Ciri ciri Kulit Dehidrasi, Dari Lihat Tanda Ini Aja Kamu Bakal Tau!

ciri ciri kulit dehidrasi

Mungkin Bruver sering dengar tentang istilah dehidrasi, yang artinya kekurangan cairan? Tapi, udah tau belum kalau kulitmu juga bisa dehidrasi? Hati-hati!

Di artikel ini, kita akan sama-sama bahas terkait penyebab, cara mengatasi, dan ciri ciri kulit dehidrasi. Ini penting untuk diketahui karena dehidrasi bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk kulit kering dan berminyak. Hal itu karena dehidrasi bikin kulit kehilangan kelembapan dan bikin kulit jadi kering. 

Di sisi lain, waktu dehidrasi, kelenjar sebaceous di kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mencoba mengimbanginya, makanya kulit jadi lebih berminyak.

Kenapa Kulit Bisa Dehidrasi?

apa saja tanda kulit dehidrasi

Sebelum bahas dehidrasi lebih lanjut, kita bahas dulu, sebenarnya kulit dehidrasi karena apa sih?

  1. Kurang Cairan

Udah tau belum? Kalau Bruver kurang cairan, tubuh akan mengambil cairan cadangan dari berbagai organ, termasuk kulit. Makanya, kulit bisa kehilangan air dan jadi dehidrasi.

  1. Pakai Skincare Berbahan Keras

Meskipun penggunaan skincare ditujukan untuk membuat kulit Bruver semakin sehat dan terawat, tapi beberapa kandungannya justru bikin kulit dehidrasi! 

Produk yang punya kandungan kayak alkohol, eksfoliator, bahan kimia terlalu keras, atau yang mengandung alergen, termasuk astringent yang bisa mengeringkan kulit, mengencangkan kulit, dan menghilangkan minyak.

  1. Mandi Pakai Air Panas

Mandi pakai air panas setelah melakukan kegiatan seharian atau di saat suhu dingin emang bikin nyaman. Tapi, sebaiknya jangan terlalu sering ya Bruver! Dilansir dari Halodoc, air panas bisa menghilangkan minyak alami kulit, sehingga mengganggu skin barrier dan menyebabkan kulit dehidrasi.

  1. Faktor Lingkungan

Beberapa faktor lingkungan di bawah ini bisa bikin kulit Bruver kehilangan air dan menjadi dehidrasi.

  • Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa bikin kulit kering dan dehidrasi, karena sifatnya yang bisa meningkatkan suhu kulit, sehingga menyebabkan penguapan air di kulit lebih cepat.

  • Udara kering

Udara yang kering bisa menarik uap air dari permukaan kulit, sehingga bikin kulit dehidrasi. Selain itu, angin kencang bisa mengangkat air dari permukaan kulit.

  • Polusi

Polusi udara seringkali mengandung bahan-bahan kimia yang bisa mengurangi kelembapan alami kulit dan membuatnya lebih kering.

  • Penggunaan AC

Nggak cuma dari alam, tapi penggunaan AC juga bisa bikin kulit dehidrasi. Meskipun AC bisa bikin ruangan adem, udara dingin dan kering inilah yang bisa menyerap air dari kulit. Makanya, kulit bisa kehilangan kelembapannya dan dehidrasi.

  1. Perubahan Hormonal

Perubahan hormon atau ketidakseimbangan hormon, misalnya testosteron yang terlalu rendah, bisa bikin kulit dehidrasi. Hormon seperti estrogen dan progesteron, yang berperan dalam hidrasi kulit, bisa jadi nggak seimbang sehingga menyebabkan kulit kering.

Selain faktor di atas, kondisi medis tertentu seperti dermatitis kontak, eksim, sampai kanker kulit juga bisa menyebabkan kulit terlalu kering.

Ciri ciri Kulit Dehidrasi

Terus, apa saja tanda kulit dehidrasi? Jangan sampai Bruver nggak sadar kalau Bruver mengalami ciri-ciri kulit dehidrasi dibawah ini:

  1. Kulit Kering
kulit kering

Of course, ciri-ciri kulit dehidrasi yang paling utama adalah kulit kering. Kulit dehidrasi berarti nggak punya cukup kandungan air di kulit, makanya kulit jadi kering, kencang, gatal, dan mengelupas.

  1. Keliatan Berminyak

Meskipun kulit kering jadi ciri-ciri kulit dehidrasi, tapi kadang kulit juga keliatan berminyak, lho. Ini karena ketika dehidrasi, kulit berusaha mencegah hilangnya kelembapan dengan cara memproduksi minyak alami lebih banyak. Makanya, meskipun kulitmu kering, akan terasa ada lapisan minyak di atasnya.

  1. Kulit Kusam
Seperti Apa Kulit Muka Kering dan Kusam

Dehidrasi bisa menghambat proses regenerasi sel, sehingga sel kulit mati yang nggak mengelupas, menumpuk di permukaan kulit dan bikin kulit kusam dan pori-pori tersumbat.

  1. Kulit Terasa Gatal

Ciri-ciri kulit dehidrasi selanjutnya adalah kulit yang terasa gatal. Ini disebabkan hilangnya kemampuan kulit untuk menjaga kelembapan saat dehidrasi. Ketika kulit kering, bisa memicu rasa gatal.

Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa dehidrasi juga bisa memicu pelepasan histamin, atau zat kimia yang dikeluarkan tubuh sebagai respon alergi. Zat ini yang bisa bikin kulit terasa gatal.

