Kulit Berminyak Cuci Muka Berapa Kali? Jangan Kurang dan Kelebihan!

kulit berminyak cuci muka berapa kali

Ketika punya kulit yang berminyak, mungkin Bruver gampang merasa risih dan ingin cuci muka sesering mungkin. Tapi, sebenarnya seharusnya kulit berminyak cuci muka berapa kali dalam sehari? Simak artikel ini kalau Bruver nggak mau salah terkait frekuensi cuci muka!

Kenapa Kulit Berminyak Butuh Cuci Muka Lebih Sering?

Kulit berminyak itu kondisi ketika kelenjar sebaceous yang ada di dalam kulit memproduksi sebum atau minyak alami secara berlebihan. Sebum emang punya banyak manfaat untuk kulit, salah satunya adalah untuk menjaga kelembapan. 

Tapi, sebum yang berlebihan itu nggak bagus. Selain bisa bikin kulit kelihatan berminyak, sebum yang berlebihan juga bisa memicu penyumbatan pori-pori dan menimbulkan jerawat, komedo, serta kulit kusam.

Produksi sebum berlebihan ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti genetik, perubahan hormon, stres, dan penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat.

Meskipun kulit berminyak bisa jadi masalah, tapi dengan perawatan yang tepat, kondisinya bisa dikontrol dan dijaga agar tetap sehat. 

Salah satu basic skincare yang wajib banget dilakukan kalau Bruver punya kulit berminyak adalah membersihkan wajah dengan cara cuci muka. Terus, sebaiknya kulit berminyak cuci muka berapa kali?

Kulit Berminyak Cuci Muka Berapa Kali? 

Mencuci muka secara rutin itu bisa membantu mengangkat minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Tapi, mencuci muka terlalu sering justru bisa merugikan kulit berminyak. Hal ini karena bisa menghilangkan minyak alami kulit, yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Jadi, sebaiknya kulit berminyak cuci muka berapa kali dalam sehari?

Dikutip dari situs American Academy of Dermatology Association, untuk mengontrol kulit berminyak, sebaiknya Bruver mencuci muka setiap pagi, malam, dan setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lain yang mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak. 

Pada pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum mulai beraktivitas, Bruver bisa cuci muka pakai face wash yang sifatnya lembut dan nggak mengandung bahan kimia yang terlalu berat.

Hal itu penting karena biasanya pemiliki kulit berminyak akan mengalami kondisi dimana muka berminyak saat bangun tidur sekalipun.

Di malam hari, Bruver bisa melakukan metode double cleansing, yaitu pembersihan wajah dalam dua tahap yang efektif untuk mengangkat makeup, kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati secara menyeluruh, terutama pada kulit berminyak. Caranya, pakai cleanser berbahan dasar minyak yang non comedogenic terlebih dahulu, baru pakai cleanser yang larut air untuk membersihkan sisa residunya. 

Apakah Boleh Cuci Muka 3 Kali Sehari untuk Kulit Berminyak?

Apakah Boleh Cuci Muka 3 Kali Sehari untuk Kulit Berminyak

Frekuensi cuci muka yang disarankan memang cukup dua kali sehari. Tapi, kalau menurut pendapat para ahli dermatologis, kulit berminyak boleh cuci muka lebih dari dua kali sehari dengan catatan atau case khusus. 

Misalnya, kalau Bruver habis melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan keringat kayak berolahraga, saat cuaca panas dan lembab, setelah pakai make up yang tebal, atau kondisi kulit tertentu lainnya.

Mencuci muka yang dilakukan pada saat-saat tersebut bisa membantu Bruver membersihkan keringat, minyak berlebih, dan mencegah bakteri berkembang biak. 

Tapi, menurut Stephanie Ivonne, seorang ahli kecantikan berlisensi, kulit berminyak cuci muka berapa kali sehari sebaiknya tidak perlu berlebihan, karena bisa-bisa malah bikin kulit kering.

Kulit yang kering justru akan memicu produksi sebum berlebih, karena kulit akan berusaha dengan segala cara untuk menghidrasi diri.

Udah jelas kan, kulit berminyak cuci muka berapa kali? Berikut ini tips mencuci muka untuk kulit berminyak menurut ahli dermatologis:

  • Pakai face wash yang ringan dan non comedogenic, pembersih berbasis air juga bisa mengangkat minyak berlebih tanpa menghilangkan minyak alami.
  • Hindari mencuci muka pakai air panas, karena bisa bikin kulit Bruver kering.
  • Aplikasikan face wash dengan cara dipijat lembut dan merata selama 30-60 detik.
  • Hindari menggosok terlalu keras untuk menghindari iritasi.
  • Keringkan dengan handuk yang bersih dan lembut.

