Manfaat Antioksidan untuk Wajah, Kulit Terawat dan Sehat

manfaat antioksidan untuk wajah

Udah nggak asing kan, sama yang namanya antioksidan? Ternyata, ada banyak lho, manfaat antioksidan untuk wajah. Salah satunya adalah untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu antioksidan untuk wajah dan manfaatnya.

Antioksidan adalah molekul yang bekerja untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyerang sel-sel kulit yang sehat, memicu penuaan dini, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Tubuh kita memproduksi radikal bebas secara alami sebagai hasil dari metabolisme sel. Namun, paparan eksternal seperti polusi udara, asap rokok, sinar UV matahari, dan konsumsi makanan olahan dan minuman bersoda juga meningkatkan jumlah radikal bebas di tubuh.

Di sinilah antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas dengan berbagai cara. Salah satunya, antioksidan dapat menyumbangkan elektronnya untuk menetralkan radikal bebas, mencegah kerusakan sel.

Selain itu, antioksidan juga membantu tubuh dalam proses detoksifikasi, menghancurkan radikal bebas, dan mendorong penguraiannya.

Jenis Antioksidan

manfaat antioksidan untuk kulit

Ada banyak jenis antioksidan. Beberapa di antaranya diproduksi oleh tubuh, sementara yang lainnya ditemukan pada kandungan dibawah ini:

  • Vitamin C

Vitamin C punya sifat antioksidan yang secara signifikan membatasi oksidasi lipid. Kegunaan antioksidan yang berasal dari vitamin C adalah untuk melindungi lapisan epidermis dari radiasi sinar UV dan faktor lingkungan lainnya.

  • Vitamin E

Vitamin E udah jadi antioksidan yang bisa menjaga kesehatan kulit dan melindungi lapisan luar kulit dan lapisan di bawahnya dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh lingkungan.

  • Selenium

Selenium adalah mineral yang juga berfungsi sebagai enzim antioksidan dalam tubuh. Selenium bekerja dengan cara meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tertentu, seperti glutathione peroxidase dan thioredoxin reductase. Dengan begitu, selenium melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang bisa memicu stres oksidatif.

  • Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa polifenolik yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Flavonoid berperan sebagai antioksidan, yang artinya, mereka bisa menetralkan radikal bebas, yang bisa menyebabkan penuaan dini dan berbagai masalah kulit lainnya.

  • Beta-karoten

Beta-karoten adalah sumber antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas, sekaligus melawan radikal singlet oksigen, atau molekul jahat yang bisa merusak kulit.

Jadi, beta-karoten bisa memperlambat penuaan kulit dan mencegah kerusakan akibat sinar matahari.  Selain itu, beta-karoten juga berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yang penting banget buat kesehatan kulit.

  • Zinc 

Zinc juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.  Kadar zinc yang cukup dibutuhkan untuk mengaktifkan enzim antioksidan, termasuk cooper zinc superoxide dismutase (Cu/Zn-SOD).  Enzim inilah yang jago menetralkan radikal superoksida yang bisa merusak sel.

Sumber Antioksidan

Fungsi antioksidan untuk kulit bisa diperoleh dari sumber di bawah ini:

  • Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Buah dan sayur tersebut antara lain stroberi, blueberry, tomat, acai berry, raspberry, jeruk, bayam, brokoli, kale, wortel, dan masih banyak lagi.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber lemak sehat dan antioksidan, misalnya pada kenari, almond, pistachio, kacang tanah, chia seed, flaxseed, biji labu, biji bunga matahari (kuaci), dan lainnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah.

  • Rempah-rempah 

Banyak rempah-rempah yang mengandung antioksidan tinggi. Beberapa diantaranya adalah jahe, kunyit, kayu manis, cengkeh, dan lain sebagainya.

  • Teh hijau

Teh hijau memiliki senyawa antioksidan total yang lebih banyak daripada jenis teh lainnya. Teh hijau punya kandungan polyphenols yang punya sifat antioksidan, sekaligus antiinflamasi.

Selain dari sumber makanan tersebut, Bruver juga bisa mendapatkannya dari berbagai suplemen yang biasanya dijual di pasaran.

Manfaat Antioksidan untuk Wajah

Udah paham kan, Bruver, tentang antioksidan? Meskipun fungsi utamanya adalah melawan radikal bebas, efeknya nggak cuma itu lho! Antioksidan juga membawa banyak manfaat untuk wajah kita. Berikut ini beberapa manfaat antioksidan untuk wajah:

  1. Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan kayak kerutan dan garis halus, flek hitam, kulit kering dan kusam, emang nggak bisa kita hindari seiring dengan bertambahnya usia. Tapi, hal ini bisa lebih cepat muncul karena adanya kerusakan sel akibat radikal bebas.

