Cara Mengatasi Wajah Terasa Panas dan Perih, Pakai Trik Simpel Ini

cara mengatasi wajah terasa panas dan perih

Bruver pernah ngerasain muka terasa panas tapi suhu normal? Atau kulit yang tiba-tiba perih? Ini bisa disebabkan banyak hal lho.

Tapi jangan panik dulu! Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab serta cara mengatasi wajah terasa panas dan perih. Makanya, simak terus Bruver!

Penyebab Wajah Terasa Panas dan Perih

Wajah yang tiba-tiba terasa panas dan perih emang bikin nggak nyaman! Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti yang ada di bawah ini:

  1. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Sunburn adalah kondisi kulit yang terbakar akibat paparan sinar UVB yang berlebihan dari matahari. Sinar UVB ini menembus lapisan epidermis dan dermis kulit, menyebabkan kerusakan sel dan peradangan.

Ketika Bruver terkena sunburn, biasanya gejala seperti pipi terasa panas dan perih baru akan muncul setelah beberapa jam.

  1. Faktor Lingkungan

Bruver tau nggak, kalau faktor lingkungan bisa jadi penyebab wajah terasa panas dan perih? Udara yang tercemar mengandung berbagai polutan seperti partikel halus (PM2.5), asap kendaraan, dan ozon. Polutan ini dapat menembus pori-pori kulit dan memicu reaksi inflamasi, menyebabkan kemerahan, iritasi, dan rasa perih.

Udara kering juga bisa menyerap kelembapan dari kulit, membuatnya kering, kaku, dan mudah iritasi.

  1. Iritasi Kulit

Iritasi itu sebagian dari reaksi kulit terhadap zat yang dianggap berbahaya atau tidak sesuai, misalnya bahan kimia keras, sabun cuci muka yang tidak cocok, produk skincare tertentu, polutan udara, bahkan gesekan pakaian. Ketika kulit terpapar zat ini, sistem kekebalan tubuh akan merespons dengan memicu peradangan.

  1. Jerawat

Jerawat yang meradang atau bernanah dapat terasa panas dan perih, terutama saat disentuh. Ketika Bruver jerawatan, tubuh akan mengirimkan sel-sel darah putih untuk melawan infeksi. Proses ini menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, panas, perih, dan nyeri.

  1. Alergi

Bruver punya alergi? Hati-hati ya! Soalnya reaksi alergi terhadap makanan, obat-obatan, atau zat lain bisa menyebabkan kemerahan, gatal, dan rasa panas pada wajah. Kenali alergi yang Bruver punya!

  1. Penggunaan Skincare yang Tidak Cocok

Kesalahan paling umum adalah memakai skincare yang nggak sesuai dengan jenis kulit. Kalau Bruver punya kulit sensitif atau kering, produk dengan kandungan keras seperti alkohol, parfum, atau pewarna buatan bisa memicu iritasi dan rasa perih. 

Begitu pula kalau Bruver punya alergi terhadap bahan tertentu, pastikan Bruver nggak memakai produk yang mengandung bahan tersebut.

Setiap produk skincare juga punya aturan dan cara pemakaian yang dianjurkan. Perhatikan petunjuk penggunaan yang biasanya ada pada kemasan dengan seksama. 

Jangan asal pakai skincare! Apalagi sampai menggunakannya secara berlebihan, salah urutan, menggosok terlalu keras, atau mencampurnya dengan bahan-bahan lain yang nggak sesuai. Hal ini bisa memperparah iritasi dan rasa perih pada wajah.

  1. Kondisi Medis Tertentu

Kondisi seperti rosacea, dermatitis atopik, dan eksim ditandai dengan peradangan pada kulit. Peradangan ini dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, panas, dan rasa tidak nyaman pada wajah. Makanya, kalau kulit Bruver lagi mengalami kondisi medis tersebut lebih hati-hati ya!

Lumayan banyak kan? Penting untuk memahami penyebab di balik rasa panas dan perih di wajah supaya Bruver bisa menentukan cara mengatasi muka terasa panas dan perih yang paling tepat.

Cara Mengatasi Wajah Terasa Panas dan Perih

cara mengatasi muka terasa panas dan perih

Jangan panik dulu Bruver, kalau mengalami wajah yang panas dan perih. Bruver bisa cobain cara-cara mengatasi wajah terasa panas dan perih berikut ini:

Kompres Dingin

Ketika muka terasa panas seperti terbakar, emang paling pas kalau dikompres dingin. Kompres dingin membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke area yang meradang, sehingga rasa panas dan perih bisa mereda.

Cara mengatasi wajah terasa perih dan panas dengan kompres dingin bisa dilakukan dengan cara membungkus es batu, atau merendam kain ke air dingin. Kompreskan kain ke area yang terasa panas dan perih selama kurang lebih 10 menit.

Bruver Harus Tahu: Ciri Ciri Kulit Dehidrasi.

