Apakah AHA Bisa untuk Wajah? Please Jangan Abai Soal Ini

apakah aha bisa untuk wajah

Sering baca kandungan AHA di bagian komposisi skincare nggak? Buat yang belum tau, AHA itu singkatan dari Alpha Hydroxy Acids. Biasanya, kandungan ini dipakai buat mengelupas sel-sel kulit mati. Tapi, apakah AHA bisa untuk wajah? Simak dalam artikel ini ya.

Dikutip dari healthline.com, ada tujuh jenis AHA yang umumnya digunakan di produk-produk skincare kita Bruver, antara lain:

  • Asam sitrat (citric acid) dari buah jeruk atau citrus.
  • Asam glikolat (glycolic acid) dari tebu.
  • Asam hidroksikaproat (hydroxycaproic acid) dari royal jelly.
  • Asam hidroksikaprilat (hydroxycaprylic acid) dari hewan.
  • Asam laktat (lactic acid) dari laktosa atau karbohidrat lainnya.
  • Asam malat (malic acid) dari buah-buahan.
  • Asam tartarat (tartaric acid) dari anggur.

Tapi, kabarnya asam glikolat dan asam laktat itu jadi yang paling efektif dan punya resiko iritasi yang lebih kecil.

Apakah AHA Bisa untuk Wajah?

Jawabannya iya, AHA bisa dan aman untuk wajah. Malahan, AHA bisa kasih banyak manfaat buat kulit wajahmu.

Sebenernya, apa itu AHA? Kenapa dia bisa mengelupas sel-sel kulit mati?

AHA, singkatan dari Alpha Hydroxy Acid, adalah sekelompok senyawa kimia alami yang banyak ditemukan dalam buah-buahan, susu, dan tebu. Senyawa ini memiliki struktur molekul kecil yang memungkinkannya menembus lapisan atas kulit.

AHA bekerja dengan cara melarutkan perekat yang menyatukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Proses ini disebut desmosomolysis. Ketika AHA melarutkan desmosom, sel-sel kulit mati akan mudah terlepas dari permukaan kulit. Hal ini membantu proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru yang lebih sehat dapat muncul ke permukaan.

Proses pengelupasan ini terjadi secara bertahap, sehingga tidak akan membuat kulit terasa perih atau merah. Apakah AHA bisa untuk wajah sensitif? 

Kalau Bruver punya kulit yang sensitif, sebaiknya pilih AHA dengan konsentrasi yang lebih rendah.

Aturan Pakai AHA untuk Wajah

aturan pakai AHA untuk wajah

Setelah tau manfaat AHA untuk kulit wajah yang banyak kayak di atas, Bruver mungkin makin tertarik buat coba. Tapi, udah tau belum apakah AHA bisa untuk wajah setiap hari?

Menurut paulaschoice.com, produk AHA dengan konsentrasi rendah sampai menengah (2%-10%) bisa digunakan setiap hari. Tapi, produk bilas kayak cleanser yang mengandung AHA juga bisa dipakai sering, atau 2x sehari.

Kalau Bruver pemula yang baru pernah coba AHA, jangan aplikasikan terlalu banyak dan terlalu sering. Mulailah dengan mengaplikasikan produk AHA konsentrasi rendah (2%-5%) seminggu sekali dan perhatikan respon kulit. 

Kalau kulit Bruver merespons secara positif, tingkatkan pengaplikasiannya pelan-pelan. Bruver juga bisa cobain masker wajah dengan persentase AHA yang tinggi, misalnya 25%, seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Baca Juga: Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak.

Kandungan Skincare yang Nggak Boleh dicampur AHA

Buat Bruver yang suka layering skincare, pasti bertanya-tanya, apakah AHA bisa untuk wajah dan dicampur dengan kandungan skincare lain?

Ada beberapa kandungan skincare yang nggak boleh dicampur AHA, antara lain:

  1. AHA dan Hyaluronic Acid

AHA dan hyaluronic acid itu dua bahan aktif yang bagus buat kulit, tapi sebaiknya jangan dicampur. Soalnya, hyaluronic acid bekerja lebih baik dalam pH yang lebih tinggi, sedangkan AHA bekerja lebih baik dalam pH yang lebih rendah. Jadinya, hyaluronic acid akan lebih sulit untuk menyerap air ke dalam kulit, sehingga kulit menjadi kering dan iritasi.

Soal hyaluronic acid ini, MinBruv juga udah pernah bahas ya, di artikel kandungan hyaluronic tidak boleh dicampur dengan apa aja.

  1. AHA dan Glycolic Acid

Campuran AHA dan glycolic acid bisa terlalu kuat buat kulit, bikin kulit kering, kemerahan, mengelupas, bahkan sampai iritasi.

  1. AHA dan Retinol

AHA dan retinol sama-sama bekerja dengan cara mengelupas kulit. Jadi kalau dicampur, kulit Bruver bisa jadi terlalu kering dan iritasi.

  1. AHA dan Niacinamide

Kalau AHA dan niacinamide dicampur, kulit Bruver bisa jadi gampang sensitif dan iritasi. Ini karena pH kulit jadi rendah. Selain itu, juga bisa bikin efektivitas niacinamide terganggu.

