Bolehkah Eksfoliasi Saat Berjerawat? Pahami Ini Agar Tak Salah Langkah

bolehkah eksfoliasi saat berjerawat

Kalau Bruver mau punya kulit yang sehat, halus, dan cerah, salah satu kuncinya adalah rajin-rajin eksfoliasi! Soalnya, eksfoliasi bisa mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi. Tapi gimana buat Bruver yang punya acne-prone skin? Bolehkah eksfoliasi saat berjerawat? Baca sampai abis untuk tau jawabannya.

Eksfoliasi yang bisa dilakukan secara fisik/mekanik maupun secara kimiawi ini punya manfaat utama untuk mengelupas sel-sel kulit mati, serta membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang menumpuk di permukaan kulit. Disamping itu, eksfoliasi juga punya beberapa manfaat lain, seperti:

Manfaat Eksfoliasi

  1. Mencerahkan Kulit

Eksfoliasi bisa membersihkan sel kulit mati yang menumpuk dan bikin kulit kusam. Eksfoliasi juga bisa mendorong regenerasi sel kulit baru yang lebih cerah.

  1. Mengontrol Produksi Minyak

Pori-pori yang tersumbat bisa memicu produksi minyak berlebih. Makanya, kalau Bruver rutin membersihkannya dengan cara eksfoliasi, produksi minyak bisa lebih terkontrol dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

  1. Mencegah Masalah Kulit

Banyak masalah kulit yang disebabkan penumpukan sel kulit mati dan tersumbatnya pori-pori, misalnya kulit kusam dan komedo. Dengan melakukan eksfoliasi, Bruver bakal terhindar dari masalah-masalah kulit tersebut.

  1. Mencegah Munculnya Penuaan Dini

Nggak cuma bisa membersihkan wajah, eksfoliasi juga bisa mencegah penuaan dini yang disebabkan kerusakan akibat radikal bebas.

Eksfoliasi membantu aliran darah di wajah jadi semakin lancar, sehingga bisa membantu membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit, makanya kulit jadi lebih segar.

  1. Meningkatkan Penyerapan Skincare

Sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori-pori bisa jadi penghalang buat skincare yang Bruver pakai untuk menyerap dan mencapai lapisan kulit yang lebih dalam, skincare jadi nggak bisa bekerja secara optimal deh. Nah, eksfoliasi bisa menghilangkan penghambat itu.

Banyak juga yang bilang kalau eksfoliasi bisa jadi salah satu solusi untuk menghilangkan jerawat, bener nggak sih? Tapi, sebelum bahas itu, bolehkah eksfoliasi saat berjerawat?

Bolehkah Eksfoliasi Saat Berjerawat?

Kalau Bruver lagi punya jerawat yang meradang, mungkin sedikit was-was dan bertanya-tanya ya, “Bolehkah eksfoliasi saat berjerawat?”. 

Jawaban untuk pertanyaan apakah boleh eksfoliasi saat berjerawat adalah boleh. Dikutip dari berbagai sumber, apapun jenis kulit Bruver, eksfoliasi bisa membantu Bruver punya kulit yang sehat dan cerah.

Tapi, meskipun boleh dan aman, Bruver nggak boleh melakukan eksfoliasi berlebihan, soalnya bisa menyebabkan iritasi dan memperparah jerawat. 

Apakah Eksfoliasi Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah eksfoliasi bisa menghilangkan jerawat

Beberapa penelitian menunjukkan kalau eksfoliasi bermanfaat untuk mengobati jerawat, apalagi dengan spons jaring atau dengan kandungan asam organik.

Hal ini karena jerawat umumnya disebabkan sel kulit mati dan kotoran lain yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan minyak berlebih terperangkap di dalam pori-pori dan bisa memicu pertumbuhan bakteri dan menyebabkan jerawat.

Penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit juga bisa bikin pergantian sel kulit melambat dan bikin jerawat memburuk. 

Bruver Harus Tahu Juga: Eksfoliasi Dulu atau Cuci Muka Dulu?

Tips Memilih Produk Eksfoliasi untuk Kulit Berjerawat

Bolehkah eksfoliasi saat berjerawat? Jawabannya boleh, asal Bruver pilih produk yang sesuai. Memilih produk eksfoliasi yang tepat untuk kulit berjerawat sangatlah penting. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Bruver:

  • Kenali Jenis Kulit

Kalau Bruver punya kulit berminyak, pilihlah produk eksfoliasi yang mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid) kayak salicylic acid. BHA bisa membantu membersihkan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih, jadi kulit nggak berjerawat.

Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya pilih produk eksfoliasi yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) kayak glycolic acid atau lactic acid. AHA bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit.

Sedangkan, untuk kulit sensitif pilihlah produk eksfoliasi yang lembut, nggak mengandung bahan kimia keras dan bebas parfum. 

  • Perhatikan Kandungan Produk

Perhatikan kandungan apa aja yang ada di dalam produk eksfoliasi yang Bruver pakai. Berikut ini kandungan eksfoliasi yang bagus untuk kulit saat berjerawat:

  1. BHA (Beta Hydroxy Acid): Salicylic Acid adalah pilihan yang tepat untuk kulit berjerawat karena dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih.
  2. AHA (Alpha Hydroxy Acid): Glycolic Acid dan Lactic Acid dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit.
  3. Enzim: Pilihan yang lebih lembut untuk kulit yang berjerawat. Contohnya, bromelain dan papain.
  4. Retinol: Membantu meningkatkan pergantian sel kulit dan merangsang produksi kolagen.
  • Pilih Produk dengan Formulasi Lembut

Hindari produk eksfoliasi yang mengandung scrub kasar, alkohol, dan parfum karena dapat mengiritasi kulit berjerawat.

Untuk produk baru, lakukan tes produk dengan cara mengoleskan sedikit produk di area kecil kulit, misalnya di belakang telinga atau di bawah rahang. Tunggu selama 24 jam untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

Jangan takut eksfoliasi, ya! Karena ada beberapa risiko atau akibat jika tidak eksfoliasi wajah yang bisa membuat kulit wajah punya masalah kulit tertentu.

Tips Eksfoliasi

Selain memilih produk yang tepat, eksfoliasi juga harus dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut ini supaya mencapai hasil maksimal:

  1. Jangan Pakai Secara Berlebihan

Pakai produk eksfoliasi cukup 1-2 kali seminggu dan lihat bagaimana reaksi kulitmu. Kalau nggak muncul iritasi, Bruver bisa meningkatkan frekuensi penggunaan secara bertahap.

Hindari eksfoliasi di pagi hari, karena kulit Bruver akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Lakukan eksfoliasi di malam hari, setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan produk perawatan kulit lainnya.

  1. Bersihkan Wajah Sebelum Eksfoliasi

Membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum eksfoliasi akan membuat produk eksfoliasi bekerja secara lebih efektif karena lebih menyerap ke dalam kulit. 

Cuci muka pakai facial wash yang aman dan cocok dipakai semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat, salah satunya adalah dengan memakai Bruv For Men facial wash

Kandungan activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang ada di dalamnya, dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan residu lainnya, serta melembapkan sekaligus menyegarkan kulit.

  1. Jangan Lupa Pelembab

Eksfoliasi dapat membuat kulit kering, bahkan meskipun kulit Bruver berminyak. Jadi penting untuk menjaga kelembapan dengan menggunakan pelembab setelahnya. Pilih pelembab yang non-comedogenic, sehingga tidak menyumbat pori-pori.

  1. Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Eksfoliasi bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap hari.

  1. Pakai Skincare Selanjutnya

Sebelum pakai skincare selanjutnya, sebaiknya tunggu 20-30 menit setelah eksfoliasi, supaya kulit pulih terlebih dahulu. Setelah itu, baru pakai skincare kayak toner, essence, serum, eye cream, atau lainnya. Pilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan Bruver dan tidak mengandung bahan-bahan yang comedogenic

Kalau Bruver memiliki jerawat yang parah dan nggak kunjung reda bahkan setelah eksfoliasi, konsultasikan dengan dokter kulit untuk membantu Bruver memilih jenis eksfoliasi yang tepat dan aman untuk kulit.

Kesimpulannya, jawaban dari pertanyaan “Bolehkah eksfoliasi saat berjerawat?” adalah boleh, asalkan Bruver memperhatikan produk dan cara pemakaiannya.

Dengan mengikuti tips di atas, Bruver bisa memaksimalkan hasil eksfoliasi saat berjerawat dan mendapatkan kulit yang sehat, cerah, dan halus.

Share This Post

Discover More