Perbedaan Cleanser dan Facial Wash, Bedanya Sebanyak Ini Ternyata!

perbedaan cleanser dan facial wash

Tapi, dalam prakteknya, kadang kita kesulitan dalam memilih produk, saking banyaknya di pasaran. Ada yang disebut cleanser, ada juga yang disebut face wash. Nah, dalam artikel ini kita akan bahas perbedaan cleanser dan facial wash secara mudah, supaya Bruver nggak salah pilih lagi.

Perbedaan Cleanser dan Facial Wash

Ada beberapa perbedaan facial wash dan cleanser yang perlu Bruver ketahui, supaya nggak salah pilih lagi. Berikut ini perbedaannya:

Pengertian

Perbedaan cleanser dan facial wash yang pertama adalah pengertiannya. 

Cleanser adalah produk yang digunakan untuk membersihkan seluruh kotoran, makeup, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan. Produk ini biasanya lebih lembut dan bisa menghidrasi kulit. 

Apakah facial cleanser itu sabun cuci muka? Jawabannya belum tentu. Cleanser punya beberapa macam bentuk, yaitu cleansing milk, cleansing balm, dan lainnya, termasuk yang berbentuk sabun cuci muka.

Sedangkan, face wash adalah produk yang berbahan dasar air. Sifat astringennya bisa membersihkan pori-pori secara lebih mendalam, sekaligus menghilangkan minyak berlebih. 

Kandungan

Meskipun sama-sama punya kandungan surfaktan, atau senyawa yang ada dalam produk pembersih, tapi ada kandungan yang jadi perbedaan cleanser dan facial wash, antara lain:

Kandungan Cleanser

Umumnya, cleanser punya kandungan yang bersifat menghidrasi dan menenangkan kulit. Beberapa kandungan utama dalam cleanser antara lain:

  • Emolien: Bahan yang membantu melembutkan dan menenangkan kulit.
  • Glycerin: Bahan yang menarik kelembapan ke dalam kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi.
  • Ceramides: Membantu memperbaiki dan menjaga skin barrier.
  • Hyaluronic Acid: Bahan yang mampu menjaga kulit tetap lembap.
  • Shea Butter: Bahan alami yang kaya akan lemak, memberikan kelembapan dan nutrisi pada kulit.
  • Aloe Vera: Dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan melembapkan kulit.
  • Chamomile: Membantu mengurangi peradangan dan menenangkan kulit yang iritasi.

Kandungan Face Wash

Disisi lain, face wash punya kandungan yang bersifat eksfolian dan astringent, serta bahan aktif yang punya manfaat khusus. Beberapa kandungan utama dalam face wash antara lain:

  • AHA/BHA: Asam yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.
  • Witch Hazel: Bahan alami yang berfungsi sebagai astringent, membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih.
  • Tea Tree Oil: Bahan dengan sifat antibakteri, membantu mengatasi jerawat dan mencegahnya.
  • Vitamin C: Antioksidan yang membantu mencerahkan kulit dan melawan tanda-tanda penuaan.
  • Antioksidan: Bahan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan polusi. 

Tekstur 

cleanser dulu atau facial wash dulu

Perbedaan cleanser dan face wash yang cukup terlihat adalah dari teksturnya. Biasanya, cleanser berbentuk krim atau lotion, ada juga cleanser yang punya bahan dasar minyak atau balm. Teksturnya lebih lembut.

Sementara itu, face wash bentuknya bisa gel, cair, batangan, dan menghasilkan busa. Biasanya, setelah menggunakan face wash, kulit akan terasa bersih dan kesat.

Manfaat

Meskipun sama-sama berfungsi untuk membersihkan kulit dari segala macam kotoran, tapi ada beberapa perbedaan cleanser dan facial wash dari segi manfaat.

Manfaat Cleanser

  • Meningkatkan Hidrasi

Cleanser bisa membantu membersihkan kulit tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. Ini membuatnya lebih lembab dan juga terhidrasi.

  • Lebih Lembut

Cleanser punya tekstur yang lebih lembut dan bisa menenangkan kulit. Makanya cleanser cocok untuk kulit yang kering dan sensitif.

  • Menjaga Keseimbangan pH kulit

pH kulit yang ideal adalah sekitar 5,5. Cleanser bisa membantu menjaga keseimbangan pH kulit, sehingga kulit terhindar dari kekeringan dan iritasi.

  • Memperkuat Skin Barrier

Cleanser juga bisa menjaga kekuatan skin barrier yang punya fungsi menjaga lapisan kulit dari paparan sinar matahari, polusi, dan lainnya, sekaligus mencegah munculnya masalah kulit.

Manfaat Face Wash

  • Oil Control

Face wash umumnya punya kandungan astringent yang bisa membantu mengontrol produksi sebum, sehingga bisa mengurangi kilap yang mengganggu, dan mencegah pori-pori tersumbat yang jadi penyebab jerawat.

  • Deep Clean

Face wash nggak cuma membersihkan kotoran yang ada dipermukaan kulit, tapi juga bisa membersihkan kulit secara lebih mendalam. Ini juga memungkinkan skincare lainnya bisa menyerap dan bekerja lebih efektif.

  • Mencegah Jerawat

Kayak yang udah disebut sebelumnya, face wash punya fungsi untuk mencegah pori-pori tersumbat dan juga menghindari pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

  • Mencerahkan Kulit

Fash wash bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, sehingga bisa mencegah kulit kusam dan terlihat lebih cerah. Beberapa fash wash juga punya kandungan bahan pencerah tambahan.

