Senam Wajah Agar Simetris, Lakukan Rutin untuk Perbaiki Bentuk Wajah

senam wajah agar simetris

Bruver ngerasa insecure nggak sih kalau pas ngaca atau foto, terus wajahnya keliatan nggak simetris? Tapi tunggu dulu, jangan terburu-buru! Artikel ini bakal bahas solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan melakukan senam wajah agar simetris. Simak terus sampai akhir ya, Bruver!

Punya wajah yang nggak simetris itu sebenernya wajar-wajar aja, bahkan ada penelitian yang memvalidasi itu. Soalnya penyebabnya juga macem-macem, ada yang dipengaruhi genetik, usia, kebiasaan buruk, cedera, perubahan struktur gigi, dan masih banyak lagi. 

Gimana sih cara ngecek kesimetrisan wajah? 

Coba deh, Bruver perhatiin wajah di depan cermin. Terus, tarik garis imajiner dari tengah dahi ke bawah, sampe ke dagu. Nah, bandingin deh, kedua sisi wajahnya seimbang nggak? 

Kalau bagian mata, hidung, bibir, pipi, sampe rahang seimbang, tandanya wajah Bruver simetris.

Contoh Wajah Tidak Simetris

contoh wajah tidak simetris

Terus, gimana dong kalo wajah Bruver nggak simetris?

  1. Bentuk Mata yang Berbeda

Punya bentuk mata yang beda itu salah satu contoh wajah tidak simetris. Biasanya salah satu mata bakal keliatan lebih besar, lebih tinggi, bahkan punya eyelids yang beda. 

  1. Hidung Bengkok

Hidung mungkin bengkok ke satu sisi atau memiliki lubang hidung yang tidak sama besar. Hidung yang bengkok dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti cedera, kelainan bawaan, atau septum deviasi (dinding tulang rawan di dalam hidung yang bengkok).

  1. Bibir Nggak Simetris

Contoh wajah tidak simetris selanjutnya adalah bibir yang nggak simetris. Salah satu sisi bibir mungkin terlihat lebih tebal atau lebih turun dari yang lain. Kemungkinan, sudut bibir juga tidak sejajar.

  1. Rahang Nggak Sejajar

Punya rahang nggak sejajar bukan cuma bikin insecure, tapi juga bisa menyebabkan masalah fungsional, kayak kesulitan mengunyah atau berbicara. Biasanya, rahang bawah menonjol terlalu ke depan (overbite), rahang atas menonjol ke depan (underbite), dan rahang yang geser ke satu sisi (crossbite). 

  1. Pipi Bengkak Sebelah

Pipi yang bengkak sebelah itu contoh wajah tidak simetris lainnya. Biasanya, pipi kanan tuh kayaknya lebih naik dan kencang ke atas, beda sama pipi kiri yang malah miring ke bawah.

Meskipun wajar, tapi yang namanya wajah nggak simetris kadang ngaruh juga ke rasa percaya diri. Emang bener, cara instan yang bisa dilakuin itu salah satunya lewat prosedur operasi. Bruver yang masih takut sama pisau bedah jangan khawatir! Ada cara alami memperbaiki wajah tidak simetris, tanpa harus operasi. Salah satunya adalah senam wajah agar simetris.

Senam Wajah Agar Simetris

Senam wajah agar simetris punya banyak manfaat lainnya kayak melancarkan aliran darah serta oksigen di bawah permukaan kulit wajah, membangun otot wajah, bikin kelhatan awet muda, dan tentu bikin wajah lebih simetris. 

Ini contoh senam wajah yang bisa Bruver coba untuk bikin bentuk wajah lebih simetris secara alami:

1. Senam Wajah Fish Face

Ini sederhana, tapi bisa ngelatih otot-otot wajah, khususnya pipi dan bibir. Ini bisa buat ngatasin pipi yang bengkak sebelah, mengencangkan kulit yang kendur, dan bikin wajah lebih simetris.

  • Ambil nafas dalam-dalam, tahan sesaat.
  • Kempiskan pipi ke dalam, bayangin Bruver lagi mengisap permen karet.
  • Tahan selama 10-15 detik.
  • Kembalikan posisi pipi seperti semula dan hembuskan nafas.

2. Senam Wajah Lion’s Pose

Sebenernya, lion’s pose itu salah satu gerakan yoga yang juga disebut simhasana. Biasanya gerakan ini dipakai buat meregangkan dan bikin otot-otot wajah lebih kuat.

  • Duduk atau berlutut dengan posisi yang nyaman.
  • Ambil nafas dalam-dalam, tahan.
  • Buka mulut lebar-lebar, julurkan lidah ke bawah. Anggap Bruver itu kayak singa yang lagi mengaum.
  • Tahan selama 5-10 detik.
  • Rilekskan  wajah dan hembuskan nafas.

3. Senam Wajah Smiling Fish

Smiling fish juga salah satu senam wajah agar wajah simetris yang dirancang buat memperkuat otot-otot pipi dan rahang. Gerakan ini bisa membantu mencegah bruxism atau mengertakkan gigi dan temporomandibular joint disorder yang bisa bikin wajah nggak simetris.

