Makanan Penyebab Jerawat di Pipi, Kurang-kurangin Makan Ini, Ya!

makanan penyebab jerawat di pipi

Bruver sering denger kalau ada makanan penyebab jerawat di pipi, dagu,dahi, dan area wajah lainnya? Atau malah pernah mengalaminya? Yuk, simak dulu makanan apa saja yang sebaiknya dikurangi biar wajah Bruver kembali mulus!

Apa yang kita konsumsi, ternyata ngaruh banget ke tubuh dan kulit kita lho. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa minuman dan makanan bisa sedikit memperparah jerawat. 

Hal ini karena makanan tertentu punya kandungan yang bisa mempengaruhi hormon seperti insulin, IGF-1 (faktor pertumbuhan mirip insulin 1), dan androgen. Hormon ini berpengaruh terhadap munculnya jerawat, termasuk di pipi.

Makanan Penyebab Jerawat di Pipi, Dagu, dan Dahi

makanan penyebab jerawat di pipi, dagu, dan dahi

Terus apa aja makanan penyebab jerawat di pipi? Berikut ini daftarnya:

  1. Olahan Karbohidrat

Studi penelitian nunjukin kalo makanan olahan karbohidrat bisa bikin jerawat lebih gampang muncul. Risiko jerawat ini bisa 54% lebih tinggi dibanding yang jarang makan makanan ini. 

Soalnya makanan kayak gini cepat diserap darah, bikin kadar gula darah naik drastis. Nah, kalo gula darah tinggi, tubuh bakal ngeluarin lebih banyak insulin buat ngatur gula darah itu.

Olahan karbohidrat yang jadi makanan penyebab jerawat di pipi antara lain roti, sereal, kue, pasta, bihun, nasi putih, dan lainnya.

  1. Makanan & Minuman Manis

Makanan dan minuman manis emang enak kan? Misalnya, permen, crepes, donat, sirup, soda, dan sebagainya. Sayangnya, gula yang terkandung di dalam makanan dan minuman itu bisa menyebabkan kadar insulin tubuh meningkat.

Peningkatan insulin ini bisa menyebabkan produksi minyak di kulit secara berlebihan. Minyak ini bisa membuat pori-pori tersumbat dan jadi jerawat.

  1. Olahan Susu

Dikutip dari healthline.com, produk olahan susu bisa meningkatkan kadar insulin dan mengandung asam amino yang bisa mempengaruhi hormon penyebab jerawat.

Produk olahan susu yang bisa jadi makanan penyebab jerawat di pipi adalah susu skim, susu rendah lemak, susu rasa coklat, es krim, keju, sampai yogurt. 

  1. Makanan Cepat Saji

Udah bukan rahasia lagi kalau fast food atau makanan cepat saji kayak burger, pizza, hotdog, nugget, dan sebagainya mengandung kalori, lemak, dan karbohidrat olahan yang tinggi. Makanya, nggak heran kalau makanan ini adalah makanan penyebab jerawat di pipi.

  1. Coklat

Sebenarnya, kakao mentah punya kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan seng yang bermanfaat untuk kulit. Tapi, yang membuat coklat jadi makanan penyebab jerawat di pipi adalah campuran susu dan gula yang ada di dalam produk coklat.

  1. Makanan Mengandung Garam

Garam emang salah satu penyedap rasa yang bikin makanan jadi lebih enak. Tapi, konsumsi garam secara berlebihan bisa berdampak buruk ke tubuh, salah satunya adalah makanan penyebab jerawat di dagu.

Konsumsi garam berlebih bisa bikin tubuh dehidrasi karena jumlah air yang diserap organ nggak seimbang. Akibatnya, kulit jadi kering, bersisik, dan memicu produksi sebum berlebih.

Ketika sebum terlalu banyak, maka bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu timbulnya jerawat. 

  1. Seafood 

Hampir sama kayak makanan mengandung garam, seafood juga termasuk makanan penyebab jerawat di dahi. Kepiting, udang, cumi-cumi, kerang, dan seafood lainnya punya kandungan yodium yang tinggi bisa menyebabkan kulit jadi rentan berjerawat.

  1. Makanan Pedas

Ada mitos kalau sering makan pedas bisa bikin jerawatan, pernah denger? Faktanya, bukan makanan pedasnya yang bikin jerawatan, tapi efek samping yang dirasakan setelah makan pedas yang memicu jerawat muncul.

Ketika Bruver kepedesan, otomatis keringat akan keluar sebagai respon. Nah, kalau keringat ini menetes ke wajah, pori-pori akan mulai memproduksi minyak. Minyak yang berlebihan bisa menyumbat pori-pori dan bikin jerawat muncul.

  1. Alkohol 

Orang yang mengkonsumsi alkohol rentan terkena jerawat lho. Alkohol dalam jumlah banyak bisa mengubah kadar hormon, misalnya bikin kadar estrogen atau testosteron jadi nggak seimbang. Menurut thedermspecs.com, faktor ini bisa mempengaruhi frekuensi dan tingkat keparahan jerawat.

Waktu kadar hormon meningkat, kulit kita menghasilkan zat yang disebut sebum yang menyumbat pori-pori kita dengan minyak dan bakteri, yang pada akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Buah-buahan Tertentu

Siapa yang mikir kalau semua buah baik buat kesehatan tubuh, termasuk kulit? Menurut Vinmec, buah-buahan panas seperti plum, leci, dan kelengkeng bisa menimbulkan jerawat karena mengandung banyak gula. 

Kismis, kurma, dan plum juga termasuk makanan penyebab jerawat di bagian pipi, soalnya mengandung indeks glikemik yang tinggi.

