6+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Cepat

6+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Cepat

Punya bekas jerawat yang hitam di pipi ganggu penampilan banget kan? Mungkin bukan cuma Bruver yang mendadak insecure, tapi hampir semua orang! Tapi tenang, MinBruv punya cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat. Simak ya, sampai abis!

Jerawat itu masalah kulit yang umum, baik pada remaja, maupun orang dewasa. Tamu tak diundang ini bisa muncul di mana saja, tapi area favoritnya adalah dahi, pipi, dan dagu.

Apa sih penyebab jerawat?

Jaid, ketika pori-pori kulit tersumbat sama minyak, sel kulit mati, dan rambut, jerawat bisa muncul secara otomatis. 

Meskipun pori-pori emang ngeluarin minyak dan sel kulit mati secara alami, tapi, kalau punya tipe kulit berjerawat, pori-pori jadi gampang tersumbat dan bakteri terperangkap di dalamnya.

Bakteri ini yang kemudian berkembang biak dan bikin peradangan, kayak bengkak, merah, panas, dan nyeri. Nah, peradangan ini yang bisa merusak kulit dan nimbulin bekas jerawat hitam.

Tubuh berusaha untuk memperbaiki kerusakan dengan memproduksi kolagen, tapi nggak selalu sempurna. Kadang, produksi kolagen berlebihan dan nggak merata, sehingga terbentuklah bekas jerawat hitam.

Jenis Bekas Jerawat Hitam

Ada dua jenis utama bekas jerawat hitam:

  • Macula

Kalau Bruver pernah punya jerawat hitam dan mirip kayak tahi lalat, tapi biasanya lebih besar dan muncul setelah jerawat meradang, tandanya Bruver punya macula.

Macula adalah jenis bekas jerawat hitam yang berbentuk bercak coklat kehitaman datar di wajah. Biasanya, jerawat jenis ini muncul di pipi dan lebih gampang memudar.

  • Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi itu bekas jerawat yang lebih gelap dan lebih bandel daripada macula. Hiperpigmentasi muncul sebagai noda coklat yang lebih besar dan lebih susah dihilangkan dari macula. Bekas ini muncul setelah jerawat yang parah, dan biasanya membutuhkan waktu lama untuk memudar.

Faktor-faktor yang memperparah bekas jerawat antara lain jerawat yang parah, kebiasaan memencet jerawat, dan paparan sinar matahari.

Penyebab Jerawat Hitam di Pipi

cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Jerawat hitam itu nggak muncul tiba-tiba, Bruver. Ada beberapa penyebab jerawat hitam di pipi nih, hati-hati ya!

  1. Peradangan Jerawat

Kayak yang udah dijelasin sebelumnya, waktu jerawat muncul, dan terjadi peradangan pada kulit, bisa memicu produksi melanin, yang kemudian menyebabkan noda hitam setelah jerawat sembuh.

  1. Paparan Sinar Matahari

Udah tau kan, sinar matahari mengandung sinar UV? Nah, sinar UV ini nih yang bikin noda hitam bekas jerawat makin coklat dan susah diilangin. Kenapa sih bisa gitu?

Ternyata, sinar UV ini bisa merangsang produksi melanin di kulit, yang bikin kulit kita berwarna. Nah, kalo di kulit yang lagi ada jerawat, produksi melanin ini makin berlebihan. Jadinya, noda hitam bekas jerawat pun makin keliatan.

  1. Memencet Jerawat

Kalau lagi jerawatan, rasanya gemes ya, pengen mencet gitu. Tapi, jangan keseringan deh Bruver. Soalnya, tanganmu yang mungkin kotor, bisa bikin bakteri baru ke jerawat.

Selain itu, memencet jerawat juga bisa ngerusak jaringan kulit di sekitar jerawat. Hal ini bisa bikin bekas jerawat yang susah hilang, kayak bopeng atau noda hitam.

  1. Faktor Genetik

Bekas jerawat hitam membandel mungkin juga disebabkan faktor genetik. Orang yang punya gen tertentu lebih rentan terhadap PIH (hiperpigmentasi pasca inflamasi), yaitu kondisi di mana bekas jerawat jadi lebih gelap dan susah hilang.

  1. Jenis Kulit

Bruver yang punya jenis kulit gelap atau sawo matang, lebih rentan terkena bekas jerawat hitam. Soalnya, orang dengan kulit gelap punya melanin yang lebih banyak. 

