Sigma Male Adalah? Cari Tahu Ciri, Contoh, dan Cara Jadi Sigma Male!

sigma male adalah

Mungkin Bruver udah sering dengar istilah alpha male, omega male, beta male, maupun sigma male. Istilah-istilah ini berkaitan dengan kepribadian yang menonjol dari seorang pria. Sigma male adalah pria yang independen, sehingga terlihat ‘cool’ atau keren. Untuk lebih jelasnya, MinBruv bakal jelasin ke Bruver secara lengkap dalam artikel ini. 

Sigma Male Adalah

Istilah Sigma male sebuah ‘slang word’ yang digunakan dalam subkultur maskulinitas, yang berkaitan dengan kepribadian yang menonjol dari seorang pria. 

Kata sigma male diambil dari bahasa Yunani, untuk menyebut suatu tatanan sosial. Sigma adalah nama huruf ke-18 alfabet Yunani, Sigma kapital ditulis Σ; sigma huruf kecil ditulis sebagai σ dan ς di akhir kata.

Berbeda dengan alpha male, omega male, dan beta male, sigma male berada di luar hierarki sosial dan tidak terikat status sosial. dictionary.com juga menyebut kalau istilah lain yang menggambarkan sigma male adalah lone wolf.

Pengertian Sigma Male

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan cowok sigma?

Sigma male adalah seorang pria yang selalu menjalani hidupnya berdasarkan apa yang dirinya yakini, dan nggak terpaku pada aturan dan standar yang ada di masyarakat. Gampangnya, sigma male = ‘bos’ untuk dirinya sendiri. 

Sigma male biasanya memprioritaskan dirinya sendiri. Berbeda dengan alpha male yang menjadi pemimpin dan mempedulikan anggota timnya, sigma male lebih suka bekerja secara independen dan sering kali memilih untuk menjalani kehidupan yang lebih introspektif dan mandiri.

Edmond Hakimi, seorang dokter penyakit dalam di Wellbridge, mencatat bahwa kualitas sigma male mencakup rasa kemandirian yang kuat, kepercayaan diri, dan kemampuan berpikir kritis dan strategis.

Ciri-ciri dan Contoh Pria Sigma Male

ciri ciri sigma male

Bruver masih belum paham, apa itu karakter sigma? Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri pria yang termasuk sigma male:

  1. Suka Menyendiri

Pria sigma male cenderung menikmati waktu sendiri, atau kalau sekarang populer disebut introvert. Mereka merasa nyaman dan produktif ketika nggak terganggu oleh kehadiran orang lain, dan sering menggunakan waktu ini untuk introspeksi atau mengembangkan diri.

  1. Mandiri 

Pria sigma male biasanya mandiri, mengerjakan tugas dan pekerjaannya sendiri, serta nggak membutuhkan bantuan orang lain. Mereka memiliki rasa kepercayaan diri dengan kemampuan yang mereka miliki dan lebih suka mengandalkan diri sendiri daripada orang lain.

  1. Mudah Beradaptasi

Selanjutnya, ciri-ciri sigma male yakni pribadinya yang mudah beradaptasi dalam situasi dan kondisi apapun. Mereka adalah penyintas yang baik secara alami, dan tidak bergantung pada siapapun, termasuk lingkungan. 

  1. Mengutamakan Diri Sendiri

Mereka akan mengutamakan kebutuhan diri sendiri. Bahkan, situs Feranoid menyebutkan kalau sigma male tidak segan-segan menyingkirkan siapapun yang berpotensi mengganggu dirinya, termasuk dalam hubungan romantis maupun bisnis. Kalau hubungan itu nggak sesuai ekspektasi, sigma male nggak akan berpikir dua kali untuk memutuskan hubungannya.

  1. Membatasi Hubungan

Kayak yang udah disinggung di atas, sigma male biasanya berpikir kalau hubungan memakan waktu, tenaga, dan pikiran, sehingga bisa menghambat produktifitas. Makanya, sigma male sering kali membatasi orang lain yang ingin berhubungan dengannya. 