Baca Juga: Perbedaan Essences dan Toner.

Jenis

Perbedaan cleanser dan facial wash lainnya adalah dari jenis-jenisnya. Biasanya, ini dibedakan dari bentuk atau tekstur produknya.

Jenis Cleanser

  • Milk Cleanser

Terbuat dari emulsi alami dari air dan lemak, sehingga memungkinkan adanya pembersihan tanpa mengurangi kelembapan kulit.

  • Mild Cleanser

Cleanser jenis ini tidak menghasilkan banyak busa dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

  • Micellar Water

Umumnya digunakan untuk menghapus makeup, disarankan menggunakan face wash setelahnya.

  • Cleansing Balm

Hampir sama seperti micellar water, tapi cleansing balm diklaim lebih bersih dalam menghapus makeup.

Jenis Face Wash

  • Gel Face Wash

Seperti namanya, face wash ini berbentuk gel dan umumnya berwarna transparan.

  • Cream Face Wash

Jenis ini memberikan hidrasi menyeluruh dan pembersihan secara mendalam.

  • Foam Face Wash

Ini adalah kombinasi gel dan krim, yang menghasilkan busa saat digunakan.

  • Clay Face Wash

Teksturnya memungkinkan untuk mengangkat kotoran, minyak, dan polutan dari pori-pori.

Jenis Kulit yang Cocok

Memilih produk pembersih untuk wajah juga harus menyesuaikan dengan jenis kulit Bruver. Perbedaan kecocokan dengan jenis kulit tertentu juga menjadi perbedaan cleanser dan facial wash.

Kandungan pelembap yang ada di dalam cleanser lebih cocok kalau Bruver punya kulit yang kering dan sensitif, karena bisa menghidrasi dan menenangkan kulit.

Sedangkan, kandungan astringent yang ada di dalam face wash, lebih cocok untuk pemilik kulit berminyak, atau acne prone skin. Karena bisa membersihkan pori-pori secara mendalam, sekaligus mengontrol produksi minyak, yang bisa mencegah jerawat.

Cara Pakai

Cara pakai juga jadi perbedaan cleanser dan facial wash lainnya. Dengan mengetahui cara pakai yang tepat, kamu bisa memaksimalkan manfaat dari cleanser dan facial wash.

Cara Pakai Cleanser

  • Siapkan jenis cleanser yang akan dipakai.
  • Kalau Bruver pakai cleanser dalam bentuk krim atau balm, Bruver bisa mengaplikasikan menggunakan tangan. Tapi, kalau bentuknya cair, Bruver perlu menggunakan kapas bersih.
  • Usapkan secara merata, sampai Bruver yakin kotoran terangkat seluruhnya.
  • Bilas hingga bersih. Tapi, ada juga beberapa jenis cleanser yang tidak perlu dibilas. Bruver juga bisa melakukan teknik double cleansing jika perlu.
  • Keringkan dengan handuk yang lembut.

Cara Pakai Face Wash

  • Basahi wajah dengan air terlebih dahulu.
  • Busakan face wash menggunakan tangan.
  • Aplikasikan pada wajah secara merata, pijat dengan lembut.
  • Bilas menggunakan air bersih, hindari penggunaan air panas.
  • Keringkan dengan handuk yang lembut.

Cleanser Dulu atau Facial Wash Dulu?

Kalau Bruver punya kulit yang berminyak atau acne prone skin, Bruver bisa menggunakan cleanser di pagi hari untuk mengontrol minyak dan menyegarkan wajah. 

Kemudian, Bruver bisa menggunakan facial wash di malam hari, untuk membersihkan kulit yang telah terpapar kotoran, polusi, ataupun makeup yang menempel, setelah beraktivitas seharian.

Ada juga teknik yang disebut double cleansing. Jane Wu, MD, mendefinisikannya sebagai metode membersihkan wajah dua kali dengan cara menggunakan cleanser berbahan dasar minyak, kemudian menggunakan face wash berbahan dasar air.

Pembersihan pertama berfungsi untuk membersihkan minyak berlebih, makeup, dan kotoran lainnya. Sedangkan, pembersihan kedua bermanfaat untuk mempersiapkan kulit sebelum menerima kandungan skincare selanjutnya.

Tips: Selain Cleanser dan Facial wash, penting juga untuk mengetahui perbedaan moisturizer dan pelembab!

Rekomendasi Facial Wash untuk Bikin Wajah Glowing dan Selalu Bersih

Terlepas dari perbedaan cleanser dan facial wash, Bruver nggak boleh sembarangan dalam memilih produk untuk membersihkan wajahmu ya.

Hindari kandungan SLS, SLES, paraben, alkohol, mineral oil, dan juga pewangi buatan, untuk mencegah munculnya iritasi.

MinBruv punya rekomendasi facial wash untuk bikin wajah glowing dan selalu bersih, dan pastinya aman digunakan segala jenis kulit, yaitu Bruv For Men!

Bruv For Men diperkaya dengan kandungan aktif alami yang bermanfaat untuk kulit, di antaranya activated bamboo charcoal yang berfungsi mengangkat kotoran dan minyak berlebih, serta membantu melawan bakteri penyebab jerawat. 

Kemudian, argan oil yang bisa melembapkan dan menutrisi kulit, sehingga wajah terasa lebih halus dan kenyal. 

Terakhir, ada peppermint oil yang memberikan sensasi dingin dan menyegarkan, serta membantu menenangkan kulit.

Tunggu apa lagi? Gunakan Bruv For Men dua kali sehari, pagi dan malam, untuk hasil terbaik.

Share This Post

Discover More