Pakai Micellar Water Sebelum atau Sesudah Cuci Muka?

Pakai Micellar Water Sebelum atau Sesudah Cuci Muka

Setiap harinya, kulit kita terpapar berbagai polusi, mulai dari debu, asap kendaraan, hingga paparan sinar matahari. Ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan berbagai masalah kulit. 

Salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan micellar water. Tapi, muncul banyak pertanyaan: kapan waktu terbaik untuk menggunakan micellar water? Cuci muka dulu apa micellar water dulu? Pakai micellar water sebelum atau sesudah cuci muka?

Artikel ini bakal bantu Bruver menemukan jawabannya, sehingga Bruver bisa pakai micellar water dengan benar.

Disebut micellar water karena mengandung konsentrasi molekul sabun atau deterjen yang ringan di dalam air. Molekul-molekul ini membentuk gelembung mikroskopis kecil yang mengambang di dalam air. 

Inilah alasan kenapa meskipun punya sifat membersihkan, tapi micellar water punya tekstur seperti air biasa.

Dilansir dari Medical News Today, micellar water terdiri dari air, humektan seperti gliserin, dan surfaktan ringan. Humektan menarik dan mengikat kelembapan kulit, sedangkan surfaktan merupakan pembersih yang menghilangkan kotoran.

Tujuan Pakai Micellar Water, Udah Bisa Disebut Skincare Wajib Sih!

Selain mengangkat makeup, kotoran dan minyak berlebih, micellar water juga punya manfaat lain, seperti:

  • Menjaga Minyak Alami Kulit

Micellar water punya kandungan pembersih yang lebih lembut, sehingga bisa menjaga minyak alami kulit, yang bikin kulit terasa kering dan ketarik.

  • Menjaga Hidrasi Kulit

Dr. Vij dari Cleveland Clinic mengatakan bahwa micellar water bisa membersihkan dengan lembut, tanpa menggunakan terlalu banyak bahan kimia tambahan. Ini bisa mencegah kulit kering dan produksi minyak berlebih.

  • Mencegah Pori-pori Tersumbat

Disamping itu, molekul-molekul yang ada dalam micellar water bisa masuk lebih dalam ke pori-pori sehingga bisa membersihkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati, serta mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat.

  • Menyegarkan Kulit

Biasanya micellar water punya kandungan yang menyegarkan sehingga dapat memberikan efek mendinginkan dan menyegarkan setelah diaplikasikan ke kulit terutama  pada saat cuaca panas atau setelah beraktivitas.

  • Praktis 

Keunggulan lain dari micellar water adalah kepraktisannya. Produk yang satu ini bisa membersihkan kulit tanpa dibilas dengan air. Ini sangat cocok untuk Bruver yang sering travelling dan susah akses ke air bersih.

  • Membersihkan Alat Makeup

Buat Bruver yang suka makeup, pasti sering kan, punya alat makeup kayak kuas yang kotor karena penumpukan makeup? Micellar water nggak cuma bisa menghilangkan kotoran di kulit, tapi juga membantu menghilangkan sisa-sisa produk makeup yang menempel pada brush atau spons.

  • Aman untuk Kulit Sensitif

Dikutip dari Journal of the American Academy of Dermatology, micellar water cocok untuk kulit sensitif karena potensinya yang rendah iritasi dan kemampuannya meningkatkan hidrasi kulit.

Karena kandungannya yang lembut dan baik untuk kulit, micellar water aman digunakan setiap hari.

Cara Pakai Micellar Water

pakai micellar water sesudah atau sebelum cuci muka

Memakai micellar water untuk membersihkan wajah itu gampang dan praktis banget lho, Bruver. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

  1. Tuangkan Micellar Water

Tuangkan micellar water secukupnya ke kapas pembersih makeup, tisu pembersih makeup, atau waslap lembut. 

  1. Usap ke Wajah

Gunakan kapas untuk mengangkat makeup, kotoran, debu, atau minyak dengan gerakan memutar di seluruh wajah. 

Untuk area mata dan maskara dengan produk makeup waterproof, tekan kapas dengan lembut ke kulit selama beberapa detik agar produk bekerja efektif. 

Bruver bisa menggunakan dua atau lebih kapas, sampai kulit terasa bersih dan tidak meninggalkan sisa-sisa kotoran.

  1. Keringkan Wajah 

Bruver dapat mengakhiri tahap pembersihan dalam rutinitas perawatan kulit dan menunggu wajah kering, sebelum melanjutkan ke step skincare selanjutnya.

  1. Lanjutkan Double Cleansing

Bruver juga bisa melanjutkan tahap pembersihan dengan cara membilas micellar water menggunakan face wash. Tahapan ini bisa disebut double cleansing, yang merupakan metode pembersihan wajah yang efektif untuk mengangkat kotoran, makeup, dan minyak secara lebih menyeluruh.

  1. Gunakan Pelembap

Setelah membersihkan wajah, akhiri rutinitas dengan menggunakan pelembap untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Pelembap yang tepat akan membantu mengembalikan kelembapan alami kulit yang mungkin hilang selama proses pembersihan. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Bruver.

Pakai Micellar Water Sebelum atau Sesudah Cuci Muka

Sampailah kita pada pembahasan yang utama dan yang bikin Bruver bertanya-tanya, sebaiknya pakai micellar water sebelum atau sesudah cuci muka sih?

