Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah, Sederhana Tapi Hasilnya Luar Biasa

manfaat uap air panas untuk wajah

Punya kulit yang bermasalah bisa bikin rasa percaya diri jadi menurun! Kulit kering, kulit kusam, bruntusan, jerawat, dan lainnya emang ganggu banget! 

Untungnya, ada banyak jalan menuju Roma alias ada banyak banget cara buat ngatasin masalah kulit. Mulai dari pakai skincare, treatment di klinik, sampai metode tradisional kayak pakai uap air panas. 

Jangan salah, banyak banget lho manfaat uap air panas untuk wajah. Nggak percaya? Yuk cari tau lewat artikel ini!

Perawatan Uap Air Panas

Sebelum bahas manfaat uap air panas untuk wajah, kenalan dulu yuk sama perawatan yang satu ini!

Jadi, perawatan menggunakan uap air panas itu adalah suatu metode yang memanfaatkan uap air panas untuk membuka pori-pori, membersihkan kotoran, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Dikutip dari berbagai sumber, metode ini udah dipakai sejak jaman Romawi dan Yunani. Tapi, menurut saltandsteam.co.uk, dalam sejarah modern, alat uap wajah pertama yang dibuat khusus dikembangkan oleh Jeanette Scale pada awal tahun 1900-an.

Alat ini kemudian dikenal sebagai “Vaporizer” dan menjadi populer di kalangan wanita kelas atas pada saat itu. Seiring waktu, alat uap wajah terus berkembang dan mengalami berbagai modifikasi.

Nggak cuma buat wanita, pria-pria juga bisa banget ngerasain manfaat uap air panas untuk wajah. Gimana cara kerjanya?

Kombinasi uap hangat dan peningkatan keringat bantu pembuluh darah melebar dan meningkatkan sirkulasi. Aliran darah yang lancar ini ngasih nutrisi ke kulit dan bawa oksigen. 

Hasilnya? Wajah jadi glowing alami dan sehat. Selain itu, ini juga bisa ngebantu ngeluarin bakteri dan sel penyebab jerawat, lho!

Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah

manfaat uap air panas untuk muka

Siapa sangka, uap air panas yang sederhana ternyata menyimpan segudang manfaat untuk wajah. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak manfaat uap air panas untuk wajah di bawah ini:

  1. Membersihkan Kulit

Manfaat uap air panas untuk wajah yang paling utama adalah untuk membersihkan kulit. Emang bisa? Cara kerjanya, uap air panas yang diarahkan ke wajah bisa membuka pori-pori, makanya kotoran, minyak, sampai keringat yang menyumbat bisa dibersihkan.

  1. Menghilangkan Komedo

Ini masih berkaitan sama manfaat uap air panas untuk wajah di atas. Dikutip dari Cleveland Clinic, uap air panas yang membuka pori-pori bisa membuat komedo di dalamnya melunak dan jadi gampang diangkat.

  1. Melawan Jerawat

Uap air panas juga cocok buat Bruver yang lagi punya masalah jerawat. Manfaat uap air panas untuk wajah berjerawat adalah untuk menenangkan peradangan, mengurangi kemerahan, dan  kemungkinan jerawat memburuk. Uap air panas juga bisa mencegah munculnya jerawat dan bruntusan.

Tips: selain jerawat, mungkin kamu punya masalah seperti bintik hitam? Jika begitu, selengkapnya Bruver bisa baca mengenai tanda bintik hitam di wajah seperti tahi lalat.

  1. Menghidrasi Kulit

Uap air panas membantu menghidrasi kulit dengan membuka pori-pori, meningkatkan aliran darah, dan mengikat air di lapisan kulit terluar. Pori-pori yang terbuka memungkinkan air lebih mudah masuk ke dalam kulit, aliran darah yang baik membawa air dan nutrisi ke lapisan kulit terluar, dan uap air panas membantu mengikat air di permukaan kulit.

  1. Eksfoliator Alami

Manfaat uap air panas untuk wajah selanjutnya, bisa dijadiin exfoliator alami, lho. Uap bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit dan bikin kulit beregenerasi. Jadi, kulit di bawahnya yang masih baru dan segar bisa keluar.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Uap air panas dapat meningkatkan produksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang buruk bisa bikin kulit kusam dan dehidrasi. Makanya, untuk mengatasinya, Bruver bisa coba pakai uap air panas. Uap air panas juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di area wajah, sekaligus ngasih oksigen pada kulit.

  1. Membuat Masker Lebih Maksimal

Buat Bruver yang rutin pakai masker wajah, uap air panas juga bisa bikin hasil maskernya jadi lebih maksimal. Abis maskeran, coba lakukan facial steam yang bisa membuka pori-pori dan bikin kandungan masker menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam.

