Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Bener-Benar Harus Teliti Sih!

perbedaan sunscreen dan sunblock

Sebelum masuk ke pembahasan perbedaan sunscreen dan sunblock, Bruver tau kan, sinar matahari itu sesuatu yang penting banget buat tubuh, terutama buat Bruver yang aktif melakukan kegiatan fisik? Hal ini karena manfaatnya yang menghasilkan vitamin D yang bisa menyerap kalsium dan menjaga kesehatan tulang.

Tapi, sayangnya dibalik manfaat itu, ada juga dampak buruk yang diakibatkan paparan sinar matahari secara berlebihan, salah satunya pada kulit. Ini akan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan kayak kerutan dan hiperpigmentasi, hingga kanker kulit.

Jangan panik dulu, dampak buruk ini bisa dihindari!

Bruver butuh perlindungan ekstra untuk kulit, terutama ketika Bruver beraktivitas di luar ruangan. Salah satu opsi yang umum dipakai untuk melindungi kulit adalah dengan memakai sunscreen atau sunblock. Apa bedanya? Yuk, kita bahas perbedaan sunscreen dan sunblock!

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

apa bedanya sunscreen dan sunblock

Kalau cuma dilihat sekilas, perbedaan sunscreen dan sunblock mungkin nggak terlalu keliatan ya, Bruver. Mulai dari nama, tekstur, dan bentuk, hampir semua mirip.

Apalagi, dari segi fungsi, keduanya sama-sama dipakai untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang jahat. Terus, apa bedanya sunscreen dan sunblock?

Pengertian

Apa itu sunscreen untuk wajah? Sunscreen itu produk skincare yang paling umum digunakan untuk melindungi kulit dari matahari. Cara kerjanya dengan menyaring sinar UV dari matahari. Sunscreen nggak 100% mencegah sinar masuk, tapi menurut Very Well Health, ada sebagian kecil yang tetap masuk ke dalam kulit. 

Sedangkan, sunblock bekerja dengan cara menghalangi sinar matahari dan memantulkannya. Meskipun BPOM masih memperbolehkan penggunaan istilah sunblock, tapi FDA (Food and Drug Administration) di Amerika Serikat udah melarang istilah ‘sunblock’ sejak tahun 2011, karena dianggap misleading.

Jadi, kalau sunscreen bisa disebut chemical sunscreen, sunblock bisa disebut physical sunscreen. Inilah yang jadi perbedaan sunscreen dan sunblock.

Kandungan

Perbedaan sunscreen dan sunblock selanjutnya, terletak di kandungan atau formulanya. Sunblock umumnya mengandung mineral seperti titanium dioksida atau seng oksida sebagai bahan aktifnya.

Sementara itu, sunscreen menggunakan bahan-bahan kimia yang bersifat menyerap sinar UV, sebelum menembus kulit, misalnya octocrylene, mexoryl XL, SPF, dan PA.

Tekstur 

Sunscreen punya tekstur yang lebih cair, ringan dan mudah menyerap dalam kulit. Sedangkan, sunblock memiliki tekstur padat, kental, cenderung lengket, dan meninggalkan white cast. Makanya, tekstur jadi perbedaan sunscreen dan sunblock lainnya.

Fungsi

Secara umum, keduanya punya fungsi yang sama, yaitu melindungi kulit dari sinar matahari. Tapi, dilansir dari halodoc.com, sunblock memberikan perlindungan lebih mendalam, sehingga bisa mencegah sunburn dan munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Sementara itu, sunscreen biasanya cuma melindungi dari sinar UV, kecuali kalau ada bahan tambahan. 

Cek Fakta: Apakah Sunscreen Bisa Memutihkan Wajah?

Cara Penggunaan 

Dikutip dari Health.com, ketika Bruver menggunakan sunscreen, Bruver perlu sedikit menggosok atau memijatnya dengan pelan, agar menyerap seutuhnya. Sedangkan, untuk penggunaan sunblock, Bruver cukup mengoleskannya secara merata agar seluruh permukaan kulit terlindungi.

Sunscreen sebaiknya dipakai sebelum make up, sedangkan sunblock digunakan setelah make up, supaya cahaya matahari terefleksi secara sempurna.

Efektivitas

Ternyata, efektivitas juga jadi perbedaan sunscreen dan sunblock, karena keduanya bisa efektif bekerja di waktu yang berbeda. Kalau sunscreen bisa aktif setelah 20-30 menit setelah diaplikasikan, sunblock bisa langsung aktif setelah diaplikasikan.

Bagusan Sunscreen atau Sunblock?

Baik sunscreen ataupun sunblock, keduanya punya peran penting dan wajib banget dimasukkan ke step skincare Bruver. 