Waktu penggunaan micellar water yang tepat biasanya pada malam hari, dimana Bruver sudah menyelesaikan aktivitas. Tapi, Bruver juga bisa menggunakannya kapanpun Bruver ingin membersihkan wajah.

Menggunakan micellar water umumnya sebelum cuci muka. Kenapa begitu?

Meskipun micellar water sebenarnya nggak perlu dibilas, tapi Bruver bisa mencuci muka untuk memastikan kulit benar-benar bersih dari kotoran.

Micellar water membantu face wash yang digunakan untuk mencuci muka setelahnya dapat bekerja lebih efektif dengan menembus lebih dalam ke dalam pori-pori, membersihkan minyak dan keringat yang tersisa, serta memberikan pembersihan yang lebih menyeluruh.

Selain itu, penggunaan micellar water sebelum cuci muka dapat mengurangi risiko iritasi yang mungkin disebabkan oleh gesekan berlebihan saat mencuci wajah. Hal ini sangat penting bagi Bruver yang memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi. 

Rutinitas ini disebut dengan metode double cleansing. Metode ini bermanfaat untuk Bruver yang punya kulit sensitif, atau sering menggunakan makeup yang tebal.

Dengan begitu, rutinitas pembersihan wajah menjadi lebih lembut namun tetap efektif, memastikan kulit tetap bersih dan segar tanpa mengganggu keseimbangan alami kulit.

Tapi, beberapa sumber menyebutkan kalau micellar water juga aman kalau digunakan setelah cuci muka. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu menyegarkan dan melembutkan kulit setelah cuci muka.

Selain itu, umumnya micellar water bisa menyeimbangkan pH kulit setelah cuci muka dengan face wash, yang mungkin punya pH yang lebih tinggi.

Baca Juga: Perbedaan Moisturizer dan Pelembab.

Pakai Micellar Water Berapa Kali Sehari?

Biasanya, orang menggunakan micellar water dua kali sehari, terlepas dari kebiasaannya pakai micellar water sebelum atau sesudah cuci muka.

Di pagi hari, micellar water membantu menghilangkan keringat, minyak, kotoran, dan sisa produk perawatan kulit yang Bruver gunakan di malam hari, sekaligus membantu mempersiapkan kulit Bruver untuk menerima produk skincare selanjutnya.

Kemudian, di malam hari, micellar water berperan penting untuk menghilangkan makeup, kotoran, dan minyak yang menumpuk sepanjang hari.

Tapi, Bruver juga bisa menggunakan micellar water lebih sering, ketika Bruver menggunakan makeup yang tebal, ingin reapply makeup, atau punya kulit yang berminyak.

Bacaan Lainnya: Perbedaan Cleanser dan Facial Wash.

Risiko Jika Salah Penggunaan Micellar Water

Meskipun micellar water umumnya adalah pembersih yang lembut dan aman digunakan, tapi ada beberapa risiko yang mungkin Bruver alami jika salah dalam menggunakannya, antara lain:

  • Kulit Kering

Micellar water punya sifat astringen yang mengeringkan apalagi kalau Bruver menggunakannya secara berlebihan. Perhatikan juga kandungan yang ada di dalamnya, jangan sampai ada yang nggak cocok. Ini nggak cuma bikin kulit kering, tapi juga bisa sampai mengelupas.

  • Iritasi

Beberapa micellar water punya kandungan alkohol atau surfaktan yang keras. Kalau digunakan secara berlebihan, ini akan menghilangkan minyak alami dan menyebabkan munculnya gejala iritasi kayak kemerahan, perih, panas sampai mengelupas.

  • Jerawat

Micellar water emang bisa mencegah munculnya jerawat. Tapi, ketika Bruver salah menggunakannya, bisa-bisa residunya bikin pori-pori jadi tersumbat dan memicu jerawat.

  • Iritasi Mata

Bruver harus ingat kalau nggak semua micellar water diformulasikan aman untuk area yang lebih sensitif kayak mata. Hindari juga menggosok terlalu keras di area mata untuk menghindari iritasi.

  • Merusak Skin Barrier

Kayak yang udah disebutin sebelumnya, penggunaan micellar water yang salah bisa mengganggu skin barrier dan kelembapan alami kulit. Ini bikin kulit semakin sensitif.

Micellar Water Sudah, Gunakan Juga Sabun Cuci Muka dari Bruv

Sekarang Bruver udah paham kan, soal pakai micellar water sebelum atau sesudah cuci muka? Micellar water emang bagus buat bersihin makeup dan kotoran di wajah. Tapi, untuk memastikan kulitmu bersih secara mendalam, Bruver butuh sabun cuci muka yang tepat. 

Bruv For Men hadir sebagai solusi untukmu!

Sabun ini mengandung activated bamboo charcoal yang ampuh menyerap minyak dan kotoran, argan oil untuk menjaga kelembapan kulit, dan peppermint oil yang bisa menyegarkan wajah.

Bruver nggak perlu khawatir! Bruv For Men udah terdaftar BPOM sehingga terjamin keamanannya untuk digunakan sehari-hari.  

Yuk, Bruver, lengkapi rutinitas perawatan wajahmu dengan Produk Sabun Muka dari Bruv For Men! Wajah bersih, segar, dan bebas kusam!

Share This Post

Discover More