Perbedaan Essence dan Toner, Jangan Pernah Keliru Lagi!

perbedaan essence dan toner

Punya tekstur yang hampir sama, perbedaan essence dan toner emang sulit terlihat. Apalagi keduanya sama-sama populer dalam skincare routine

Nah, sebelum bahas perbedaanya, kita kenalan dulu yuk, sama beda essence dan toner!

Essence

Essence sebenarnya adalah skincare berbasis air dengan kandungan bahan-bahan aktif yang berfungsi untuk menghidrasi, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Produk ini dirancang untuk menembus lapisan kulit lebih dalam daripada toner, dan memberikan manfaat yang lebih intens.

Secara umum, essence mengandung bahan-bahan seperti berikut ini:

  • Air, yang berfungsi sebagai dasar essence dan menghidrasi kulit
  • Gliserin atau glikol, yang merupakan agen pelembab yang membantu mengikat kelembaban pada kulit
  • Hyaluronic Acid, yang membantu melembabkan lebih lanjut dan membuat kulit lebih kenyal
  • Ekstrak tumbuhan botani, yang dapat memberikan manfaat antioksidan dan antiinflamasi
  • Produk sampingan fermentasi yeast, yang memiliki berbagai manfaat, seperti perlindungan UV
  • Vitamin, mineral, dan lipid, yang semuanya berkontribusi pada kekuatan dan nutrisi sel kulit

Healthline melaporkan bahwa essence umumnya punya kandungan alami yang jarang menimbulkan efek negatif pada kulit, makanya aman digunakan semua jenis kulit.

Toner 

Toner wajah adalah cairan berbasis air yang mengandung bahan-bahan aktif seperti ekstrak tumbuhan, vitamin, dan bahan lainnya yang membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Toner biasanya memiliki konsistensi yang ringan dan cepat meresap ke dalam kulit.

Toner membantu mengangkat sisa kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati di pori-pori setelah Bruver mencuci muka.  Kalau Bruver rutin menggunakannya setiap hari, toner bisa memberikan dampak positif yang besar pada penampilan dan kekencangan pori-pori. 

Ada beberapa jenis toner, tapi hydrating toner dan exfoliating toner adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan.

  • Hydrating Toner: Mengandung bahan-bahan pelembap seperti hyaluronic acid, glycerin, dan aloe vera yang memberikan hidrasi ekstra untuk kulit kering atau dehidrasi.
  • Exfoliating Toner: Mengandung bahan-bahan eksfoliasi seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, dan mengatasi masalah jerawat.

Perbedaan Essence dan Toner

bedanya essence dan toner

Setelah tau definisinya, waktunya kita bahas apa bedanya essence dan toner. Ada beberapa faktor yang jadi perbedaan essence dan toner, antara lain:

Kegunaan

Perbedaan essence dan toner yang pertama terletak pada kegunaannya. Toner digunakan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran, minyak, dan makeup yang mungkin tertinggal setelah pembersihan. Toner juga membantu mengembalikan pH kulit dan menyiapkan kulit untuk penyerapan produk perawatan berikutnya.

Essence bertujuan untuk memberikan hidrasi dan nutrisi ke dalam kulit setelah penggunaan toner. Essence juga dapat membantu meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit berikutnya seperti serum dan pelembap.

Manfaat

Selain kegunaan, manfaat keduanya juga jadi perbedaan essence dan toner. Berikut penjelasan lengkapnya:

Manfaat Essence:

  1. Melembapkan dan menutrisi kulit.

Essence dirancang untuk memberikan hidrasi mendalam pada kulit, yang sangat penting untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

  1. Memperbaiki Tekstur Kulit 

Essence mengandung bahan-bahan yang membantu memperbaiki tekstur kulit. Penggunaan essence bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut, serta tampilan pori-pori menjadi lebih kecil. 

  1. Meningkatkan Kecerahan

Essence biasanya mengandung bahan-bahan yang bisa membantu mencerahkan kulit, sehingga warna kulit keliatan lebih merata, glowing dan bebas dari kusam. 

  1. Membantu Penyerapan Produk Selanjutnya

Penggunaan essence sebelum serum dan pelembap meningkatkan efektivitas produk-produk tersebut, memastikan bahwa bahan aktif dapat bekerja lebih baik pada kulit.

  1. Mencegah Tanda Penuaan

Menggunakan essence bisa membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Toner:

  1. Membersihkan Sisa Kotoran dan Minyak

Toner melengkapi proses pembersihan wajah. Toner dapat mengangkat sisa kotoran, bakteri, makeup, polusi, dan debu yang mungkin tertinggal setelah mencuci muka. Dengan toner, kulit Bruver bisa mendapatkan pembersihan ekstra mendalam.