Tapi, untuk menilai bagusan sunscreen atau sunblock, sebaiknya disesuaikan lagi dengan kebutuhan Bruver, dengan pertimbangan perbedaan sunscreen dan sunblock di atas.  

Sunscreen, nggak meninggalkan white cast, tapi beberapa bahannya bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Sedangkan, sunblock nggak mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi, tapi minusnya adalah bisa meninggalkan white cast.

Rhonda Q. Klein, MD, seorang dermatologist mengatakan pada situs Health, bahwa salah satu keunggulan sunblock adalah keamanannya untuk kulit sensitif. Selain itu, sunblock juga bisa langsung bereaksi setelah melakukan aplikasi, jadi cocok banget buat Bruver yang sedang buru-buru.

Artikel Terkait: Lebih Penting Moisturizer atau Sunscreen?

Tips Memilih Sunscreen dan Sunblock

Meskipun ada beberapa perbedaan sunscreen dan sunblock, tapi pada dasarnya melindungi kulit dari sinar matahari pakai salah satunya adalah sebuah kewajiban! 

Untuk itu, karena kita pakai setiap hari, sebaiknya harus hati-hati dalam memilih produk sunscreen dan sunblock. Berikut ini tips memilihnya:

  1. Pilih sunscreen atau sunblock yang punya kadar perlindungan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan kulit. American Academy of Dermatology menyarankan penggunaan SPF minimal 30, yang menghalangi 97% sinar UVB.
  2. Untuk mencegah rasa nggak nyaman dan lengket, pakai sunscreen yang nggak mengandung minyak.
  3. Kalau Bruver sering melakukan aktivitas outdoor, berkeringat, atau berenang, pakai sunblock yang tahan air (water resistant).
  4. Pilih kandungan sunscreen dan sunblock yang aman bagi kulit, apalagi bagi Bruver yang punya kulit sensitif, untuk mencegah iritasi.
  5. Pilih sunscreen atau sunblock dengan bentuk fisik yang sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa jenis bentuk yang bisa Bruver pilih, antara lain krim, stik, bedak, semprot, dan lainnya.
  6. Kalau Bruver pakai make up, sebaiknya pakai sunscreen yang memiliki tekstur ringan dan mudah menyerap. 

Untuk mendapatkan proteksi yang optimal, pakai sunscreen sebanyak dua ruas jari untuk seluruh area wajah hingga leher. Aplikasikan kembali tabir surya setiap 2 jam sekali, atau lebih sering kalau Bruver berkeringat atau berenang. Penggunaan sunscreen ini bertujuan untuk mendapatkan perlindungan yang lebih tinggi dari paparan sinar matahari.

Urutan Sunscreen dan Sunblock dipakai Setelah Apa?

Untuk penggunaan sunscreen, sebaiknya Bruver pakai setelah Bruver membersihkan wajah dan memakai produk skincare lainnya kayak toner, serum, essence, dan moisturizer. Pakai sunscreen sebagai step terakhir skincare, dan biarkan sekitar 20 menit sebelum Bruver memakai make up.

Sedangkan untuk penggunaan sunblock, letakkan di step paling akhir. Sama kayak sunscreen, pakai sunblock setelah scincare yang lain, tapi kalau Bruver memakai make up, sebaiknya Bruver pakai make up terlebih dahulu, supaya perlindungan sunblock lebih maksimal.

Untuk perlindungan yang lebih ekstra, pakai pakaian tertutup atau dengan pelindung UV, topi, dan kacamata hitam.

Ikon Situs

Sebelum Pakai Sunscreen atau Sunblock, Pakai Dulu Face Wash!

Sebelum Bruver pakai sunscreen atau sunblock, sebaiknya bersihkan dulu wajahmu! Soalnya, wajah yang kotor dan berminyak bisa menghambat penyerapan sunscreen ke dalam kulit, dan juga mengganggu fungsi sunblock untuk menghalangi sinar matahari.

Pilih face wash yang lembut dan cocok dengan jenis kulit Bruver. Biar nggak galau, pilih Bruv For Men yang cocok untuk segala jenis kulit! 

Bruv For Men diformulasikan khusus untuk cowok dengan kandungan aktif seperti activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang punya segudang manfaat, lho.

Activated charcoal-nya bantu bersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak yang menyumbat, jadi bikin sunscreen gampang meresap. 

Argan oil yang kaya vitamin E dan antioksidan bikin kulit lembab dan halus, jadi sunblock nggak gampang mengelupas.

Terakhir, peppermint oil bisa bikin muka segar dan adem, cocok banget buat Bruver yang suka beraktivitas di luar ruangan.

Dengan mencuci muka menggunakan Bruv For Men Face Wash sebelum pakai sunscreen atau sunblock, wajahmu akan bersih dan bebas minyak, sehingga kulit bisa terlindungi secara optimal!

Share This Post

Discover More