Perbedaan Day Cream dan Moisturizer, dari Kandungan Hingga Waktu Pemakaian

perbedaan day cream dan moisturizer

Bruver, pernah nggak liat ada produk day cream sama moisturizer di rak skincare atau di online shop? Kira-kira, Bruver pilih yang mana? Atau masih bingung, apakah moisturizer dan day cream itu sama? Sebenarnya keduanya nggak sama lho. Dalam artikel ini, kita akan bahas perbedaan day cream dan moisturizer.

day cream biasanya diformulasikan khusus untuk kebutuhan skincare routine di pagi hari. Day cream umumnya punya tekstur ringan, encer, nggak berminyak, dan lebih cepat menyerap ke dalam kulit.

Kebanyakan day cream juga punya kandungan SPF yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari, meskipun mungkin nggak cukup. Selain sunscreen, day cream juga punya kandungan lain yang punya fungsi khusus, misalnya untuk mencerahkan, atau mengatasi berbagai masalah kulit.


Kalau moisturizer atau pelembap itu adalah produk perawatan kulit yang fokus utamanya adalah menjaga kulit tetap lembab. Jenis moisturizer ini macem-macem, ada yang bentuknya krim, gel, atau lotion

Bruver juga bisa pakai moisturizer kapan aja, baik pagi, siang, sore, atau malam. Moisturizer ini ngebantu kulit biar nggak kering dan selalu terhidrasi dengan baik.

Perbedaan Day Cream dan Moisturizer

bedanya perbedaan day cream dan moisturizer

Jadi, kalau diliat dari definisinya, keduanya jelas punya fungsi utama yang berbeda ya. Terus, selain itu, apa bedanya day cream dan moisturizer? Berikut ini perbedaan day cream dan moisturizer lainnya:

Kandungan

Perbedaan yang pertama adalah diliat dari kandungannya. Kalau moisturizer fokus ke kandungan yang melembapkan kayak  hyaluronic acid, glycerin, dan ceramide. 

Sedangkan, day cream biasanya punya kandungan lain yang punya fungsi melindungi kulit di pagi dan siang hari. Salah satu kandungan yang umumnya ada di day cream adalah SPF yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Fungsi

Fungsi utama kedua skincare tersebut juga jadi perbedaan. Moisturizer punya fungsi utama untuk menjaga kelembapan kulit. 

Disisi lain, day cream nggak cuma melembapkan, tapi melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat 

Ada beberapa perbedaan day cream dan moisturizer yang perlu Bruver ketahui, antara lain:

Manfaat Day Cream

  • Perlindungan dari Sinar UV: Day cream biasanya mengandung SPF yang melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet.
  • Melindungi dari Polusi: Day cream juga umumnya mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dari polusi udara.
  • Melembapkan Kulit: Sama kayak moisturizer, day cream juga menjaga kelembapan kulit.
  • Mencerahkan Kulit: Banyak day cream yang mengandung bahan pencerah kayak vitamin C atau niacinamide, yang membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.
  • Membuat Kulit Lebih Halus dan Lembut: Kandungan emolien dalam day cream bisa membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

Manfaat Moisturizer

  • Hidrasi Maksimal: Moisturizer mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, glycerin, dan ceramide yang membantu mengunci kelembapan kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal.
  • Memperbaiki Skin Barrier: Skin Barrier sangat penting untuk kesehatan kulit kita. Nah, bahan yang ada dalam moisturizer bisa membantu memperkuat lapisan skin barrier.
  • Mengurangi Kulit Kering dan Mengelupas: Moisturizer sangat efektif mengatasi kulit kering, kasar, dan mengelupas.
  • Menenangkan Kulit: Banyak moisturizer yang mengandung bahan yang menenangkan kulit seperti aloe vera, chamomile, atau calendula, yang bagus buat kulit sensitif atau iritasi.
  • Membantu Proses Regenerasi Kulit: Menggunakan moisturizer terutama pada malam hari membantu proses regenerasi kulit saat tidur, sehingga kulit terlihat lebih segar dan sehat di pagi hari.
  • Mengurangi Garis Halus dan Kerutan: Kelembapan yang cukup bisa membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, membuat kulit terlihat lebih muda.
  • Meningkatkan Elastisitas Kulit: Dengan hidrasi yang baik, elastisitas kulit meningkat, sehingga kulit terasa lebih kencang dan elastis.

Tekstur

Day cream biasanya punya tekstur yang sedikit lebih tebal karena mengandung SPF dan bahan pelindung lainnya. 

