Apakah Sabun Mandi Bisa untuk Wajah? Fakta Ini Membuktikan

apakah sabun mandi bisa untuk wajah

Siapa yang kalau pakai sabun lebih suka all-in-one, alias sabun mandi yang dipakai untuk badan, juga dipakai untuk wajah? Tunggu dulu! Jangan sembarangan. 

Meskipun praktis, sabun mandi umumnya diformulasikan dengan kandungan yang terlalu keras untuk kulit wajah yang lebih sensitif. Hal ini bisa mengakibatkan berbagai masalah kulit, seperti iritasi, kulit kering, dan jerawat. 

Akan tetapi, ini masih menuai perdebatan, Bruver. Soalnya, banyak orang yang merasa tidak masalah dengan hal tersebut, bahkan ada yang merasa lebih cocok. 

Nah, dalam artikel ini, kita akan bahas apakah sabun mandi bisa untuk wajah. Simak sampai habis ya!

Apakah Sabun Mandi Bisa untuk Wajah?

Setelah beraktivitas seharian, kulit akan terasa kotor, lengket, dan berminyak. Apalagi, kalau Bruver melakukan aktivitas di luar ruangan, udah pasti polusi, minyak berlebih, keringat, dan kotoran lainnya akan menempel di permukaan kulit.

Kalau nggak dibersihkan dengan baik, kotoran-kotoran ini bisa menumpuk, menyumbat pori-pori, serta menyebabkan berbagai masalah kulit.

Sabun mandi bekerja dengan cara melarutkan kotoran yang ada di dalam permukaan kulit. Healthline juga menyebut kalau sabun mandi bisa memecah lapisan minyak dan mengangkat patogen kulit. 

Nggak cuma itu, kebanyakan sabun mandi juga bisa mengandung antibakteri yang bisa mencegah munculnya masalah-masalah kulit. 

Inilah yang menjadi alasan utama banyak orang memilih sabun mandi untuk cuci muka, selain praktis, juga lebih ekonomis dibandingkan membeli sabun cuci muka khusus.

Meskipun punya banyak manfaat untuk kulit, apakah sabun mandi bisa untuk wajah?

Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan itu tergantung jenis sabun yang Bruver pilih. Tapi, sebagian besar sabun mandi nggak dianjurkan digunakan untuk wajah.

Kenapa Sabun Mandi Tidak Bisa untuk Kulit Wajah?

Banyak orang tanpa sadar menggunakan sabun mandi biasa untuk wajah, padahal hal ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan kulit. 

Pertimbangkan dulu beberapa alasan kenapa sabun mandi tidak bisa untuk kulit wajah berikut ini:

  • Kandungan Pewangi dan Pewarna

Sabun batang memang biasanya dilengkapi dengan berbagai macam zat pewangi dan pewarna untuk memberikan aroma dan tampilan yang menarik. 

Pewangi, yang biasanya berupa parfum atau fragrance, terbuat dari campuran bahan kimia yang menghasilkan aroma harum. Sementara itu, pewarna digunakan untuk memberikan warna-warni yang eye-catching pada sabun.

Tapi, penggunaan bahan-bahan ini pada sabun batang dapat menimbulkan efek negatif pada kulit wajah, terutama bagi Bruver yang memiliki kulit sensitif. 

Pewangi berpotensi memicu reaksi alergi atau iritasi, sedangkan pewarna dapat menyebabkan kemerahan dan bahkan jerawat.

  • Bersifat Abrasif

Sabun batangan emang punya keunggulan dalam membersihkan kulit secara mendalam. Kandungan abrasifnya, yang berupa scrub atau butiran halus, mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati dengan lebih efektif. 

Tapi, penggunaan sabun mandi dengan kandungan abrasif pada wajah justru berisiko menimbulkan iritasi, bahkan lecet. Hal ini dikarenakan butiran scrub dapat mengikis lapisan skin barrier, membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

  • Kandungan Surfaktan Tinggi

Pernah bertanya-tanya, kenapa sabun mandi menghasilkan busa lebih banyak? Jawabannya karena sabun mandi punya kandungan surfaktan yang tinggi. 

Surfaktan dalam sabun punya fungsi untuk membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit dengan cara menjebaknya dalam gelembung-gelembung kecil.

Semakin banyak surfaktan yang ditambahkan, semakin banyak gelembung yang terbentuk dan semakin stabil busa yang dihasilkan.

Tapi, busa bisa membuat kulit wajah yang lebih sensitif menjadi terlalu kering, apalagi kalau Bruver punya kulit yang sensitif. Inilah yang jadi salah satu alasan kenapa sabun mandi nggak cocok untuk wajah.

