Manfaat Daun Kelor untuk Wajah, “Miracle Tree” dengan Banyak Manfaat

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Bruver, pernah nggak sih minder gara-gara jerawat? Atau wajah kusam dan bintik hitam yang nggak hilang-hilang? Tenang, nggak perlu skincare mahal atau treatment ribet, Bruver cuma butuh daun kelor aja! 

Ternyata, selain untuk dikonsumsi, ada juga lho, manfaat daun kelor untuk wajah. Apa aja manfaatnya? Bahas lebih lanjut yuk!

Apa itu Daun Kelor?

Daun kelor, atau dikenal sebagai moringa oleifera, drumstick tree, atau malunggay, adalah daun dari pohon Moringa oleifera L. Apa Bruver pernah ketemu tanaman ini?

Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan dan telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional, bahkan manfaat daun kelor untuk wajah juga udah terkenal.

Daun kelor kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, quercetin, dan zeatin. Bahkan, dilansir dari Alo Dokter, kadar vitamin C yang ada di dalam daun kelor 7 kali lipat lebih tinggi dari buah jeruk. 

Selain itu, juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, kalsium, potassium, zat besi, magnesium, fosfor, serta bio aktif seperti flavonoid, saponin, tanin, katekol tanin, antrakuinon, dan alkaloid.

Kandungan-kandungan diatas yang bikin manfaat daun kelor untuk wajah maupun tubuh secara umum jadi beragam.

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Khasiat daun kelor untuk wajah telah dikenal dan diakui oleh para ahli kecantikan. Berikut ini manfaat daun kelor untuk wajah yang perlu Bruver ketahui:

  1. Mencegah Jerawat

Manfaat daun kelor untuk wajah yang pertama adalah kemampuannya untuk mencegah jerawat. Daun kelor punya aktivitas antibakteri yang kuat terhadap Staphylococcus epidermidis, salah satu bakteri penyebab jerawat.

  1. Menyamarkan Bintik Hitam

Daun kelor bisa membantu menyamarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi karena kaya akan vitamin C yang mendorong pergantian sel kulit. Saat sel-sel kulit berganti, bintik-bintik hitam digantikan dengan sel-sel normal, sehingga menghasilkan warna kulit yang lebih merata.

  1. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Kandungan fenolik dan antioksidan yang kaya, seperti vitamin C, vitamin B, dan vitamin A yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan kolagen, serta menetralisir radikal bebas yang dapat mengurangi kolagen.

Jurnal penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun kelor untuk wajah bisa meningkatkan efek revitalisasi kulit dan mendukung efek penuaan kulit.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat daun kelor untuk wajah selanjutnya adalah bisa untuk mengangkat sel kulit mati. Daun kelor mengandung enzim proteolitik yang membantu memecah protein keratin pada sel kulit mati, sehingga mudah terangkat dari wajah.

Selain itu, daun kelor membantu merangsang regenerasi sel kulit baru, sehingga wajah tampak lebih cerah dan awet muda.

  1. Mencerahkan Kulit

Daun kelor kaya akan vitamin C, yang membantu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih segar. Antioksidan dalam daun kelor juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi, yang bikin kulit kusam.

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun kelor juga membantu merangsang produksi kolagen dan elastin, bikin kulit lebih kencang dan kenyal.

  1. Meredakan Peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Tapi, kalau terlalu parah bisa membahayakan kesehatan dan menyebabkan berbagai penyakit.

Daun kelor punya sifat antiinflamasi yang berasal dari senyawa flavonoid, alkaloid, dan fenolik yang bisa membantu meredakan nyeri, bengkak, dan kemerahan akibat peradangan.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Daun kelor memiliki sifat emolien yang membantu melembutkan dan menghaluskan kulit. Emolien bekerja dengan cara mengisi celah-celah di antara sel kulit, sehingga kulit terasa lebih lembap dan kenyal.

Selain itu, daun kelor kaya akan vitamin E, sehingga sangat baik untuk melembapkan kulit. Kulit yang lembab akan lebih sehat dan bebas dari masalah.

  1. Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Jurnal penelitian yang berjudul ‘Moringa oleifera Leaf Extracts as Multifunctional Ingredients for “Natural and Organic” Sunscreens and Photoprotective Preparations (2018)’ menemukan manfaat daun kelor untuk wajah sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari.

Ekstrak daun kelor dengan konsentrasi 2% sampai 4% menunjukkan kemampuan perlindungan yang signifikan, setara dengan SPF 2. Tapi, sayangnya daun kelor belum bisa menggantikan peran sunscreen karena perlindungannya masih tergolong rendah.

Banyak kan, manfaat daun kelor untuk wajah? Makanya, tanaman ini bisa banget Bruver coba sebagai salah satu skincare routine.

Selain daun kelor, ada juga daun mint yang bermanfaat untuk wajah. Untuk mengetahui lebih lanjut soal tanaman ini, Yuk kenali ciri ciri daun mint!