Nah, saat jerawat meradang, produksi melanin di area tersebut jadi lebih banyak. Makanya, bekas jerawatnya jadi lebih gelap.

  1. Produk Perawatan Kulit Tertentu

Produk-produk skincare tertentu, misalnya yang mengandung benzoyl peroxide atau AHA, bisa bikin kulit Bruver lebih sensitif dan rentan terhadap sinar UV.

Kombinasi kulit sensitif dan paparan sinar UV ini bikin bekas jerawat makin gelap dan susah dihilangin.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Cepat

Banyak ya, faktor penyebabnya? Jangan khawatir! Cobain cara-cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat di bawah ini!

1. Jangan Lupa Pakai Sunscreen

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat adalah dengan mengurangi paparan sinar matahari yang bikin produksi melanin meningkat.

Makanya, Bruver jangan lupa pakai sunscreen sebelum beraktivitas. Pilih produk yang punya kandungan minimal SPF 30. Rajin-rajin re-apply juga ya Bruver!

2. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi itu proses pengelupasan sel kulit mati di dikulit. Cukup lakuin sekitar 2-3 kali seminggu aja, dan ini bisa jadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat dan efektif.

Ada banyak produk eksfoliasi yang bisa Bruver temukan di pasaran. Cari produk yang mengandung AHA, BHA, Retinoid, atau asam salisilat.

3. Pakai Skincare

Kalau mau punya kulit mulus, jangan males pakai skincare! Skincare biasanya punya kandungan yang punya fungsinya masing-masing. 

Misalnya, niacinamide, vitamin C, dan hydroquinone dalam skincare bisa membantu memudarkan noda hitam dan meratakan warna kulit.

Kandungan kayak retinol dan AHA membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.

Baca Juga: Manfaat Charcoal untuk Wajah.

4. Pakai Masker Alami

Bahan-bahan alami yang ada di dalam masker, kaya akan vitamin dan mineral yang membantu mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam. Ini beberapa bahan yang bisa jadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat:

  • Masker Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Caranya, ambil gel lidah buaya segar dan oleskan secara langsung ke area bekas jerawat, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Masker Lemon

Lemon punya kandungan vitamin C yang bisa bantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat. Tapi, Bruver juga harus hati-hati. Soalnya, lemon juga bikin iritasi kalau Bruver punya kulit sensitif.

  • Masker Kentang

Kandungan potasium yang ada di kentang bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat hitam. Caranya, parut kentang dan pakai endapan tersebut sebagai masker wajah atau lulur mandi.

  • Masker Kunyit

Kunyit emang terkenal punya sifat antiinflamasi dan dapat membantu meregenerasi kulit. Makanya, cocok untuk jadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat. Bubuk kunyit bisa digunakan sebagai masker untuk memudarkan warna bekas jerawat.

  • Masker Madu

Madu juga punya sifat antibakteri alami yang bisa mengurangi bekas jerawat yang menghitam di pipi. Campur madu dengan bahan lain seperti kayu manis atau minyak zaitun untuk manfaat tambahan.

5. Bersihkan Wajah

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat dan gampang tuh dengan membersihkan wajah. Cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam. Gunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Bruver.

Membersihkan wajah membantu mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Penyumbatan pori-pori ini nih yang bikin jerawat muncul dan ninggalin bekas hitam.

6. Perawatan Klinik

Mau cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat atau bahkan bisa dibilang instan? Jawabannya, lakuin perawatan di klinik! 

Karena menggunakan teknologi canggih, bahan-bahan kuat, dan dikerjakan oleh ahlinya, maka perawatan klinik bisa menghilangkan bekas jerawat dengan lebih efektif.

Bruver bisa coba chemical peeling, microdermabrasion, laser therapy, IPL, dan lainnya, tergantung jenis dan tingkat keparahan bekas jerawat. 

Bekas jerawat hitam emang nggak bisa langsung hilang gitu aja, tapi dengan konsisten dan sabar dalam ngikutin cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat di atas, Bruver bisa dapetin kulit yang bersih dan cerah.

Merawat Muka Berjerawat dengan Bruv

Masih males dan ngerasa ribet ngelakuin cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat kayak di atas?

Kenalin, Bruv For Men! Sabun cuci muka khusus pria yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami, kayak activated charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang punya banyak manfaat.