  • Punya pH yang Tinggi

Sabun mandi biasanya punya pH yang tinggi, yaitu sekitar 9 hingga 10. pH yang terlalu tinggi ini kurang sesuai dengan pH alami kulit yang umumnya berkisar antara 4 sampai 6,5. Ini bisa mengganggu keseimbangan dan fungsi skin barrier

Akibatnya, kulit jadi kering, sensitif, atau bahkan makin rentan terhadap masalah kulit kayak jerawat. Ini juga jadi salah satu faktor apakah sabun mandi baik dan aman untuk wajah atau tidak.

Efek Cuci Muka Pakai Sabun Mandi

Kalau Bruver tetap menggunakan sabun mandi untuk wajah, bisa-bisa Bruver mengalami beberapa efek negatif. Berikut ini efek cuci muka pakai sabun mandi:

  1. Iritasi dan Alergi

Kandungan pewangi dan pewarna pada sabun mandi dapat memicu reaksi alergi atau iritasi pada kulit wajah, terutama bagi yang sensitif.

Butiran scrub atau kandungan abrasif pada sabun mandi dapat mengikis lapisan pelindung alami kulit wajah, membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan dan iritasi.

  1. Kulit Kering

Sabun mandi dengan kandungan surfaktan tinggi dan pH yang tinggi dapat membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya. Kulit yang terlalu kering cenderung tampak kusam karena kurangnya kelembaban yang membuat kulit terlihat sehat dan bercahaya.

  1. Kulit Kusam

Sabun mandi yang bersifat abrasif bisa menyebabkan iritasi dan pengelupasan berlebihan. Namun, jika kulit menjadi terlalu kering dan iritasi, proses pergantian sel kulit bisa terganggu, menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam.

  1. Merusak Skin Barrier

Sabun mandi yang bersifat abrasif dan memiliki pH yang tidak sesuai dengan kulit wajah dapat merusak lapisan pelindung alami kulit. Ketika skin barrier terganggu, kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban dengan baik, sehingga kulit terlihat kusam dan nggak glowing.

Cara Memilih Sabun Mandi untuk Wajah

Meskipun begitu, ada beberapa sabun mandi yang punya formulasi aman untuk kulit wajah, lho. Tapi, Bruver perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Pilih sabun yang sesuai dengan kulitmu. Kalau Bruver punya kulit yang kering, cari sabun yang lembut dan punya kandungan moisturizer. Buat Bruver yang punya kulit berminyak, cari yang bisa mengontrol produksi minyak berlebih.

  1. Perhatikan Kandungan Bahan Aktif

Perhatikan kandungan aktif yang ada di dalam sabun tersebut. Pilih sabun yang mengandung bahan-bahan alami dan lembut seperti aloe vera, oatmeal, atau minyak esensial yang dikenal aman dan bermanfaat untuk kulit wajah.

Hindari sabun yang punya kandungan alkohol, pewangi atau bahan kimia keras yang bisa bikin kulit iritasi.

  1. Cek Kandungan pH

Pilih sabun yang memiliki pH seimbang, mendekati pH alami kulit wajah, atau sekitar 4-6,5. Sabun dengan pH yang seimbang tidak akan mengganggu fungsi skin barrier.

  1. Lihat Label dan Klaim Produk

Cari sabun mandi yang secara spesifik menyatakan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan di wajah. Produk-produk ini biasanya telah diformulasikan untuk meminimalkan risiko iritasi.

Selain itu, penting untuk menggunakan moisturizer setelah mencuci muka untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan bebas dari masalah kulit.

Bruv For Men Bisa untuk Cuci Muka dan Dijadikan Sabun Mandi!

Nah, kalau Bruver nggak mau ribet dan pengen punya sabun yang bisa dipakai buat mandi sekaligus cuci muka, Bruv For Men solusinya! 

Bruv For Men, Sabun Batang untuk Wajah sekaligus kulit badan (bisa untuk sabun mandi) ini mengandung activated bamboo charcoal yang ampuh angkat kotoran dan minyak di wajah dan badan Bruver.

Activated bamboo charcoal ini juga bantu membersihkan pori-pori tersumbat, apalagi untuk Bruver yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Terus, ada kandungan  argan oil yang bantu jaga kelembapan kulit Bruver biar nggak kering dan kasar. Cocok banget buat Bruver yang punya kulit kering dan sensitif. 

Sensasi dingin dari peppermint oil juga bikin Bruver segar abis mandi. Plus, wanginya yang maskulin bikin Bruver makin pede seharian.

Bruv For Men diformulasikan khusus dengan bahan-bahan yang lembut dan seimbang untuk kulit wajah dan tubuh pria. Sabun ini nggak mengandung deterjen atau bahan-bahan keras, pewangi berlebihan, dan juga bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi kulit.

Bruv For Men telah diuji klinis dan terdaftar BPOM, sehingga terbukti aman untuk digunakan, bahkan untuk kulit sensitif. 

Jadi, tunggu apa lagi? Buktikan sendiri kesegaran dan kebersihan maksimal dengan Bruv For Men! Kini pertanyaan bruver soal apakah sabun mandi bisa untuk wajah sudah bisa terjawab, ya!

Share This Post

Discover More