Ciri Ciri Kulit Wajah Dehidrasi, Semudah Ini Buat Peka Soal Kondisi Itu

ciri ciri kulit wajah dehidrasi

Bruver, pernah nggak sih ngerasa muka kering tapi di bagian lain berminyak? Atau muka kusam dan gampang jerawatan? Nah, bisa jadi itu tandanya kulitmu dehidrasi.

Kulit dehidrasi seperti apa sih? Dehidrasi kulit wajah itu kondisi dimana kulit kekurangan air.  Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari lingkungan sampai kebiasaan cuci muka yang salah. Terus, apa aja ciri ciri kulit wajah dehidrasi? Yuk cari tau, biar nggak salah!

Penyebab Kulit Wajah Dehidrasi

Sebelum masuk ke ciri ciri kulit wajah dehidrasi, lebih dulu kita bahas soal penyebabnya. Dehidrasi bukan cuma soal kekurangan air minum. Kulitmu juga bisa dehidrasi lho, Bruver. Penyebabnya bisa bermacam-macam, antara lain:

  1. Paparan Sinar Matahari

Buat Bruver yang sering beraktivitas di luar ruangan atau sering terpapar sinar matahari, sebaiknya berhati-hati. Sinar matahari meningkatkan suhu kulit, yang menyebabkan penguapan air dari kulit lebih cepat. Hal ini dapat membuat kulit kering dan dehidrasi.

  1. Lingkungan 

Paparan lingkungan, seperti cuaca panas, angin kencang, dan polusi, dapat membuat kulit wajahmu kehilangan air dan menjadi dehidrasi.

Cuaca panas dan kering menyebabkan air di kulit wajahmu menguap lebih cepat. Angin kencang memperparah situasi dengan mengangkat air dari permukaan kulit. Polusi dapat merusak “pelindung” alami kulit, membuatnya lebih mudah kehilangan air dan iritasi.

  1. Penggunaan AC

Kalau tinggal di daerah yang panas, pasti rasanya kurang lengkap kalau nggak pakai AC. Meskipun bikin ruangan adem, tapi udara dingin dan kering dari AC menyerap air dari kulit.  Hal ini bikin kulit wajah Bruver kehilangan kelembapannya dan jadi dehidrasi.

  1. Kurang Minum Air

Air membantu menjaga kesehatan dan keseimbangan kulit, makanya bisa bikin kulit jadi kenyal dan lembab.

Ketika Bruver kurang minum air, tubuh akan mengambil air dari “cadangan” di berbagai organ, termasuk kulit wajah. Ini yang bikin kulit kehilangan air dan menjadi dehidrasi.

  1. Salah Pakai Skincare

Skincare memang bertujuan untuk merawat kulit, tapi salah pakai bisa jadi bumerang! Produk yang punya kandungan terlalu keras kayak alkohol, eksfoliator yang terlalu kasar, atau yang mengandung alergen bisa merusak skin barrier dan bikin kelembapannya berkurang. Pakai skincare yang nggak cocok sama jenis kulit juga bisa bikin iritasi, alergi dan dehidrasi. 

  1. Kebiasaan Cuci Muka yang Salah

Jangan sampai kebiasaan cuci muka Bruver salah dan bikin dehidrasi ya! Mencuci muka terlalu sering bisa menghilangkan kelembapan alami dari kulit, sama halnya kalau Bruver cuci muka pakai air panas. Sabun muka yang punya bahan kimia terlalu keras juga bisa bikin dehidrasi.

Selain faktor di atas, usia, perubahan hormonal dan kondisi medis tertentu juga bisa jadi penyebab, lho. Banyak kan penyebabnya? Makanya, mulai sekarang hati-hati ya.

Ciri ciri Kulit Wajah Dehidrasi

ciri ciri kulit muka dehidrasi

Kulit dehidrasi itu tanda Bruver kekurangan air, bukan kekurangan minyak. Jadi, jenis kulitmu bisa berminyak, kombinasi, atau normal, tapi tetap bisa dehidrasi. Walaupun, emang punya ciri yang sedikit beda.

Sebelum bahas perbedaannya, kita bahas ciri ciri kulit wajah dehidrasi secara umum dulu, di bawah ini:

Kulit Kering

Ciri yang paling utama adalah kulit yang terasa kering. Ketika kulit dehidrasi, artinya nggak memiliki cukup air. Ini bisa bikin terasa kencang, bersisik, dan gatal. Kulit kering juga bisa terlihat kusam dan kasar. 

Kulit Kusam

Dehidrasi bikin kulit nggak bisa ngelakuin tugasnya dengan baik, termasuk regenerasi sel. Jadinya, sel-sel kulit mati nggak mengelupas dan numpuk di permukaan kulit. Ini yang bikin pori-pori tersumbat, kulit kusam, dan wajahmu jadi terlihat kusam.

Terlihat Berminyak

Ciri ciri kulit wajah yang dehidrasi selanjutnya adalah keliatan berminyak, tapi terasa kering. Ini karena saat kulit mengalami dehidrasi, maka akan memproduksi sebum lebih banyak supaya seimbang. Kulit berusaha mencegah hilangnya lebih banyak air. Akibatnya, Bruver mungkin punya kulit yang terasa kering, tapi ada lapisan minyak di atasnya.

