Pakai Sunscreen Malam Hari, Apakah Boleh? Dan Apa Manfaatnya?

pakai sunscreen malam hari

Pentingnya pemakaian sunscreen emang nggak usah diraguin lagi! Selain bisa melindungi diri dari paparan sinar matahari, sunscreen juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit lainnya. 

Sunscreen wajarnya dipakai di pagi atau siang hari, waktu matahari lagi terik-teriknya. Tapi, apakah sunscreen boleh dipakai malam hari? Yuk bahas seputar pakai sunscreen malam hari!

Pentingnya Sunscreen untuk Kulit Wajah

Sinar matahari itu punya efek yang merugikan untuk tubuh manusia. Makanya, kulit butuh perlindungan tambahan untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari. 

Skin Cancer Foundation menyarankan semua orang, baik pria maupun wanita di atas usia 6 bulan untuk menggunakan sunscreen setiap harinya. Apalagi, sunscreen itu punya banyak manfaat lainnya untuk kulit, antara lain:

  1. Mencegah Kulit Terbakar

Paparan sinar UVA dan UVB bisa menyebabkan kulit terbakar yang biasa disebut sunburn. Gejala sunburn biasanya berupa kemerahan, nyeri, dan rasa panas di kulit yang terkena sinar UV.

Keparahan sunburn juga bervariasi, mulai ringan hingga berat. Kalau kulit Bruver mulai mengelupas, tandanya tubuh sedang berusaha membersihkan diri dari sel-sel yang rusak.

  1. Menjaga Warna Kulit Tetap Rata

Ketika kulit terpapar oleh sinar UV, melanosit akan bereaksi melepaskan melanin yang bertujuan untuk melindungi kulit. Tapi, produksi melanin yang berlebihan bisa bikin kulitmu jadi lebih gelap di beberapa bagian. Dengan memakai sunscreen, kulitmu nggak akan terkena hiperpigmentasi yang bikin warna kulit nggak rata.

Cek Fakta: Sunscreen Bisa Memutihkan Wajah, Apakah Benar?

  1. Mencegah Penuaan Dini

Sinar UVA dan UVB dari matahari dapat menembus kulit dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit. Kerusakan ini dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, keriput, flek hitam, dan hiperpigmentasi. 

Paparan sinar UV juga bisa merusak kolagen dan elastin, sehingga kulit jadi kendur dan berkerut. Sunscreen bisa menghalau dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari tersebut.

  1. Mencegah Kanker Kulit

UVA yang berasal dari paparan sinar matahari bisa menembus ke lapisan kulit terdalam dan merusak jaringan kolagen dan DNA kulit dalam jangka waktu panjang. Kerusakan inilah yang bisa memicu kanker. The Skin Cancer Foundation menyatakan bahwa sunscreen adalah senjata paling efektif yang bisa melawan kanker kulit.

Gimana? Penting kan sunscreen untuk kulit wajah? Tapi, sebenarnya kita itu perlu nggak sih, sunscreen dipakai malam hari?

Pakai Sunscreen Malam Hari

Pakai sunscreen malam hari emang sering jadi perbincangan. Sebenarnya, apakah sunscreen boleh dipakai malam hari?

Berbagai sumber menyebutkan bahwa menggunakan sunscreen malam hari itu kurang efektif, meskipun sebenarnya juga nggak berbahaya. Hal ini karena fungsi utama sunscreen sendiri adalah melindungi kulit dari paparan sinar UV. Sedangkan, di malam hari tidak ada paparan sinar matahari.

Pernyataan ini didukung oleh wawancara media Kompas.com dengan dokter spesialis kulit, dr. Adrian Ishwaro, SpKK, FINSDV. Beliau menyatakan bahwa sunscreen tidak diperlukan di malam hari karena fungsinya tidak efektif.

Tips: Selain sunscreen, ada juga yang hampir mirip yaitu sunblock. Nah, jangan sampai keliru! Simak perbedaan sunscreen dan sunblock yang perlu diketahui.

Efek Samping Sunscreen dipakai di Malam Hari

Malam hari adalah waktunya kulit beristirahat dari lapisan sunscreen dan juga beregenerasi. Pakai sunscreen malam hari berpotensi menyebabkan beberapa efek samping, antara lain:

  1. Menyebabkan Pori-pori Tersumbat

Beberapa kandungan sunscreen merupakan bahan yang termasuk comedogenic, atau bisa menyumbat pori-pori. Kalau Bruver pakai di malam hari, ada potensi menyebabkan komedo dan jerawat.

  1. Memicu Iritasi

Bruver yang punya kulit sensitif biasanya lebih rentan terkena iritasi, terutama saat memakai sunscreen malam hari. Reaksi alergi juga mungkin terjadi.

  1. Mengganggu Proses Regenerasi

Saat malam hari, kulit mengalami siklus regenerasi. Makanya, kalau Bruver menggunakan sunscreen yang berbahan berat, proses ini akan terganggu dan kulit jadi kusam.

Selain efek samping di atas, pakai sunscreen malam hari juga bisa bikin skincare lain yang Bruver pakai di malam hari jadi nggak maksimal.

