Sabun Batang untuk Wajah, Pilih yang Seperti Ini Agar Efeknya Maksimal

sabun batang untuk wajah

Cowok-cowok pasti bisa relate, sabun mandi dipakai juga sebagai sabun wajah. Padahal sebenarnya, meskipun nggak semua, kebanyakan sabun untuk badan itu punya kandungan yang terlalu keras untuk wajah lho. Makanya, Bruver harus lebih hati-hati dalam memilih sabun batang untuk wajah.

Meskipun punya wangi yang harum dan efektif untuk membersihkan badan Bruver, bukan berarti bisa menggunakan sabun batang untuk wajah ya. Ada beberapa sebab kenapa sabun batang kurang cocok untuk wajah, antara lain:

Apakah Sabun Batang Boleh untuk Wajah?

Sabun batang dikenal tidak boleh untuk wajah. Namun, apakah benar seperti itu? Jawabannya tentu tidaklah benar! Nyatanya sabun batang tetap bisa untuk wajah, kok!.

Berikut beberapa penyebab secara umum kenapa banyak sabun batang tidak bisa dipakai untuk wajah:

Catatan: Bukan berarti semua sabun batang tidak boleh untuk wajah. Seperti brand kita, Bruv For Men, bisa banget dipakai untuk wajah! Jadi, bisa atau tidaknya tergantung dari si sabun itu sendiri.

  1. Mengandung Pewangi dan Pewarna

Sabun batang emang seringkali punya beberapa bahan pewangi dan pewarna di dalamnya. Pewangi bisa berupa berbagai macam zat kimia yang bikin sabun wanginya enak, seperti parfum atau fragrance. Nah, pewarna biasanya ada juga, yang bisa bikin sabun jadi warna-warni yang menarik.

Masalahnya, beberapa dari bahan-bahan ini bisa bikin kulit wajah jadi bermasalah. Pewangi kadang-kadang bisa bikin kulit sensitif dan bereaksi negatif, seperti iritasi atau alergi. Sementara itu pewarna, bisa bikin kulit jadi kemerahan atau bahkan bikin jerawatan.

Nah, di kulit wajah, yang cenderung lebih sensitif, risikonya makin besar. Karena itu, beberapa orang mungkin lebih baik pilih sabun yang bebas pewangi dan pewarna supaya kulit wajah tetap sehat dan nggak berisiko reaksi yang nggak diinginkan.

  1. Bersifat Abrasif

Kadang, sabun batangan punya kandungan abrasif berupa scrub, atau ada butiran halus yang bisa menggosok kulit pas kita pakai sabun. Tujuannya adalah untuk membersihkan kulit secara lebih mendalam.

Masalahnya, kulit wajah itu cenderung lebih sensitif daripada kulit di bagian tubuh lainnya. Nah, kalo kita pakai sabun yang punya butiran-butiran abrasif ini, bisa-bisa kulit wajah jadi iritasi atau bahkan lecet. Makanya, buat kulit wajah, lebih baik pilih sabun yang lembut. Biar kulit tetap sehat dan nggak berisiko kena masalah.

  1. Bersifat Astringen

Sabun batangan kadang punya sifat astringen, atau bikin kulit jadi kering dan ketarik setelah kita pakai. Ini biasanya karena adanya bahan-bahan kayak alkohol atau zat lain.

Kulit wajah udah cenderung rentan kering, jadi sifat astringen ini bisa bikin masalah. Kulit wajah kita butuh kelembapan buat tetap sehat. Terlalu sering pake sabun yang punya sifat astringen, bisa bikin kulit jadi kering banget, bahkan sampai iritasi. 

  1. Memiliki pH tinggi

pH dalam sabun batangan bisa bervariasi tergantung pada bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Secara umum, menurut penelitian dalam National Institutes of Health, sabun batang mengandung 9 hingga 10 pH. 

Ini karena proses pembuatan sabun menggunakan bahan-bahan yang bersifat basa, seperti lemak atau minyak nabati, yang bereaksi dengan suatu zat yang disebut alkali untuk menghasilkan sabun dan air.

Tapi, biasanya pH kulit wajah itu lebih asam. Nah, kalo kita pake sabun yang pH-nya tinggi, bisa ganggu keseimbangan pH kulit wajah kita. Ini bisa bikin kulit jadi kering, sensitif, atau bahkan makin rentan terhadap masalah kulit kayak jerawat.

Tapi, nggak semua sabun batang punya efek negatif itu kok, ada juga sabun batang untuk wajah yang aman untuk kulit.

Memilih Sabun Batang untuk Wajah

Mencuci muka dengan sabun batang sebenarnya pilihan yang umum dan baik untuk kebanyakan orang. Namun, penting untuk memilih sabun batang yang cocok untuk jenis kulit kita. Berikut ini cara pilih sabun batang untuk wajah:

  1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Pastiin Bruver pilih sabun yang sesuai sama jenis kulit ya. Bruver punya kulit kering? Cari sabun yang lembut, dan nggak bikin kulit makin kering. Nah, buat yang kulitnya berminyak, pilih yang bisa mengontrol minyak berlebih. Terakhir, kalau kulitmu kombinasi, cari yang seimbang, nggak terlalu kering atau terlalu berminyak.

Baca Juga: Rekomendasi Sabun Muka untuk Pria Berjerawat dan Berminyak.