  • Duduk tegak, tapi tetap rileks bahunya.
  • Tarik nafas yang dalam, tahan.
  • Senyum ganteng, tapi yang lebar. Tarik sudut bibir ke belakang dan ke atas.
  • Tahan selama 10-15 detik aja.
  • Hembuskan nafas, dan kembali rileks.

4. Senam Wajah Eye Opener

Buat Bruver yang punya mata asimetris kayak turun atau lebih kecil sebelah, mungkin bisa cobain senam wajah eye opener agar simetris. Soalnya, gerakan ini bisa bikin otot di sekitar mata jadi lebih kuat.

  • Buka mata Bruver yang lebar, kayak lagi kaget.
  • Tahan sekitar 10 detik.
  • Pejamin mata, dan ulangi step ini beberapa kali.

5. Senam Wajah Forehead Smoother

Kerutan dahi yang nggak seimbang bisa bikin wajah semakin keliatan nggak proposional. Nah, forehead smoother ini bisa banget bantu menghaluskan kerutan di dahi.

  • Tempatkan jari telunjuk di tengah dahi, tepatnya di atas alis.
  • Tekan jari ke arah bawah sambil mengangkat alis, yang lembut ya Bruver!
  • Tahan selama 10 detik dan lepaskan jari.

Baca Juga: Kenapa Wajah Memerah Saat Terkena Sinar Matahari?

Contoh Gerakan Olahraga Wajah Agar Simetris

Selain senam wajah agar simetris kayak di atas, ada juga contoh gerakan olahraga wajah agar simetris yang sebenernya nggak beda jauh. Seperti yang ada di laman Beauty by dr. Cat, berikut ini contoh-contoh gerakannya:

  1. Gerakan Mengangkat Alis

Ini membantu memperkuat otot-otot di sekitar alis, menghasilkan ekspresi wajah yang lebih seimbang dan simetris.

  • Letakkan jari tepat di atas alis. 
  • Berikan sedikit tekanan dan angkat alis sambil menahan tekanan dari jari-jari Bruver.
  • Tahan selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali.
  1. Gerakan Mengangkat Pipi

Mengangkat pipi bisa bantu meningkatkan simetri wajah dengan menargetkan dan mengencangkan area di sekitar pipi.

  • Senyum yang lebar, tapi biarkan bibir tertutup.
  • Letakkan jari telunjuk di sudut bibir dan angkat perlahan pipi ke arah mata. 
  • Tahan selama beberapa detik dan lepaskan. 
  1. Latihan Rahang

Latihan rahang bisa jadi senam wajah agar simetris, karena bisa mengencangkan otot-otot di sekitar garis rahang, sehingga bikin jadi lebih keliatan seimbang.

  • Letakkan jari telunjuk dan jari tengah di dagu. 
  • Beri tekanan tipis-tipis.
  • Coba buka mulut sambil menahan tekanan dari jari-jari.
  • Tahan selama beberapa detik.

Rekomendasi Artikel: Perbedaan Warna Kulit Sawo Matang dan Kuning Langsat.

Posisi Tidur Agar Wajah Simetris

Tidur dengan posisi yang salah bisa bikin wajah tertekan dan lama-kelamaan jadi asimetris. Menurut American Society for Aesthetic Plastic Surgery (ASAPS), ternyata emang ada hubungannya lho antara posisi tidur dan munculnya wajah yang asimetris. 

Penelitian mereka menunjukkan bahwa tekanan dan gesekan yang terjadi saat tidur miring dan tengkurap bisa bikin wajah jadi terdistorsi. Lama kelamaan, distorsi ini bisa berkembang jadi kerutan permanen.

Terus gimana posisi tidur agar wajah simetris?

Posisi tidur terlentang adalah posisi terbaik untuk menjaga simetris wajah. Posisi ini membantu menjaga kepala dan leher Bruver tetap sejajar dengan tulang belakang, dan mengurangi tekanan pada wajah. Bruver bisa pakai bantal kecil buat diletakkan di bawah lutut dan bantal lainnya di bawah kepala.

Sebenernya, tidur miring juga bisa jadi pilihan yang baik buat menjaga simetris wajah. Asalkan Bruver bisa memastikan bergantian tidur di sisi kiri dan kanan untuk mencegah tekanan pada satu sisi wajah.

Merawat Wajah dengan Bruv For Men

Nah, selain memperbaiki wajah dengan cara senam wajah agar simetris dan menjaga posisi tidur, Bruver wajib banget ngerawat wajah pakai Bruv For Men.

Bruv For Men diformulasikan khusus untuk kulit pria, dengan kandungan yang bisa membersihkan hingga pori terdalam, mencerahkan, mengatasi jerawat, mencegah tanda-tanda penuaan, dan pastinya nyaman banget, nggak bikin kulit ketarik.

Selain melakukan senam wajah agar simetris, untuk tampil maksimal dan lebih percaya diri, pastikan Bruver rutin Perawatan Pakai Face Wash Bruv For Men. Cobain sekarang juga!

Share This Post

Discover More