Flek Hitam di Wajah Pria, Jauhi Penyebabnya dan Lakukan Ini Segera

flek hitam di wajah pria

Di wajah Bruver ada bintik-bintik hitam? Ini namanya flek hitam. Apa sih yang bikin bintik hitam ini muncul? Terus gimana cara menghilangkan flek hitam di wajah pria? Cari tau di artikel ini yuk.

Apa sih Flek Hitam di Wajah Pria?

Flek hitam pada pria, yang dikenal juga sebagai hiperpigmentasi, itu area pada kulit wajah yang berwarna lebih gelap daripada area sekitarnya. Bintik-bintik ini bisa muncul di berbagai area wajah, kayak pipi, dahi, hidung, dan atas bibir.

Ada beberapa jenis flek hitam yang umumnya terjadi pada pria, antara lain:

  • Sunspots

Bintik penuaan, atau yang akrab disapa “sunspots”, adalah salah satu masalah kulit yang bikin penampilan jadi kurang oke. Bintik ini muncul akibat paparan sinar matahari berlebihan, dan biasanya terlihat di area yang sering kena sinar matahari, seperti wajah, tangan, dan leher.

Penyebab utama bintik penuaan adalah kerusakan kulit akibat sinar UV. Nggak heran, kalau orang yang sering beraktivitas di luar ruangan atau suka berjemur lebih rentan mengalaminya. Bahkan, bintik ini bisa muncul bertahun-tahun setelah paparan sinar matahari lho!

  • Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)

Ketika Bruver jerawatan atau terluka, biasanya muncul bekas menghitam selama proses penyembuhan. Nah, bintik atau bercak kulit gelap yang muncul setelah kondisi kulit meradang inilah yang disebut Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH).

Meskipun flek hitam umumnya nggak bahaya, mereka bisa ganggu penampilan ganteng Bruver dan menurunkan rasa percaya diri. Flek hitam bisa bikin wajah keliatan kusam, nggak rata, dan lebih tua.

Penyebab Flek Hitam di Wajah Pria

Pria sebenarnya tidak lebih rentan terkena flek hitam dibandingkan wanita. Tapi, ada beberapa faktor penyebab flek hitam di wajah pria, antara lain: 

  1. Paparan Sinar Matahari

Pria umumnya lebih sering menghabiskan waktu di luar ruangan dibandingkan wanita, misalnya main bola, naik motor, kerja di lapangan, dan lainnya. Paparan sinar matahari yang berlebihan merupakan salah satu penyebab utama flek hitam.

  1. Pori-pori Besar

Pria umumnya punya pori-pori yang lebih besar dibandingkan wanita. Pori-pori yang besar bisa bikin produksi minyak jadi lebih banyak, ini dapat menyumbat pori-pori dan memicu flek hitam.

  1. Perubahan Hormonal

Dr. Keira dari Gennev menyatakan bahwa hormon yang bertanggung jawab atas produksi melanosit adalah melanocyte stimulating hormone (MSH). Fluktuasi hormon, terutama testosteron, dapat memicu produksi MSH dan hiperpigmentasi pada pria, yang dapat menyebabkan munculnya bercak hitam pada wajah.

  1. Peradangan

Jerawat, luka, atau bekas luka bakar dapat menyebabkan peradangan yang memicu flek hitam. Waktu peradangan di kulit Bruver sembuh, kulit secara alami akan menghasilkan kelebihan melanin yang bikin kulit menggelap hingga jadi flek hitam.

  1. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, produksi melanin melambat, tetapi distribusi melanin menjadi tidak merata, sehingga muncul flek hitam. Tapi meski begitu, flek hitam bisa muncul bahkan saat Bruver masih muda.

Disamping itu, faktor lain kayak genetika, stres, dan konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa berkontribusi pada munculnya flek hitam.

Selain flek hitam, banyak juga kejadian muncul bintik hitam di wajah seperti tahi lalat.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Pria

cara menghilangkan flek hitam di wajah pria

Meskipun flek hitam nggak bikin gatal ataupun nyeri, tapi ini bisa ganggu penampilan Bruver dan bikin minder! Makanya, penting buat Bruver tau cara menghilangkan flek hitam di wajah pria kayak di bawah ini:

1. Pakai Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya punya fungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang jadi penyebab utama munculnya flek hitam. Sunscreen bisa bantu mencegah munculnya flek hitam baru yang muncul sekaligus mencegah kondisi kulit semakin memburuk. 

Pilih sunscreen yang sesuai dengan SPF minimal 30 dan pakai sebelum Bruver beraktivitas. Pastiin olesin di wajah dan leher secara merata secara rutin. Jangan lupa juga buat re-apply setiap dua jam sekali.

