Cara Mengatasi Skin Barrier yang Rusak, Si Garda Terdepan Pelindung Kulit

cara mengatasi skin barrier yang rusak

Bruver! Pernah nggak sih ngerasa muka gampang kering, gatal, merah-merah, atau jerawatan? Bisa jadi ini gara-gara skin barrier yang rusak, Bruver. 

Skin barrier tuh kayak benteng terluar kulit yang ngelindungin badan dari serangan luar. Nah, kalo bentengnya rusak, ya, gampang deh diserang masalah kulit.

Nggak usah panik! MinBruv punya cara mengatasi skin barrier yang rusak. Tapi sebelumnya, kenalan dulu yuk, sama skin barrier. Sebenernya apaan sih?

Jadi gini, kulit itu terdiri dari beberapa lapisan yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh. Lapisan terluar, yang disebut stratum corneum, merupakan lapisan pelindung kulit yang kuat. Lapisan ini terdiri dari sel-sel kulit yang disebut corneocytes yang diikat bersama oleh lipid. Inilah yang dinamakan skin barrier.

Skin barrier punya fungsi melindungi tubuh dari berbagai faktor berbahaya, seperti racun, radikal bebas, dan infeksi. Selain itu, skin barrier juga berperan dalam menjaga kelembapan kulit.

Tapi, sayangnya skin barrier bisa rusak karena beberapa alasan, salah satunya adalah lingkungan yang terlalu lembap, maupun terlalu kering. Selain itu, alergi, iritasi, polusi, paparan sinar matahari, bahan kimia berbahaya hingga faktor genetik bisa bikin skin barrier rusak.

Skin barrier yang rusak biasanya punya ciri-ciri antara lain: kulit kering, kasar, gatal, kemerahan, punya warna yang tidak rata, perih, kusam, dan gampang mengalami masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Cara Mengatasi Skin Barrier yang Rusak

cara mengatasi skin barrier yang rusak dengan cepat

Udah tau kan, kalau skin barrier itu penting, tapi rapuh? Terus, kalau skin barrier terlanjur rusak, apa yang harus dilakuin? Yuk ikutin cara memperbaiki skin barrier yang rusak di bawah ini. Agar kamu tak lagi insecure karena fisik dengan kulit yang kurang enak dilihat.

1. Pakai Skincare Routine yang Sederhana

Kadang sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, Bruver. Misalnya, pakai skincare yang berlebihan malah justru bikin skin barrier lemah.

Makanya, cara memperbaiki skin barrier yang rusak adalah dengan menggunakan skincare routine yang sederhana dengan fokus pada produk-produk yang penting dan dibutuhkan oleh kulit.

Langkah dasar skincare routine yang perlu dilakukan:

  • Membersihkan wajah pakai sabun cuci muka yang lembut.
  • Pakai pelembap non-komedogenik supaya hidrasi kulit tetap terjaga.
  • Jangan lupa pakai sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

2. Kurangi Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi emang bisa mengangkat sel kulit mati yang jadi sumber masalah kulit. Tapi, eksfoliasi yang terlalu sering dan berlebihan bisa merusak skin barrier.

Sebaiknya cukup lakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu dengan menggunakan produk yang lembut sebagai cara memperbaiki skin barrier yang rusak.

3. Perhatikan pH Produk Skincare

Kulit punya mantel asam alami dengan pH ideal sekitar 4,7. Penggunaan produk skincare dengan pH yang tidak sesuai dapat mengganggu keseimbangan pH kulit dan merusak skin barrier.

Kalau pH kulit ketinggian atau kerendahan, skin barrier bisa rusak. Para ahli merekomendasikan pembersih dengan pH antara 4,0 dan 5,0.

4. Hindari Menggaruk Kulit

Kalau skin barrier-mu udah terlanjur rusak, sebaiknya jangan sering-sering disentuh, apalagi digaruk! Soalnya bisa memperparah iritasi dan inflamasi. Hal ini juga bisa mengganggu proses regenerasi sel kulit dan bikin waktu pemulihan makin lama.

Jangan panik ya Bruver, percaya aja sama prosesnya, yang penting konsisten ngelakuin cara mengatasi skin barrier yang rusak. Pasti pelan-pelan kulit Bruver membaik.

Baca Juga: Ini Bedanya Kulit Sawo Matang dan Kuning Langsat.

Kandungan untuk Memperbaiki Skin Barrier

Dr. Marco Nicoloso, seorang ahli estetika dari Our Onyx, memberikan cara mengatasi skin barrier yang rusak dengan bahan-bahan yang ada dalam skincare. Di bawah ini beberapa kandungan untuk memperbaiki skin barrier yang mungkin bisa Bruver coba:

  • Ceramide

Ceramide bisa bantu kulit mengunci kelembapan, mencegahnya menguap dan bikin kulit tetap kenyal dan terhidrasi. Ceramide juga bertugas melindungi kulit dari alergen, polutan, iritasi, dan menjaga skin barrier.

  • Niacinamide 

Niacinamide itu bahan aktif yang bermanfaat untuk memperkuat skin barrier. Niacinamide bisa membantu mengurangi kekeringan, iritasi, dan peradangan kulit. Selain itu, niacinamide juga punya manfaat membantu mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Kalau Bruver baru menggunakan niacinamide, sebaiknya mulailah dengan dosis yang rendah, yaitu 2-3%, dan tingkatkan dosis secara bertahap kalau kulit Bruver dirasa toleran.

