. Cari Dukungan Sosial

Ngobrol sama orang yang Bruver percaya tentang perasaan insecure-mu. Bisa curhat ke sahabat, keluarga, dan pacar. Atau, gabung sama komunitas dengan minat yang sama, sehingga Bruver bisa saling support sama anggotanya.

Kalau ngerasa udah terlalu parah, cara agar tidak insecure karena fisik juga bisa dengan cari bantuan  profesional kayak psikolog atau terapis.

5. Fokus Sama Hal Lain

Daripada mikirin penampilan mulu, cara agar tidak insecure karena fisik itu dengan fokus ke hal lain! Fokus aja ke sekolah, kampus, kerjaan, hobi, liburan atau hangout sama temen-temen.

Lakuin hal-hal yang bikin Bruver bahagia dan pede. Percayalah, dengan fokus pada hal-hal positif, rasa insecure-mu akan perlahan memudar.

6. Bersyukur 

Cara agar tidak insecure karena fisik yang paling penting, bersyukur! Dengan mensyukuri setiap jengkal yang ada di tubuh kita, rasa percaya diri akan tumbuh jauh lebih kuat. Ketika bersyukur, Bruver memancarkan aura positif yang menarik orang lain.

Selain menerapkan cara-cara agar tidak insecure karena fisik seperti di atas, MinBruv juga punya nih tips cara agar tidak insecure karena fisik.

7. Rutin Olahraga 

Kalau Bruver sering insecure karena punya tubuh yang nggak atletis, rutin olahraga bisa jadi kuncinya. Nggak cuma itu olahraga dipercaya bisa meningkatkan hormon endorfin yang bisa ngatasin stres, depresi, hingga gangguan kecemasan yang bisa terjadi waktu Bruver insecure.

8. Makan Makanan Bergizi

Bener nggak sih, kalau badan sehat otomatis ngerasa lebih oke juga? Nah, buat Bruver, asupan makanan sehat juga bisa ngeboost rasa percaya diri, lho! 

Bruver bisa perbanyak makan sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, protein kayak ikan salmon, telur, dada ayam, dan lainnya. Jangan lupa juga konsumsi air putih secukupnya.

9. Istirahat yang Cukup

Cara agar tidak insecure karena fisik selanjutnya adalah kurang-kurangin yang namanya begadang. Kurang istirahat bisa bikin mood jelek, stamina fisik menurun, dan penampilan juga jadi kurang oke. 

Kondisi ini bisa bikin Bruver makin insecure deh. Makanya, coba tidur lebih awal dan bangun lebih pagi dengan waktu istirahat 7-8 jam setiap malamnya.

10. Mulai Perawatan Diri Pakai Skincare

Ini cara agar tidak insecure karena fisik yang paling penting. Soalnya tubuh, apalagi kulit wajah, kalau nggak dirawat bisa jadi kusam, kering, dan bikin muncul masalah-masalah kulit kayak jerawat sama hiperpigmentasi.

Nggak perlu skincare yang ribet-ribet, soalnya sekarang ada produk Bruv For Men facial wash, sabun cuci muka khusus cowok. 

Bruv For Men aman digunakan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Dengan bahan-bahan alami yang aman, seperti activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil, Bruv For Men facial wash siap bantu bersihin muka dari kotoran, minyak, dan jerawat sampai lapisan terdalam.

Cukup cuci muka dua kali sehari dengan Bruv For Men facial wash, dan rasakan sensasi muka bersih, segar, dan bebas kusam. 

Bruv For Men juga didesain sebagai produk sabun 2in1 shareable bar soap yang mudah dipotek dan bisa digunakan untuk wajah sekaligus badan yang pastinya praktis dan efisien untuk kebutuhan kulit Bruver.

Selalu ingat bahwa setiap manusia itu berharga dan punya kelebihan masing-masing. Hilangkan rasa insecure-mu bareng Bruv For Men! Buruan rasain sendiri manfaatnya!

Share This Post

Discover More