Ciri ciri Wajah Rusak Akibat Cream, Harus Tahu Di Awal Sebelum Lebih Parah

ciri ciri wajah rusak akibat cream

Jaman sekarang, banyak banget cream abal-abal yang punya segudang claim nggak masuk akal. Mulai dari wajah putih dalam 5 menit, jerawat hilang tanpa bekas, sampai muka kinclong kayak artis Korea. 

Tapi hati-hati, jangan gampang tergiur sama yang instan-instan. Kalau pakai skincare sembarangan, bisa-bisa wajah Bruver malah jadi rusak.  Ini ciri ciri wajah rusak akibat cream yang patut diwaspadai!

Sebelum ke tanda tanda wajah rusak akibat cream, kita bahas dulu yuk penyebabnya! Sebenarnya, nggak semua cream atau skincare bisa ngerusak wajah, tapi ada beberapa faktor penyebab lain yang mungkin jadi pemicunya, antara lain: 

Penyebab Wajah Rusak Akibat Skincare

  1. Adanya Kandungan Berbahaya

Skincare abal-abal biasanya mengandung bahan-bahan berbahaya yang bisa bikin wajah putih mulus dalam waktu singkat, tapi efeknya jangka panjangnya parah banget. Dibawah ini contoh bahannya:

  • Merkuri

Merkuri sering banget jadi salah satu bahan utama dalam skincare abal-abal karena bisa bikin kulit putih instan. Tapi, efek jangka panjangnya parah, Bruver. Kulit bisa jadi tipis, kusam, keriput, bahkan kanker kulit.

  • Hidroquinon

Bahan ini emang boleh dipake buat memutihkan kulit, tapi harus dengan resep dokter dan dalam dosis yang tepat. Kalau asal-asalan pake skincare yang mengandung hidroquinon, kulit malah jadi iritasi, kemerahan, dan perih.

  • Steroid

Steroid juga sering disalahgunakan dalam skincare abal-abal. Awalnya sih, kulit jadi mulus dan cerah. Tapi, lama-kelamaan, kulit bisa jadi makin tipis, kemerahan, dan rusak permanen.

  1. Skincare Tidak Teruji Klinis

Produk skincare yang tidak teruji klinis tidak memiliki jaminan keamanan terkait bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Makanya, efek jangka panjangnya pada kulit tidak dapat dipastikan. Ada potensi membahayakan kesehatan kulitmu, bahkan bisa menyebabkan kerusakan permanen.

  1. Alergi 

Penyebab wajah rusak akibat skincare selanjutnya adalah karena Bruver alergi terhadap bahan-bahan tertentu yang ada di produk skincare tersebut. Biasanya kandungan yang memicu alergi adalah parfum, alkohol, pewarna, paraben, dan lainnya.

  1. Kulit Sensitif

Bruver yang punya kulit sensitif harus lebih hati-hati lagi. Kulit sensitif punya pertahanan kulit yang lebih lemah dibandingkan dengan kulit normal. Lapisan pelindungnya lebih tipis, sehingga lebih mudah ditembus oleh bahan-bahan berbahaya dalam skincare. Ini bisa bikin kulit sensitif jadi kering, pecah-pecah, dan bahkan rusak.

Ciri ciri Wajah Rusak Akibat Cream

Setelah tau penyebabnya, Bruver harus tau gimana ciri ciri wajah rusak akibat cream dibawah ini:

1. Kulit Kering dan Mengelupas

kulit kering

Kulit yang menjadi lebih kering sampai mengelupas bisa jadi ciri wajah rusak akibat cream yang pertama. Soalnya, kebanyakan cream abal-abal punya kandungan kimia yang berbahaya dan bikin kulit mengelupas.

2. Lapisan Kulit Menipis

Biasanya, penggunaan cream dengan klaim instant whitening akan menyebabkan pengelupasan pada kulit. Pengelupasan ini bisa bikin lapisan kulit semakin tipis dan skin barrier rusak. That’s why, ini jadi tanda wajah rusak akibat cream.

3. Terasa Panas dan Terbakar

wajah memerah saat kepanasan terkena sinar matahari

Kalau setelah pakai cream wajah Bruver terasa panas dan terbakar, bisa jadi ini juga pertanda wajah rusak akibat cream.

4. Terasa Gatal

Kalau Bruver ngalamin alergi dan gatal-gatal setelah pakai cream, segera hentikan pemakaiannya dan periksakan diri ke dokter. Bisa jadi, ini ciri ciri wajah rusak akibat cream, karena Bruver nggak cocok sama bahan-bahan dalam cream tersebut.

5. Muncul Ruam dan Kemerahan

Ciri lain yang cukup umum adalah munculnya ruam dan kemerahan. Beberapa kandungan cream bisa mengiritasi dan bikin lapisan kulit paling atas jadi mengering. Ini yang bikin kulit gampang iritasi, sehingga muncul ruam dan wajah merah akibat cream.

6. Breakout

Cream yang menyumbat pori-pori dapat menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Hal ini karena cream tersebut dapat menjebak minyak dan kotoran di dalam pori-pori, sehingga bakteri mudah berkembang biak.

7. Kulit Kusam

Seperti Apa Kulit Muka Kering dan Kusam

Bukannya jadi putih atau cerah, ciri ciri wajah rusak akibat cream malah bikin kulit jadi kusam. Hal ini karena bahan kimia yang bisa menyebabkan kerusakan melanin kulit.