2. Pakai Skincare Pencerah

Jaman sekarang, banyak banget produk skincare yang punya kandungan bahan pencerah yang aktif kayak vitamin C, asam kojat, niacinamide, atau asam azelat. Bahan-bahan ini bisa membantu menghambat aktivitas enzim yang terlibat dalam produksi melanin, sekaligus berfungsi untuk mencerahkan warna kulit dan menyamarkan bercak atau area yang lebih gelap. Ini bisa ngasih tampilan kulit yang lebih merata.

3. Eksfoliasi

Cara yang wajib Bruver lakuin buat ngilangin flek hitam di wajah adalah eksfoliasi. Eksfoliasi bisa bantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Selain itu, juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sehingga tampilan kulit lebih merata. Ini bisa membantu menyamarkan flek hitam.

4. Jaga Kebersihan Wajah

Rutin bersihkan wajahmu supaya kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori-pori bisa terangkat. Cuci muka dua kali sehari, waktu pagi dan malam. Pakai sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Bruver dan punya kandungan yang bagus buat kulit.

5. Pakai Bahan Alami

Bruver juga bisa menghilangkan flek hitam secara alami, berikut ini bahan alami yang bisa Bruver coba:

  • Pepaya

Pepaya punya kandungan alpha-hydroxy acid (AHA) yang bisa mengeksfoliasi dengan baik. Makanya, dengan rutin pakai masker pepaya, Bruver bisa punya kulit yang lebih cerah dan lebih merata.

  • Lemon

Flek hitam di wajah juga bisa diatasi dengan jus lemon. Karena kandungan vitamin C dan antioksidannya, lemon bisa mencerahkan kulit.

  • Tomat

Udah tau kan, kalau tomat punya kandungan likopen yang sangat kaya? Nah, likopen ini yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari, salah satu penyebab utama munculnya flek hitam. Selain itu, tomat juga sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik, jadi bisa bikin kulit Bruver lebih bersih dan cerah.

  • Kunyit

Kunyit nggak cuma dijadiin bumbu masakan aja lho. Ternyata, kandungan kurkumin yang ada di dalamnya bisa mengurangi produksi melanin kulit, sehingga flek hitam bisa berkurang.

  • Mentimun

Mentimun kaya akan antioksidan, vitamin, dan senyawa kaya silika yang membantu mengurangi bintik-bintik hiperpigmentasi di wajah Bruver. 

  • Lidah Buaya

Dikutip dari healthline.com, bahan kimia tertentu dalam lidah buaya kayak aloin dan aloesin punya sifat mencerahkan kulit. Bahan ini bisa mengurangi munculnya flek hitam dengan cara menghancurkan sel melanin yang ada dan mencegah pembentukan melanin lebih lanjut.

  • Yogurt

Yogurt bisa membantu memudarkan flek hitam di wajah karena merupakan bahan pencerah kulit alami. Yogurt mengandung asam laktat yang bisa memperbaiki perubahan warna dan bintik-bintik penuaan.

  1. IPL Treatment

Kalau Bruver pengen cara instan yang bisa bersih secara menyeluruh, Bruver bisa coba IPL treatment pembersih noda hitam di wajah pria.  IPL treatment itu prosedur kosmetik non-invasif yang menggunakan cahaya spektrum luas untuk menangani berbagai masalah kulit, termasuk hiperpigmentasi wajah.

Kunci penting dalam menghilangkan flek hitam di muka pria itu konsisten dalam melakukan perawatan-perawatan di atas. Hal ini karena merubah pigmentasi kulit nggak instan dan butuh waktu. Apalagi, kondisi kulit tiap orang beda-beda.

Sabun Muka Pria untuk Menghilangkan Flek Hitam

Menghilangkan flek hitam itu emang gampang-gampang susah! Bruver harus konsisten merawat kulit wajah, dari mulai menjaga kebersihannya sampai melindunginya.

Tapi tenang, Bruv For Men hadir nih buat bantu Bruver! Sabun muka ini dirancang khusus buat para Bruver dengan kandungan aktif yang ampuh buat ngilangin flek hitam.

Ada activated bamboo charcoal yang bantu serap kotoran dan minyak di wajah, argan oil yang bikin kulit lembap dan cerah, plus peppermint oil yang bikin wajah seger dan bebas kusam. 

Gimana, Bruver? Udah siap tampil lebih pede dengan wajah bebas flek hitam? Yuk, cobain tips hilangkan flek hitam di wajah pria ala MinBruv dan buruan pakai sabun muka Bruv For Men!

Share This Post

Discover More