Manfaat Pakai Sunscreen di Malam Hari

Meskipun kurang efektif dan menimbulkan efek samping, tapi ada juga lho, manfaat pakai sunscreen di malam hari, antara lain:

  1. Mencegah Kanker Kulit

Douglas Brash, profesor radiologi terapeutik dan dermatologi di Yale University School of Medicine, mengatakan bahwa mengaktifkan melanin memiliki efek jangka panjang pada kimia tubuh hingga tiga jam setelah paparan sinar matahari. Hal ini bisa berarti bahwa risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV terus berlanjut bahkan dalam kondisi gelap.

  1. Melindungi dari Blue Light

Siapa yang sering main game, lembur, nonton TV, nonton film, atau chattingan malam-malam?

Dilansir dari nbcnews, dermatologis menyarankan untuk memakai sunscreen saat Bruver bekerja di depan layar komputer. Hal ini karena sinar blue light yang dihasilkan.

Blue light adalah cahaya yang berasal dari matahari, dan alat-alat elektronik kayak komputer, laptop, smartphone, hingga televisi. Ini merupakan bagian dari spektrum cahaya yang bisa dilihat dengan panjang gelombang pendek dan energi tinggi.

Jadi, nggak cuma sinar UVA dan UVB, tapi blue light juga bisa meningkatkan pembentukan oksigen reaktif yang bisa merusak kulit, misalnya melasma, hiperpigmentasi, kerusakan kolagen, muncul kerutan dan garis halus, hingga kanker kulit.

  1. Mencegah Photoaging

Bruver tim tidur pakai lampu atau gelap-gelapan? Buat yang tidur di bawah lampu neon, sebaiknya berhati-hati. Suzanne Friedler, MD, FAAD, mengatakan bahwa menurut penelitian, lampu neon mempunyai kemungkinan memicu photoaging.

Photoaging sendiri adalah penuaan dini pada kulit yang bisa menyebabkan kulit kering, kusam, dan terlihat kendur, sebelum nantinya muncul keriput dan garis halus.

Meskipun ada klaim tertentu tentang manfaat pakai sunscreen malam hari kayak di atas, saat ini para ahli kulit belum menemukan bukti ilmiah yang kuat dan mendukung klaim tersebut. 

Lebih baik Bruver pakai skincare lain yang sesuai dengan kebutuhan kulit di malam hari, misalnya face wash, toner, serum, moisturizer, atau eye cream, sserta pakai sunscreen di pagi dan siang hari aja.

Tips Menggunakan Sunscreen

Karena sunscreen adalah produk perawatan kulit yang paling penting untuk kulit dan digunakan setiap harinya, Bruver nggak boleh sembarangan dalam memilih dan menggunakannya. Berikut ini tips menggunakan sunscreen, supaya hasilnya maksimal:

  1. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk menghalangi 97% sinar UVB, sesuai anjuran American Academy of Dermatology.
  2. Bagi Bruver yang sering beraktivitas luar ruangan, berkeringat, atau berenang, pilihlah sunblock yang tahan air (water resistant).
  3. Gunakan sunscreen yang bebas minyak dan non-comedogenic untuk menghindari rasa lengket dan tidak nyaman.
  4. Pilih sunscreen dengan kandungan yang ringan dan aman bagi kulit, terutama bagi Bruver yang memiliki kulit sensitif, untuk mencegah iritasi.
  5. Oleskan sunscreen 15-20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.
  6. Pastikan untuk mengaplikasikan ke semua area kulit yang terbuka dengan sunscreen, termasuk wajah, telinga, leher, dan tangan.
  7. Ulangi pemakaian sunscreen setiap 2 jam, atau lebih sering jika berkeringat atau berenang.
  8. Gunakan sunscreen setiap hari, bahkan saat cuaca mendung dan di dalam ruangan.

Dengan mengikuti tips di atas, Bruver bisa memilih dan menggunakan sunscreen secara tepat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan menjaga kesehatan kulit.

Jangan Lupa Aplikasikan Face Wash Malam Hari Sebelum Tidur

Daripada pakai sunscreen malam hari, ada step skincare yang lebih penting, lho. Bener banget, cuci muka!

Setelah seharian beraktivitas, muka kita pasti dipenuhi kotoran, debu, minyak, dan keringat. Nah, cuci muka di malam hari membantu membersihkan semua itu.

Muka yang bersih dan segar juga bisa bikin Bruver rileks dan nyaman. Hasilnya? Bruver bisa tidur lebih nyenyak dan bangun pagi dengan muka yang cerah dan fresh.

Penting untuk pakai face wash yang sesuai dengan jenis kulit Bruver, dan nggak mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk kulit. Salah satu face wash yang bisa Bruver pakai adalah Bruv For Men.

Bruv For Men diformulasikan khusus buat pria dan cocok dipakai di malam hari. Sabun ini punya kandungan activated bamboo charcoal yang membantu membersihkan pori-pori tersumbat dan mengangkat minyak berlebih di muka Bruver. Hasilnya, muka jadi bersih dan bebas jerawat sebelum tidur.

Kandungan peppermint oil di Bruv For Men juga memberikan sensasi dingin dan menyegarkan di muka. Nggak cuma itu, argan oil-nya juga membantu melembabkan kulit sehingga muka nggak jadi kering dan kasar setelah cuci muka. Cocok banget buat Bruver yang punya kulit kering atau sensitif.

Pokoknya, jangan lupa aplikasikan face wash malam hari sebelum tidur, dan Bruv For Men adalah pilihan yang tepat buat Bruver!

Share This Post

Discover More