Kenapa Pakai Sunscreen Malah Kusam? Keluhan Itu Bakal Terjawab Disini

kenapa pakai sunscreen malah kusam

Katanya sunscreen bisa mencegah produksi melanin dan menjaga kulit tetap cerah, tapi kenapa pakai sunscreen malah kusam? Kalau Bruver mengalami masalah ini, artikel ini untuk Bruver! Disini kita akan bahas keterkaitan kulit kusam dan penggunaan sunscreen.

Sunscreen adalah salah satu skincare yang wajib digunakan setiap harinya sebagai perlindungan untuk kulit dari sinar UV. Sunscreen juga bisa mencegah produksi melanin berlebihan, sehingga kulit tampak lebih cerah. Sayangnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan pakai sunscreen malah kusam, antara lain:

Kenapa Pakai Sunscreen Malah Kusam?

1. Terlambat Menggunakan Sunscreen

Alasan kenapa pakai sunscreen malah kusam yang pertama adalah ketika Bruver terlambat menggunakan sunscreen. Hayo, siapa yang baru pakai sunscreen waktu udah sampai di pantai, kolam renang, atau area outdoor lainnya?

Ini salah ya, Bruver. Sunscreen butuh waktu untuk menyerap sepenuhnya ke dalam kulit. Jadi, kalau Bruver pakai sunscreen disaat yang bersamaan dengan terpapar sinar matahari, sunscreen nggak bisa memberikan perlindungan secara penuh. Akibatnya, kulit jadi kusam deh.

2. Tidak Menggunakan Sunscreen Secara Merata

Tidak menggunakan sunscreen secara merata bisa jadi penyebab muka malah kusam setelah pakai sunscreen. Bruver wajib banget mengaplikasikan sunscreen ke seluruh area wajah dan leher secara merata. Perlu diingat, matahari nggak bisa memilih area mana yang akan terpapar olehnya.

3. Memakai Sunscreen dengan Jumlah yang Kurang

Bruver jangan pelit-pelit waktu memakai sunscreen ya. Ini bisa jadi salah satu alasan wajah kusam karena sunscreen. Pakai sesuai rekomendasi ahli dermatologi, yaitu sebanyak 2 mg/cm2, atau sebanyak dua ruas jari. Metode ini membantu memastikan cakupan menyeluruh dan mendapatkan tingkat perlindungan sinar matahari yang tercantum pada produk.

4. Tidak Mengaplikasikan Kembali

Jangan malas re-apply, soalnya kalau Bruver nggak mengaplikasikan sunscreen kembali, bisa-bisa jadi penyebab kenapa pakai sunscreen malah kusam. Kandungan yang ada dii dalam sunscreen bisa terurai saat terkena sinar matahari atau polusi udara, sehingga mengurangi efektivitasnya setelah beberapa jam. Apalagi kalau Bruver melakukan aktivitas yang berkeringat, terkena air, bergesekan dengan pakaian atau masker wajah, dan lainnya.

Biasakan aplikasikan kembali  setiap dua jam sekali, atau lebih sering kalau Bruver lagi membutuhkan perlindungan ekstra, misalnya saat melakukan kegiatan air.

5. Hanya Memakai Sunscreen Saat Matahari Terik

Siapa yang bilang kalau saat mendung atau di dalam ruangan nggak perlu pakai sunscreen? Faktanya, ini bisa jadi salah satu penyebab kulit wajah malah kusam, lho.

Soalnya, sinar UV masih bisa menembus awan dan mencapai kulit Bruver, walaupun cuaca mendung. Skin Cancer Foundation menyebut kalau sinar UV dapat menembus awan hingga 80% sepanjang waktu. Sinar UV juga bisa menembus kaca jendelamu.

6. Sunscreen Kedaluwarsa

Sunscreen yang Bruver pakai udah berubah warna, tekstur atau menimbulkan bau yang aneh? Bisa jadi ini tanda kalau kandungan sunscreen udah kedaluwarsa. Sunscreen yang kedaluwarsa tandanya kualitas dan efektivitasnya sudah berkurang..

7. Kandungan SPF Terlalu Kecil

American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk pakai sunscreen dengan SPF minimal 30, untuk memblokir 97% sinar UVB. Jadi, kalau Bruver pakai SPF yang lebih kecil dari itu, bisa-bisa menyebabkan muka kusam, karena nggak memberikan perlindungan yang cukup untuk kulit.

8. Kandungan yang Tidak Cocok

Kalau Bruver punya kulit yang sensitif, sebaiknya hindari sunscreen yang punya kandungan kayak alkohol, parfum, atau bahan kimia keras lainnya. Karena, kandungan-kandungan ini bisa bikin kulit iritasi, sehingga muncul gejala kayak perih, kemerahan, gatal, kulit kering, sampai kulit kusam.

9. Kandungannya Comedogenic

Pakai sunscreen dengan kandungan yang comedogenic bisa menyebabkan produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, dan sel-sel kulit mati yang menempel. Kandungan comedogenic kayak Benzophenones, Para-aminobenzoic acid (PABA), Methoxycinnamate, dan lainnya adalah penyebab kenapa setelah pakai sunscreen muka jadi kusam dan berminyak.

Baca Juga: Setelah Pakai Sunscreen Boleh Pakai Bedak?

