Cara Menyimpan Sabun Batang Wajah yang Benar, Lebih Awet!

cara menyimpan sabun batang wajah

Bruver lebih suka pakai sabun batang untuk membersihkan wajah? Pastikan Bruver paham betul soal Cara Menyimpan Sabun Batang Wajah supaya lebih awet dan tahan lama.

Sabun batang emang bisa digunakan sebagai salah satu alternatif, apalagi sekarang banyak sabun batang yang diformulasikan khusus untuk wajah.

Tapi, sayangnya karena kandungan bahan tambahannya yang gampang larut dalam air, sabun bisa cepat habis.

Salah satu faktor yang bisa bantu Bruver supaya nggak boros dalam menggunakan sabun batang wajah adalah dengan menyimpannya dengan benar. 

Dalam artikel ini, kita bakal bahas tuntas tentang sabun batang wajah beserta cara menyimpan sabun batang wajah yang baik dan benar.

Bruver! Setiap hari kulit kita harus menghadapi berbagai macam kotoran, keringat, dan minyak karena aktivitas sehari-hari. Belum lagi sisa-sisa makeup dan skincare yang menempel di wajah.

Sayangnya, air aja nggak cukup efektif untuk membersihkan kulit secara menyeluruh. Cuci muka ataupun mandi cuma pakai air hanya membersihkan kulit dari kotoran yang larut air. 

Padahal, kebanyakan kotoran, skincare, dan makeup yang menempel di kulit bersifat larut lemak dan nggak larut air.

Dr. Riza Marlina dari Alo Dokter menyebut kalau cuci muka tanpa sabun, bisa membuat kulit wajah rentan terkena bakteri dan tidak bisa mengangkat minyak secara menyeluruh. Akibatnya, kulit bisa terkena berbagai macam masalah kulit, termasuk jerawat.

Makanya, Bruver butuh sabun untuk membersihkannya. Ada banyak jenis sabun yang umum digunakan untuk wajah, misalnya foam cleanser, gel cleanser, sampai sabun batang wajah.

Sabun ini idealnya mengandung bahan aktif yang bisa membersihkan kulit, tanpa menyebabkan iritasi atau masalah kulit lainnya.

Apa itu Sabun Batang Wajah?

Jaman dulu sabun batang identik dengan sabun mandi yang kalau dipakai di wajah bikin kulit terasa kencang dan kering. Ini karena  sabun batang umumnya memiliki pH yang tinggi dan punya kandungan surfaktan yang tinggi.

Kombinasi ini memang ampuh mengangkat kotoran, tapi sayangnya juga bisa merusak keseimbangan alami kulit. Apalagi, kulit wajah itu lebih sensitif dari kulit di area lainnya.

Akan tetapi, sekarang udah banyak sabun batang yang emang diformulasikan untuk wajah, lho. 

Sabun batang wajah ini udah nggak pakai bahan-bahan keras kayak SLS, pH level yang udah disesuaikan, serta pakai bahan yang gentle dan melembapkan kulit.

Selain itu, sabun batang wajah juga umumnya menggunakan bahan-bahan alami kayak olive oil, argan oil, madu, charcoal, sampai oatmeal.

Sabun batang wajah punya beberapa keunggulan daripada bentuk lain lho. Berikut ini beberapa alasan kenapa sabun batang lebih bagus:

  • Lebih Praktis

Sabun batang wajah lebih praktis dan gampang dibawa waktu Bruver pergi, alias travel friendly! Walaupun sabun cair gampang dipompa, tapi ada potensi kebocoran atau tumpah di jalan.

  • Ramah Lingkungan

Sekarang, banyak sabun batangan yang terbuat dari bahan organik dan bahan baku berkelanjutan lainnya yang nggak menyebabkan kerusakan lingkungan.

  • Lebih Terjangkau

Harga sabun batang untuk wajah biasanya lebih terjangkau daripada sabun dengan bentuk lain. Biasanya ini jadi salah satu pertimbangan dalam memilih produk perawatan kulit.

  • Higienis 

Stigma tentang ketidakhigienisan sabun batang masih melekat di masyarakat. Tapi, para peneliti justru mengemukakan fakta kalau penggunaan sabun batang nggak memicu perpindahan bakteri dari sabun ke kulit. Justru, sabun batang terbukti aman dan efektif dalam mencegah penyebaran penyakit.

