Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam, Mau Glowing Harus Tahu Ini

Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam

Muka Bruver kusam, berminyak, dan jerawatan? Udah coba berbagai produk tapi nggak mempan? Jangan-jangan Bruver salah pilih sabun cuci muka! 

Bruver tau nggak? ada dua jenis sabun cuci muka yang populer di pasaran, yaitu facial wash dan facial foam. Keduanya punya fungsinya masing-masing lho.

Terus, apa bedanya facial wash dan facial foam? Artikel ini akan bahas perbedaan facial wash dan facial foam, supaya Bruver nggak salah pilih lagi!

Apa Itu Facial Wash?

Facial wash itu sabun khusus yang dirancang untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Beda sama sabun muka biasa yang bisa bikin kulit kering dan ketarik, facial wash diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit wajah.

Manfaat Facial Wash:

  • Membersihkan Wajah

Facial wash mampu mengangkat kotoran, minyak, dan makeup secara menyeluruh tanpa membuat kulit kering atau iritasi.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan bahan-bahan alami dalam facial wash membantu menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan flek hitam.

  • Melembapkan Kulit

Facial wash diformulasikan dengan bahan-bahan yang dapat menjaga kelembapan kulit wajah sehingga tidak terasa kering dan ketarik setelah cuci muka.

  • Mencerahkan Kulit

Facial wash dengan kandungan vitamin C dan bahan pencerah lainnya dapat membantu mencerahkan kulit wajah dan membuat wajah tampak lebih segar.

Manfaat yang banyak ini biasanya berasal dari teksturnya yang beda-beda. Tekstur yang umum di facial wash antara lain gel, cream, lotion, dan padat atau batangan.

Meskipun sabun cuci muka umumnya aman untuk semua jenis kulit, facial wash memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya lebih cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Facial wash diformulasikan dengan bahan-bahan yang lebih lembut dibandingkan sabun cuci muka biasa. Hal ini meminimalisir risiko iritasi dan kemerahan pada kulit sensitif.

Facial wash umumnya memiliki pH yang seimbang dengan pH alami kulit. Hal ini membantu menjaga keseimbangan minyak dan air pada kulit, sehingga mencegah kekeringan dan iritasi.

Cara menggunakannya, cukup cuci wajah dan tangan dulu, terus tuang facial wash ke tangan. Usapkan ke muka dengan lembut sambil dipijat pelan. Cuci bersih pakai air dan keringin pakai handuk.

Apa Itu Facial Foam?

bedanya Facial Wash dan Facial Foam

Facial foam adalah sabun muka yang menghasilkan busa tebal saat dicampur air. Busa ini membantu membersihkan wajah lebih menyeluruh dan mengangkat kotoran, minyak, dan keringat di pori-pori.

Busa dalam facial foam biasanya berasal dari bahan-bahan yang disebut surfaktan, atau surface active agent. Dikutip dari National Institutes of Health, ketika dicampur dengan air, surfaktan akan membentuk struktur seperti bola dengan bagian hidrofilik di luar dan bagian hidrofobik di dalam. Bola-bola ini yang menghasilkan busa dalam facial foam.

SLS dan SLES adalah surfaktan yang kuat dan menghasilkan banyak busa. Tapi hati-hati, SLS dan SLES bisa bikin kulit kering dan iritasi.

Sedangkan, cocamidopropyl betaine adalah surfaktan yang lebih lembut dan tidak terlalu banyak menghasilkan busa. Cocamidopropyl betaine lebih cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Manfaat Facial Foam:

  1. Membersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Busa facial foam mampu menjangkau pori-pori dan mengangkat kotoran, minyak, dan makeup secara lebih menyeluruh dibandingkan sabun cuci muka biasa. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat.

  1. Mengontrol Minyak

Facial foam yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dapat membantu mengontrol produksi minyak dan mencegah jerawat. Kandungan seperti Salicylic Acid dan Tea Tree Oil dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih.

  1. Mengecilkan Pori-pori

Penggunaan facial foam secara rutin dapat membantu mengecilkan pori-pori dan membuat kulit tampak lebih halus. Busa facial foam dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, sehingga pori-pori tampak lebih kecil.