  1. Kerutan dan Garis Halus

Kehilangan elastisitas juga bisa jadi ciri-ciri kulit wajah dehidrasi, makanya bisa menyebabkan munculnya kerutan dan garis halus. Penyebabnya, dehidrasi bisa menghambat produksi kolagen dan elastin, yang bisa membuat kulit kencang dan elastis.

  1. Muncul Jerawat
pria berjerawat

Kayak yang udah dijelaskan sebelumnya, dehidrasi bisa memicu produksi minyak alami lebih banyak dan menghambat regenerasi sel. Akibatnya, pori-pori bisa tersumbat dan menimbulkan jerawat. Kulit dehidrasi juga lebih mudah meradang dan iritasi, yang memperburuk jerawat.

Oh iya, ngomongin soal jerawat, bukan hanya di wajah, lho! Ada juga jerawat punggung. Untuk itu, Bruver bisa cari tahu lebih lanjut bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat di punggung.

  1. Lebih Sensitif

Ciri-ciri kulit dehidrasi lainnya adalah bisa meminimalisir fungsi skin barrier. Kalau skin barrier nggak bisa berfungsi dengan baik, kulit jadi lebih sensitif. Bakteri, polusi, dan kotoran lain jadi lebih gampang masuk ke dalam kulit.  

Baca Juga: Contoh Wajah Purging dan Breakout, Apa Bedanya?

Ciri ciri Kulit Dehidrasi pada Kulit Berminyak

Kulit berminyak emang bisa dehidrasi? Jawabannya bisa! Soalnya, kulit dehidrasi  itu tanda Bruver kekurangan air, bukan kekurangan minyak.

Ini ciri-ciri kulit dehidrasi pada kulit berminyak yang perlu Bruver tau:

  • Kulit Terasa Kencang

Ciri-ciri kulit wajah dehidrasi pada kulit berminyak yang pertama adalah kulit terasa kencang. Nggak cuma kulit kering, kekurangan air juga bisa bikin kulit berminyak jadi over-dry sampai terasa kencang, terutama abis cuci muka. 

  • Gampang Iritasi

Pada dasarnya, kulit berminyak emang gampang iritasi. Nah, dehidrasi ini bisa jadi faktor yang memicu iritasi bertambah parah. Contoh kulit dehidrasi yang iritasi adalah muncul kemerahan, rasa gatal, hingga ruam.

  • Pori-pori Terlihat Lebih Besar

Ketika kulit mengalami dehidrasi, elastisitasnya akan menurun. Hal ini menyebabkan pori-pori di wajah meregang dan terlihat lebih besar.

Selebihnya, ciri-ciri kulit dehidrasi pada kulit berminyak hampir sama kok kayak jenis kulit lainnya.

Apa yang Harus dilakukan Saat Kulit Dehidrasi?

Kalau Bruver mengalami ciri-ciri kulit dehidrasi kayak di atas, jangan panik dulu! Bruver bisa melakukan cara mengatasi kulit dehidrasi kayak di bawah ini:

  1. Minum Air Putih

Pertolongan pertama untuk kulit dehidrasi adalah perbanyak minum air putih, tapi ingat, jangan berlebihan. Minum setidaknya delapan gelas atau 2 liter air putih setiap harinya, sesuai anjuran Kemenkes. Air putih sangat penting untuk menjaga hidrasi kulit.

  1. Pakai Pelembap

Ketika kulitmu dehidrasi, hal yang wajib Bruver lakukan adalah pakai pelembap atau moisturizer yang bisa membantu mengatasi kulit dehidrasi dengan cara menarik air ke dalam kulit, menahan air supaya tidak hilang, serta membuat skin barrier semakin kuat.

Pilih moisturizer yang mengandung bahan penenang dan cocok untuk kulit Bruver. Hindari pelembap dengan campuran kandungan yang terlalu keras.

  1. Hindari Mandi Air Panas

Kayak yang udah dijelasin di atas, air panas bisa membuat kulit kehilangan hidrasinya. Jadi, sebaiknya Bruver mandi pakai air hangat atau air dingin aja ya. 

  1. Kurangi Konsumsi Alkohol dan Kafein

Alkohol dan kafein bersifat diuretik, yang artinya bikin lebih sering buang air kecil. Urine mengurangi jumlah cairan tubuh, termasuk air yang dibutuhkan kulitmu. Lebih buruk lagi, alkohol menghambat produksi hormon vasopressin, yang berperan penting dalam hidrasi tubuh.

  1. Pakai Skincare yang Melembapkan

Nggak cuma untuk merawat kulit, skincare bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah kulitmu, termasuk kulit dehidrasi. Pakai skincare yang punya kandungan humectant, occlusives, dan emolien.

  • Humectant: Menarik air ke dalam kulit dan menjaganya tetap lembab. Contohnya: Hyaluronic Acid, Glycerin, Niacinamide.
  • Occlusives: Membentuk lapisan di atas kulit untuk mencegah hilangnya air. Contohnya: Petrolatum, Shea butter, Dimethicone.
  • Emolien: Melembabkan dan melindungi kulit. Contohnya: Ceramide, Minyak jojoba, Argan oil.

Penting untuk memilih skincare yang sesuai dengan kondisi kulit dan mengandung bahan-bahan yang aman dan melembapkan, seperti Bruv For Men.

Bruv For Men diperkaya dengan kandungan aktif activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang bantu atasi kulit dehidrasi.

Dengan Bruv For Men, wajahmu bakal terasa lebih lembab, segar, dan bebas kusam. Nggak perlu lagi deh ribet pake banyak produk skincare. Cukup Bruv For Men, wajahmu langsung glowing maksimal!

Share This Post

Discover More