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Cara mengatasi wajah panas dan perih selanjutnya adalah dengan melindungi kulit dari sinar matahari. Kalau Bruver suka kegiatan outdoor, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung antara jam 10 pagi dan 4 sore, saat sinar UV paling kuat.

Jangan lupa pakai sunscreen minimal SPF 30 di wajah dan leher secara merata 15 menit sebelum Bruver beraktivitas. Pastikan pakai sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Bruver dan nggak mengandung bahan kimia yang terlalu keras, supaya rasa panas dan perih tidak semakin parah.

Bersihkan Kulit Secara Teratur

Kulit yang kotor dan berminyak lebih gampang terkena peradangan dan iritasi, yang bisa bikin rasa panas dan perih pada wajah makin parah. 

Membersihkan wajah secara teratur adalah salah satu cara mengatasi wajah terasa panas dan perih, karena bisa membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan bakteri yang biasanya menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan.

Jaga Kelembapan Kulit

Pelembap emang salah satu step skincare yang penting banget buat kulit. Pasalnya, kulit yang kering bisa memicu berbagai masalah kulit, salah satunya menyebabkan muka terasa panas dan perih. Makanya, rutin memakai pelembap bisa jadi solusi mengatasi wajah terasa panas dan perih.

Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara minum air putih minimal delapan gelas per hari sesuai anjuran, agar kulit tetap terhidrasi.

Pilih Skincare dengan Bahan Menenangkan

Kalau wajahmu lagi bermasalah, tips mengatasi wajah terasa panas dan perih adalah dengan memakai skincare dengan bahan yang menenangkan. Bahan-bahan ini bisa mengurangi gejala iritasi pada permukaan kulit, serta mencegahnya menyebabkan masalah lebih lanjut. Berikut ini contoh kandungan skincare menenangkan yang bisa Bruver coba:

  • Bisabolol

Mungkin Bruver merasa asing sama kandungan skincare yang satu ini. Bisabolol adalah bahan aktif yang berasal dari chamomile. Studi penelitian menemukan bahwa bisabolol punya sifat anti-inflamasi yang bisa menenangkan iritasi dan kemerahan pada wajah, sekaligus membantu penyembuhan luka atau iritasi pada wajah.  

  • Centella Asiatica

Menurut Dr Sethi, sebagaimana dikutip dari Vogue India, Centella Asiatica atau cica dikenal juga dengan sebutan pegagan, punya banyak manfaat menenangkan. Ini bagus untuk penyembuhan luka, serta punya sifat anti-inflamasi sehingga bisa jadi cara mengatasi wajah terasa panas dan perih.

  • Bakuchiol

Bruver tau retinol? Nah, bakuchiol ini digadang-gadang sebagai alternatif retinol, yang lebih ramah untuk kulit sensitif. Bakuchiol juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan panas pada wajah.

  • Azelaic Acid

Selain untuk mengatasi jerawat, azelaic acid juga bisa membantu mengurangi gejala peradangan seperti panas dan perih karena sifat menenangkannya.

Hindari Pemakaian Skincare dengan Bahan Aktif

Kebalikan dari skincare dengan bahan menenangkan, skincare berbahan aktif yang punya kandungan bahan kimia yang keras bisa memperburuk iritasi kulit. 

Bahan tersebut bisa berupa alkohol, pewangi sintetis, paraben, SLS, benzoyl peroxide, retinoid, AHA, BHA, hingga essential oil.

Rekomendasi Artikel: Perbedaan Wajah Purging dan Breakout.

Hentikan Eksfoliasi

Cara selanjutnya adalah dengan menghentikan rutinitas eksfoliasi untuk sementara waktu. Bahan-bahan eksfoliasi bisa mengiritasi kulit yang sudah sensitif dan memperparah gejala seperti panas dan perih. Menghentikan eksfoliasi akan memberikan waktu bagi kulit untuk beristirahat dan memperbaiki diri.

Kalau setelah melakukan cara mengatasi wajah terasa panas dan perih di atas kondisi Bruver nggak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan pada dokter atau ahlinya untuk perawatan lebih lanjut.

Buat Wajah Tetap Segar dengan Sabun Muka Bruv

Supaya wajahmu tetap segar dan terhindar dari iritasi yang bikin wajah panas dan perih, Bruver bisa cobain sabun muka Bruv! 

Formulanya yang mengandung Triple Skin Active, yaitu activated charcoal, argan oil, dan peppermint oil. Kandungan ini punya fungsi untuk membersihkan wajah secara mendalam dari kotoran dan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi. 

Argan oil-nya kaya akan vitamin E dan antioksidan yang bisa menjaga wajah tetap terhidrasi. Selain itu, kandungan peppermint oil bisa menghilangkan rasa panas dan perih di wajah dengan sensasi dinginnya.

Nggak perlu ragu lagi, Bruver! Yuk, cobain Bruv Face Wash sekarang dan rasakan sendiri bedanya! Wajah akan semakin segar dan terhindar dari rasa panas dan perih.

Share This Post

Discover More