Terasa Gatal

Kulit yang dehidrasi, biasanya juga terasa gatal. Saat kulit dehidrasi, kehilangan kemampuannya untuk menjaga kelembabannya. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi, yang dapat memicu rasa gatal.

Selain itu, dehidrasi juga dapat memicu pelepasan histamin, zat kimia yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai respons alergi. Histamin dapat menyebabkan peradangan dan gatal pada kulit.

Muncul Kerutan

Kerutan dan garis halus nggak cuma jadi salah satu tanda penuaan, tapi juga jadi ciri ciri kulit wajah dehidrasi. Saat kulit kekurangan air, elastisitasnya jadi berkurang dan lebih mudah berkerut.  Ini bisa bikin garis halus dan kerutan keliatan lebih jelas, kulit jadi keliatan lebih tua deh.

Lebih Sensitif

Skin barrier pada kulit yang dehidrasi biasanya nggak berfungsi secara maksimal. Makanya, ini bisa bikin kulit Bruver jadi lebih sensitif. Akibatnya, bakteri dan polusi jadi lebih gampang masuk ke dalam kulit dan memicu reaksi sensitivitas. 

Memicu Jerawat

Kulit kering dan dehidrasi ternyata bisa memicu jerawat lho! Kok bisa?

Ternyata, saat kulit dehidrasi, ia berusaha melindungi diri dengan memproduksi minyak berlebih. Minyak ini, bersama dengan sel kulit mati, bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Kulit dehidrasi juga lebih mudah meradang dan iritasi, yang memperburuk jerawat.

Kehilangan Elastisitas

Kehilangan elastisitas juga bisa jadi ciri kulit wajah dehidrasi. Soalnya, dehidrasi bisa menghambat produksi kolagen dan elastin, ini bisa membuat kulit kehilangan elastisitas dan jadi gampang berkerut.

Ciri Kulit Wajah Dehidrasi di Kulit Kering

Kalau di atas adalah ciri kulit wajah yang dehidrasi (secara umum), khusus kulit kering, ada beberapa ciri jika kulit kering dehidrasi:

  • Kulit Semakin Bersisik

Kulit bersisik adalah salah satu ciri ciri kulit muka dehidrasi pada kulit kering. Hal ini terjadi karena kulit kekurangan air, sehingga tidak dapat mempertahankan kelembabannya dengan baik. Kulit kering yang dehidrasi juga rentan mengelupas, jadi hati-hati ya, Bruver!

  • Memperburuk Eksim

Dehidrasi dapat memperburuk eksim, tetapi bukan penyebab langsungnya. Eksim adalah kondisi kulit kronis yang ditandai dengan peradangan, ruam, dan gatal. Kalau kulitmu kering dan lagi kena eksim, sebaiknya jaga hidrasi ya.

  • Dermatitis Jadi Parah

Kulit kering umumnya lebih rentan terkena dermatitis. Hal ini bisa makin parah kalau Bruver juga dehidrasi! Dehidrasi bisa memperburuk dermatitis dengan bikin kulit lebih kering, gatal, dan iritasi. Kulit yang dehidrasi juga lebih rentan terhadap infeksi dan peradangan.

Tips: Untuk menghindari kulit kering, pastikan juga jangan makan makanan yang menyebabkan kulit kering.

Ciri Kulit Wajah Dehidrasi di Kulit Berminyak

Jangan dikira kulit berminyak nggak bisa dehidrasi ya. Minyak dan air itu beda! Justru, ketika kulit dehidrasi malah memproduksi minyak berlebih untuk menutupi kekurangan airnya. 

Sebenarnya, dehidrasi yang terjadi di kulit berminyak itu keliatan normal kalau diliat pakai mata telanjang. Tapi, ketika diliat lebih teliti, apalagi pakai mikroskop, baru keliatan. Ini ciri ciri wajah dehidrasi di kulit berminyak:

  • Kulit Terasa Kencang

Emang kulit berminyak bisa terasa kencang kayak kulit kering? Ternyata bisa lho, ini adalah salah satu ciri-ciri kulit wajah dehidrasi di kulit berminyak. Kulit berminyak terasa kencang karena kulitmu kekurangan air, bukan minyak.

  • Kulit Kusam

Kulit berminyak yang dehidrasi juga bisa bikin kulit jadi kusam. Soalnya, ketika kulit kekurangan air, kelenjar sebaceous terangsang untuk memproduksi lebih banyak minyak untuk menutupi kekurangan air. Nah, minyak berlebih ini bisa menyumbat pori-pori dan bikin sel kulit mati menumpuk, makanya kulit keliatan kusam.

  • Mengalami Iritasi

Kulit berminyak memang rentan terhadap berbagai masalah, termasuk iritasi. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit berminyak adalah dehidrasi. Dehidrasi bisa melembabkan skin barrier yang bikin lebih rentan terkena iritasi dari bahan kimia ataupun faktor lingkungan.