  1. Menyeimbangkan pH Kulit

Dr. Alok Vij, MD, dari Cleveland Clinic berpendapat bahwa meskipun pelembab juga mengandung asam yang membantu mengatur pH kulit, toner tetap berperan penting dalam mengembalikan keseimbangan pH kulit secara optimal. Hal ini karena konsentrasi asam di dalamnya lebih tinggi dan lebih efektif dalam menetralisir alkalinitas air sadah dan produk pembersih wajah yang keras.

  1. Memberikan Hidrasi Ringan

Kandungan air yang tinggi dalam toner dapat membantu menghidrasi kulitmu. Apalagi, biasanya toner juga biasanya mengandung bahan lain yang bersifat melembapkan.

  1. Menyegarkan Kulit

Toner dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pada kulit, terutama toner yang bersifat menenangkan dan menghidrasi. Toner juga dapat membuat kulit terasa lebih segar dan berenergi, terutama setelah beraktivitas.

  1. Melindungi Kulit

Penggunaan toner setelah mencuci muka dapat membantu menutup pori-pori, sehingga kulit lebih terlindungi dari paparan lingkungan. Ini juga membantu membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Baca Juga: Perbedaan Moisturizer dan Pelembab serta Perbedaan Day Cream dan Moisturizer yang sangat penting untuk diketahui.

Tekstur

Perbedaan essence dan toner selanjutnya terletak pada tekstur. Essence biasanya memiliki tekstur yang lebih cair atau seperti gel ringan dibandingkan serum, namun lebih kental daripada toner. Tekstur ini bisa lebih mudah menyerap dan nggak lengket. Selain itu, tekstur essence juga bisa memberikan kelembapan yang lebih tahan lama.

Sedangkan, toner biasanya memiliki tekstur yang sangat cair dan ringan, mirip dengan air. Tekstur cair ini memungkinkan toner lebih cepat menyerap, tidak meninggalkan residu, dan menyegarkan kulit wajah. 

Urutan Pemakaian

Perbedaan essence dan toner selanjutnya dilihat dari urutan pemakaian. Toner digunakan setelah pembersihan untuk menyeimbangkan pH kulit dan memberikan hidrasi ringan, serta mempersiapkan kulit untuk penyerapan produk berikutnya. 

Essence digunakan setelah toner untuk memberikan hidrasi mendalam dan menutrisi kulit. Essence juga mempersiapkan kulit untuk penyerapan produk perawatan berikutnya, seperti serum dan pelembap.

Perbedaan Hydrating Toner dan Essence Toner

Hydrating toner dan essence toner adalah dua jenis produk skincare yang mungkin terdengar mirip, tetapi keduanya punya fungsi dan komposisi yang berbeda, lho. 

Hydrating toner adalah toner yang menghidrasi serta menenangkan kulit dan seringkali mengandung gliserin yang melembapkan. Sedangkan, essence toner berfungsi sebagai gabungan antara toner dan essence, memberikan hidrasi lebih dalam serta nutrisi bagi kulit.

Berikut adalah perbedaan lain hydrating toner dan essence toner:

  • Hydrating toner punya tekstur yang sangat cair dan mirip air, sedangkan, essence toner sedikit lebih kental dari hydrating toner.
  • Hydrating toner umumnya punya kandungan yang melembapkan, sedangkan essence toner punya kandungan bahan aktif.
  • Hydrating toner cepat meresap tanpa residu, sedangkan essence toner meresap lebih dalam dengan manfaat tambahan.

Lebih Bagus Essence atau Toner?

lebih bagus essence atau toner

Baik essence maupun toner punya manfaatnya masing-masing untuk kesehatan kulit. Kalau tujuan Bruver adalah membersihkan dan menyeimbangkan pH kulit, toner adalah pilihan yang lebih baik. Tapi, kalau Bruver ingin meningkatkan hidrasi dan memberikan nutrisi mendalam, essence mungkin lebih baik.

Penggunaan kedua produk ini secara bersamaan dapat memberikan hasil yang optimal. Pakai toner terlebih dahulu setelah membersihkan wajah, baru setelah itu aplikasikan essence untuk menghidrasi kulit dan mempersiapkan kulit untuk skincare routine selanjutnya.

Gimana? Udah paham kan, sama perbedaan essence dan toner? Nah, sebelum menggunakan keduanya, sebaiknya bersihkan dulu wajahmu dengan cara mencuci muka menggunakan face wash terbaik, Bruv Face Wash!

Sabun ini punya kandungan aktif yang juara. Ada activated bamboo charcoal yang ampuh bersihkan kotoran dan minyak di wajah, argan oil yang bikin kulit lembab dan terhidrasi, dan peppermint oil yang bikin wajah Bruver segar dan dingin. 

Selain itu, Bruv Face Wash juga aman buat semua jenis kulit. Nggak bikin kulit kering, nggak bikin iritasi, dan nggak bikin komedo. Cocok banget buat Bruver yang punya kulit sensitif.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, cobain Bruv Face Wash sekarang! Dijamin, wajah Bruver bakal makin glowing dan sehat.

Share This Post

Discover More