Antioksidan yang bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga manfaat antioksidan untuk wajah bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Antioksidan juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga membantu menjaga kulit tetap kenyal, cerah, dan awet muda.

  1. Menyamarkan Hiperpigmentasi

Kerusakan sel-sel melanin akibat radikal bebas dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi itu kondisi dimana kulit menghasilkan melanin berlebihan, yang bikin muncul bintik-bintik gelap atau area kulit yang lebih gelap dari sekitarnya. 

Manfaat antioksidan untuk wajah bisa menekan produksi melanin yang berlebihan, penyebab utama hiperpigmentasi dan noda lainnya, sehingga membantu memudarkan bintik-bintik gelap dan membuat kulit tampak lebih cerah dan merata

  1. Mencerahkan Wajah

Manfaat antioksidan untuk wajah membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit, dengan cara menstimulasi produksi sel-sel kulit baru. Proses ini secara alami mendorong sel-sel kulit mati ke permukaan kulit, sehingga kulit bisa kelihatan lebih cerah.

  1. Menyembuhkan Peradangan

Peradangan adalah proses alami yang membantu tubuh melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Di sinilah manfaat antioksidan untuk wajah.

Antioksidan tertentu, seperti vitamin C dan vitamin E, membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yaitu sel-sel yang berperan penting dalam melawan infeksi. Antioksidan juga membantu meningkatkan produksi sitokin antiinflamasi, yaitu zat yang membantu meredakan peradangan.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Antioksidan bisa membantu memperkuat skin barrier yang bisa menjaga kelembapan kulit dengan cara melawan radikal bebas yang bisa merusak skin barrier

Selain itu, manfaat antioksidan untuk wajah juga bisa membantu meningkatkan produksi lipid dan protein di skin barrier, sehingga memperkuat strukturnya dan mencegah kehilangan air.

  1. Melindungi dari Paparan Sinar UV

Penelitian yang dilakukan Offord et al. menyelidiki potensi perlindungan sinar matahari dari vitamin C dan antioksidan lainnya.  Hasilnya, mereka menemukan bahwa vitamin C memegang peranan penting dalam melindungi kulit dari sinar UVA.  

  1. Mencegah Kanker Kulit

Penelitian menunjukkan alpha-tocopherol, salah satu jenis vitamin E, bisa mengurangi jumlah kerusakan DNA yang diakibatkan oleh zat-zat yang memicu kerusakan oksidatif.  Dengan begitu, vitamin E berpotensi menunda perkembangan kanker kulit.

Beberapa penelitian, seperti yang dilakukan oleh Pols et al., menunjukkan bahwa kadar selenium yang tinggi dalam darah dikaitkan dengan penurunan sekitar 60%  kemunculan kanker kulit basal sel (BCC) dan karsinoma sel skuamosa (SCC). 

Meski begitu, ada juga penelitian lain yang menunjukkan bahwa suplemen selenium tidak terlalu berpengaruh atau bahkan tidak efektif dalam mencegah BCC.

Secara umum, antioksidan berperan penting untuk kesehatan kulit kita. Makanya, Bruver perlu cari produk perawatan kulit dengan kandungan antioksidan.

Salah satu skincare yang bisa jadi pilihanmu adalah Bruv For Men. Sabun cuci muka ini punya kandungan antioksidan yang berasal dari bahan-bahan aktifnya.

Argan oil kaya akan vitamin E dan polifenol, keduanya memiliki sifat antioksidan yang kuat. Nggak cuma itu, argan oil juga bisa menjaga kelembapan kulit.

Activated bamboo charcoal bisa menyerap minyak dan kotoran, sekaligus mengandung mineral alami yang punya sifat antioksidan ringan. 

Terakhir, peppermint oil memberikan sensasi dingin yang menyegarkan dan menenangkan kulit wajah. Selengkapnya bisa baca kenapa ada banyak manfaat daun mint untuk wajah.

Jadi, Bruv For Men nggak cuma membersihkan wajah, tapi juga memberikan perlindungan ekstra dengan kandungan antioksidannya. Wajah bersih, terlindungi, dan bebas kusam dengan Bruv For Men!

Share This Post

Discover More