Tapi, jangan salah. Meskipun begitu, ketika sigma male menjalin hubungan, biasanya hubungan itu lebih bermakna dan dalam. Sigma male juga akan sangat menghargai rekan dan pasangannya.

Ngomongin soal hubungan, mungkin Bruver butuh inspirasi topik pembicaraan sama crush?!

  1. Menentang Norma Sosial

Seorang sigma male biasanya nggak mau mengikuti norma-norma sosial, terutama yang dianggap membatasi kebebasan pribadinya. Bahkan, sigma male nggak segan-segan menentang dan mengkritik secara langsung. Mereka lebih memilih untuk hidup sesuai prinsip dan pandangan hidup pribadinya.

  1. Berkarisma Kuat

Sigma male nggak suka mencari perhatian, maupun validasi orang lain. Tapi, karena karismanya yang kuat, sering kali orang lain justru memperhatikan dan menghormati sigma male, tanpa perlu berusaha keras.

  1. Peka Terhadap Lingkungan

Sigma male biasanya peka terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka memiliki kemampuan untuk membaca situasi dan memahami dinamika sosial tanpa terlibat terlalu dalam. Ini membuat mereka mampu mengambil keputusan yang bijaksana dan strategis.

  1. Bersikap Apa Adanya

Sigma male dikenal dengan sikap apa adanya. Mereka nggak berusaha untuk menyesuaikan diri dengan ekspektasi orang lain atau berpura-pura menjadi orang yang bukan mereka.

Tapi, sigma male juga punya kekurangan, Bruver. Karena cenderung menyendiri dan menghindari hubungan sosial, sigma male bisa merasa kesepian.

Karena sering kali bertindak tidak sesuai norma yang berlaku di masyarakat, sigma male juga rentan mengalami konflik dengan orang lain.

Sosok Sigma Male dari Para Publik Figur

The Pleasant Personality memberikan beberapa contoh sigma male dari kalangan public figure terkenal dunia, antara lain:

  1. Elon Musk

Siapa yang nggak kenal pemilik Tesla dan aplikasi X ini? Nggak cuma kaya raya, Elon Musk punya kecerdasan dan ide-ide yang sering out of the box, bahkan terkadang menentang norma sosial. 

  1. Leonardo da Vinci

Nama ini dikenal karena lukisan klasiknya, yaitu Mona Lisa (1503-1509) dan Perjamuan Terakhir (1495-1498). Sebagai seorang seniman, ilmuwan, dan insinyur asal Italia, temuan da Vinci bisa dibilang lebih maju dari apa yang ada di masa itu.

  1. Keanu Reeves

Aktor yang bermain dalam film ‘John Wick’ ini nggak cuma karismatik dalam perannya, tapi juga di kehidupan nyata, lho. Dia selalu terlihat percaya diri, penuh pesona, dan rendah hati dalam beberapa wawancaranya.

  1. Harry Styles

Penyanyi yang dulu terkenal dalam boyband One Direction ini mengeluarkan kepribadian sigma male dari cara berpakaiannya, yang dianggap menentang norma sosial. Belakangan ini, Harry Styles terlihat sering menggunakan pakaian yang lebih feminin, atau yang biasanya digunakan wanita.

  1. Joaquin Phoenix

Siapa yang nonton film ‘Joker’ dan terkesan sama akting pemeran utamanya? Joaquin Phoenix memang bisa menyampaikan karakter yang intens dan menantang dengan sangat baik. Media menyebut komitmennya terhadap keyakinannya lebih dari sekadar akting, karena dia juga seorang pembela hak-hak hewan yang vokal.

  1. Iwan Fals

Musisi legendaris asal Indonesia ini terkenal karena lagu-lagunya yang berani mengkritik kondisi sosial sampai pemerintah. Nggak heran, banyak artis dan public figure lain yang mengidolakan dan menghormati sosoknya.

