Arti Jerawat di Dagu dalam Percintaan, Cocok Sama yang Lagi Dialami?

arti jerawat di dagu dalam percintaan

Jerawat di dagu, seperti di bagian wajah lainnya, memang bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Uniknya, munculnya jerawat di area ini sering kali dikaitkan dengan berbagai mitos dan spekulasi, terutama masalah percintaan. Emang apa arti jerawat di dagu dalam percintaan? Simak dalam artikel ini yuk!

Jerawat sering kali menjadi subjek berbagai mitos yang menarik dan kadang menghibur. Banyak yang percaya bahwa jerawat di area tertentu bisa muncul karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan kesehatan kulit, termasuk jerawat di dagu dalam percintaan.

Apakah Bruver juga pernah cari tau jerawat dagu artinya apa? Kalau iya, sebaiknya tahan dulu. Meskipun mitos-mitos ini menarik, penting untuk diingat bahwa jerawat biasanya disebabkan oleh faktor medis atau faktor lainnya.

Arti Jerawat di Dagu dalam Percintaan

jerawat di dagu ada hubungannya dengan percintaan

Tapi, kalau Bruver emang penasaran, berikut ini mitos yang beredar di masyarakat tentang arti jerawat di dagu dalam percintaan:

  1. Pertanda Stres Emosional

Beberapa orang percaya arti jerawat di dagu dalam percintaan jadi sinyal kalau Bruver lagi stres soal percintaan. Mungkin Bruver lagi ada konflik dengan pasangan atau lagi galau karena gebetan nggak respon chat Bruver. Stres ini bisa bikin hormon jadi nggak seimbang dan muncul deh jerawat.

  1. Tanda Lagi Cemburu

Ada juga yang bilang arti jerawat di dagu dalam percintaan karena Bruver lagi merasa cemburu atau ada yang cemburu sama Bruver. Perasaan cemburu ini bisa menimbulkan stres yang akhirnya berdampak pada kulit wajahmu.

  1. Adanya Perubahan Besar

Arti jerawat di dagu dalam percintaan juga bisa karena ada perubahan dalam hidup, misalnya ketika baru jadian, akan menikah, sampai putus. Tubuh mungkin merespon stres atau kegembiraan dari perubahan ini dengan munculnya jerawat.

  1. Kebutuhan Komunikasi

Ada juga yang bilang kalau arti jerawat di dagu dalam percintaan adalah butuh komunikasi lebih baik dengan pasangan. Mungkin ada hal-hal yang nggak terucap atau perasaan yang terpendam yang butuh diselesaikan.

  1. Perubahan dalam Hubungan

Buat yang percaya sama hal-hal mistis, arti jerawat di dagu dalam percintaan juga bisa jadi tanda akan ada perubahan besar dalam hubungan Bruver. Entah itu baik atau buruk, yang jelas, Bruver harus siap-siap mental.

  1. Ada yang Lagi Kangen

Beberapa orang percaya kalau arti jerawat di dagu dalam percintaan ada seseorang yang lagi kangen atau mikirin Bruver secara intens. Mungkin ada mantan yang belum bisa move on atau seseorang yang diam-diam naksir Bruver. 

  1. Tanda Jatuh Cinta

Ada juga yang percaya kalau arti jerawat di dagu dalam percintaan adalah karena Bruver lagi jatuh cinta atau menjalin hubungan dan komunikasi yang intens sama seseorang lho.

Tips: Untuk Bruver yang sering kehabisan bahan obrolan sama crush, yuk hafalin apa aja ide topik pembicaraan dengan crush!

Jerawat di Dagu karena Apa?

Setelah tau beberapa mitos seputar arti jerawat di dagu dalam percintaan, sekarang kita bahas penyebab sebenarnya munculnya jerawat di dagu.

Jerawat di dagu, biasanya muncul karena kelebihan hormon, terutama hormon yang punya tugas untuk merangsang produksi sebum dalam kulit. Kalau sebum diproduksi secara berlebihan dan bercampur dengan kotoran, ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Perubahan hormon ini bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain:

  • Stres

Dikutip dari laman The Men’s Health Clinic, stres yang diakibatkan oleh berbagai macam hal, seperti pikiran negatif, tekanan, kurang istirahat, olahraga berlebihan, masalah keuangan, hingga masalah percintaan.

Saat stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres seperti kortisol. Kortisol dapat meningkatkan produksi minyak (sebum) di kelenjar minyak kulit. Minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di dagu.

  • Masa Pubertas

Pada remaja yang sedang mengalami pubertas, kadar steroid androgenik meningkat pesat. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kelenjar kulit. Minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori dan bercampur dengan bakteri, yang dapat menyebabkan jerawat.

  • Asupan Makanan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada jenis makanan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan memicu munculnya jerawat.

Makanan ini bisa berupa makanan tinggi glikemik kayak gula, roti, nasi putih, permen, dan minuman manis. Selain itu, makanan olahan yang tinggi lemak jenuh juga bisa meningkatkan hormon testosteron, misalnya fast food, frozen food, daging olahan, makanan ringan, dan lainnya.

Bruver juga sebaiknya mengurangi asupan olahan susu dan makanan tinggi omega-6 untuk mengurangi risiko munculnya jerawat di dagu.

  • Kurang Istirahat

Kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Soalnya, ketika kita kurang tidur, kadar kortisol akan meningkat, sementara testosteron yang bisa mengendalikan produksi minyak malah menurun. Akhirnya, produksi sebum menjadi berlebihan dan menyebabkan jerawat.