  1. AHA dan Vitamin C

Kalau AHA dan Vitamin C dicampur, bisa-bisa pH kulit akan menjadi lebih asam, jadi bisa bikin kulit kering, iritasi, dan merusak skin barrier.

  1. AHA dan Benzoyl Peroxide

Ketika Benzoil Peroksida dan AHA/BHA dicampur, lapisan epidermis menjadi lebih tipis dan sensitif. Akibatnya, kulit menjadi kemerahan, kering, dan mengelupas.

Meskipun disarankan untuk nggak dicampurin AHA, tapi Bruver  bisa pakai secara selang-seling, atau gantian.

Apakah AHA Bisa Memutihkan Kulit?

Jawaban singkatnya, AHA emang bisa bikin kulit lebih cerah, tapi nggak bisa memutihkan kulit secara permanen. AHA bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

Inget ya, AHA nggak bisa mengubah warna kulit alami Bruver. Misalnya, kalau Bruver punya warna kulit yang gelap, AHA nggak bakal bikin kulit menjadi putih.

Manfaat AHA untuk Kulit Wajah

manfaat aha untuk kulit wajah

Dikenal sebagai exfoliant alami, AHA menawarkan segudang manfaat untuk kulit wajah. Apa aja sih? Ini beberapa manfaat AHA untuk kulit wajah:

  1. Mengelupas Sel-sel Kulit Mati

Manfaat AHA untuk kulit wajah yang paling penting adalah untuk membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit baru. Kenapa ini penting?

Karena, sel kulit mati yang menumpuk terlalu lama di permukaan kulit, akan menyebabkan masalah-masalah kulit lainnya muncul. 

  1. Mencerahkan Wajah

Apakah AHA bisa bikin wajah menjadi lebih cerah? Jawabannya bisa. Soalnya, ketika asam ini mengelupas kulit Bruver, sel kulit mati yang berwarna gelap akan digantikan lapisan kulit baru di bawahnya yang lebih cerah.

  1. Mencegah Jerawat

Jerawat muncul waktu pori-pori tersumbat sama kombinasi sel kulit mati, minyak (sebum), dan bakteri. Eksfoliasi dengan AHA bisa membantu membuka pori-pori dan menghilangkan sumbatan. 

  1. Mengecilkan Pori-pori

AHA, terutama yang berjenis asam glikolat, bisa mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa bikin pori-pori makin keliatan kecil. Soalnya, sel kulit mati yang menumpuk bisa menyumbat pori-pori dan bikin keliatan lebih besar.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen itu serat kaya protein yang membantu menjaga kulit tetap elastis dan halus. Nah, seiring bertambahnya usia, serat-serat ini akan semakin rusak, apalagi kalau ditambah paparan sinar matahari.

Kolagen ini terletak di lapisan tengah, atau disebut dermis. Ketika lapisan atas atau epidermis terkelupas, AHA bekerja di lapisan dermis dan bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. 

Caranya, AHA menghancurkan serat kolagen yang lama untuk memberi jalan bagi serat kolagen baru.

  1. Menghaluskan Kulit

Sel-sel kulit mati bisa menumpuk dan bikin kulit terasa kasar, kusam, dan kering. AHA menghaluskan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan terluar kulit, sehingga sel-sel kulit mati tersebut mudah terangkat dan digantikan oleh sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

  1. Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan

AHA itu udah terkenal punya efek anti penuaan. Bahkan, udah ada penelitian yang membuktikan kalau AHA punya efek yang signifikan dalam mengurangi garis-garis halus dan kerutan yang jadi salah satu tanda penuaan.

  1. Mengatasi Hiperpigmentasi

Faktor usia dan lingkungan seringkali menyebabkan munculnya bintik hitam atau flek di kulit Bruver.  Apakah AHA bisa dipakai untuk wajah yang terkena hiperpigmentasi?

Tentu saja,  penggunaan AHA dalam jangka panjang dapat mengurangi perubahan warna kulit dengan mendorong sel-sel kulit lama yang mengalami perubahan warna menjadi lebih cerah.

  1. Membantu Penyerapan Skincare Lainnya

Sadar nggak sadar, sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit bisa bikin penyerapan produk skincare terhambat lho. AHA membantu mengangkat sel-sel kulit mati ini, sehingga produk skincare dapat lebih mudah meresap ke dalam kulit.


Itu dia jawaban dari pertanyaan apakah AHA bisa untuk wajah. Meskipun AHA itu punya manfaat yang banyak banget, Bruver tetep harus hati-hati dan pilih jenis AHA yang cocok buat kulitmu.

Kalau Bruver pengen pakai skincare yang bisa bikin kulit bersih dari sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya sekaligus bikin wajah cerah, Bruver bisa cobain Bruv For Men

Dengan kandungan aktif seperti activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang ada di dalam Bruv For Men, sabun ini diformulasikan khusus buat pria-pria aktif yang nggak mau ribet!

Share This Post

Discover More