Cara Memakai Toner ditepuk atau diusap? Ini Langkah yang Benar

cara memakai toner ditepuk atau diusap

Toner sudah dimasukan sebagai salah satu rangkaian skincare routine yang wajib digunakan. Tapi, kadang ada yang masih bingung mengenai cara memakai toner ditepuk atau diusap. Apa bedanya? Mana yang lebih baik? Yuk bahas dalam artikel ini!

Sebelum kita bahas cara menggunakan toner ditepuk atau diusap, kita kenalan dulu yuk, sama produk skincare yang satu ini. 

Toner merupakan skincare yang biasanya digunakan setelah membersihkan wajah. Teksturnya yang sangat cair dan ringan seperti air memungkinkan untuk menembus kulit lebih dalam, cepat menyerap, tidak meninggalkan residu, dan menyegarkan kulit wajah.

Manfaat Pakai Toner, Salah Satu Skincare Routin Wajib Sih!

Toner bukan cuma menghidrasi, tapi juga dilengkapi berbagai macam bahan aktif, seperti ekstrak tumbuhan, vitamin, dan bahan lainnya yang membuat toner punya manfaat lain, seperti:

  1. Menyeimbangkan Kadar pH Kulit

Kadang, ada face wash yang punya kadar pH berbeda dengan kulit, ini bisa menyebabkan kulit kering, bahkan iritasi. Toner umumnya sedikit lebih asam atau bisa menyeimbangkan kadar pH kulit.

  1. Membersihkan Kotoran dan Minyak Berlebih

Meskipun Bruver udah membersihkan wajah pakai face wash, kadang masih ada sisa-sisa kotoran yang nggak bisa dijangkau. Toner yang bisa menembus ke dalam pori-pori kulit dan lebih menyeluruh, bisa menghilangkan kotoran-kotoran tersebut.

  1. Mempersiapkan Kulit

Toner bisa dibilang sebagai ‘primer’ untuk mempersiapkan kulit sebelum menerima produk skincare selanjutnya. Ini akan membantu serum, pelembap, sampai sunscreen untuk bekerja lebih efektif.

  1. Mengecilkan Pori-pori

Dr. Vij dari Cleveland Clinic menyampaikan kalau toner yang bersifat astringent bisa menyamarkan penampilan pori-pori menjadi terlihat lebih kecil. 

  1. Menyegarkan Kulit

Toner bisa membantu meredakan ketidaknyamanan pada kulit, apalagi toner yang punya kandungan menenangkan dan menghidrasi. Toner juga bisa bikin kulit terasa lebih segar.

  1. Melindungi Kulit

Ketika Bruver menggunakan toner setelah mencuci muka, pori-pori akan tertutup, sehingga kulit lebih terlindungi dari paparan lingkungan. 

Ada beberapa jenis toner yang beredar di pasaran, antara lain:

  • Hydrating Toner: Mengandung bahan-bahan pelembap seperti hyaluronic acid, glycerin, dan aloe vera yang memberikan hidrasi ekstra untuk kulit kering atau dehidrasi.
  • Exfoliating Toner: Mengandung bahan-bahan eksfoliasi seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, dan mengatasi masalah jerawat.
  • Treatment Toner: Toner ini punya kandungan dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti hiperpigmentasi, komedo, dan jerawat, serta dapat meratakan warna kulit.

Kesalahan Menggunakan Toner

Bruver nggak boleh sembarangan dalam menggunakan toner! Kalau salah, bisa-bisa toner nggak akan bekerja secara efektif. Berikut ini kesalahan menggunakan toner yang biasanya terjadi:

  1. Menggunakan Toner yang Tidak Cocok

Ini adalah kesalahan yang sangat umum dilakukan pengguna toner. Perlu diingat bahwa setiap jenis kulit punya kebutuhan dan masalah kulit yang berbeda. Menggunakan produk yang salah bisa membuatnya semakin buruk, bahkan memicu masalah baru.

  1. Menggunakan Toner Terlalu Banyak

Terkadang, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, Bruver. Salah satunya adalah menggunakan toner yang terlalu banyak. Ini bisa membuat kulit terganggu keseimbangan alaminya. Selain itu juga termasuk pemborosan.

  1. Kandungan yang Terlalu Keras

Kandungan toner yang terlalu keras, misalnya alkohol, pewangi, astringents berlebih, dan lainnya bisa membuat minyak alami menjadi berkurang dan juga merusak skin barrier.

  1. Belum Membersihkan Wajah

Mengaplikasikan toner pada wajah yang kotor itu percuma Bruver! Meskipun toner bisa mengangkat kotoran, tapi akan lebih baik jika Bruver mencuci muka terlebih dahulu. Apalagi, mencuci muka juga akan membuat kulit lembap dan toner makin efektif.