  1. Makanan Pemicu Alergi

Ketika seseorang alergi terhadap makanan tertentu, sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan dan menghasilkan antibodi. Reaksi ini dapat menyebabkan peradangan pada kulit, termasuk jerawat.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan kalau makanan yang paling sering menimbulkan alergi pada orang berjerawat adalah telur ayam utuh, protein telur ayam, dan daging ayam (masing-masing 66,7%, 61,4%, dan 52,9%). Selain itu, alergi juga ditemukan pada barley dan oat (50,0% dan 47,9%), serta protein susu sapi dan daging sapi (43,9% dan 44,2%).

Selain makanan penyebab jerawat di pipi yang dikonsumsi, hormon, genetik, paparan sinar matahari, stres, kurang tidur, dan perawatan yang salah juga sangat berpengaruh terhadap jerawat.

Tak hanya masalah berjerawat, yang cukup sering terjadi yaitu kulit berminyak bahkan saat bangun tidur. Kenapa begitu? Bruver bisa cek penjelasannya di artikel tentang kenapa muka berminyak saat bangun tidur.

Cara Merawat Wajah Berjerawat

cara merawat wajah berjerawat

Kalau Bruver lagi punya jerawat, ada cara untuk merawatnya. Hindari konsumsi makanan-makanan penyebab jerawat di pipi yang udah disebutkan tadi, lakukan juga langkah-langkah di bawah ini secara rutin:

  1. Jaga Kebersihan Wajah

Karena penyebab utama jerawat adalah pori-pori yang tersumbat kotoran dan minyak, makanya Bruver wajib banget menjaga kebersihan wajah. Lakuin double cleansing pakai micelar water dan facial wash favoritmu.

Bersihkan wajah dua kali sehari, pada pagi hari dan malam hari. Hindari penggunaan sabun muka yang berbahan keras kayak paraben, silikon, alkohol, lanolin dan parfum, karena akan bikin jerawat semakin meradang. 

  1. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat bisa meredakan nyeri, mengeringkan jerawat, dan merangsang pori-pori terbuka. Uap yang dikeluarkan oleh air hangat dapat mengeluarkan kotoran di kulit.

Caranya adalah dengan merendam kain bersih dalam air hangat dan tekan dengan lembut selama 10-15 menit.

  1. Hindari Menyentuh dan Menggaruk Jerawat

Sebaiknya, hindari menggaruk, menyentuh, dan memencet jerawat yang terasa gatal karena bisa bikin peradangan memburuk serta menimbulkan luka yang lebih parah.

  1. Jaga Kulit Tetap Lembab

Bruver harus menjaga kulit tetap lembab. Soalnya, kulit kering bisa memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum ekstra, yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

Pilih pelembap yang punya tekstur ringan dan bebas minyak supaya nggak menyumbat pori-pori. Pakai pelembab atau moisturizer pada area wajah dan leher secara merata

  1. Wajib Pakai Sunscreen

Paparan sinar UV yang berlebihan bisa memperburuk jerawat yang sudah ada dan memicu munculnya jerawat baru. Sinar UV juga bisa menggelapkan bekas jerawat, dan bikin lebih susah dihilangkan. Sunscreen bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, apalagi buat Bruver yang aktif dan sering punya kegiatan di luar ruangan.

  1. Pakai Skincare dengan Kandungan Aktif

Kandungan skincare di bawah ini punya fungsi untuk merawat dan mengatasi jerawat:

  • Salicylic Acid (BHA): Salicylic acid itu eksfoliasi yang ampuh buat bantu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan risiko pori-pori tersumbat. Salicylic acid juga bisa masuk ke pori-pori buat mengurangi minyak berlebih yang sering bikin muka jadi berkomedo.
  • Benzoyl Peroxide: Nah, bahan ini punya fungsi untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, juga bisa bantu bersihin sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Tapi ingat, pilih yang konsentrasinya rendah biar kulitnya nggak iritasi.
  • Niacinamide: Buat ngendaliin minyak berlebih, meredakan kemerahan, dan membantu menghilangkan bekas jerawat.
  • Glycolic Acid: Glycolic acid ini sejenis AHA yang bisa membantu hilangkan jerawat dengan mengangkat sel kulit mati dan meredakan kemerahan di kulit.
  • Tea Tree Oil: Nah, kalau mau pakai bahan alami, tea tree oil ini jawabannya. Selain bikin muka rileks dengan wanginya, tea tree oil juga ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Menjaga pola hidup yang sehat juga nggak kalah pentingnya. Bruver perlu makan makanan sehat dan minum banyak air putih buat jaga kulit tetap sehat. Selain itu, penting juga buat istirahat yang cukup dan ngurangi stres. Coba lakukan kegiatan yang bisa bikin kamu lebih rileks.

Tips Lainnya untuk Bruver: Contoh Wajah Purging dan Breakout.

Bebas Masalah Jerawat dengan Bruv For Men

Sekarang udah tau kan, makanan penyebab jerawat di pipi? Bruver harus rajin ngelakuin cara merawat wajah berjerawat kayak yang udah disebutin di atas.

Selain itu, maksimalkan perawatan wajahmu pakai Bruv For Men! Sabun ini punya kandungan bahan-bahan aktif yang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat.

Kandungan activated bamboo charcoal ampuh membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak berlebih, argan oil berfungsi untuk melembapkan dan mencerahkan kulit, serta peppermint oil yang memberikan sensasi segar dan dingin.

Jangan ragu! Bebas masalah jerawat dengan Bruv For Men!

Share This Post

Discover More