Bruv nggak cuma bantu menghilangkan jerawat, tapi juga bisa memudarkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat. Sabun ini juga aman digunakan setiap hari, tanpa bikin kulit kering atau iritasi.

Yuk, rutin pakai Bruv 2 kali sehari, pagi dan malam, untuk hasil yang maksimal. Wajah bebas dari jerawat dan bekasnya, biar penampilan kamu makin keren dan maksimal.

Untuk kulit berjerawat, pastikan pilih sabun muka khusus untuk pria berjerawat!

Cara dari Jelek Jadi Ganteng, Karena Ganteng Juga Bisa Dibentuk!

Cara dari Jelek Jadi Ganteng, Karena Ganteng Juga Bisa Dibentuk!

Kalau Bruver pernah merasa insecure sama penampilan, bahkan merasa jelek, harap tenang. Banyak kok orang yang ngerasa begitu, jadi jangan khawatir apalagi sampe terpuruk. Ada banyak cara dari jelek jadi ganteng yang bisa Bruver coba buat ngerubah penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri!

Hal itu bukanlah ketidakmungkinan, pasti Bruver pernah lihat kan, ada seseorang entah itu publik figure atau orang di sekitar Bruver, yang dulu biasa aja tapi sekarang jadi lebih “wah” soal penampilan?

Maka dari itu, Bruver juga jangan kehilangan rasa optimisme dalam merubah penampilan fisik. Pakai cara-cara di bawah ini untuk berubah dari jelek ke ganteng!

Cara dari Jelek Jadi Ganteng

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Pernah gak sih, Bruver ngerasa minder dan gak pede sama diri sendiri? Kayak gak cukup ganteng, gak cukup pintar, gak cukup keren? Eits, jangan sampe insecure gitu ya! Percaya diri tuh modal utama buat cowok lho.

Orang yang pede terkesan lebih ceria, optimis, dan berwibawa. Kalau Bruver percaya diri, Bruver bisa kelihatan lebih ekspresif dan berani tampil apa adanya. Ini bisa bikin Bruver lebih menarik secara fisik.

2. Olahraga 

Kayak yang kita tau, olahraga bisa bikin daya tahan tubuh meningkat, meningkatkan sirkulasi darah, serta bikin badan makin oke. Coba olahraga kardio, lifting, atau olahraga lainnya.

Kalau Bruver rajin olahraga, Bruver bakal keliatan lebih menarik. Makanya, olahraga bisa jadi salah satu cara dari jelek jadi ganteng.

3. Perbaiki Postur

Bruver, pernah nggak sih ngerasa minder sama postur tubuhmu? Bahu membungkuk, perut buncit, dan jalan membungkuk? Eits, jangan sampe postur tubuh yang buruk bikin nggak pede ya!

Postur tubuh yang baik nggak cuma bikin Bruver kelihatan lebih ganteng, tapi juga menjaga kesehatan dan meningkatkan performa.

Coba deh, berdiri tegak, jaga kepala dan pandangan lurus ke depan, jangan membungkuk, dan hindari tengkurap.

4. Jaga Kebersihan Diri

Kebersihan diri merupakan aspek penting cara dari jelek jadi ganteng seseorang. Bukan cuma soal penampilan fisik, menjaga kebersihan diri juga mencerminkan kesehatan dan kepribadian yang baik.

Mandi dua kali sehari, pagi dan sore, merupakan langkah awal yang penting. Pakai sabun mandi yang sesuai dengan jenis kulit, sikat gigi dan gosok badan secara menyeluruh. Sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pakai juga deodorant untuk mencegah bau badan, cuci tangan sesering mungkin, dan jaga kebersihan pakaian dan tempat tinggal. 

5. Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi

Konsumsi buah dan sayur kaya vitamin C dan antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kecerahannya.

Asupan protein yang cukup juga membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk kulit, sehingga tampak lebih kencang dan kenyal.

Selain itu, untuk jadi makin ganteng, Bruver juga harus minum air putih yang cukup membantu menjaga hidrasi kulit, membuatnya tampak lebih segar dan bercahaya.

6. Istirahat dengan Cukup

Istirahat yang cukup bisa jadi cara dari jelek jadi ganteng. Tidur yang cukup bikin kulit terlihat lebih muda dan sehat, serta bikin tubuh jadi fit dan segar. 