Sedangkan, moisturizer cenderung lebih ringan dan mudah meresap, terutama yang ditujukan untuk kulit berminyak atau kombinasi. Ini jadi perbedaan day cream dan moisturizer selanjutnya.

Warna 

Warna juga menjadi indikator beda moisturizer dan day cream. Kalau day cream biasanya punya warna agak putih atau kekuningan tergantung kandungan SPF-nya. Kadang, day cream juga punya efek tone-up saat diaplikasikan ke wajah Bruver.

Moisturizer punya warna yang lebih netral, yaitu transparan atau putih.

Waktu Pemakaian

Day cream umumnya dipakai di pagi hari setelah Bruver melakukan skincare routine sebelumnya. Bruver juga bisa menggunakannya di siang hari, karena kebanyakan day cream punya kandungan SPF.

Moisturizer bisa dipakai kapan aja sesuai kebutuhan, pagi, siang, atau malam.

Baca Juga: Perbedaan Moisturizer dan Pelembap.

Urutan Pemakaian Moisturizer dan Day Cream

Setelah tau perbedaan day cream dan moisturizer, timbul pertanyaan baru, ‘Apakah boleh memakai day cream dan moisturizer secara bersamaan?’

Jawabannya, boleh Bruver. Tapi, pastikan day cream dan moisturizer yang dipakai cocok dengan jenis kulit. Usahakan pakai produk yang ringan dan non-comedogenic, supaya nggak menyumbat pori-pori saat dilayer.

Terus, ketika mau dipakai bersamaan, yang mana duluan moisturizer atau day cream?

Moisturizer adalah produk yang fokusnya melembapkan dan menghidrasi kulit. Dengan mengaplikasikannya terlebih dahulu, moisturizer akan memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk selanjutnya.

Setelah moisturizer menyerap, Bruver bisa mengaplikasikan day cream secara merata di wajah. Day cream bisa menjadi lapisan pelindung kulit terluar dengan kandungan SPF-nya.

Tapi inget, setiap kulit punya reaksi yang beda-beda terhadap produk skincare. Kalau Bruver merasa kulit jadi iritasi atau bermasalah, coba hentikan penggunaan salah satu produk untuk lihat mana yang jadi penyebabnya.

Artikel Terkait: Ciri Ciri Wajah Rusak Akibat Cream.

Lebih Bagus Day Cream atau Moisturizer?

Sebenernya, lebih bagus yang mana tergantung dengan kebutuhan dan kondisi kulit Bruver.

Misalnya, kalau Bruver punya kulit yang super kering, kusam, sampai mengelupas, tandanya Bruver lebih butuh moisturizer. Moisturizer juga punya kelebihan lain, yaitu bisa digunakan kapan saja sesuai kebutuhan Bruver.

Sedangkan, kalau Bruver sering beraktivitas pada pagi hari dan siang hari, day cream dengan SPF mungkin lebih Bruver butuhkan sebagai perlindungan. Kelebihan day cream lainnya adalah kepraktisannya, ketika day cream sudah mengandung SPF, Bruver nggak perlu pakai sunscreen lagi.

Sebelum Day Cream dan Moisturizer, Pastikan Pakai Bruv Face Wash

Nah, sebelum pakai day cream dan moisturizer, ada satu step penting yang nggak boleh Bruver lewatin, yaitu membersihkan muka. Pastikan Bruver pakai cleanser yang cocok sama jenis kulitmu dan nggak mengandung bahan-bahan yang keras.

Salah satu sabun cuci muka favorit para pria adalah Bruv Face Wash, yang punya kandungan aktif bermanfaat, yaitu activated charcoal, argan oil, dan peppermint oil.

Activated charcoal bisa membantu membersihkan pori-pori secara mendalam, mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan mencegah jerawat.

Kandungan argan oil dalam Bruv Face Wash memberikan kelembapan ekstra buat kulit, karena kaya akan vitamin E dan asam lemak.

Peppermint oil di dalam Bruv Face Wash memberikan sensasi dingin yang menyegarkan. Nggak cuma itu, peppermint oil ini juga punya sifat antibakteri dan antiinflamasi yang baik buat kulit.

Dengan rutin cuci muka pakai Bruv Face Wash sebelum menggunakan day cream dan moisturizer, Bruver bisa memastikan kulitmu bersih, segar, dan siap menerima semua manfaat dari produk perawatan kulit yang Bruver pakai. 

Share This Post

Discover More