Cara Agar Wajah Tidak Kusam Saat Memakai Sunscreen

kenapa pakai sunscreen muka jadi gelap dan kusam

Untuk mencegah pemakaian sunscreen bikin kusam, Bruver nggak boleh asal pakai! Berikut ini tips menggunakan sunscreen, supaya hasilnya maksimal:

  1. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk perlindungan maksimal.
  2. Pilihlah sunblock atau physical sunscreen yang tahan air (water resistant) bagi Bruver yang sering beraktivitas luar ruangan, berkeringat, atau berenang.
  3. Gunakan sunscreen yang non-comedogenic dan nggak mengandung minyak, untuk menghindari rasa lengket dan tidak nyaman.
  4. Bagi Bruver yang punya kulit sensitif, pilih sunscreen dengan kandungan yang ringan dan aman bagi kulit, untuk mencegah iritasi.
  5. Oleskan sunscreen 15-20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan supaya sunscreen menyerap dan bisa bekerja secara efektif.
  6. Pastikan untuk mengaplikasikan ke semua area kulit yang terbuka, termasuk wajah, telinga, leher, dan tangan secara merata.
  7. Lakukan re-apply atau aplikasikan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali, atau lebih sering.
  8. Gunakan sunscreen setiap hari, bahkan saat cuaca mendung dan di dalam ruangan.

Selain memilih dan menggunakan sunscreen dengan benar, Bruver juga harus memperhatikan cara agar wajah tidak kusam saat memakai sunscreen berikut ini:

  1. Bersihkan Wajah

Kalau Bruver nggak membersihkan wajah terlebih dahulu, sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak akan menumpuk dan meninggalkan residu di permukaan kulit. Ini bisa menghalangi sunscreen dan skincare lainnya untuk menyerap dan bekerja secara efektif. 

Membersihkan wajah dua kali sehari dapat membantu menghilangkan minyak dan kotoran tersebut. Gunakan face wash yang sesuai dengan jenis kulit Bruver. Usahakan pakai yang punya kandungan ringan, non comedogenic, dan tidak membuat kulit kering.

  1. Jaga Kelembapan Kulit

Kulit yang kering bisa menyebabkan kulit terlihat kusam. Makanya penting untuk Bruver menjaga kelembapan kulit. Pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu, perhatikan kandungan di dalamnya dan pastikan sesuai dengan kebutuhan Bruver.

  1. Rutin Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat minyak dan kotoran yang ada di wajah, termasuk sel-sel kulit mati yang menumpuk, sehingga kulit terlihat lebih cerah. 

Bruver bisa melakukan eksfoliasi fisik/mekanik (physical exfoliation) dan eksfoliasi kimiawi (chemical exfoliation), sesuaikan dengan kebutuhan Bruver.

Hindari eksfoliasi lebih sering dari sehari sekali. Dalam healthline.com, para ahli menyarankan untuk melakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali seminggu.

  1. Hindari Penggunaan Air Panas

Air panas bisa merusak skin barrier, sehingga memicu kulit kering dan masalah kulit lain, termasuk kulit kusam. Sebaiknya Bruver menggunakan air hangat atau suhu ruang dan membatasi waktu mandi agar kulit nggak terlalu lama terpapar air yang dapat mengurangi kelembapan alaminya. 

  1. Cukupi Kebutuhan Air

Minum air putih secukupnya adalah cara menjaga kesehatan dan hidrasi kulit wajah dari dalam. Minum minimal delapan gelas per hari, atau lebih, sesuai dengan kebutuhan tubuh.

  1. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Apa yang Bruver konsumsi ternyata punya pengaruh pada kulit, lho. Konsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan dan kaya vitamin, supaya kulit tetap cerah dan bebas kusam.

Hindari makanan yang punya kandungan gula tinggi dan lemak yang nggak sehat. Selain itu, jauhi kandungan alkohol yang bisa merusak kulit dan membuat kulit terlihat kusam.

  1. Istirahat Cukup

Saat kita beristirahat di malam hari, tubuh akan melakukan regenerasi sel kulit. Tidur yang cukup membantu proses tersebut. National Institutes of Health  melaporkan kalau orang dewasa sebaiknya tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

Selain itu, Bruver juga perlu menghindari stres, karena bisa memicu produksi hormon kortisol yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan kulit menjadi kusam.

Nah, soal kenapa pakai sunscreen malah kusam sudah terjawab, ya!

Bruv For Men Face Wash, Good Bye Kulit Kusam!

Bruver punya kulit kusam? Jangan panik dulu! Ada Bruv For Men face wash yang bisa atasi masalah itu. 

Dengan formula Triple Active Skin Repair, yang terdiri dari activated charcoal, argan oil, dan peppermint oil, Sabun Muka Bruv For Men face wash mampu bekerja secara optimal untuk membersihkan dan mencerahkan kulit wajah.

Activated charcoal dalam sabun ini punya sifat penyerapan yang tinggi, sehingga bisa membantu mengangkat minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori dan bikin wajah terlihat kusam.

Asam lemak dalam argan oil membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit nggak terasa ketarik. Kandungan antioksidannya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Peppermint oil punya sifat antibakteri dan antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi jerawat dan peradangan pada kulit, sekaligus memberikan rasa segar setelah cuci muka.

Gunakan Bruv For Men face wash setiap hari, dan siap-siap say good bye untuk kulit kusam!

Share This Post

Discover More