Perbedaan Whitening dan Brightening, Jangan Lagi Anggep Keduanya Sama!

perbedaan whitening dan brightening

Bruver pasti nggak asing kan, sama istilah ‘whitening’ dan ‘brightening’ yang sering muncul di klaim skincare yang Bruver pakai? Faktanya, keduanya adalah klaim yang berbeda, meskipun sama-sama punya fungsi untuk membuat kulit keliatan lebih cerah. Jadi, apa perbedaan whitening dan brightening? Yuk, kita kupas satu-persatu dalam artikel ini.

Di pasaran, ada perdebatan terkait produk-produk dengan klaim whitening. Di satu sisi, orang yang ingin adanya perubahan warna kulit ke arah yang lebih terang, akan sangat tertarik dengan produk ini. Di sisi lain, produk dengan klaim whitening dicurigai sebagai produk yang bisa merusak kulit.

Whitening Artinya Apa?

Hal ini sebenarnya cukup menarik, tapi apa sebenarnya yang dimaksud whitening?

Whitening adalah produk yang menawarkan perawatan yang intensif terkait dengan membuat tone kulit lebih terang dari seharusnya. Sejak dulu, banyak banget produk dan perawatan dengan klaim ‘memutihkan’ di pasaran. 

Fungsi Whitening:

  • Memutihkan Kulit

Kayak namanya, manfaat whitening yang utama adalah memutihkan kulit. Ketika produksi melanin dihambat, kulit akan tampak lebih cerah dan putih. 

  • Meratakan Warna Kulit

Produk whitening membantu memudarkan flek hitam, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi, sehingga menghasilkan warna kulit yang lebih merata dan cerah.

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Nggak bisa dipungkiri kalau banyak orang akan merasa lebih percaya diri ketika punya kulit yang putih atau cerah. Hal ini karena kulit yang cerah dan merata dianggap sebagai tanda kecantikan dan kesehatan.

Meskipun punya beberapa manfaat, tapi Bruver tetap harus berhati-hatii. Soalnya ada risiko berbahaya kayak iritasi, penipisan kulit, bahkan sampai kanker kulit, setelah pemakaian.

Produk whitening bekerja dengan cara menghambat produksi melanin. Melanin sendiri adalah zat yang bisa menghasilkan warna di kulit dan rambut kita.

Ketika produksi melanin terhambat, fungsi alami kulit juga akan terganggu. Pasalnya, melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Lapisan kulit juga bisa lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan sel.

Brightening Artinya Apa?

Brightening artinya adalah produk-produk yang bisa meningkatkan kecerahan kulit atau mengembalikan warna kulit. Produk brightening umumnya membantu mengembalikan warna kulit seperti semula dengan cara mengelupas sel kulit mati dan menstimulasi regenerasi sel kulit.

Menurut Paula Begoun, istilah brightening dipakai untuk menjelaskan bahwa formula yang ada di dalam skincare bisa meminimalkan perubahan warna kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi, sekaligus membantu kulit keliatan lebih muda, halus, dan merata. 

Dr Kiran Sethi dari Delhi, juga menerangkan kalau produk dengan klaim brightening seharusnya nggak mengubah jumlah pigmen kulit, tapi hanya membuatnya lebih keliatan bersinar.

Dibandingkan dengan skincare whitening, produk brightening dinilai lebih aman untuk digunakan dalam jangka panjang. Hal ini karena produk brightening umumnya menggunakan bahan-bahan yang lebih aman dan lembut di kulit, seperti vitamin C, niacinamide, dan asam hialuronat. 

Fungsi Brightening:

  • Mencerahkan Kulit

Manfaat brightening yang paling utama adalah mencerahkan kulit. Bahan yang ada di dalam kandungannya dirancang untuk mengelupas kulit, makanya bisa bikin kulit makin cerah.

  • Menghilangkan Hiperpigmentasi

Brightening membantu memudarkan hiperpigmentasi kayak bintik hitam, bekas jerawat, bekas luka, atau flek hitam akibat paparan sinar matahari. 

  • Meratakan Kulit Belang

Meskipun efeknya nggak secepat produk whitening, tapi produk brightening juga bisa dipakai untuk meratakan kulit belang, terutama akibat paparan sinar matahari. Kulitmu yang belang akan kembali seperti semula.

  • Mengatasi Kulit Kusam

Produk brightening biasanya membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Dengan tersingkirnya sel mati, kulit tampak lebih bersinar dan segar.