Cara Menggunakan Daun Kelor untuk Wajah

Selain punya banyak manfaat daun kelor untuk wajah, cara menggunakannya juga beragam. Berikut beberapa cara menggunakan daun kelor untuk wajah:

  1. Masker Wajah

Masker daun kelor terbuat dari bahan yang alami, sehingga  lebih aman bagi kulit Bruver daripada masker yang mengandung bahan kimia keras. Cara membuatnya juga sangat mudah.

  • Haluskan daun kelor segar.
  • Campurkan dengan sedikit air atau madu hingga menjadi pasta. 
  • Oleskan pada wajah.
  • Diamkan selama 15-20 menit. 
  • Bilas hingga bersih.
  1. Toner Wajah

Ketika digunakan sebagai toner, manfaat daun kelor untuk wajah bisa didapatkan secara maksimal. Toner wajah dari daun kelor juga punya aroma yang menyegarkan dan menenangkan kulit.

  • Rendam daun kelor segar dalam air panas selama 15-20 menit. 
  • Saring air rendamannya.
  • Simpan di kemasan yang steril.
  • Gunakan sebagai toner setelah membersihkan wajah.
  1. Scrub Daun Kelor

Scrub daun kelor punya tekstur yang cukup kasar untuk mengangkat sel-sel kulit mati, tapi umumnya nggak terlalu abrasif sehingga cocok digunakan bahkan untuk kulit sensitif.

  • Hancurkan daun kelor.
  • Campurkan dengan sedikit air atau madu.
  • Gosokkan scrub ini secara lembut ke wajah dengan gerakan melingkar.
  • Bilas wajah dengan air hangat.
  • Keringkan dengan lembut.
  1. Jadikan Sebagai Essential Oil

Essential oil daun kelor punya tekstur yang ringan dan cenderung berwarna hijau kekuningan atau kuning pucat.  Ini membuatnya mudah diserap oleh kulit tanpa meninggalkan rasa greasy atau lengket.

  • Bersihkan daun kelor.
  • Hancurkan daun kelor hingga halus menggunakan blender.
  • Pilih minyak campuran favorit Bruver, bisa minyak kelapa, zaitun, ataupun almond.
  • Panaskan di panci kecil dengan api sedang.
  • Sebelum mendidih, matikan api.
  • Tambahkan daun kelor yang telah digiling ke dalam minyak tersebut.
  • Aduk secara merata dan biarkan selama beberapa jam.
  • Saring minyak daun kelor pakai kain kasa bersih.
  • Tuangkan minyak daun kelor ke dalam botol kaca bersih dan kering.
  1. Minum Teh Daun Kelor

Selain jadi skincare, manfaat daun kelor untuk wajah juga bisa didapatkan dari mengkonsumsinya sebagai teh. Kaya vitamin, mineral, dan antioksidan, teh daun kelor tak hanya menyehatkan tapi juga menenangkan.

  • Bersihkan daun kelor secukupnya.
  • Rebus ke dalam air mendidih selama 5-10 menit.
  • Saring daun kelor dan tuang ke cangkir.
  • Bruver bisa menambahkan gula atau madu sebagai pemanis.

Efek Samping Daun Kelor untuk Wajah

Meskipun banyak yang mengklaim manfaat daun kelor untuk wajah, ada beberapa kemungkinan efek samping yang perlu diperhatikan. Efek samping ini nggak selalu sama bagi setiap orang, berikut ini efek yang mungkin terjadi:

  1. Iritasi Kulit

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi iritasi atau alergi terhadap bahan tertentu dalam daun kelor. Ada kemungkinan Bruver alergi sama bahan-bahan di daun kelor. Gejalanya bisa berupa kemerahan, gatal, atau bahkan ruam. 

  1. Kulit Kering

Penggunaan daun kelor secara berlebihan atau nggak cocok dengan jenis kulit Bruver bisa menyebabkan kulit jadi kering. Ini terjadi karena daun kelor punya sifat astringent yang dapat mengurangi kadar minyak alami di kulit.

Sebelum menggunakan daun kelor untuk perawatan wajah, sebaiknya lakukan patch test untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau iritasi. Kalau Bruver punya riwayat alergi atau kulit sensitif, konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit sebelum menggunakannya. 

Memilih Bahan Alami untuk Perawatan Wajah

Meskipun sekarang ada banyak banget skincare dengan berbagai kandungan, tapi lebih baik kalau kita memilih bahan alami untuk perawatan wajah. Kenapa?

Bahan alami umumnya lebih aman dan lembut untuk kulit dibandingkan bahan kimia yang keras dan bisa memicu alergi. Alasan ini juga yang bikin bahan alami cocok digunakan untuk segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif. 

Bruv For Men hadir dengan bahan-bahan alami kayak activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil. Nggak cuma aman dan lembut, bahan-bahan ini juga punya banyak manfaat untuk wajah.

Activated bamboo charcoal bermanfaat untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, mengatasi jerawat dan komedo, serta mencerahkan kulit.

Kandungan argan oil membantu melembabkan dan menghidrasi kulit, sedangkan peppermint oil memberikan sensasi dingin dan menyegarkan kulit.

Tunggu apa lagi? Yuk, upgrade skincare routine-mu dengan Bruv For Men sekarang! Dapatkan wajah bersih, sehat, dan segar dengan cara yang alami dan aman.

Share This Post

Discover More