Yang Harus Dihindari Jika Kulit Wajah Berminyak

Punya kulit berminyak emang butuh kesabaran dan perhatian ekstra! Selain memperhatikan kulit berminyak cuci muka berapa kali, ada juga yang harus dihindari, kayak hal-hal dibawah ini:

  1. Jangan Gunakan Produk yang Terlalu Keras

Produk yang punya kandungan terlalu keras bisa memperburuk kondisi kulit berminyak. Ini karena bisa menghilangkan minyak alami dan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak. Selain itu, produk yang keras juga bisa merusak skin barrier, sehingga bikin kulit kering dan iritasi.

  1. Hindari Produk Comedogenic

Produk comedogenic punya kandungan yang besar dan susah menyerap ke dalam pori-pori. Kalau tercampur dengan minyak dan kotoran lainnya, berpotensi menyumbat pori-pori dan bikin muncul komedo dan jerawat. 

Contoh produk comedogenic antara lain cocoa butter, minyak kelapa, minyak zaitun, mineral oil, alkohol, pewangi, pewarna, dan lainnya.

  1. Hindari Kandungan Alkohol

Jangan dikira kulit berminyak aman untuk menggunakan produk-produk yang mengandung alkohol. Soalnya, alkohol bersifat astringent dan bisa bikin kulit kering. Kulit yang kering ini bisa memicu kulit memproduksi minyak secara masif, untuk menyeimbangkan kelembapan kulit. Selain itu, alkohol juga bisa merusak skin barrier.

  1. Hindari Scrub atau Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi emang punya banyak manfaat, terutama untuk kulit berminyak. Tapi, ketika dilakukan secara berlebihan, eksfoliasi, terutama secara fisik, bisa menyebabkan kerusakan pada skin barrier dan menyebabkan iritasi pada kulit berminyak, karena sifatnya yang abrasif.

Coba eksfoliasi ringan secara rutin 3-4 kali seminggu. Gunakan chemical exfoliation yang aman atau menggunakan scrub dari bahan-bahan alami kayak apel atau oatmeal.

  1. Jangan Gunakan Silikon dan Mineral Oil

Kedua bahan tersebut punya sifat hidrofobik, atau nggak larut dalam air. Artinya, silikon dan mineral oil susah dibersihkan dan bisa menyumbat pori-pori, terutama ketika Bruver punya kulit berminyak.

Mineral oil juga bisa bikin lapisan tambahan di permukaan kulit yang bisa menghalangi penguapan air dari kulit, sehingga kulit bisa terasa lebih berminyak.

  1. Hindari Face Oil

Face oil adalah produk skincare yang mengandung minyak nabati. Fungsinya adalah untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Tapi, face oil punya tekstur yang berminyak dan greasy yang bikin nggak nyaman, apalagi untuk kulit berminyak. Face oil juga gampang menyumbat pori-pori dan memicu jerawat atau komedo.

  1. Jangan Sampai Stres

Bruver harus tau kalau ternyata stres itu juga ngaruh ke produksi hormon yang bisa meningkatkan produksi minyak alami kulit, misalnya hormon kortisol dan adrenalin.

  1. Hindari Makanan Penyebab Minyak

Pemilik kulit berminyak juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Hindari makanan-makanan nggak sehat kayak fast food, gorengan, makanan manis, dan makanan lain yang bisa meningkatkan produksi minyak.

Dengan menghindari hal-hal diatas dan memperhatikan kulit berminyak cuci muka berapa kali, kulit Bruver akan tetap sehat, meskipun punya jenis kulit berminyak.

Bruv Face Wash untuk Kulit Wajah yang Berminyak

Buat Bruver pemilik kulit berminyak, nggak usah bingung cari sabun cuci muka pria yang tepat, soalnya ada Bruv Face Wash!

Formulanya yang multifungsi dengan Triple Active Skin Repair, bikin Bruv Face Wash ini beda dari sabun cuci muka kebanyakan. Ada apa aja sih di Triple Active Skin Repair ini?

Pertama, activated charcoal yang udah terkenal buat menyerap minyak dan kotoran di wajah. Jadi, wajahmu bakalan jadi lebih bersih dan bebas minyak.

Kedua, ada argan oil yang bisa bikin wajahmu nggak cuma bersih, tapi juga lembab dan ternutrisi. Selain itu, argan oil juga bisa menjaga keseimbangan produksi minyak di wajah, jadi nggak bakalan kekeringan atau berminyak berlebihan.

Terakhir, ada peppermint oil yang membantu menenangkan kulit yang kemerahan dan iritasi, sekaligus bikin wajahmu jadi lebih segar setelah cuci muka.

Kandungan tersebut pastinya aman digunakan segala jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Buruan cobain dan rasain sendiri manfaat Bruv Face Wash.

Share This Post

Discover More