7. Hindari Stres

Stres bisa bikin wajah Bruver memburuk, soalnya itu bikin kulit jadi kering, memicu jerawat, dan juga menimbulkan kantung mata. Dalam jangka panjang, stres bahkan bisa bikin kulit jadi lebih cepat keriput dan kusam.

Selain hal-hal wajib di atas, buat Bruver yang lagi coba PDKT sama gebetan, jangan lupa nih, perhatiin juga soal typing ganteng biar momen PDKT bisa lancar dan gak bikin doi ilfeel!

Cara Menjadi Ganteng dengan Cepat

cara dari jelek jadi ganteng dengan cepat

Kalau cara-cara di atas butuh waktu dan ketelatenan buat ngerubah penampilan Bruver jadi ganteng, MinBruv juga punya nih cara-cara menjadi ganteng dengan cepat.

1. Pakai Pakaian yang Tepat

Pakaian itu ngaruh banget ke penampilan, ini bisa jadi cara dari jelek jadi ganteng secara cepat. Gimana sih cara berpakaian yang tepat?

Setiap orang punya bentuk tubuh yang berbeda. Ada yang kurus, gemuk, tinggi, pendek, dan sebagainya. Nah, penting banget buat tau bentuk tubuh Bruver biar bisa milih baju yang pas.

Baju yang bagus nggak akan keliatan bagus kalau Bruver nggak bisa mix and match dengan baik. Jangan asal pilih baju. Perhatikan kombinasi warna, motif, dan jenis bahannya.

2. Hairstyle Baru

Penampilan rambut juga nggak kalah penting. Potongan rambut yang pas bisa nge-highlight fitur-fitur terbaik di wajah. Misalnya, kalau Bruver punya wajah bulat, potongan two block atau undercut bisa bikin wajah keliatan lebih panjang. 

Hairstyle juga bisa jadi cara buat nunjukin gaya dan kepribadian Bruver. Kalau Bruver orangnya berani dan edgy, bisa banget pilih potongan rambut yang unik. Tapi kalau orangnya profesional dan rapi, Bruver bisa pilih potongan rambut klasik.

3. Rajin-rajin Grooming

Buat Bruver yang lagi cari cara dari jelek jadi ganteng, rajin grooming adalah salah satu jawabannya. Grooming berfungsi untuk membuat penampilan Bruver keliatan lebih rapi dan enak diliat.

Cukur rambut-rambut yang ada di wajah kayak brewok atau kumis. Kalau Bruver emang suka punya facial hair, coba dicukur sedikit supaya lebih rapi.

Tapi hati-hati, mencukur pakai cara yang kurang tepat bisa beresiko iritasi, peradangan, bahkan ingrown hair. Ini malah bisa nambah-nambahin masalah.

Basahi kulit dan rambut dulu supaya pori-pori terbuka. Oleskan krim atau gel khusus shaving yang Bruver punya. Cukur mengikuti arah rambut tumbuh. Bersihkan sisa-sisa rambut beserta alat cukurnya.

Selain brewok dan kumis, rapihin juga bulu hidung, telinga, dan juga bersihkan. Potong juga kuku di jari tangan maupun kaki, apalagi kalau Bruver punya kuku yang gampang kotor.

4. Rutin Pakai Face Wash

Cara dari jelek jadi ganteng secara cepat yang paling utama itu merawat diri pakai skincare. Eits, jangan dikira skincare cuma buat cewek ya!

Nyatanya, cowok-cowok juga butuh perawatan kulit. Nggak usah yang terlalu ribet. Bruver bisa mulai dengan rutin melakukan cuci muka setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

Cuci mukalah dengan sabun muka yang sesuai jenis kulit agar manfaatnya bisa terasa maksimal pada kulit wajah, ya!

Bruv For Men bisa menjadi pilihan tepat untuk Bruver! Sabun ini punya konsep shareable dan diformulasikan khusus untuk pria (semua jenis kulit), dengan kandungan aktif seperti activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil.

Activated bamboo charcoal membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih, argan oil menjaga kelembapan kulit, dan peppermint oil memberikan sensasi segar dan dingin.