  1. Mencerahkan Kulit

Facial foam yang mengandung bahan-bahan pencerah seperti Vitamin C dan Niacinamide dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam.

  1. Melembapkan Kulit

Facial foam yang diformulasikan untuk kulit kering dapat membantu melembapkan kulit dan mencegah kekeringan. Kandungan seperti Hyaluronic Acid dan Glycerin dapat membantu menjaga hidrasi kulit.

  1. Memberikan Efek Segar

Sensasi busa yang dingin dan menyegarkan dapat memberikan efek segar dan bangunkan wajah di pagi hari.

Untuk menggunakannya, cukup basahi wajah dan telapak tangan, kemudian keluarkan facial foam pada telapak tangan. Gosok secara perlahan hingga berbusa. Aplikasikan pada wajah dan pijat perlahan dengan gerakan memutar. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

Rekomendasi Artikel: Hyaluronic Acid di Skincare Tidak Boleh Dicampur dengan Kandungan Apa?

Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam

infografis perbedaan facial wash dan facial foam

Meskipun punya fungsi yang sama, yaitu membersihkan kulit wajah, tapi keduanya nggak sama lho. Berikut ini perbedaan facial wash dan facial foam:

1. Tekstur 

Perbedaan yang paling keliatan itu dari segi teksturnya. Kalau facial wash biasanya punya tekstur gel, creamy, lotion, atau padat, facial foam punya tekstur yang sama kayak namanya, yaitu berbusa.

2. Kandungan

Biasanya, perbedaan facial wash dan facial foam itu juga terletak di kandungannya. Facial wash punya kandungan surfaktan atau bahan pembersih yang lebih sedikit dari facial foam.

Facial wash juga punya lebih banyak bahan pelembap, dibandingin facial foam yang cenderung punya bahan pengontrol minyak atau bahan pencerah.

Baca Juga: Apakah Kandungan AHA bisa untuk Wajah?

3. Fungsi

Meskipun sama-sama bisa membersihkan wajah, keduanya juga punya fungsi lain lho. Facial wash biasanya berfungsi untuk menyegarkan wajah, menyegarkan, melembapkan, dan mencegah iritasi.

Sedangkan facial foam punya fungsi untuk mengangkat minyak berlebih, membersihkan sel kulit mati, dan juga mencerahkan kulit wajah.

4. Jenis Kulit yang Cocok

Perbedaan selanjutnya adalah jenis kulit yang cocok. Facial wash cenderung cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan sensitif.

Sedangkan, facial foam punya tekstur yang lebih cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

5. Cara Penggunaan

Jangan salah, cara penggunaan juga termasuk perbedaan antara facial wash dan facial foam. Facial wash nggak perlu dibusakan terlebih dahulu, sedangkan facial foam harus digosok-gosok dulu sampai berbusa, sebelum diaplikasikan ke wajah.

Facial wash umumnya lebih lembut dan cocok untuk semua jenis kulit, sedangkan facial foam bisa bikin kulit lebih kering dan cocok untuk kulit berminyak.

Facial Wash Bruv For Men

aturan pakai sabun muka bruv

Setelah membahas tentang perbedaan facial wash dan facial foam, kenalin nih, facial wash yang beda dari yang lain, Bruv For Men!

Sabun ini didesain dengan tekstur padat atau batangan, tapi mudah dipotek, sehingga bisa dipakai bareng-bareng alias shareable. Produknya yang travel size bikin Bruv gampang dibawa kemana-mana.

Nggak cuma praktis, tapi Bruv juga punya segudang manfaat lho! Kandungan activated bamboo charcoalnya bantu bersihin wajah dari kotoran dan minyak, argan oilnya bikin wajah lembap dan kenyal, dan peppermint oilnya bikin wajah seger dan bebas kusam.

Udah gitu, Bruv For Men cocok buat semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Jadi, nggak perlu khawatir iritasi atau alergi. Yuk, Bruver! Buruan cobain Bruv For Men dan rasakan sendiri manfaatnya! Dapetin wajah yang bersih, segar, dan ganteng impian Bruver.

Share This Post

Discover More