Manfaat Charcoal untuk Wajah, Komposisi Andalan Produk Skincare

manfaat charcoal untuk wajah

Arang bambu atau charcoal dijadiin skincare? Nggak salah? Emangnya boleh?

Jangan underestimate dulu Bruver, meskipun keliatannya ‘aneh’, tapi sebenernya ada banyak manfaat charcoal untuk wajah lho.

Charcoal ini bukan arang biasa yang buat bakar sate ya, tapi arang bambu yang sudah diproses dan diaktivasi (activated charcoal) sehingga memiliki pori-pori yang sangat kecil dan daya serap tinggi.

Mengenal Activated Charcoal

Activated charcoal, yang dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai arang aktif, adalah bentuk karbon yang diolah secara khusus untuk meningkatkan kemampuannya menyerap dan mengikat zat lain. Proses pengolahan ini biasanya melibatkan pemanasan dengan temperatur tinggi dan gas tertentu, sehingga menciptakan pori-pori kecil yang luas pada permukaan arang.

Pori-pori inilah yang menjadi kunci kekuatan activated charcoal. Bayangkan seperti spons super berpori yang bisa menarik dan “mengikat” berbagai macam zat, seperti racun, kotoran, gas, bakteri, dan bahkan warna.

Manfaat Charcoal untuk Wajah

Activated Bamboo Charcoal dalam Sabun Bruv For Men

Meskipun punya visual yang item dan terkesan kotor, tapi siapa sangka? Manfaat charcoal untuk wajah yang paling utama, justru bisa membersihkan hingga pori terdalam. 

Rahasia kekuatan charcoal terletak pada daya serapnya yang super tinggi. Bayangin aja, Bruver. Satu gram charcoal punya luas permukaan yang sama dengan lapangan sepak bola! Gimana nggak nyerap semua kotoran di pori-pori tuh?

Selain membersihkan hingga pori terdalam, apa saja fungsi charcoal untuk wajah?

1. Mengontrol Minyak

Kulit berminyak bisa kelihatan mengganggu karena sebum yang kebanyakan. Sebum itu penting buat ngelindungin dan ngelembapin kulit, tapi kalau kebanyakan, malah menyumbat pori-pori dan bikin jerawatan. Charcoal bisa bantu ngatasin ini dengan menyerap minyak berlebih yang diproduksi kulit. Gimana ceritanya?

Charcoal punya pori-pori super kecil yang bisa bikin minyak menempel secara sempurna dan bikin wajah nggak minyakan lagi. 

2. Mencegah Jerawat

Jerawat bisa muncul karena pori-pori tersumbat kotoran, minyak berlebih, atau sel kulit mati. Hal ini menyebabkan bakteri terperangkap dan berkembang biak, yang kemudian menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat.

Nah, manfaat charcoal dengan pori-porinya yang super kecil, dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. 

Charcoal juga memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Ini membantu mengeringkan jerawat yang ada dan mempercepat penyembuhannya.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat charcoal untuk wajah selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Siapa sih yang nggak mau punya wajah yang cerah dan nggak kusam? Pasti Bruver juga mau kan?

Charcoal ini bisa jadi exfoliator yang berfungsi mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Sehingga kulit bisa lebih cerah dan terhindar dari masalah kulit.

4. Mengurangi Komedo

Bruver, siapa yang mukanya kurang mulus gara-gara komedo? Tenang, charcoal bisa basmi komedo karena punya daya serap yang tinggi, sehingga minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori bisa terangkat.

5. Mengecilkan Pori-pori

Kalau Bruver punya pori-pori yang besar, Bruver bisa cobain charcoal. Charcoal bantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, bikin pori-pori terlihat lebih kecil. Di samping itu, manfaat charcoal untuk wajah adalah sebagai oil control yang bikin pori-pori nggak penuh minyak dan makin kelihatan besar.

6. Detoksifikasi Kulit

Manfaat charcoal untuk kulit salah satunya adalah untuk membersihkan dan memurnikan kulit dengan “menyerap” racun-racun yang menempel. Racun apa aja yang bisa dibersihin charcoal? Racun itu bisa berupa debu, asap kendaraan, asap rokok, sisa make up, minyak berlebih, sel kulit mati, klorin, hingga bakteri.

7. Meredakan Peradangan

Charcoal punya kekuatan yang bisa menyembuhkan kulit yang merah, perih, ataupun perih karena peradangan. Hal ini karena charcoal punya sifat anti-inflamasi. Bahkan, katanya charcoal udah dipakai dari dulu buat mengatasi infeksi kulit. 

8. Sebagai Anti-aging

Karena charcoal efektif banget buat mendetox kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati, charcoal bisa digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit, mengurangi munculnya garis halus dan kerutan, sehingga kulit bisa keliatan lebih halus dan awet muda.

9. Mempermudah Penyerapan Produk Skincare

Charcoal bukan cuma bisa bantu menghaluskan kulit, tapi juga meningkatkan penyerapan produk skincare. Kemampuannya mengangkat kotoran, debu, sisa makeup, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori bisa bikin produk skincare lebih mudah meresap.

Manfaat Sabun Bamboo Charcoal untuk Wajah

Manfaat Sabun Bamboo Charcoal untuk Wajah

Mau coba charcoal? Gampang kok, Bruver! Sekarang banyak produk skincare yang mengandung charcoal, kayak masker, sabun cuci muka, scrub, dan toner. Tinggal pilih yang sesuai sama kebutuhan Bruver.

Tapi, MinBruv sih menyarankan buat pakai sabun aja ya, soalnya sabun itu lebih mudah dipakai dan lebih praktis dibandingkan masker atau scrub charcoal yang memerlukan waktu dan langkah tambahan untuk pengaplikasiannya.

Manfaat sabun bamboo charcoal untuk wajah dapat membersihkan seluruh permukaan wajah dan tubuh, sedangkan masker atau scrub charcoal hanya fokus pada area tertentu.

Kunci keberhasilan skincare itu telaten dan konsisten, jadi dengan Bruver pakai sabun charcoal setiap hari sebanyak dua kali sehari, mungkin bisa lebih efektif dibandingkan pakai masker atau scrub charcoal yang direkomendasikan buat digunakan 1-2 kali seminggu.

Bamboo Charcoal dalam Bruv For Men

Sabun charcoal merupakan pilihan yang lebih praktis, menyeluruh, dan hemat dibandingkan masker atau scrub charcoal. Sabun charcoal juga lebih aman untuk kulit sensitif dan dapat digunakan lebih sering.

Apalagi kalau sabunnya kayak Bruv For Men! Kandungan bamboo charcoal dalam Bruv For Men bisa bikin wajah lebih sehat, terawat, dan terhindar dari masalah-masalah kulit kayak jerawat, komedo, dan lainnya.

Bukan cuma mengandung bamboo charcoal, tapi Bruv juga punya kandungan lain kayak argan oil dan peppermint oil yang bikin sabun ini lebih baik dari sabun charcoal lainnya.

Kandungan charcoal emang biasanya bisa bikin kulit kering kayak ketarik. Tapi berkat dua kandungan tersebut, yang kaya akan vitamin E dan antioksidan,  Bruv For Men bisa melembabkan dan menutrisi kulit.

Bruv For Men, sebagai sabun yang diformulasikan khusus untuk pria telah teruji secara klinis aman untuk segala jenis kulit. Jadi, tunggu apa lagi? Gas, cobain cuci muka pakai Bruv! 

Baca Juga: Tips Memilih Sabun Muka untuk Pria Berjerawat dan Berminyak.

Share This Post

Discover More