Setelah Pakai Sunscreen Boleh Pakai Bedak atau Gak Sih? Cek Penjelasannya

setelah pakai sunscreen boleh pakai bedak

Sunscreen emang wajib banget digunakan setiap harinya sebagai perlindungan untuk kulit dari sinar UV. Tapi gimana kalau kita pengen pakai bedak atau produk makeup yang lain? Sebenarnya setelah pakai sunscreen boleh pakai bedak nggak sih? Bahas bareng-bareng yuk!

Sebelum bahas boleh tidaknya pakai bedak setelah pakai sunscreen, kenalan dulu yuk, sama skincare yang satu ini! Bruver udah tau kan kalau paparan sinar matahari bisa menimbulkan dampak negatif pada kulit? Makanya, kita perlu melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen. 

Manfaat Sunscreen

Sunscreen ada dua tipe, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Bedanya apa?

Kalau physical sunscreen bekerja dengan cara menyaring sinar UV dari matahari. Sedangkan, chemical sunscreen bekerja dengan cara menghalangi sinar matahari dan memantulkannya. Bruver bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak manfaat menggunakan sunscreen untuk kulit, antara lain:

  1. Mencegah Kulit Terbakar (Sunburn)

Sunburn atau terbakar sinar matahari biasanya terjadi kalau Bruver terlalu lama terpapar sinar matahari. Gejala sunburn biasanya berupa kemerahan, nyeri, dan rasa panas di kulit yang terkena sinar UV. Penggunaan sunscreen secara rutin akan melindungi kulit dari sunburn.

  1. Menghindari Hiperpigmentasi

Produksi melanin berlebihan karena sinar matahari bisa menimbulkan hiperpigmentasi, bahkan warna kulit juga jadi nggak rata. Tapi, kalau Bruver rutin pakai sunscreen, nggak cuma bisa mencegah, tapi mungkin sunscreen bisa memudarkan hiperpigmentasi yang sudah ada.

  1. Mencerahkan Kulit

Beberapa kandungan yang ada di dalam sunscreen juga bisa mencerahkan kulit. Misalnya, penelitian menunjukkan kalau titanium dioxide yang biasanya ada dalam kandungan physical sunscreen punya sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan hiperpigmentasi.

  1. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Sinar UVA dan UVB dari matahari dapat menembus kulit dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit, yang memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, keriput, dan flek hitam. Kondisi ini biasanya disebut photoaging. Dengan memakai sunscreen secara rutin, Bruver akan terhindar dari penuaan dini.

  1. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari ternyata jadi penyebab utama kanker kulit, ngeri banget kan? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sunscreen secara teratur bisa membantu mengurangi risiko kanker kulit.

Banyak kan, manfaatnya? Makanya, jangan lupa pakai sunscreen setiap hari sebelum memulai aktivitasmu, Bruver!

Gunakan sunscreen yang bebas minyak dan non-comedogenic untuk menghindari rasa lengket dan tidak nyaman. American Academy of Dermatology menganjurkan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk menghalangi 97% sinar UVB.

Jangan lupa untuk re-apply sunscreen setiap dua jam sekali sebanyak dua ruas jari. Menurut Dr. Chung, metode dua ruas jari membantu memastikan cakupan menyeluruh dan mendapatkan tingkat perlindungan sinar matahari yang tercantum pada produk.

Apakah Setelah Memakai Sunscreen Boleh Memakai Bedak?

apakah setelah memakai sunscreen boleh memakai bedak

Masuk ke pembahasan inti, apakah setelah pakai sunscreen boleh pakai bedak? 

Pertanyaan ini sering kali muncul di kalangan pengguna produk skincare.  Tenang aja, ternyata hal itu bukanlah masalah (memakai bedak setelah sunscreen), selama penggunaannya benar.

Kenapa demikian? Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV, dan penggunaan bedak setelahnya nggak mengurangi efektivitas sunscreen

Setelah pakai sunscreen boleh pakai bedak supaya wajahmu tetap kelihatan matte dan bebas kilap. Ini juga bagus untuk membuat penampilan kulitmu tetap segar.

Tapi, penting untuk memastikan kalau sunscreen udah benar-benar menyerap ke dalam kulit sebelum mengaplikasikan bedak. Biasanya, ini butuh waktu sekitar 20 menit.

Lebih Baik Pakai Sunscreen atau Bedak Dulu?

Udah tau kan, kalau setelah pakai sunscreen nyatanya boleh juga pakai bedak? Ternyata, walaupun pertanyaan tersebut sudah terjawab, muncul pertanyaan lain seperti ‘Sunscreen dulu atau bedak?’

Sebaiknya, gunakan sunscreen terlebih dahulu sebelum bedak ya, Bruver. MinBruv punya tips untuk menggunakan bedak dan makeup lainnya setelah pakai sunscreen, antara lain:

  1. Pilih Bedak yang Tepat

Pilih bedak yang sesuai dengan jenis kulit dan non comedogenic. Bruver bisa menggunakan mineral powder atau translucent powder yang bisa membantu mengontrol minyak dan memberikan hasil akhir yang matte.

  1. Aplikasikan dengan Lembut

Aplikasikan bedak secara ringan menggunakan brush atau powder puff. Tepuk-tepuk bedak ke kulit dengan lembut, jangan digosok secara kasar, supaya nggak mengganggu sunscreen dan mengurangi perlindungannya.

