Manfaat Daun Mint untuk Wajah, Bikin Kulit Terawat Maksimal!

manfaat daun mint untuk wajah

Bruver! Suka nggak sih sama bau dan sensasi segar dari daun mint? Ternyata, nggak cuma wangi dan nyegerin, daun mint juga punya segudang manfaat loh. Salah satunya terdapat juga manfaat daun mint untuk wajah. Apa aja sih manfaatnya? Simak dalam artikel ini ya, Bruver!

Nah, sebelum bahas manfaatnya untuk wajah, mending kenalan dulu yuk sama daun mint!

Daun mint atau juga biasa disebut dengan peppermint adalah tumbuhan herbal yang memiliki daun berwarna hijau yang kecil dan memiliki tekstur bergerigi. 

Daun mint memiliki aroma yang khas dan menyegarkan, sehingga tidak heran jika sering dimanfaatkan untuk berbagai makanan, minuman, kesehatan, hingga produk perawatan kulit. Secara umum, berikut ini manfaat daun mint:

  1. Meredakan Sakit Perut
  2. Menyembuhkan Sakit Kepala
  3. Mencegah Bau Mulut
  4. Melegakan Hidung Tersumbat
  5. Mengatasi Kram karena Menstruasi
  6. Melawan Bakteri
  7. Membatasi Nafsu Makan
  8. Meredakan Alergi
  9. Merawat Rambut
  10. Merawat Kulit

Manfaat tersebut diperoleh dari kandungannya yang terdiri dari 78% mentol, serta antioksidan berupa resin dan tanin. Dikutip dari PharmEasy, daun mint juga mengandung asam salisilat dan vitamin A. 

Manfaat Daun Mint untuk Wajah

khasiat daun mint untuk muka

Nah, udah kenal kan sama daun mint. Sekarang pertanyaannya, Apakah daun mint baik untuk wajah? Kenapa bisa begitu?

Jadi, si segar ini ternyata punya kelebihan yang bisa bikin wajah lebih sehat. Yuk cari tau lebih lanjut manfaat daun mint untuk wajah dan kesehatan kulit di bawah ini!

1. Sebagai Antibakteri

Ternyata, di dalam daun mint terdapat kandungan senyawa-senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Misalnya mentol, flavonoid, tanin, dan lainnya. Dalam sebuah penelitian, peppermint oil menjadi solusi efektif untuk merawat dan menyembuhkan luka secara lebih cepat sekaligus mencegah infeksi.

2. Membersihkan Secara Mendalam

Siapa sangka, daun mint bisa menjadi bahan alami yang ampuh untuk membersihkan kulit wajah secara mendalam! Tekstur daun mint yang sedikit kasar namun lembut membuatnya ideal untuk mengangkat sel kulit mati tanpa mengiritasi kulit. 

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Daun mint memiliki sifat astringent yang berasal dari kandungan mentol dan tanin di dalamnya. Sifat ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori sekaligus mengurangi kelebihan minyak dalam kulit.

4. Meredakan Peradangan

Manfaat selanjutnya adalah untuk mengatasi dan meredakan peradangan. Hal ini karena daun mint bersifat antiinflamasi. Daun mint dapat mengatasi rasa gatal, bengkak, kemerahan, luka, iritasi, dan gejala peradangan lainnya.

5. Mencegah Jerawat 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun mint dapat mencegah dan mengurangi minyak berlebih pada kulit, sehingga dapat mencegah jerawat. Kandungan asam salisilat dan vitamin A juga dapat menyembuhkan jerawat.

Dengan kandungannya, Bruver gak perlu lagi terkait Apakah daun mint bisa menghilangkan bekas jerawat? Karena pada dasarnya, daun ini memang baik untuk mengatasi masalah jerawat

6. Mengatasi Komedo

Komedo adalah masalah kulit yang terbentuk akibat penumpukan minyak dan sel kulit mati di pori-pori. Nah, kandungan antioksidan dan mentol dalam daun mint dapat membantu menghilangkan pemicu komedo, sehingga komedo dapat dihilangkan dengan lebih efektif.

7. Mencegah Kulit Kusam

Kandungan-kandungan yang ada pada daun mint dapat mencegah munculnya hiperpigmentasi atau kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, dan lainnya, dengan memberi efek mengencangkan kulit dan mengurangi kekeringan. 

Jadi, kulit nggak cuma jadi lembab tapi juga kelihatan lebih kencang. Selain itu, daun mint juga membantu darah kita mengalir lebih lancar ke kulit, yang artinya bisa membantu mengurangi risiko munculnya kerutan dan garis halus.

