Akibat Tidak Eksfoliasi Wajah, Dari Akibat Ringan Sampai Berat

akibat tidak eksfoliasi wajah

Jangan anggap remeh! Eksfoliasi itu adalah salah satu rangkaian skincare yang penting banget loh. Nggak cuma bikin wajah jadi lebih cerah dan halus, tapi masih banyak lagi manfaatnya. Sebaliknya, kalau Bruver nggak pernah eksfoliasi, sel-sel kulit mati bakal menumpuk dan menyebabkan banyak masalah kulit. 

Sebelum bahas akibat tidak eksfoliasi wajah, kita bahas dulu pentingnya rutin eksfoliasi.

Pada orang dewasa, umumnya siklus regenerasi kulit terjadi setiap 28-75 hari. Tapi, sayangnya siklus ini cenderung melambat seiring bertambahnya usia.

Kulit yang tidak beregenerasi akan menyebabkan sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan kulit mengalami berbagai macam masalah seperti kulit kusam, kasar, hingga berjerawat.

Kenapa Wajah Perlu Eksfoliasi?

Eksfoliasi jadi solusi buat mengangkat sel-sel kulit mati itu dan bikin kulit Bruver lebih cerah dan sehat. Eksfoliasi bisa dibedakan menjadi eksfoliasi fisik/mekanik (physical exfoliation) dan eksfoliasi kimiawi (chemical exfoliation).

Eksfoliasi fisik/mekanik menggunakan benda-benda abrasif atau bertekstur kasar seperti spons untuk mengangkat sel kulit mati dengan lebih cepat. Kelebihannya, metode ini dapat bekerja dengan cepat. Namun, kekurangannya adalah berisiko menyebabkan kulit kering dan merusak skin barrier.

Eksfoliasi kimiawi adalah metode pengelupasan kulit yang menggunakan bahan kimia untuk melarutkan sel-sel kulit mati secara perlahan. Bahan-bahan yang umum digunakan dalam eksfoliasi kimiawi adalah AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid).

  • AHA bekerja pada permukaan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. AHA dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti kulit kusam, kering, dan garis halus.
  • BHA bekerja di dalam pori-pori untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. BHA dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan pori-pori besar.

Pakai produk eksfoliasi yang sesuai sama kondisi dan jenis kulit Bruver supaya hasilnya maksimal dan Bruver bisa mendapatkan kulit impian Bruver.

Akibat Tidak Eksfoliasi Wajah

akibat jika tidak eksfoliasi kulit wajah

Kalau Bruver nggak rutin eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang menumpuk bisa bercampur sama keringat, minyak alami kulit, debu, mikroba, dan kotoran lainnya. Akibat tidak eksfoliasi wajah, akan terjadi masalah-masalah kulit di bawah ini:

  1. Kulit Kusam

Ketika sel kulit mati menumpuk di permukaan, kulit nggak bisa memantulkan cahaya secara efektif, makanya kulit jadi keliatan lebih kusam dari seharusnya.

  1. Pori-pori Tersumbat

Sel kulit mati yang bercampur dengan minyak dan kotoran lain juga berpotensi untuk menyumbat pori-pori. Sumbatan awal pori-pori inilah yang membentuk komedo. 

Komedo putih (whiteheads) adalah komedo tertutup yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Sedangkan, komedo hitam (blackheads) terjadi ketika sumbatan teroksidasi udara dan berubah warna menjadi hitam.

  1. Kulit Bertekstur

Akibat tidak eksfoliasi wajah, kulit jadi bertekstur kasar. Ini karena sel-sel kulit mati yang menumpuk di tempat yang nggak merata bikin tekstur kulit jadi kasar.

Apalagi kalau komedo dan jerawat udah muncul, permukaan kulit bakal semakin nggak rata.

  1. Jerawat 

Jerawat jadi salah satu akibat tidak eksfoliasi wajah. Soalnya, Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dapat menyumbat pori-pori.

Pori-pori tersumbat ini kemudian menjadi tempat ideal bagi bakteri penyebab jerawat atau P. acnes untuk berkembang biak. Bakteri ini kemudian memicu peradangan dan menghasilkan jerawat.

Selain itu, akibat tidak eksfoliasi wajah, minyak jadi terjebak di dalam pori-pori dan bikin jerawat lebih parah. Kulit juga lebih keliatan berminyak.

  1. Muncul Tanda-tanda Penuaan

Kulit yang nggak dieksfoliasi secara rutin bisa mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit bikin proses regenerasi kulit terhambat. Ini bikin munculnya garis halus dan kerutan lebih keliatan.

Eksfoliasi bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, sehingga kulit tampak lebih muda dan kencang. 

  1. Skincare Sulit Menyerap

Pori-pori yang tersumbat bikin skincare yang setiap hari Bruver pakai jadi nggak bisa masuk ke dalam kulit. Kabar buruknya, produk yang nggak terserap itu bisa tercampur sama kuman dan polusi, ini bisa menyebabkan jerawat.

