Sunscreen dipakai Berapa Kali Sehari? Jangan Berlebihan dan Kurang!

sunscreen dipakai berapa kali sehari

Di tengah aktivitas padat dan paparan sinar matahari yang semakin meningkat, melindungi kulit dengan sunscreen menjadi semakin penting. Tapi, Bruver pernah nggak sih bertanya-tanya, sebenarnya sunscreen dipakai berapa kali sehari yang ideal? Artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu Bruver tahu tentang pemakaian sunscreen.

Sunscreen punya peranan penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah produksi melanin berlebihan. Bahkan, Skin Cancer Foundation menyarankan semua orang, baik pria maupun wanita di atas usia 6 bulan untuk menggunakan sunscreen setiap harinya.

Nggak cuma melindungi kulit, sunscreen juga punya fungsi lain, yaitu:

  1. Menghindari Terjadinya Sunburn

Sunburn biasanya terjadi kalau Bruver terlalu lama terpapar sinar matahari, ini juga sering disebut terbakar sinar matahari. Sunburn biasanya membuat kulit menjadi kemerahan, nyeri, dan rasa panas di kulit yang terkena sinar UV. Menggunakan sunscreen secara rutin akan mengurangi risiko terjadinya sunburn, karena kulit akan terlindungi.

  1. Menghindari Hiperpigmentasi

Produksi melanin berlebihan karena sinar matahari bisa menimbulkan hiperpigmentasi, atau area kulit menjadi lebih gelap. Bahkan, warna kulit juga jadi nggak rata. Dengan rutin pakai sunscreen, Bruver bisa mencegah, sekaligus memudarkan hiperpigmentasi yang sudah ada.

  1. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Sinar UVA dan UVB dari matahari bisa menembus kulit dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit, yang memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, keriput, dan flek hitam. Paparan sinar UV juga bisa merusak kolagen dan elastin, sehingga kulit jadi kendur dan berkerut. Sunscreen bisa melindungi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini tersebut.

  1. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

UVA yang berasal dari paparan sinar matahari bisa menembus ke lapisan kulit terdalam dan merusak jaringan kolagen dan DNA kulit dalam jangka waktu panjang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sunscreen secara teratur bisa membantu mengurangi risiko kanker kulit.

Manfaat tersebut bisa Bruver dapatkan dengan menggunakan sunscreen secara rutin. Tapi, sebaiknya sunscreen digunakan berapa kali sehari?

Sunscreen dipakai Berapa Kali Sehari?

Berapa kali sunscreen dipakai dalam 1 hari

Jangan dipikir Bruver cukup mengaplikasikan sunscreen sekali di pagi hari sebelum beraktivitas saja ya! 

Menurut survei yang dilakukan American Academy of Dermatology, sebanyak 42% masyarakat cenderung tidak menggunakan kembali sunscreen

Ini jelas mengganggu efektivitas sunscreen. Kandungan yang ada di dalam sunscreen bisa terurai saat terkena sinar matahari atau polusi udara, sehingga mengurangi efektivitasnya setelah beberapa jam.

Apalagi kalau Bruver melakukan aktivitas yang berkeringat, terkena air, bergesekan dengan pakaian atau masker wajah, dan lainnya.

Jadi, sebaiknya sunscreen dipakai berapa kali sehari supaya bekerja secara efektif?

Jika Sunscreen SPF 50

American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen SPF 50 setiap 2 jam sekali, terutama saat berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung.

Jika Sunscreen SPF 30

Sama dengan SPF 50, Bruver disarankan untuk reapply sunscreen SPF 30 setiap 2 jam sekali, atau lebih sering untuk perlindungan yang lebih efektif.

Apakah Boleh Memakai Sunscreen 3 Kali Sehari?

Jawabannya boleh banget, Bruver! Sunscreen dipakai bisa bervariasi tergantung aktivitas dan kondisi kalian. Bahkan, Bruver bisa memakai lebih dari 3 kali sehari, lho. 

Berikut beberapa situasi di mana sunscreen sangat dianjurkan untuk digunakan secara maksimal:

  • Aktivitas Outdoor

Kalau Bruver sering berolahraga di luar, hiking, atau kegiatan lainnya yang membuatmu terpapar sinar matahari lebih lama, sunscreen bisa dipakai lebih dari tiga kali.

  • Paparan Matahari Intens

Bruver yang berada di daerah dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, sunscreen bisa diaplikasikan ulang lebih sering bisa memberikan perlindungan ekstra.

  • Kulit Sensitif

Untuk Bruver yang punya kulit sensitif, aplikasi sunscreen secara sering bisa membantu melindungi kulit sekaligus mencegah terjadinya iritasi.

Jadi, berapa kali sunscreen dipakai dalam 1 hari? Jawabannya tergantung. Tapi, yang jelas boleh memakai sunscreen lebih dari tiga kali sehari.

Baca Juga: Kenapa Pakai Sunscreen Malah Kusam?