Baca Juga: Perbedaan Warna Tipe Kulit Sawo Matang dan Kuning Langsat.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Dehidrasi

Punya salah satu ciri ciri kulit wajah dehidrasi aja udah bikin bete, gimana kalau lagi ngalamin semuanya? Makanya, Bruver harus menjaga hidrasi kulit dan mencegahnya mengalami dehidrasi dengan cara di bawah ini:

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Sebaiknya minum setidaknya tiga hingga empat gelas air hangat di pagi hari.

  1. Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein

Alkohol dan kafein itu adalah hal yang harus dihindari kalau Bruver nggak mau dehidrasi.  Kedua zat ini bersifat diuretik, yang artinya bikin lebih sering buang air kecil, termasuk air yang dibutuhkan kulitmu.  Parahnya lagi, alkohol juga menghambat produksi hormon vasopressin, yang penting buat hidrasi tubuh.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat bukan cuma bermanfaat buat kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan kulit wajah. Waktu Bruver tidur, tubuh jadi punya waktu untuk memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit, termasuk sel yang menjaga hidrasi kulit.

Istirahat yang cukup juga bisa meningkatkan produksi kolagen, yang bisa menahan air dan bikin kulit keliatan lebih plump dan kenyal. 

  1. Hindari Mandi Air Panas

Di cuaca dingin, mungkin enak banget kalau mandi pakai air panas. Tapi, sebenarnya mandi air panas punya beberapa kekurangan, lho.

Air panas bisa mengangkat minyak alami kulit, merusak skin barrier, dan memperparah kondisi kulit. Sebaiknya gunakan air hangat dan batasi waktu mandi selama 10-15 menit.

  1. Gunakan Pelembap

Pelembap atau moisturizer membantu mengatasi kulit dehidrasi dengan menarik air ke dalam kulit, mencegah hilangnya air, dan memperkuat skin barrier. 

Pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit dan mengandung humectant, serta bahan penenang. Oleskan secara teratur setelah Bruver membersihkan wajah dan pakai skincare lainnya.

  1. Cari Skincare dengan Kandungan Melembapkan

Skincare emang jadi jawaban buat segala permasalahan kulit, termasuk untuk mengatasi ciri-ciri kulit wajah dehidrasi. Biasanya, skincare yang cocok untuk kulit dehidrasi adalah yang punya kandungan humectant, occlusives, dan emolien.

Berikut beberapa kandungan skincare yang bisa Bruver pakai mengatasi kulit wajah dehidrasi:

  • Hyaluronic Acid: Mampu menarik air 1000x lipat dari beratnya, sehingga membuat kulit kenyal dan lembab.
  • Glycerin: Membantu menarik air ke dalam kulit dan menjaga hidrasi.
  • Niacinamide: Membantu memperkuat skin barrier dan mencegah hilangnya air dari kulit.
  • Petrolatum: Membentuk lapisan di atas kulit untuk mencegah hilangnya air.
  • Shea butter: Kaya akan vitamin A dan E, serta membantu melembabkan dan melindungi kulit.
  • Dimethicone: Membantu menghaluskan kulit dan mencegah hilangnya air.
  • Ceramides: Membantu memperkuat skin barrier dan mencegah hilangnya air dari kulit.
  • Minyak jojoba: Mirip dengan sebum alami kulit, sehingga membantu melembabkan dan melindungi kulit.
  • Argan oil: Argan oil adalah emolien karena memiliki tekstur yang cenderung cair atau kental. Argan oil juga merupakan oklusif karena dapat mengunci kelembapan kulit, dan membuat kulit halus dan lembut. 

Dehidrasi Bisa Bikin Kulit Wajah Jadi kering dan Berminyak

Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk kulit kering dan berminyak. Kayak yang udah dijelasin di atas, dehidrasi bikin kulit kehilangan kelembapan dan bikin kulit jadi kering. Di sisi lain, waktu dehidrasi, kelenjar sebaceous di kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mencoba mengimbanginya, makanya kulit jadi lebih berminyak.

Ganggu banget kan? Apalagi ditambah gejala-gejala lainnya, penampilan auto turun drastis! Untungnya ada sabun favorit pria, Bruv For Men untuk bantu merawat wajah.

Sabun muka Bruv For Men diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah kulit pria, termasuk dehidrasi yang bikin muka kering dan berminyak. 

Kandungan activated bamboo charcoalnya bantu bersihkan kotoran dan minyak di pori-pori, argan oil yang termasuk emolien dan oklusif bantu jaga kelembapan, serta peppermint oilnya yang bikin muka segar.

Bruv For Men nggak mengandung bahan yang terlalu keras, makanya aman banget buat segala jenis kulit, dari kulit kering sampai berminyak.

Jadi, tunggu apa lagi pakai Bruv For Men dua kali sehari secara rutin untuk merawat dan mencegah kulit dari dehidrasi! Pastikan Bruver untuk action sesegera mungkin jika mendapati ciri ciri kulit wajah dehidrasi juga terjadi pada kulit Bruver!

Share This Post

Discover More