5. Gunakan Rangkaian Skincare Lebih Lanjut

Selain pakai face wash, tentunya Bruver juga butuh jenis skincare lainnya untuk merawat wajah lebih lanjut. Di bawah ini ada saran produk-produk skincare yang bisa Bruver coba:

  • Pakai toner untuk menyegarkan dan menyeimbangkan pH kulit.
  • Gunakan serum untuk mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, anti-aging, atau pencerah.
  • Jaga kelembapan kulit dengan moisturizer ke seluruh wajah dan leher secara merata.
  • Lindungi kulit dari sinar matahari dengan sunscreen. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30. Oleskan sunscreen ke seluruh wajah dan leher 30 menit sebelum beraktivitas.

Cara Menjadi Ganteng dimata Wanita

jadi ganteng di mata wanita

Cara menjadi ganteng dimata wanita bukan cuma diliat dari penampilan aja. Bahkan, dalam survei yang dikeluarkan oleh ZAP Beauty Index 2023, disebutkan bahwa fisik bukan jadi faktor utama seorang wanita tertarik pada pria.

Lebih detail, sebanyak 87,5% wanita lebih mempertimbangkan sifat, personaliti, dan attitude. Kemudian, sebanyak 77,3% mempertimbangkan pengetahuan dan skill sebagai faktor utama.

1. Naikkan Kualitas Diri

Kualitas diri yang baik bisa bikin Bruver keliatan lebih baik di mata orang lain. Jadilah pria yang percaya diri, punya mindset yang positif, menghormati diri dan orang lain, serta punya visi dan misi yang jelas tentang masa depan.

2. Perluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan

Saat ini cowok yang pinter dan cerdas jadi idaman wanita. Bahkan, ini bisa jadi salah satu cara dari jelek jadi ganteng. Punya wawasan yang luas bisa bikin seseorang menghargai berbagai perspektif dengan lebih baik.

Banyak-banyak baca buku, artikel, atau informasi dari internet. Cobalah berdiskusi dengan orang lain tentang topik yang nggak Bruver mengerti atau kuasai. Beranikan diri buat cobain hal-hal baru. 

3. Jadilah Orang yang Menyenangkan

Sering-sering bersikap ramah, tersenyum, bicara dengan kata-kata yang baik, rendah hati, dan juga jadilah pendengar yang baik, sehingga wanita bisa merasa nyaman di sekitar Bruver.

Pernah denger istilah “Cowok ganteng kalah sama cowok humoris”? Ini nggak salah lho.. Cowok yang humoris dinilai lebih menyenangkan dan bisa menghilangkan stres. 

4. Kesiapan Finansial

Masih dalam survei yang sama, disebutkan bahwa cowok yang udah siap secara finansial juga dinilai punya daya tarik tersendiri dan bisa jadi cara menjadi ganteng dimata wanita.

Kesiapan finansial bisa diliat dari pekerjaan yang tetap dan stabil, penghasilan yang cukup, bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran, serta punya tabungan dan investasi masa depan yang cukup.

Kalau semua hal atau setidaknya banyak faktor di atas udah Bruver penuhi, jangan lupain soal kelancaran komunikasi juga ya! Pinter-pinterlah Bruver cari topik pembicaraan sama crush yang nyaman dan nyambung.

Itu dia tips atau cara dari jelek jadi ganteng ala MinBruv. Bruver sekarang paham kan, bahwa tampil ganteng itu gampang-gampang susah. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan, mulai dari perawatan diri, gaya berpakaian, hingga rasa percaya diri. 

Tapi, kalau Bruver pengen jadi ganteng dengan mudah, buruan cobain Bruv For Men!

Cara Typing Ganteng Biar Gebetan Baper, Jangan Bikin Dia Ilfeel!

Cara Typing Ganteng Biar Gebetan Baper, Jangan Bikin Dia Ilfeel!

Siapa yang sampai sekarang masih typing pakai gaya alay, misalnya masih pakai HuRUf bEsAr keCil, P4k3 4n9k4, disngkt-sngkt biar pndk, dan pake s!mbol-$imbol? Udah nggak jaman!

Bruver yang ngetiknya masih begitu, mungkin masih terjebak di era 2000-an awal, atau mungkin mereka memang ingin terlihat beda dan unik. Tapi, perlu diingat bahwa zaman sudah berubah, dan gaya typing alay sudah nggak lagi trendy.

Sekarang, trennya adalah typing ganteng. Lah apaan lagi tuh? Sini MinBruv kasih tau cara typing ganteng biar gebetan auto baper.

Apa itu Typing Ganteng?