  • Genetik

Beberapa orang punya gen yang membuat mereka lebih sensitif terhadap fluktuasi hormon, seperti testosteron dan estrogen. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kelenjar minyak kulit, yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  • Lingkungan

Beberapa faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari berlebihan bisa meningkatkan hormon pemicu jerawat. Sementara itu, polusi udara bisa memicu produksi minyak karena peradangan.

Disamping faktor hormonal, kurang menjaga kebersihan kulit wajah dan terlalu sering menyentuh dagu dengan tangan yang kotor juga bisa berdampak dalam munculnya jerawat di dagu.

Baca Juga: Kamu adalah cowok yang sedang PDKT sama si dia? Yuk coba terapkan tips cara agar disukai wanita!

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

Untuk mengatasi jerawat di dagu yang mengganggu, Bruver bisa melakukan cara-cara di bawah ini:

  1. Bersihkan Wajah

Bruver, membersihkan wajah itu penting banget buat menjaga kebersihan dan meredakan jerawat. Cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam. Hindarin sabun muka yang keras, kayak yang mengandung paraben, silikon, alkohol, lanolin, atau parfum. Ini bisa bikin jerawat makin meradang, Bruver.

  1. Kompres Hangat

Kompres hangat bisa bantu meredakan jerawat di dagu, lho. Caranya gampang, rendam kain bersih dalam air hangat, terus tempelin di dagu sekitar 10-15 menit. Uap hangatnya bakal membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran di kulit, jadinya jerawat cepet kering.

  1. Hindari Menyentuh dan Menggaruk Jerawat

Sebisa mungkin, Bruver jangan menyentuh atau memencet jerawat. Meskipun gatel dan nggak nyaman, ini bisa bikin peradangan makin parah dan ninggalin bekas luka yang susah hilang.

  1. Gunakan Acne Patch

Bukan cuma ngikutin yang lagi tren, tapi coba deh pakai acne patch, yang bentuknya kayak stiker kecil buat nutupin jerawat. Biasanya, acne patch punya kandungan cairan hidrokoloid yang menyerap nanah dan menenangkan kulit. Tempelin di jerawat sebelum tidur, dan besok paginya jerawat bakal lebih kering dan mendingan.

  1. Gunakan Obat Jerawat Topikal

Ada banyak obat jerawat topikal yang dijual bebas, misalnya yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Oleskan secukupnya ke jerawat sebelum tidur, biar besok paginya mereda. Tapi, baca aturan pakainya baik-baik ya, karena bisa bikin kulit kering dan iritasi kalau nggak hati-hati.

  1. Perhatikan Pola Makan

Kayak yang udah kita bahas di awal, makanan juga punya pengaruh untuk memicu jerawat. Hindari makanan yang bisa memicu peradangan dan produksi minyak berlebih.

  1. Pakai Bahan Alami

Beberapa bahan alami juga dipercaya bisa jadi cara mengatasi jerawat batu, misalnya:


  • Es Batu

Pakai es batu bisa bantu mengurangi bengkak, gatal, nyeri, dan kemerahan jerawat di dagu. Caranya, balut es batu pakai handuk tipis, terus tempelin ke jerawat selama sekitar 1 menit. Lakukan dua kali sehari sampai jerawat mereda.

  • Cuka Apel

Cuka apel punya sifat antibakteri dan antijamur yang bagus buat ngatasin jerawat. Bruver bisa campur cuka apel ke sabun pembersih wajah atau pakai sebagai toner.

  • Kunyit

Kunyit punya kandungan antiinflamasi, antioksidan, dan antiseptik yang dapat menjadi cara menghilangkan jerawat di dagu secara alami.  

  • Tea Tree Oil

Tea tree oil terkenal karena sifat antibakterinya. Minyak ini bisa menenangkan kemerahan, bengkak, dan peradangan. Juga bisa bantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat.

  • Oatmeal

Oatmeal bisa meredakan kemerahan, bengkak, dan nyeri pada jerawat di dagu karena sifat antiinflamasinya. Oatmeal juga bagus untuk membersihkan pori-pori serta menyerap minyak berlebih. 

  • Lidah Buaya

Lidah buaya punya polifenol dan asam salisilat yang bisa mempercepat penyembuhan jerawat. 

Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup dan hindari stres, supaya nggak muncul jerawat-jerawat baru dan memperparah yang udah ada ya, Bruver.

Bantu Atasi Jerawat di Dagu dengan Sabun Muka Terbaik untuk Muka Berjerawat

Kalau mau versi praktisnya, Bruver bisa mengatasi jerawat batu dengan rutin cuci muka pakai Bruv Bar Soap yang diformulasikan khusus untuk kulit pria yang cenderung berminyak dan mudah berjerawat. 

Dengan kandungan activated bamboo charcoal yang menyerap kotoran, argan oil yang melembapkan, dan peppermint oil yang menyegarkan, Bruv For Men Face Wash nggak cuma bikin wajahmu bersih, tapi juga bakal terasa segar dan terawat.

Jadi, tunggu apa lagi, Bruver? Bantu atasi jerawat di dagu dengan sabun muka terbaik untuk muka berjerawat, Bruv For Men! Kulit bersih, jerawat minggat, dan Bruver bisa jadi makin pede!

Share This Post

Discover More