8. Gampang Iritasi

Pemakaian cream abal-abal dalam jangka panjang bisa bikin kulit Bruver jadi super sensitif dan mudah iritasi. Bahkan, terhadap produk skincare yang biasanya aman buat lo.

9. Hiperpigmentasi 

Penggunaan cream abal-abal bisa memicu produksi melanin berlebihan di area-area tertentu. Ini bisa memicu munculnya hiperpigmentasi atau bercak-bercak gelap di wajah.

Selain memilih cream yang tepat, Bruver juga harus detail dalam perawatan kulit lainnya. Termasuk dari hal yang sederhana seperti mengetahui perbedaan brightening dan whitening.

Ciri-ciri Cream Tidak Cocok

Meskipun nggak semua kulit bereaksi negatif sama produk cream, tapi nggak ada salahnya waspada. Berikut ini ciri-ciri cream tidak cocok:

  1. Muncul Reaksi Alergi

Kalau Bruver nggak cocok sama creamnya, biasanya akan muncul reaksi alergi kayak kemerahan, gatal, pembengkakan, ruam, kulit kering, mengelupas, sensasi terbakar, dan sebagainya.

  1. Muncul Jerawat Baru

Abis pakai cream, tiba-tiba muncul jerawat baru di wajah Bruver? Biasanya cream punya kandungan yang bisa menyumbat pori-pori kayak minyak dan silikon. Nah, pori-pori tersumbat ini yang bisa menyebabkan jerawat.

  1. Kulit Kering

Cream yang mengandung alkohol atau eksfoliator lainnya bisa menghilangkan minyak alami dan kelembapan kulit. Akibatnya, kulit jadi kering. Cream yang memiliki pH terlalu tinggi atau terlalu rendah juga dapat mengganggu keseimbangan pH kulit, sehingga kulitmu jadi kering.

  1. Kulit Berminyak

Beberapa cream dapat memicu kelenjar minyak di wajah untuk memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini bisa membuat wajahmu jadi lebih berminyak dan rentan terhadap jerawat.

  1. Sensitif Terhadap Sinar Matahari

Bruver tau tentang bahan-bahan fotosensitif yang biasanya ada di dalam cream? Bahan-bahan ini bisa bikin kulitmu lebih sensitif terhadap sinar matahari, lho. Apalagi, cream yang nggak cocok dengan jenis kulit. Bisa-bisa mengganggu keseimbangan skin barrier, sehingga kulitmu jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Rekomendasi Artikel: Perbedaan Pelembab dan Moisturizer.

Cara Mengatasi Wajah Rusak Akibat Cream

Wajah rusak bukan akhir segalanya, Bruver jangan nyerah dan frustasi dulu! Cobain cara mengatasi wajah rusak akibat cream berikut ini:

  1. Hentikan Pemakaian Cream

Pertama-tama, hentikan pemakaian cream. Lanjut pakai cream yang udah jelas-jelas bikin wajah rusak itu tindakan yang salah, soalnya bisa bikin kondisi makin parah.

  1. Pakai Bahan yang Menenangkan

Wajah yang rusak biasanya juga disertai peradangan. Jadi, Bruver perlu pakai bahan-bahan yang menenangkan. Coba lidah buaya, mentimun, madu, minyak kelapa, oatmeal, hyaluronic acid, glycerin, ceramides, dan lainnya. 

  1. Jaga Hidrasi Kulit

Menjaga hidrasi kulit sangat penting, terutama untuk wajah yang sedang rusak karena cream. Pilihlah pelembab yang non-comedogenic dan fragrance-free agar tidak menyumbat pori-pori dan memperparah iritasi. Gunakan pelembab dua kali sehari, setelah mencuci muka dan sebelum tidur.

Disamping itu,  Bruver juga harus rutin minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk membantu menghidrasi tubuh dari dalam. Hal ini bisa membantu menjaga kelembaban kulit dan mempercepat proses pemulihan.

  1. Kompres Dingin

Kompres dingin membantu menenangkan kulit, meredakan kemerahan dan gatal, serta mengurangi bengkak. Bruver bisa menggunakan air es atau es batu yang dibalut dengan kain, kemudian tempelkan di area wajah yang rusak selama beberapa menit.

  1. Jaga Kebersihan Wajah

Meskipun wajah lagi rusak, Bruver nggak boleh skip cuci muka ya. Menjaga kebersihan wajah itu wajib banget, supaya nggak ada kotoran yang bakal bikin masalah kulit lain. 

Pakai pembersih wajah yang lembut dan nggak bikin kulit iritasi. Dikutip dari Healthline, cari pembersih dengan pH seimbang tanpa kandungan AHA, BHA, alkohol, dan natrium lauril sulfat.

Bruv For Men facial wash diformulasikan dengan bahan-bahan alami yang aman dan efektif untuk membersihkan kulit sekaligus melembapkannya. Pastinya nggak bikin kulit terasa ketarik ataupun iritasi.

Bruver juga bisa berkonsultasi dan mengkonsumsi obat yang telah diresepkan dokter untuk mengatasi wajah rusak akibat cream. Dilansir dari Klik Dokter, antihistamin adalah salah satu obat yang bisa meredakan gejala-gejala iritasi.

Itulah tadi pembahasan terkait ciri ciri wajah rusak akibat cream beserta cara mengatasinya. Selalu hati-hati dalam memilih produk skincare dan jangan tergiur janji-janji semu dari iklan yang ada ya, Bruver.

Share This Post

Discover More