Cara Memilih Sabun Batang Wajah

cara menyimpan sabun batang untuk wajah

Sekarang, banyak pilihan sabun yang aman dan bermanfaat untuk wajah. Tapi, Bruver tetap harus hati-hati dalam memilih sabun wajah yang tepat untuk kulitmu. Berikut ini cara memilih sabun batang wajah:

  1. Perhatikan Jenis Kulitmu

Pilih sabun yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Kulit kering membutuhkan sabun yang lembut dan mengandung pelembap, sedangkan kulit berminyak membutuhkan sabun yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih.

  1. Perhatikan Kandungan Bahan Aktifnya

Cari sabun yang mengandung bahan-bahan alami dan aman seperti lidah buaya, oatmeal, atau minyak esensial yang bermanfaat untuk kulit wajah. Hindari sabun dengan kandungan alkohol, pewangi, atau bahan kimia keras yang dapat menyebabkan iritasi.

  1. Cek pH Sabun

Pilih sabun dengan pH seimbang, mendekati pH alami kulit wajah, yaitu sekitar 4-6,5. Sabun dengan pH seimbang tidak akan mengganggu fungsi skin barrier.

  1. Baca Label dan Klaim Produk

Cari sabun yang secara khusus menyatakan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan di wajah. Biasanya, produk ini telah diformulasikan untuk meminimalkan risiko iritasi.

Berapa Lama Sabun Batang Bertahan?

Salah satu kekurangan dari menggunakan sabun batang adalah kurang tahan lama. Umumnya, sabun ini hanya bertahan 3-5 minggu untuk pemakaian harian secara rutin. 

Ini dipengaruhi beberapa faktor yang menentukan berapa lama sabun batang bertahan, antara lain:

  1. Bahan Penyusunnya

Minyak alami yang biasanya ada di dalam kandungan sabun batang punya fungsi untuk memberikan kelembapan pada kulit. Tapi Bruver tau nggak sih, kalau bahan-bahan ini sangat lembut dan gampang meleleh seiring berjalannya waktu? Hal ini dapat membuat sabun lebih sulit untuk dipegang dan digunakan, dan juga dapat membuatnya lebih cepat habis.

  1. Pemakaian 

Kalau Bruver sering memakai sabun batangan, pakai banyak air untuk melarutkan sabun, dan menggosok kulit terlalu keras pakai sabun, ini bisa bikin sabun cepat habis.

Selain itu, semakin banyak orang yang menggunakan sabun batangan, semakin cepat sabun tersebut perlu diganti karena waktu pengeringannya lebih singkat.

  1. Cara Menyimpan yang Salah

Bruver suka naroh sabun batang di kamar mandi secara sembarangan? Jangan sampai sabun kena air, kecuali ketika sedang dipakai ya! Soalnya, semakin banyak air yang kena sabun, semakin cepat sabun larut.

Baca Juga: Apakah Sabun Mandi bisa untuk Wajah?

Cara Menyimpan Sabun Batang Wajah

Nah, karena cara menyimpan yang salah bisa jadi salah satu penyebab sabun batang wajah cepat habis, makanya Bruver harus pinter-pinter dalam menyimpannya. Berikut ini cara menyimpan sabun batang wajah yang bisa Bruver lakukan supaya sabun tetap awet:

  1. Jaga Agar Tetap Kering

Salah satu penyebab sabun batang cepat habis adalah air yang tersisa di sabun setelah digunakan. Air ini membuat sabun mudah meleleh dan tidak tahan lama. 

Bruver sebaiknya mengeringkan sabun batang terlebih dahulu sebelum disimpan. Pastikan tidak ada air yang tersisa di permukaan sabun.

  1. Jauhkan dari Aliran Air

Menjauhkan sabun dari aliran air adalah tips menyimpan selanjutnya. Jangan letakkan sabun di dekat keran, shower, ataupun wastafel ya, Bruver. Ini bisa membuat sabun lebih cepat larut, karena terus menerus terkena air. 

  1. Hindari Tempat Sabun yang Menyerap Air

Untuk menghindari air yang terperangkap di bawah sabun, sebaiknya Bruver pilih tempat sabun yang terbuat dari bahan-bahan seperti plastik, stainless steel, atau keramik. Hindari bahan yang menyerap air, misalnya kayu atau kain.