8. Menyegarkan Kulit

Daun mint memiliki ciri khas yaitu dapat menghadirkan sensasi dingin yang segar pada kulit saat digunakan. Tidak heran, jika Bruver menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung daun mint, Bruver akan merasakan sensasi yang sejuk.

Efek Samping Daun Mint untuk Wajah

Meskipun masker daun mint punya banyak manfaat, tapi Bruver harus berhati-hati nih. Soalnya, beberapa orang mungkin punya alergi atau sensitif terhadap daun mint. Efek samping daun mint untuk wajah diantaranya muncul gejala seperti kemerahan, gatal, ruam, iritasi, hingga sensasi terbakar.

Jika Bruver mengalami salah satu gejala tersebut, segera hentikan penggunaan daun mint dan konsultasikan dengan dokter.

Bruver bisa mengantisipasinya dengan cara melakukan patch test atau mengecek reaksi kulit terhadap daun mint pada area kecil kulit. Caranya, oleskan sedikit daun mint yang sudah dihaluskan ke area kecil kulit (seperti belakang telinga atau siku) dan Tunggu selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi alergi, maka Bruver dapat menggunakan daun mint di wajah.

Cara Menggunakan Daun Mint untuk Wajah

Pria terutama, seringkali mengesampingkan perawatan kulit karena dirasa ‘nggak pria banget’. Tapi, setelah tau manfaat daun mint yang bisa bikin kulit sehat dan fresh, masa Bruver nggak tertarik sih?

Terus gimana cara menggunakan daun mint untuk wajah? Tenang, caranya super simple. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  1. Siapkan 10-12 lembar daun mint.
  2. Hancurkan daun mint dengan cara ditumbuk ataupun dicincang hingga halus.
  3. Bruver bisa menambahkan pisang, mentimun, lemon, oat, yogurt, atau madu. Sesuaikan bahan campuran dengan kebutuhan kulit Bruver!
  • Pisang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat melembabkan, mencerahkan, dan meredakan peradangan kulit.
  • Mentimun mengandung vitamin C dan E yang dapat mencerahkan, melembabkan, dan mengurangi produksi minyak berlebih.
  • Lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi minyak berlebih.
  • Oat kaya akan antioksidan dan vitamin E yang dapat melembabkan, menenangkan, dan mengurangi peradangan kulit.
  • Yogurt mengandung asam laktat yang dapat mengeksfoliasi kulit secara lembut, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mencerahkan kulit.
  • Madu kaya akan antioksidan dan antibakteri yang dapat melembabkan, mencerahkan, dan mencegah jerawat.
  1. Hancurkan bahan campuran yang masih utuh hingga menjadi pasta.
  2. Aduk campuran daun mint hingga merata.
  3. Oleskan pada wajah hingga leher secara merata.
  4. Diamkan selama 15-20 menit.
  5. Bilas dengan air dingin hingga bersih.
  6. Keringkan dengan cara tap-tap menggunakan handuk yang halus atau tisu.

Bruver bisa melakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu supaya manfaatnya semakin terasa. Ingat selalu, konsistensi adalah kunci dalam perawatan kulit. Jadi, luangkan waktu Bruver untuk merawat kulit ya!

Komposisi Daun Mint Dalam Bruv For Men

Peppermint Essential Oil dalam Sabun Bruv For Men

Tapi, kalau Bruver masih ngerasa maskeran itu ribet, males, dan ngga ada waktu, sini Minbruv kasih tau!

Kenalin, ada produk sabun muka Bruv For Men, yang didalamnya terdapat active formula seperti activated charcoal, argan oil, dan pastinya daun mint yang berbentuk peppermint essential oil.

Ketiga kandungan ini dapat membersihkan sisa kotoran, menutrisi sekaligus merawat kulit, melembapkan, mencegah kulit kusam, mengatasi kulit berminyak, dan membantu meredakan peradangan pada kulit seperti jerawat atau kulit yang gatal.

Bruv For Men hadir dalam bentuk sabun batang shareable yang praktis dan mudah dibawa ke mana pun. Cukup basuhkan sabun Bruv For Men ke wajah dan bilas dengan air bersih. Kulit Bruver akan langsung terasa bersih, segar, dan terawat.

Yuk, cobain Bruv For Men sekarang juga! Dapatkan kulit ganteng yang kamu inginkan tanpa ribet! Ini cocok banget terutama bagi Bruver yang menginginkan sabun muka untuk pria berjerawat dan kulit berminyak.

Udah tahu kan, manfaat daun mint untuk wajah dan langkah awal memulai perawatan dengan daun mint? Komen di bawah untuk tanggapannya, ya!

Baca Juga: Tanda Tanda Wajah Cocok dengan Sabun Muka.

Share This Post

Discover More