Mitos Tentang Pemakaian Sunscreen

Ada banyak banget mitos di luar sana tentang pemakaian sunscreen yang mungkin bikin kalian bingung. Berikut ini fakta-faktanya:

  1. Sunscreen Cuma Perlu Dipakai Saat Matahari Bersinar Cerah

Fakta: Sinar UV tetap bisa menembus awan, lho Bruver. Jadi, walaupun cuaca mendung atau hujan, sunscreen tetap harus dipakai setiap hari. Sinar UV bisa merusak kulit tanpa disadari.

  1. SPF Tinggi Bisa Dipakai Sekali Seharian

Fakta: Walaupun SPF tinggi memberikan perlindungan lebih lama, tetap saja Bruver harus reapply sunscreen setiap dua jam sekali, terutama kalau Bruver berkeringat atau berenang. Jadi, sunscreen dipakai berapa kali sehari tetap harus sering diulang.

  1. Kulit Gelap Nggak Butuh Sunscreen

Fakta: Semua jenis kulit, termasuk kulit gelap, bisa terkena kerusakan akibat sinar UV. Walaupun kulit gelap punya perlindungan alami, yaitu melanin yang lebih banyak, tetap saja risiko kerusakan kulit dan kanker kulit ada. Jadi, kulit gelap tetap wajib pakai sunscreen ya.

  1. Pakai Sunscreen Bikin Kulit Berjerawat

Fakta: Memang ada beberapa sunscreen yang bisa bikin jerawat, tapi sekarang banyak banget produk yang dirancang khusus buat kulit berjerawat atau sensitif. Pilih sunscreen non-comedogenic dan bebas minyak supaya kulit kalian tetap sehat dan bebas jerawat.

  1. Sunscreen Nggak Diperlukan di Dalam Ruangan

Fakta: Meskipun berada di dalam ruangan, sinar UV tetap bisa masuk melalui jendela. Kalau kalian duduk dekat jendela atau sering keluar masuk ruangan, tetap penting buat pakai sunscreen.

  1. Sunscreen Nggak Diperlukan Saat Menggunakan Pakaian Tertutup

Fakta: Meski pakaian bisa melindungi dari sinar UV, ada bagian tubuh yang tetap terpapar, seperti wajah, leher, dan tangan. Selalu aplikasikan sunscreen di area yang terpapar sinar matahari.

Jangan percaya begitu saja dengan mitos tentang pemakaian sunscreen yang beredar ya, Bruver. Tetap selalu cek fakta yang sebenarnya, supaya nggak salah.

Bacaan Lebih Lanjut: Setelah Pakai Sunscreen Boleh Pakai Bedak?

Tips Memakai Sunscreen Agar Tidak Mudah Luntur Saat Beraktivitas

Biar kulit Bruver tetap terlindungi sepanjang hari dan sunscreen nggak cepat luntur saat beraktivitas, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti. Simak tips-tips berikut ini:

  1. Pilih sunscreen atau sunblock yang punya kadar perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Bruver. American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan SPF minimal 30, yang bisa menghalangi 97% sinar UVB.
  2. Biar nggak terasa lengket dan tetap nyaman saat beraktivitas seharian, pilih sunscreen yang bebas minyak dan non-comedogenic.
  3. Kalau Bruver sering beraktivitas outdoor, berkeringat, atau berenang, pastikan pilih sunscreen yang water resistant. Ini akan membantu sunscreen tetap efektif walaupun berkeringat atau kena air.
  4. Pilih sunscreen yang cocok dan aman buat kulitmu, terutama kalau Bruver punya kulit sensitif. Ini bisa membantu mencegah iritasi dan menjaga kulit tetap sehat.
  5. Sunscreen tersedia dalam berbagai bentuk, seperti krim, stik, bedak, spray, dan lainnya. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Bruver.
  6. Buat Bruver yang pakai makeup, pilih sunscreen yang teksturnya ringan dan mudah menyerap. Ini supaya nggak mengganggu makeup.
  7. Pastikan Bruver mengaplikasikan sunscreen secara merata ke seluruh bagian kulit yang terpapar sinar matahari. Jangan lupa area aplikasikan juga ke telinga, leher, dan punggung tangan.
  8. Setelah mengaplikasikan sunscreen, tunggu beberapa menit agar benar-benar menyerap sebelum mulai beraktivitas atau memakai makeup. Ini akan membantu sunscreen lebih efektif melindungi kulit.
  9. Selain sunscreen, pakai juga topi, kacamata hitam, dan pakaian yang tertutup dan bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kalian bisa tetap aktif beraktivitas tanpa khawatir sunscreen cepat luntur. Jadi, jangan lupa selalu pakai sunscreen dan tetap jaga kulit kalian biar tetap sehat dan keren sepanjang hari.

Sebelum memakai sunscreen, pastikan kulit wajahmu bersih dengan menggunakan Bruv Face Wash secara rutin. Sabun cuci muka ini punya formula Triple Active Skin Repair, yang terdiri dari activated charcoal, argan oil, dan peppermint oil, sehingga mampu bekerja secara optimal untuk membersihkan dan mencerahkan kulit wajah.

Gunakan Bruv face wash setiap hari untuk memaksimalkan manfaat sunscreen.

Share This Post

Discover More