Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula, Jangan Sampai Keliru!

Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula

Skincare tidak hanya untuk wanita, lho! Bruver juga perlu skincare untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Kulit wajah Bruver sama pentingnya dengan kulit wajah wanita. Apalagi, pria lebih rentan terkena masalah kulit karena beberapa faktor, misalnya lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar polusi serta sinar matahari. Bruver bisa mengalami masalah-masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, dan penuaan dini.

Dengan menggunakan skincare dan urutan skincare pagi dan malam untuk pemula yang tepat, Bruver dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kulit wajah Bruver akan menjadi lebih sehat, cerah, dan awet muda.

Terus gimana urutan skincare pagi dan malam untuk pemula? 

Pentingnya Tahu Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula

Skincare adalah rangkaian perawatan kulit yang dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Apalagi, kulit itu organ terbesar di tubuh manusia yang punya fungsi melindungi tubuh dari berbagai faktor berbahaya, seperti sinar matahari, polusi, dan radikal bebas. 

Urutan skincare pagi dan malam untuk pemula dapat membantu melindungi kulit dari faktor-faktor berbahaya tersebut dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Skincare sendiri terdiri dari berbagai macam produk yang memiliki fungsi masing-masing. 

Urutan rangkaian Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula

Mungkin di dunia ini ada puluhan bahkan ratusan jenis skincare, mulai dari produk dasar yang wajib digunakan setiap hari, hingga produk yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Untuk Bruver yang belum terbiasa, sebaiknya mulai dari tahapan skincare pagi dan malam untuk pemula yang sederhana dan mudah untuk diterapkan.

Urutan Skincare Pagi untuk Pemula

Merawat kulit sebaiknya dimulai di pagi hari, dimana kulit Bruver belum terpapar sinar matahari dan polusi. Rutinitas perawatan kulit di pagi hari dapat membantu melindungi dan mempersiapkan kulit sebelum Bruver beraktivitas. Berikut ini urutan skincare pagi untuk pemula: 

1. Mencuci Muka

Bruver, tahu nggak kalau kulit kita memproduksi minyak alami saat tidur? Minyak ini berfungsi untuk menghidrasi kulit. Tapi, minyak ini juga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, produk skincare yang Bruver pakai malam hari juga bisa meninggalkan residu.

Nah, cuci muka itu salah satu urutan skincare yang penting banget buat menghilangkan minyak dan kotoran ini. Kulit jadi lebih bersih dan terhindar dari jerawat. Pori-pori juga jadi terbuka, sehingga produk skincare yang Bruver pakai di pagi hari bisa lebih meresap.

Tips Mencuci Muka untuk Bruver

  • Gunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit Bruver. 
  • Cuci muka dengan air hangat selama 2-3 menit.
  • Pijat wajah dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari.
  • Bilas wajah dengan air bersih.
  • Keringkan wajah dengan handuk bersih.

2. Gunakan Toner

Urutan skincare pagi dan malam yang sering dikesampingkan adalah menggunakan toner. Padahal, toner punya banyak manfaat yang bisa bikin kulit bruver makin oke, misalnya bisa bikin kulit lebih segar, menghilangkan sisa kotoran, menyeimbangkan pH kulit, sampai melembapkan kulit

Ada dua jenis toner yang Bruver harus tau, yaitu:

  • Hydrating toner

Hydrating toner adalah jenis toner yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Toner ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan sensitif.

  • Exfoliating toner

Exfoliating toner adalah jenis toner yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Toner ini cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

3. Gunakan Serum

Serum adalah produk perawatan kulit yang bisa bikin kulit Bruver makin oke. Serum mengandung bahan aktif yang terkonsentrasi, ringan dan mudah meresap ke dalam kulit sehingga cocok untuk Bruver yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk merawat kulit.

Pakai serum berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, melembapkan kulit, dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat, keriput, hiperpigmentasi, hingga garis halus.

Jenis-jenis serum juga banyak banget Bruver, tinggal sesuaiin sama kebutuhan kulit aja, misalnya ada serum niacinamide, vitamin C, hyaluronic acid, peptides, green tea, retinoid, dan masih banyak lagi.

4. Jaga Kelembapan Kulit

Pelembap adalah salah satu step penting dalam rangkaian skincare pagi dan malam untuk pemula. Setelah menggunakan rangkaian skincare sebelumnya, Bruver bisa mengaplikasikan pelembap secara merata. Oleskan dari sisi terluar wajah ke tengah, mulai dari dagu ke atas, hingga ke leher.

Pelembap berfungsi untuk menjaga kelembaban, mencegah kulit kering, melindungi dari polusi dan sinar UV, mendukung elastisitas kulit untuk menghindari penuaan dini, membantu proses penyembuhan, dan juga menjaga keseimbangan minyak alami kulit.

5. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen itu penting banget buat Bruver. Bukan cuma buat cegah kulit gosong, tapi juga buat cegah keriput dan penuaan dini. Bruver bisa pakai sunscreen minimal SPF 30 sebanyak dua ruas jari ke seluruh area wajah dan leher 30 menit sebelum terpapar sinar matahari. Jangan lupa re-apply ya setiap 2 jam sekali, atau lebih sering jika Bruver berkeringat atau berenang.

Ada dua jenis utama sunscreen yang umum di pasaran, antara lain:

  • Chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV. Sinar UV yang diserap akan berubah menjadi panas dan dibuang dari tubuh. Chemical sunscreen biasanya lebih ringan dan mudah meresap ke dalam kulit daripada physical sunscreen.
  • Physical sunscreen bekerja dengan memantulkan sinar UV. Sinar UV yang dipantulkan akan kembali ke atmosfer dan tidak mencapai kulit. Physical sunscreen biasanya lebih terasa lengket dan tebal daripada tabir surya kimia.

Selain soal urutan, Bruver juga harus paham mengenai kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Urutan Skincare Malam untuk Pemula

Sebenarnya, urutan skincare malam untuk pemula tidak jauh berbeda dengan urutan skincare pagi untuk pemula. Jangan malas melakukan skincare routine malam karena kulit beregenerasi dengan lebih cepat pada malam hari. Berikut ini urutan skincare malam untuk pemula:

1. Bersihkan Wajah

Saat malam hari, Bruver harus membersihkan wajah lebih ekstra lagi, karena dari pagi hingga sore hari, Bruver terpapar polusi, debu, dan kotoran lainnya. Lakukan dengan teknik double cleansing atau metode pembersihan wajah yang melibatkan dua tahap pembersihan untuk memastikan kulit benar-benar bersih menyeluruh. 

Pertama, gunakan pembersih berbahan dasar minyak, seperti cleansing oil, cleansing balm, makeup remover, micellar water, dan sejenisnya. Kemudian, pada tahap kedua gunakan pembersih berbasis air seperti facial wash, dan bilas hingga bersih.

2. Gunakan Toner

Jangan salah, toner tidak hanya cukup digunakan pada pagi hari, namun juga pada malam hari. Pada malam hari, kulit akan beregenerasi lebih cepat. Toner juga bisa membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang masih tertinggal.

Gunakan toner setelah mencuci muka di malam hari. Tuangkan toner secukupnya ke kapas, lalu usapkan ke seluruh wajah dan leher. Pijat wajah secara lembut dengan gerakan melingkar untuk membantu toner menyerap ke dalam kulit.

3. Gunakan Eye Cream

Mata adalah area yang paling sensitif dan lebih tipis dari area wajah lainnya, dan juga area yang paling rentan terhadap penuaan. Eye cream dapat membantu melindungi kulit di area mata dari kerusakan dan penuaan, serta membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan yang sudah muncul, seperti garis-garis halus, kerutan, kulit kendur, dan lingkaran hitam di bawah mata.

Kenapa lebih efektif saat malam hari? Pada malam hari, tidak ada makeup atau sunscreen yang menghalangi penyerapan eye cream ke dalam kulit. Ini memungkinkan bahan-bahan aktif bekerja lebih efektif dan mencapai lapisan kulit yang lebih dalam.

Rekomendasi Artikel: Hyaluronic Acid Tidak Boleh Dicampur dengan?

4. Gunakan Pelembap

Kulit wajah beregenerasi dengan lebih cepat saat tidur, sehingga kulit memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit. Pelembap membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit dapat bernapas dengan baik dan proses regenerasi kulit dapat berjalan lancar.

infografis Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula

Sering Malas Pakai Skincare? Bruv For Men Solusinya

Urutan skincare pagi dan malam untuk pemula seperti yang dipaparkan diatas mungkin kelihatan ribet, dan bikin Bruver jadi makin malas pakai skincare.

Eits, jangan khawatir! Bruv For Men bisa jadi solusi buat Bruver yang sering malas pakai skincare.

Bruv For Men adalah sabun batang yang praktis dan multifungsi. Sabun muka yang sekaligus bisa digunakan untuk membersihkan kulit tubuh, sehingga Bruver bisa menghemat waktu dan tenaga.

Sabun ini memiliki kandungan aktif seperti activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan sisa makeup, serta melembapkan dan menyegarkan kulit.

Yuk, mulai rutin pakai Bruv For Men biar kulit Bruver tetap sehat dan ganteng sepanjang hari!

Share This Post

Discover More