  1. Fokuskan ke Area yang Berminyak

Fokus pada area yang berminyak, misalnya di T-zone atau area dahi, hidung, dan dagu. Ini berfungsi untuk mengontrol kilap pada kulit.

  1. Jangan Lupa Re-apply

Meskipun pakai bedak, Bruver tetap harus melakukan re-apply. Supaya lebih praktis, Bruver bisa menggunakan sunscreen berbentuk spray atau powder, supaya makeup Bruver nggak terganggu.

Berapa Lama Menunggu Sunscreen Meresap?

Jawaban dari pertanyaan ini tergantung dari jenis sunscreen yang Bruver gunakan.

Kalau chemical sunscreen biasanya menyerap dan aktif setelah 20-30 menit setelah diaplikasikan, physical sunscreen tidak menyerap ke dalam kulit, tapi bisa langsung aktif setelah diaplikasikan.

Setelah Memakai Sunscreen Memakai Apa?

Sunscreen sebaiknya digunakan sebagai step terakhir skincare routine Bruver. Jadi, setelah membersihkan wajah, memakai toner, memakai serum, dan moisturizer, baru Bruver bisa menggunakan sunscreen.

Kalau sunscreen udah menyerap, Bruver bisa lanjut ke tahap selanjutnya, antara lain:

  • Primer

Kalau Bruver menggunakan makeup, aplikasikan primer setelah sunscreen meresap. Primer membantu makeup lebih tahan lama dan memberikan hasil akhir yang lebih halus.

  • Foundation

Setelah primer, gunakan foundation sesuai kebutuhan. Foundation membantu meratakan warna kulit dan menyembunyikan noda atau hiperpigmentasi.

  • Bedak

Setelah memakai sunscreen boleh memakai bedak. Bedak membantu mengunci makeup dan mengontrol minyak berlebih, terutama di area T-zone. Pilih bedak yang sesuai dengan jenis kulitmu, seperti bedak tabur atau bedak padat.

  • Blush atau Bronzer

Kedua produk ini membantu memberikan dimensi pada wajah dan membuat kulit tampak lebih segar.

  • Eyeshadow, Eyeliner, dan Maskara

Jika ingin memperindah mata, aplikasikan eyeshadow, eyeliner, dan maskara sesuai dengan gaya yang diinginkan.

  • Lip Balm atau Lipstick

Jangan lupa untuk merawat bibir dengan lip balm atau lipstik. Pilih yang memiliki kandungan SPF untuk perlindungan ekstra.

  • Setting Spray

Terakhir, gunakan setting spray untuk mengunci seluruh makeup dan memastikan tahan lama sepanjang hari.

Sunscreen Tidak Boleh dicampur dengan Apa?

Meskipun bagus untuk kulit, tapi untuk menggunakannya Bruver juga harus berhati-hati. Soalnya ada beberapa hal yang sebaiknya nggak dicampur dengan sunscreen, antara lain: 

  1. Foundation 

Mencampur sunscreen dengan foundation sebaiknya dihindari. Ini bisa membuat tekstur sunscreen menjadi lebih encer dan kurang efektif. Setelah pakai sunscreen boleh pakai foundation. Tapi tunggu sunscreen menyerap terlebih dahulu.

  1. Moisturizer 

Dr. David Lortscher, seorang dermatologis menyebutkan kalau sunscreen dengan SPF tinggi sebaiknya nggak dicampurkan dengan moisturizer untuk menjaga manfaat perlindungannya.

  1. Parfum 

Pewangi atau parfum bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari, sehingga bisa bikin kulit iritasi. Jadi, mencampur sunscreen dengan parfum akan menghilangkan efektifitasnya.

  1. Skincare Berbahan Aktif

Bahan-bahan kayak  AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid), dan retinoid emang punya manfaat yang baik untuk kulit. Tapi, sama kayak parfum, bahan-bahan ini juga menyebabkan photosensitivity. Sebaiknya gunakan secara terpisah dengan sunscreen.

  1. Zinc Oxide

Penelitian menemukan bahwa sunscreen yang dicampur dengan partikel zinc oxide mengalami penurunan 84 hingga 91 persen faktor perlindungan UVA setelah paparan sinar UV selama dua jam.

Sedangkan sunscreen yang tidak mengandung zinc oxide hanya mengalami penurunan 15 persen faktor perlindungan UVA dengan paparan sinar UV yang sama.

Kesimpulannya, pencampuran zinc oxide dengan bahan sunscreen lainnya dapat menurunkan efektivitas perlindungan terhadap sinar UVA.

Meskipun boleh pakai bedak setelah pengaplikasian sunscreen, tapi jangan terburu-buru, biarkan sunscreen menyerap dan bekerja terlebih dahulu. 

Jadi, nggak ada alasan lagi untuk nggak tampil maksimal, karena setelah pakai sunscreen boleh pakai bedak dan tetap terlindungi dari sinar matahari!

Selain itu, jangan lupa selalu jaga kebersihan wajahmu dengan menggunakan Bruv Face Wash. Dengan kandungan Triple Active Skin Repair yang membersihkan sampai lapisan kulit terdalam, dan nggak bikin kulit kering.

Share This Post

Discover More