Meskipun eksfoliasi punya banyak manfaat dan ada akibat tidak eksfoliasi wajah, tapi eksfoliasi secara berlebihan itu nggak baik Bruver!

Hindari eksfoliasi lebih sering dari sehari sekali. Dalam healthline.com, para ahli menyarankan untuk melakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali seminggu.

Sesuaikan dengan jenis kulit dan tingkat sensitivitas kulit Bruver. Physical exfoliation biasanya lebih abrasif kalau terlalu sering digunakan. Sedangkan, chemical exfoliation bisa dilakukan secara lebih rutin.

Waktu pakai eksfoliasi, sebaiknya Bruver juga tidak menggosok terlalu keras, apalagi sampai bikin kulit ketarik. Untuk hasil terbaik, lakukan gerakan kecil melingkar untuk menekan produk ke wajah, sekaligus mengelupas kulit mati.

Selain eksfoliasi, ada juga yang namanya peeling. Belum tahu bedanya? Bruver bisa cari tahu disini untuk perbedaan peeling dan eksfoliasi.

Ciri-ciri Eksfoliasi Tidak Cocok

Eksfoliasi bisa tidak cocok karena beberapa faktor, seperti jenis eksfoliasi yang tidak tepat, frekuensi eksfoliasi yang berlebihan, produk eksfoliasi yang tidak sesuai, kurangnya hidrasi, kondisi kulit tertentu, dan reaksi alergi. Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Kulit Kering dan Mengelupas

Kulit kering bisa jadi salah satu ciri-ciri eksfoliasi tidak cocok, hal ini karena kulit punya lapisan pelindung alami kayak minyak dan sel kulit mati. 

Eksfoliasi emang ngilangin sel kulit mati, tapi kalau tidak cocok, lapisan pelindungnya juga ikut menghilang. Kulit jadi kehilangan kelembapannya, kering, bahkan mengelupas.

  1. Iritasi

Kalau Bruver tidak cocok atau melakukan eksfoliasi secara berlebihan, biasanya lapisan pelindung alami kulit bakal rusak. Melanie Palm, dokter kulit bersertifikat di San Diego juga menyebutkan kalau efek jangka panjang eksfoliasi yang tidak cocok adalah kemerahan, gatal, nyeri, dan bercak seperti eksim. Bahkan bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah di bawah permukaan kulit, kalau Bruver punya kulit yang sensitif.

  1. Terasa Perih dan Terbakar

Eksfoliasi yang tidak cocok biasanya terjadi karena produknya mengandung bahan-bahan yang terlalu keras untuk jenis kulit tertentu. Apalagi, kalau kulit Bruver sedang sensitif, kulit akan terasa perih dan terbakar.

  1. Rentan Breakout

Breakout biasanya muncul sebagai respon terhadap penggunaan produk skincare yang tidak cocok, termasuk eksfoliasi. Kalau Bruver punya kulit yang jarang berjerawat, terus tiba-tiba setelah melakukan eksfoliasi muncul benjolan kecil yang berwarna merah, ini jadi ciri-ciri eksfoliasi tidak cocok.

  1. Skin Barrier Rusak

Produk eksfoliasi yang tidak cocok bisa menyebabkan skin barrier kehilangan lapisan pelindung alaminya. Kalau skin barrier rusak, kulit jadi rentan iritasi dan masalah kulit lainnya.

Kalau udah muncul ciri-ciri di atas atau bahkan lebih parah, sebaiknya Bruver hentikan pemakaian dan segera periksakan ke dokter untuk pertolongan yang lebih baik.

Dengan melakukan eksfoliasi yang rutin dan benar, Bruver bisa mendapatkan kulit yang sehat, bersih, cerah, dan bebas dari masalah kulit.

Penting! Banyak yang bingung soal penggunaan eksfoliasi dan cuci muka dengan face wash, untuk itu, cek penjelasannya dulu tentang eksfoliasi dulu atau cuci muka dulu.

Sudah tahu akibat tidak eksfoliasi wajah? Nah! Untuk memaksimalkan perawatan kulit, Bruver juga bisa menambahkan Bruv For Men ke dalam rangkaian perawatan kulit Bruver. Sabun ini diformulasikan khusus untuk pria dengan bahan-bahan alami yang aman dan efektif untuk membersihkan kulit wajah dan tubuh.

Activated bamboo charcoal mampu membersihkan pori-pori secara mendalam, mengangkat kotoran, dan mengontrol minyak berlebih. Argan Oil berfungsi melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, dan menenangkan peradangan. Serta peppermint oil yang menyegarkan kulit, mengatasi kulit kusam, dan membantu mengontrol produksi minyak.

Bruv For Men cocok untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan setiap hari. Gunakan sabun ini pada wajah dan tubuh saat mandi, kemudian bilas dengan air bersih. Yuk, mulai jaga kesehatan dan penampilan kulitmu bersama Bruv For Men!

Share This Post

Discover More