  1. Menggosok atau Menepuk Terlalu Keras

Apapun cara pemakaian toner yang Bruver lakukan, sebaiknya jangan lakukan dengan keras. Karena ini bisa mengiritasi dan merusak skin barrier.

Cara Memakai Toner ditepuk atau diusap?

cara menggunakan toner ditepuk atau diusap

Ada beberapa faktor yang bisa menentukan cara memakai toner ditepuk atau diusap, antara lain:

  1. Jenis Kulit

Beberapa sumber mengatakan kalau cara memakai toner ditentukan dari jenis kulit yang Bruver punya.

Untuk kulit normal dan kering, Bruver bisa langsung menepuknya menggunakan tangan. Lalu, untuk kulit berminyak atau kombinasi, sebaiknya ditepuk atau diusap? Bruver disarankan untuk menggunakannya dengan cara diusap menggunakan kapas. 

  1. Kelebihan

Penggunaan toner dengan cara ditepuk atau diusap punya kelebihan masing-masing.

Toner yang ditepuk bisa terasa lebih lembut dan menghidrasi, serta tidak memerlukan kapas dan mengurangi limbah.

Sedangkan, toner yang diusap lebih efektif dalam mengangkat sisa kotoran, karena memberikan sedikit efek eksfoliasi.

  1. Kekurangan 

Selain kelebihan, pastinya metode keduanya juga punya kekurangan yang beda satu sama lain.

Kekurangan dari teknik penggunaan toner yang ditepuk adalah kurang efektif untuk membantu mengangkat sisa kotoran.

Toner yang diusap punya kekurangan, yaitu berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit kering atau sensitif kalau diaplikasikan terlalu kasar. 

  1. Manfaat 

Toner yang diaplikasikan dengan cara ditepuk bisa meresap lebih dalam ke lapisan kulit, sehingga memberikan hidrasi yang cukup. Selain itu, menepuk toner bisa menghindari kemungkinan iritasi karena gesekan kapas di kulit kering.

Sedangkan, toner yang diusap menggunakan kapas bisa membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Hal ini karena kapas akan memberikan sedikit efek eksfoliasi.

Cara Menggunakan Toner Pakai Kapas dan Tanpa Kapas

Umumnya, ada dua cara memakai toner dengan tangan, yaitu menggunakan kapas dan tanpa kapas.

Cara Menggunakan Toner Pakai Kapas

  1. Bersihkan wajah dengan cara dicuci dengan face wash yang sesuai dengan jenis kulit.
  2. Pilihlah toner yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Bruver.
  3. Tuangkan toner secukupnya ke kapas.
  4. Usap wajah dengan kapas dengan gerakan memutar secara perlahan. Hindari area mata dan mulut.
  5. Tunggu hingga toner menyerap, sebelum melanjutkan dengan produk skincare lainnya.

Cara Menggunakan Toner Tanpa Kapas

  1. Pastikan wajah sudah bersih dari makeup dan kotoran menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit.
  2. Pilihlah toner yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Bruver.
  3. Tuangkan toner secukupnya ke telapak tangan. Ingat, tangannya harus bersih ya, Bruver.
  4. Tepuk-tepuk toner dengan lembut ke wajah Bruver, mulai dari tengah ke arah luar. Hindari area mata dan mulut. 
  5. Biarkan toner menyerap ke dalam kulitmu selama beberapa saat, sebelum melanjutkan ke skincare routine selanjutnya.

Tips Memakai Toner yang Benar

Selain mengikuti cara memakai toner ditepuk atau diusap di atas, Bruver juga bisa mengikuti tips memakai toner yang benar di bawah ini:

  1. Gunakan Sesuai Petunjuk

Ikuti petunjuk pada kemasan toner untuk mengaplikasikan toner ke seluruh wajah Bruver. Hal ini memungkinkan penyerapan yang lebih baik dan mencegah penumpukan produk yang tidak perlu.

  1. Pastikan Sesuai Jenis Kulit

Pilih toner yang diformulasikan khusus untuk kulitmu. Untuk kulit kering dan sensitif, gunakan hydrating toner. Untuk kulit berminyak dan acne prone skin, gunakan exfoliating toner.

  1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Kayak yang udah dibahas, membersihkan wajah bisa membantu efektivitas dan melembapkan wajah sebelum menggunakan toner. Jadi, pastikan wajahmu bersih ya.

  1. Perhatikan Reaksi Kulit

Hentikan penggunaan toner kalau Bruver mengalami gejala iritasi, kemerahan, atau sensasi perih. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk rekomendasi toner yang lebih sesuai.

Itu dia pembahasan cara memakai toner ditepuk atau diusap yang bisa Bruver lakukan, sesuai kebutuhan dan jenis kulit Bruver. 

Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum menggunakan toner menggunakan Bruv For Men, face wash dengan Triple Action Repair Formula yang bantu membersihkan kulitmu, tanpa terasa kering di wajah, dan pastinya aman digunakan segala jenis kulit.

Share This Post

Discover More