  1. Pakai Tempat Sabun yang Berlubang

Cara menyimpan sabun batang wajah selanjutnya adalah menggunakan tempat penyimpanan sabun yang berlubang. Tempat sabun yang berlubang bisa memudahkan drainase dan mencegah sabun terendam air. Ini bisa menghindari sabun batang yang meleleh.

  1. Bilas Permukaan Sabun

Supaya tetap higienis, sebelum disimpan sebaiknya biasakan membilas permukaan sabun sebelum dan sesudah digunakan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan bakteri, maupun sisa-sisa kotoran yang mungkin menempel pada permukaan sabun.

  1. Jaga Kebersihan Tempat Sabun

Nah, ini cara menyimpan yang paling penting! Tempat sabun yang kotor bisa jadi sarang bakteri dan jamur.

Bersihkan tempat sabun secara rutin, minimal seminggu sekali. Pakai sabun cuci piring, spons, atau sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Perhatikan sela-sela tempat sabun, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal.

  1. Potong Jadi Bagian yang Lebih Kecil

Meskipun kita udah menerapkan cara-cara sebelumnya, tapi ini bukan berarti sabunmu 100% aman dari risiko meleleh. Nah, untuk menanggulanginya, Bruver bisa memotongnya jadi bagian yang lebih kecil. 

Gunakan potongan itu, satu-persatu. Sisanya, bisa disimpan di tempat yang kering dan nggak terpapar sinar matahari langsung. Wadah kedap udara akan menjaga sabunmu tetap kering dan terhindar dari kontaminasi bakteri.

Terus apa yang harus kita lakukan ketika sabun batang udah terlalu kecil dan susah dipakai?

Bruver bisa memasukkannya ke kantong atau jaring yang dibuat khusus untuk sabun, sampai benar-benar habis. Kantong ini juga bagus untuk untuk menyimpan sabun karena bisa membantu sabun mengering.

Alasan Bruv Skincare Cocok untuk Jadi Sabun Batang Wajah Andalan

Buat Bruver yang mau punya wajah yang bersih, segar, dan glowing sepanjang hari, Bruver bisa cobain salah satu sabun batang wajah, yaitu Bruv Skincare. Kenapa Bruv Skincare cocok jadi sabun batang wajah andalanmu? 

Pertama, Bruv Skincare punya konsep shareable yang super praktis! Sabun batang ini bisa dipotek menjadi empat bagian, jadi Bruver bisa berbagi dengan teman atau keluarga. Selain itu, dengan membagi menjadi bagian kecil, ini bisa jadi salah satu cara menyimpan sabun batang wajah yang efektif.

Kedua, Bruv Skincare mengandung bahan-bahan aktif yang bermanfaat untuk kulit wajah Bruver, antara lain:

  • Activated bamboo charcoal yang ampuh membersihkan pori-pori wajahmu secara menyeluruh, mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan bahkan komedo membandel.
  • Argan oil yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang membantu menjaga kelembapan kulit, membuatnya terasa halus, kenyal, dan terhindar dari kekeringan.
  • Peppermint oil yang memberikan sensasi dingin dan menyegarkan pada kulit, membantu meredakan peradangan, dan membuat wajahmu terasa lebih rileks.

Ketiga, Bruv Skincare punya aroma peppermint yang segar dan maskulin, bikin Bruver makin pede dan wangi seharian.

Keempat, Bruv Skincare telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jadi, udah dipastikan kalau sabun muka Bruv aman dan teruji klinis, jadi Bruver nggak perlu khawatir dan bisa langsung pakai.

Terakhir, Bruv Skincare mudah digunakan dan praktis. Berikut ini cara memakainya:

  • Sebelum mencuci muka, pastikan tanganmu sudah dicuci bersih. 
  • Usap sabun Bruv secara merata dengan lembut di wajah. Bruver bisa memijatnya dengan gerakan memutar.
  • Bilas hingga bersih. Hindari penggunaan air panas, gunakan air hangat atau dingin untuk menjaga kelembapan alami kulit.
  • Setelah cuci muka, keringkan wajah dengan handuk bersih untuk mencegah penyebaran bakteri. 

Gunakan Bruv Skincare dua kali sehari, pagi dan malam, untuk hasil yang optimal. Untuk menyimpannya, Bruver bisa menerapkan cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya.

Tunggu apalagi? Ganti produk perawatan kulitmu dengan Bruv Skincare sekarang juga!

Share This Post

Discover More