Sadar nggak sadar, kita udah memasuki era di mana komunikasi lebih banyak dilakuin lewat dunia maya, dibandingin interaksi sosial secara langsung.

Makanya, kita dituntut buat texting atau chattingan lewat media sosial. Mau nggak mau, kita harus akrab sama berbagai jenis gaya penulisan, termasuk typing ganteng. Tapi, apa sih sebenernya typing ganteng itu?

Typing ganteng itu istilah yang dipakai untuk mendefinisikan gaya menulis atau chat yang rapi sesuai kaidah penulisan EYD. Istilah ini mulai populer di kalangan anak muda, khususnya di media sosial kayak Twitter dan Instagram.

Dari mana sih istilah typing ganteng? Dikutip dari Communication UII, istilah typing ganteng dipopulerkan oleh Ivan Lanin, seorang yang melabeli dirinya sebagai Wikipediawan pecinta bahasa Indonesia, sekitar tahun 2019. Bahkan, Ivan Lanin dijuluki sebagai Bapak Typing Ganteng Nasional.

Cara typing ganteng yang sebenernya basic ini justru sering dianggap keren dan berkelas. Bahkan cewek-cewek nganggep ini sebagai cara flirting yang baru. 

cara typing ganteng dengan gebetan
  1. Lebih Enak dibaca

Ejaan yang salah, kalimat yang berantakan, dan emoji yang berlebihan bikin chat jadi susah dibaca dan bikin ilfeel orang yang baca.

Makanya, cara typing ganteng dianggap lebih enak dibaca, soalnya pakai ejaan dan tata bahasa yang benar, tanda baca yang tepat, struktur kalimat yang rapi, serta format teks yang teratur.

  1. First Impression yang Keren

Tentu saja, first impression bukan satu-satunya hal yang penting dalam sebuah hubungan. Tapi, first impression yang baik bisa membuka peluang untuk lebih banyak interaksi dan komunikasi.

Typing ganteng bisa bikin lawan bicara punya impresi yang keren tentang Bruver, misalnya seseorang yang rapi, detail, berwawasan luas, pintar berkomunikasi, dan lain-lain.

  1. Lebih Sopan

Cara typing ganteng yang paling utama adalah ngetik dengan rapi dan bener. Ini bisa bikin Bruver keliatan lebih sopan dan menghormati lawan bicara.

  1. Meningkatkan Kredibilitas

Typing yang rapi dan sesuai EYD juga bisa membuat kesan profesional dan serius. Jadi, bukan cuma buat meraih hati gebetan, tapi typing ganteng juga kadang bisa dipakai di forum yang lebih formal.

Cara Typing Ganteng

cara typing ganteng sama crush

Nah, paham kan sekarang, kalau typing ganteng itu penting buat personal branding cowok-cowok? Sekarang, kita bahas yuk, cara typing ganteng!

1. Jangan disingkat

Udah bukan jamannya ngetik “yg”, “bgt”, “lpr”, dan kawan-kawannya. Ganti kebiasaan itu dengan cara typing ganteng dan ngetik kata-kata full, kayak “yang”, “bagus”, dan “lapar”. Nggak ribet kok, Bruver! 

Cuma butuh beberapa detik buat ngetik kata-kata full. Bukan cuma bikin chat Bruver lebih rapi dan enak dibaca, tapi juga menunjukkan kalau Bruver orang yang profesional dan cerdas.

2. Perhatiin Spasi dan Tanda Baca

Tanda baca itu penting loh, Bruver! Gunanya biar chatmu nggak keliatan alay dan gampang dimengerti. Pakai koma (,), titik (.), tanda tanya (?), dan tanda seru (!) dengan tepat.

Jangan lupa juga spasi yang rapi biar chat Bruver juga nggak terkesan sesak dan membingungkan. Ingat, Bruver, first impression itu penting! Chat yang rapi dan mudah dibaca bisa memberikan kesan pertama yang positif kepada lawan bicara.

3. Jangan Pakai Kata yang Ambigu

Cara typing ganteng nggak perlu ribet belajar tata bahasa kayak di sekolah dulu. Cukup perhatikan kalimat Bruver biar nggak ambigu atau bikin bingung.

Kata ambigu tuh kayak kata-kata yang punya dua arti atau lebih, jadi bisa bikin bingung orang yang baca. Contoh kata yang ambigu adalah nanti, bisa, udah, kok, doang, dan lainnya.