  1. Cek Kandungannya

Jangan lupa, cek juga bahan-bahan yang ada di sabunnya. Biasanya kandungan ini tertera di kemasannya. Hindari sabun yang punya kandungan alkohol, pewangi atau bahan kimia keras yang bisa bikin kulit iritasi.

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Kalau Bruver pengen punya kulit putih, cari sabun batang apa yang bisa memutihkan. Kalau Bruver pengen kulit bebas jerawat, cari sabun yang bisa menghilangkan jerawat, begitu pula dengan kebutuhan-kebutuhan yang lain. Jangan sampai salah pilih ya.

Kalau masih takut salah pilih sabun batang untuk wajah, Bruver juga bisa konsultasikan ke dokter kulit atau ahli yang lebih mengerti.

Apakah Sabun Batang Lebih Baik dari Sabun Cair?

Sebenarnya, untuk menentukan apakah sabun batang lebih baik dari sabun cair, bisa dilihat dari beberapa faktor. Berikut ini faktor untuk membandingkan sabun cair dan sabun batang untuk wajah:

  1. Kandungan

Sabun cair dan sabun batang biasanya punya kandungan yang berbeda. Sabun cair cenderung lebih gampang dimodifikasi dengan tambahan bahan-bahan seperti pelembap atau bahan-bahan khusus untuk jenis kulit tertentu. Sementara itu, sabun batang biasanya memiliki bahan dasar yang lebih sederhana.

  1. Cara Penggunaan

Sabun cair biasanya lebih gampang digunakan karena bisa langsung dipompa atau disemprotkan dari wadahnya. Sedangkan,  sabun batang hanya perlu digosok-gosokkan di tangan untuk menghasilkan busa.

  1. Keseimbangan pH

Penting untuk memperhatikan pH sabun yang digunakan untuk wajah. Sabun batang tradisional cenderung memiliki pH yang lebih tinggi, sedangkan sabun cair bisa lebih mudah diformulasikan untuk memiliki pH yang lebih sesuai dengan pH alami kulit.

  1. Kebersihan

Meskipun banyak yang bilang kalau sabun batang itu kurang higienis, tapi para peneliti justru menyimpulkan kalau penggunaan sabun batangan tidak menyebabkan penyebaran bakteri dari batang sabun ke kulit, dan aman digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit.

Sementara itu, sabun cair tentu saja lebih higienis dan nggak rentan terkontaminasi. Jadi, baik sabun cair maupun sabun batang untuk wajah sama-sama bersih. 

Jadi, jawaban dari pertanyaan lebih baik sabun batang atau sabun cair adalah tergantung kebutuhan dan kondisi Bruver.

Kenapa Sabun Batang Lebih Bagus?

Jangan underestimate sabun batang! Soalnya, ada kalanya, sabun batang lebih bagus daripada sabun cair, karena beberapa alasan dibawah ini:

  1. Kepraktisan

Meskipun sabun cair lebih praktis karena mudah dipompa keluar dari dispenser, tetapi kadang susah untuk mengontrol jumlah yang dikeluarkan, sementara sabun batang untuk wajah lebih mudah diatur seberapa banyak yang digunakan.

  1. Travel Friendly

Sabun batang lebih praktis dibawa bepergian karena nggak perlu khawatir tentang kebocoran atau batasan ukuran botol seperti sabun cair.

  1. Faktor Lingkungan

Secara keseluruhan, sabun batang untuk wajah lebih ramah lingkungan. Namun, penting untuk memilih merek sabun batang yang menggunakan bahan baku berkelanjutan agar tidak menyebabkan kerusakan lingkungan.

  1. Harga yang Lebih Terjangkau

Secara umum, harga sabun batang untuk wajah biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan sabun cair. Ini bisa menjadi faktor penting bagi banyak orang dalam memilih produk perawatan kulit.

Bruv, #1 Sabun Batang untuk Wajah yang Higienis dan Praktis

Kalau Bruver lagi cari sabun batang untuk wajah flek hitam, kulit berminyak, jerawat, atau pemutih wajah, Bruver bisa cobain sabun batang viral ‘Bruv For Men’.

Sabun batang ini diformulasikan khusus untuk kulit pria yang aktif dan sering terpapar polusi. Dengan kombinasi bahan-bahan alami yang efektif, Bruv For Men bisa membersihkan kulit wajah dari minyak dan kotoran hingga ke lapisan pori terdalam, tanpa mengganggu kelembapan kulit, jadi nggak bakal bikin kulit terasa ketarik.

Activated charcoal-nya bisa membersihkan kotoran dan mengontrol minyak sehingga bisa mencegah komedo dan jerawat. Argan oil yang merupakan pelembap alami bisa memperbaiki elastisitas kulit, sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan. Terakhir, peppermint oil bisa memberikan aroma yang harum dan efek menyegarkan pada kulit.

Bruv For Men juga bisa jadi solusi praktis dan hemat karena mengandung bahan yang aman untuk kulit wajah, tapi juga bisa digunakan untuk badan. Apalagi, Bruv For Men dikemas dalam bentuk sabun batang yang dapat dipotek, sehingga dapat digunakan bersama-sama dengan teman atau keluarga.

Cara menggunakan sabun muka Bruv For men juga praktis banget!

Share This Post

Discover More