  1. Mempermudah Penyerapan Produk

Manfaat uap air panas untuk wajah untuk membantu mempermudah penyerapan produk skincare dengan cara membuka pori-pori dan meningkatkan aliran darah ke kulit. Pori-pori yang terbuka bikin produk lebih gampang masuk ke dalam kulit, dan aliran darah yang lancar membantu membawa produk ke seluruh lapisan kulit. Uap air panas juga dapat membantu melembutkan kulit, sehingga produk lebih mudah diserap. 

Meskipun Bruver nggak punya masalah kulit, tapi tetep boleh kok ngelakuin facial steam. Soalnya manfaat uap air panas untuk wajah juga bisa bikin jadi lebih rileks!

Rekomendasi Artikel: Bolehkah Facial Saat Puasa?

Cara Perawatan Uap Air Panas

Kalau Bruver ingin mencoba dan mendapatkan manfaat uap air panas untuk wajah, tapi takut ribet dan mahal, jangan khawatir! Ada cara yang mudah dan murah. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Alat dan bahan yang perlu disiapkan:

  • Mangkok ukuran medium yang nggak gampang pecah kena panas.
  • Handuk yang cukup besar buat nutupin kepala dan bahu Bruver.
  • Air panas mendidih secukupnya.
  • Racikan steam wajah favoritmu

Langkah-langkah:

  • Masukin dua sendok makan racikan steam ke mangkok, lalu tuang air panas sampai mangkoknya setengah penuh. 
  • Letakkan mangkok di atas meja atau bangku yang kokoh, pastikan tempatnya nyaman buat Bruver nunduk nanti.
  • Tutupi kepala dan leher kamu pake handuk kayak bikin tenda uap.
  • Duduk dengan posisi wajah sekitar 30cm di atas air panas. Jangan terlalu deket ya, nanti kepanasan!
  • Tarik napas dalam-dalam pelan-pelan dan rileks! Santai aja selama 5-10 menit sambil menghirup uapnya. 
  • Setelah itu, cuci muka dan pake serum atau pelembap kayak biasa.

Bruver bisa rutinin pakai uap air panas sebanyak dua kali seminggu, apalagi, kalau Bruver punya kulit yang berminyak. Tapi, untuk pemilik kulit sensitif atau masalah kulit yang parah, nggak disarankan untuk melakukan uap air panas, soalnya bisa menyebabkan iritasi.

Berapa Lama Uap Air Panas untuk Wajah?

Durasi ideal untuk uap air panas untuk wajah adalah 5-10 menit. Tapi, supaya Bruver mendapatkan hasil yang optimal, berikut beberapa tips untuk durasi uap air panas:

  • 5 menit: Durasi ini cukup untuk membuka pori-pori, membersihkan kotoran, dan meningkatkan sirkulasi darah. Cocok untuk orang yang punya kulit sensitif atau yang baru pertama kali mencoba facial steaming.
  • 10 menit: Durasi ini ideal untuk orang yang mau mendapatkan manfaat uap air panas untuk wajah secara maksima
  • Lebih dari 10 menit: Tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Efek Samping Uap Air Panas untuk Wajah

Meskipun manfaat uap air panas untuk wajah, tapi Bruver masih perlu hati-hati. Soalnya ada efek samping uap air panas untuk wajah yang mungkin Bruver alami, kayak yang di bawah ini:

  • Kulit kering dan iritasi: Jika uap air panas digunakan terlalu lama, dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.
  • Jerawat: Uap air panas dapat membuka pori-pori dan mendorong minyak dan kotoran ke dalam pori-pori, yang dapat menyebabkan jerawat.
  • Kapiler yang terlihat: Uap air panas dapat meningkatkan aliran darah ke wajah, yang dapat membuat kapiler (pembuluh darah kecil) lebih terlihat.

Selain itu, ada juga kemungkinan munculnya kemerahan, peradangan, sampai luka bakar kalau uap air terlalu panas

Bruv For Men Shareable Face and Body Wash

Gimana? Udah siap cobain perawatan pakai uap air panas? Nah, biar hasilnya makin maksimal, cobain deh pake sabun Bruv For Men!

Sabun Bruv For Men diformulasikan khusus buat para pria dengan kandungan aktif yang bikin wajah makin ganteng. 

Bruv For Men mengandung activated bamboo charcoal yang membersihkan pori-pori secara menyeluruh dari minyak dan kotoran. Charcoal ini juga membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah Bruver tampak lebih cerah.

Bruv For Men diperkaya dengan argan oil yang melembabkan dan menutrisi kulit. Kulit Bruver akan terasa halus dan kenyal setelah cuci muka, tanpa rasa kering dan ketarik.

Sensasi dingin dari peppermint oil di Bruv For Men membuat wajah Bruver segar dan fresh setelah cuci muka. 

Poin plusnya, Sabun Bruv For Men Shareable Face and Body Wash ini punya desain yang gampang dipotek, jadi beneran praktis dan hemat! Selain bisa dipakai buat wajah dan badan, Bruver juga bisa bagi-bagi ke temen atau keluarga!

Share This Post

Discover More