  1. Sujiwo Tejo

Hampir sama kayak Iwan Fals, Sujiwo Tejo juga kerap menyampaikan kritik sosial melalui karya seninya. Seniman multitalenta ini dikenal karena karya-karyanya yang eksentrik dan berpegang teguh pada pendiriannya.

Cara Menjadi Sigma Male

Sigma male sering dipandang sebagai orang yang ’cool’ atau ‘keren’, makanya nggak heran, banyak pria di luar sana yang pengen jadi sigma male. Berikut ini cara menjadi sigma male yang bisa Bruver coba:

  1. Tunjukkan Kemandirian

Urus segala kebutuhan dirimu sendiri mulai dari hal-hal yang kecil kayak memasak, membersihkan rumah, mencuci baju, sampai mengurus keuangan dan lainnya.

  1. Lebih Percaya Diri

Percaya diri adalah salah satu hal penting yang perlu Bruver lakuin kalau mau jadi sigma male. Ketika Bruver punya rasa percaya diri yang kuat, Bruver bisa membuat keputusan yang berani dan mandiri tanpa terpengaruh oleh pendapat orang lain.

  1. Terus Upgrade Diri

Asah keahlianmu dalam berbagai bidang, baik itu hard skills seperti kemampuan teknis, maupun soft skills seperti komunikasi dan kepemimpinan. Luangkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru. Bruver bisa browsing lewat internet, membaca buku, atau mengikuti course

  1. Pegang Teguh Prinsip

Jangan labil! Tentukan apa yang penting bagi Bruver dalam hidup dan berpegang teguhlah pada nilai-nilai tersebut. Menjadi sigma male berarti memiliki prinsip yang kuat dan konsisten dalam menjalani kehidupan. 

  1. Jadi Diri Sendiri

Jangan hidup sesuai dengan ekspektasi orang lain. Nggak perlu berpura-pura dan jadi orang lain. Setiap orang punya keunikan dan kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, jadilah diri sendiri.

  1. To The Point

Umumnya, sigma male adalah seseorang yang nggak banyak omong, dan menganggap basa-basi itu cuma buang-buang waktu. Makanya, kalau Bruver mau jadi sigma male, sebaiknya bicara seperlunya dan langsung to the point aja.

  1. Jaga Kesehatan

Nggak cuma kepribadian yang harus diubah, tapi Bruver juga harus menjaga kesehatan fisik dan mental. Caranya dengan rutin berolahraga, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Hindari melakukan hal-hal yang bisa merusak fisik dan mental seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan sebagainya.

  1. Jaga Penampilan

Meskipun sigma male biasanya berpenampilan sesuka hati, tapi bukan berarti nggak perlu jaga penampilan ya. Justru, menjaga penampilan adalah bagian dari menghormati diri sendiri dan menunjukkan kalau Bruver memprioritaskan diri sendiri.

Pakai pakaian dan aksesoris yang sesuai dengan kepribadian dan kenyamanan Bruver. Jangan khawatir untuk menunjukkan dirimu melalui pakaian.

Baca Juga: Ciri Ciri Orang Ganteng, Kira-kira dilihat dari apa aja ya?

Kebersihan diri seperti mandi secara teratur, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kebersihan gigi juga sangat penting. Ini bukan hanya soal penampilan, tetapi juga tentang menjaga kesehatan dan merasa segar setiap hari.

Itu dia pembahasan seputar sigma male yang perlu Bruver ketahui. Ada satu cara tambahan kalau Bruver mau jadi sigma male seutuhnya, jaga kebersihan wajah dengan pakai Produk Bruv For Men face wash.

Sabun Bruv diformulasikan khusus untuk pria dengan kandungan aktif kayak activated bamboo charcoal yang ampuh bersihkan kotoran dan minyak di kulit sampai ke pori-pori terdalam.

Kedua, ada argan oil yang menjaga kelembapan kulit biar nggak kering dan kasar. Serta peppermint oil yang bikin kulit lebih segar.

Yuk, buktikan sendiri! Gunakan Bruv For Men secara rutin dan rasakan perubahannya. 

Share This Post

Discover More