  • Menutrisi Kulit

Nggak cuma mencerahkan, umumnya produk brightening juga punya kandungan yang bisa menutrisi dan menjaga kesehatan kulit secara umum. Makanya nggak heran kalau bisa membantu meningkatkan tekstur kulit, elastisitas, dan ketahanan terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Produk brightening memberikan hasil yang lebih alami dan tahan lama dibandingkan dengan produk whitening. Efek mencerahkannya nggak terlalu drastis dan bisa bertahan lama dengan penggunaan yang teratur.

Perbedaan Whitening dan Brightening

Meskipun produk whitening dan brightening sama-sama ditujukan untuk orang-orang yang pengen punya kulit yang lebih cerah atau terang, dan menyamarkan hiperpigmentasi, tapi ada beberapa perbedaan whitening dan brightening yang perlu Bruver tau, antara lain:

1. Fungsi 

Pada intinya, perbedaan whitening dan brightening terletak dari fungsinya. Kalau brightening ditujukkan untuk mengatasi masalah yang bikin kulit nggak dalam kondisi terbaiknya, whitening difungsikan untuk bikin kulit jadi lebih putih atau lebih terang dari warna kulit asli Bruver.

2. Area Sasaran

Target atau area sasaran juga jadi perbedaan whitening dan brightening. Kalau produk whitening punya fungsi untuk memutihkan seluruh area kulit, produk brightening cuma mencerahkan area-area tertentu. Karena, fungsi brightening adalah mengembalikan kulit ke warna aslinya.

3. Cara Kerja

Perbedaan whitening dan brightening selanjutnya adalah di cara kerjanya. Produk brightening bekerja dengan cara mengelupas sel-sel kulit mati yang menumpuk, dan memicu regenerasi sel. Sedangkan, produk whitening bekerja dengan mengerem produksi melanin.

4. Kandungan 

Nah, ini nih, perbedaan whitening dan brightening yang cukup mencolok. Biasanya, produk whitening mengandung bahan-bahan kimia berbahaya kayak merkuri atau hidrokuinon. Kalau produk brightening biasanya punya kandungan kojic acid, vitamin C, retinol, AHA, BHA, dan sebagainya yang dirasa bisa mengelupas sel-sel kulit secara lebih aman. 

5. Risiko 

Perbedaan whitening dan brightening selanjutnya adalah risiko atau efek samping yang ditimbulkan. Produk brightening Umumnya lebih aman dan jarang menimbulkan iritasi, cocok untuk semua jenis kulit. 

Risiko jangka pendek pemakaian produk whitening adalah mengakibatkan penipisan kulit, meningkatkan risiko kanker kulit, dan justru dapat menyebabkan perubahan warna kulit permanen pada area yang telah rusak. Sedangkan, untuk penggunaan jangka panjangnya bisa menyebabkan kerusakan kulit, ginjal, serta kerusakan hati.

Bruver Harus Tahu: Cara Menggunakan Face Scrub yang Benar Agar Hasil Maksimal.

Bagusan Whitening atau Brightening?

perbedaan brightening dan whitening, bagusan mana

Dari penjelasan terkait perbedaan whitening dan brightening di atas, mungkin bisa ditarik kesimpulan kalau skincare dengan kandungan brightening lebih disarankan untuk dipakai dalam jangka panjang. 

Tapi, kalau Bruver pengen efek yang lebih cepat dengan impact yang lebih besar, Bruver bisa pakai produk whitening. Perhatikan kandungannya, dan pastikan Bruver nggak alergi dengan bahan tersebut.

Triple Skin Active Dalam Face Wash Bruv untuk Cerahkan dan Putihkan Wajah

Bruver! Pengen punya wajah cerah dan putih? Coba deh Face Wash Bruv! Sabun cuci muka ini mengandung Triple Skin Active, yang terdiri dari activated charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang bakal bikin wajahmu jadi lebih cerah, putih, dan segar.

Activated charcoalnya ampuh menyerap kotoran dan minyak berlebih di wajah, sehingga bikin wajahmu jadi lebih bersih dan bebas jerawat. Argan oilnya menutrisi dan melembapkan kulit, jadi wajahmu nggak kering dan kusam. Terakhir, peppermint oilnya bikin wajahmu terasa segar dan dingin setelah cuci muka.

Gunakan Face Wash Bruv secara rutin dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Wajahmu bakal jadi lebih cerah, putih, dan bebas jerawat. Bruver, tunggu apa lagi? Yuk, coba Face Wash Bruv!

Selain itu, Bruver juga harus paham soal perbedaan moisturizer dan pelembab yang juga sega sering digunakan sebagai basic skincare untuk perawatan wajah.

Share This Post

Discover More