  • Hyaluronic Acid

Udah tau kan, kalau hyaluronic acid punya kandungan yang bisa mempertahankan kelembapan, kekenyalan, dan menghaluskan kulit? Ada lagi nih fakta lainnya, hyalo repair atau hyaluronic acid yang dipatenkan punya fungsi melindungi sekaligus memulihkan skin barrier yang rusak.

  • Glycerin

Hampir sama kayak hyaluronic acid, glycerin juga bisa menjaga kelembapan kulit dalam jangka waktu yang cukup lama. Glycerin juga bisa jadi cara memperbaiki skin barrier yang rusak sekaligus mengembalikan elastisitas kulit.

  • Fatty Acid 

Fatty acids adalah asam lemak, sejenis lipid (lemak) yang ditemukan secara alami dalam kulit. Dengan cukupnya fatty acids, skin barrier Anda akan terlindungi dan berfungsi optimal. Kulit kenyal, lembap, dan bebas masalah.

  • Squalane 

Squalane itu bahan emolien yang sering ditemuin dalam produk skincare yang punya banyak manfaat buat memperbaiki skin barrier yang rusak.

Squalane bisa menembus lapisan kulit dan membantu mengisi celah antar sel kulit, sehingga membantu memperkuat skin barrier. 

  • Allantoin 

Allantoin itu senyawa alami yang ada di dalam tanaman, kayak komfrey, ekstrak chamomile, dan daun gandum. Allantoin punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk jadi cara memperbaiki skin barrier yang rusak.

Allantoin bisa merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan mempercepat proses regenerasi kulit. Hal ini bisa jadi cara mengatasi skin barrier yang rusak dan membuat kulit lebih kuat.

Cari tau apakah skincare yang lagi Bruver pakai punya kandungan untuk memperbaiki skin barrier kayak di atas. Meskipun, nggak bisa instan sih.. Namanya juga lagi usaha.

Berapa Lama Memperbaiki Skin Barrier?

Memperbaiki skin barrier membutuhkan waktu, tergantung pada tingkat keparahan kerusakan. Rata-rata, dibutuhkan 2-4 minggu untuk kerusakan ringan, dan bisa lebih lama untuk kerusakan parah. Kuncinya, Bruver harus konsisten ngelakuin cara mengatasi skin barrier yang rusak dan juga menjaganya.

Cara Menjaga Skin Barrier

Memperbaiki skincare yang rusak nggak gampang dan butuh waktu yang lama. Kata pepatah juga ‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’, makanya lakuin cara menjaga skin barrier di bawah ini:

  1. Bersihkan Wajah dengan Lembut

Untuk menjaga skin barrier, Bruver harus rutin bersihin wajah dua kali sehari, pagi sama malem. Pakai face wash yang lembut dan sesuai jenis kulit, serta hindari yang mengandung bahan kimia keras dan alkohol.

MinBruv rekomendasiin buat pakai Bruv For Men Face Wash yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami kayak activated charcoal, argan oil, dan peppermint oil.

Kandungan-kandungan ini bisa merawat skin barrier Bruver, sekaligus membersihkan wajah secara menyeluruh dengan mengangkat kotoran, minyak, dan polusi tanpa bikin kulit kering atau iritasi.

  1. Jaga Kelembapan Kulit

Menjaga kelembapan kulit itu penting banget untuk memperkuat skin barrier dan mencegah berbagai masalah kulit. Pakai pelembap yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Bruver.

Selain pakai pelembap, Bruver juga bisa menjaga kelembapan kulit dengan cara minum air putih minimal 8 gelas perhari dan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E.

  1. Gunakan Produk yang Gentle

Salah satu cara merawat skin barrier yang paling efektif adalah dengan pakai skincare atau produk yang gentle. Produk gentle diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan tidak mengandung bahan-bahan yang keras yang dapat merusak skin barrier.

  1. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Sinar UV dari matahari bisa bikin radikal bebas yang merusak skin barrier. Nggak cuma itu, sinar UVB juga bisa ngerusak sel-sel kulit langsung, termasuk sel-sel yang membentuk skin barrier. 

Makanya, lindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan cara batasi aktivitas di luar ruangan dan selalu pakai sunscreen.

  1. Lakuin Gaya Hidup Sehat

Supaya skin barrier Bruver tetap terawat, nggak cuma perlu perawatan dari luar! Ada beberapa gaya hidup yang nyatanya ngaruh banget ke skin barrier. Makanya, lakuin gaya hidup sehat di bawah ini:

  • Minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas per hari. Biar kulit terhidrasi dan nggak kering.
  • Tidur yang cukup, minimal 7-8 jam per hari. Biar kulit punya waktu buat regenerasi.
  • Hindari stres, soalnya stres bisa bikin kulit jerawatan dan kusam. Lakukan yoga, meditasi, atau dengerin musik biar rileks.
  • Makan makanan sehat! perbanyak sayur, buah, dan protein. Hindari makanan olahan dan fast food.
  • Jangan mager ya Bruver! Kita harus olahraga teratur minimal 30 menit per hari. Biar aliran darah ke kulit lancar dan skin barrier makin kuat.
  • Hindari rokok dan alkohol sebisa mungkin. Keduanya bukan cuma nggak sehat, tapi juga bikin kulit kusam dan tua. Mending jaga kesehatan, Bruver!
  • Jangan sampai stres, karena bikin skin barrier makin lemah. Lakukan hal yang bikin Bruver happy.

Keliatannya ribet, tapi sebenernya kalau udah terbiasa pasti jadi gampang! Ayo, mulai rawat skin barrier dan tunjukkan pesonamu, Bruver! Jangan lupa share cara mengatasi skin barrier yang rusak ini ke temen-temenmu ya.

Share This Post

Discover More