4. Hindari Kata-kata Alay

Chatting pakai kata-kata yang berlebihan mesti dihindari, Bruver! Bukannya makin asyik, chat Bruver malah bisa jadi bikin bingung dan terkesan norak.

Kata-kata alay tuh kayak ajib, ngab, ciyus, keleus, woles, skuy, dan lainnya. Ada juga kata-kata bahasa wibu yang dianggap alay kayak sugoi, kawaii, ohayou, onii-chan, sampai arigato

5. Kurangin Pakai Penulisan yang Nggak Umum

Masih ada nggak sih, yang ngetik “thank you” jadi “tq” atau “tx”? Atau nulis “-nya” pake huruf “x”? Nulis “oh” aja pakai ditambah-tambahin jadi “owh” atau “ouch”?

Kurang-kurangin deh, soalnya nggak semua orang paham sama penulisan-penulisan kayak gitu. Pakai penulisan yang normal-normal aja biar keliatan ganteng.

6. Pakai Sapaan yang Sopan

Sapaan adalah bagian penting dalam membangun komunikasi yang baik. Dalam cara typing ganteng, penggunaan sapaan yang sopan dan tepat bisa menunjukkan rasa hormat dan profesionalisme ke lawan bicara.

Hindari sapaan kayak “Eh”, “Hei”, “Yo”, “Bro”, “Sis”, dll. dalam situasi formal. Jangan lupa pakai 3 kata ajaib: tolong, terima kasih, dan maaf. Tiga kata ini penting banget, soalnya bisa bikin orang lain ngerasa lebih dihargai. 

Ada juga yang bilang cara typing ganteng itu pakai huruf kecil semua, panjangkan huruf di akhir kalimat, dan diakhiri tanda titik biar makin kelihatan cool. Contohnya “iyaaaa.”, atau “siappp.”

Nah, karena udah tahu cara typing ganteng, kamu juga harus pinter-pinter cari topik pembicaraan sama crush biar chat terus nyambung dan gak bikin bosen, ya!

Typing Udah Ganteng, Muka Juga Harus Dibikin Ganteng

Udah nerapin cara typing ganteng, tapi kok mukanya masih kusam? Eits, jangan sampe skill typing yang udah ganteng kalah sama muka yang kucel, Bruver!

Mau upgrade penampilan biar makin kece dan punya muka yang bersih dan cerah? Jawabannya Bruv For Men facial wash! Sabun cuci muka khusus cowok ini bukan kaleng-kaleng. 

Diperkaya dengan activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil, Bruv For Men facial wash siap bantu bersihin muka dari kotoran, minyak, dan jerawat sampai lapisan terdalam. 

Bruv For Men juga aman digunakan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Dengan bahan-bahan alami yang aman, Bruv tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa bikin iritasi, kayak SLS, SLES, Paraben, dan Alkohol.

Nggak perlu ribet, Bruver. Cukup cuci muka dua kali sehari dengan Bruv For Men facial wash, dan rasakan sensasi muka bersih, segar, dan bebas kusam. 

Bruv For Men juga didesain sebagai produk sabun 2in1 yang bisa digunakan untuk wajah sekaligus badan yang pastinya praktis dan efisien untuk kebutuhan kulit Bruver. Konsep shareable-nya bikin Bruv For Men mudah dipotek, sehingga Bruver bisa bagi-bagi sama temen atau keluarga.

Upgrade penampilanmu dan tunjukkan ke dunia kalau bukan cuma typingmu yang ganteng, tapi juga mukamu! Yuk, Bruver! Buruan cobain Bruv For Men sekarang dan rasakan sendiri manfaatnya. 

Tips Lagi Nih, Bruver!: Lagu untuk Crush yang bisa bikin dia peka!

60+ Lagu untuk Crush, Bikin Dia Langsung Peka Sama Maksudnya!

60+ Lagu untuk Crush, Bikin Dia Langsung Peka Sama Maksudnya!

Eh, Bruver! Lagi naksir seseorang ya? Bingung gimana cara ngungkapin perasaan? Tenang, Bruver. Ada cara jitu buat ngodein si doi biar cepet peka tanpa perlu malu-malu kucing, bisa pakai lagu untuk crush.

Emang bener, yang namanya ngungkapin perasaan baiknya dikomunikasiin secara langsung. Tapi, kalo Bruver masih ragu, mending tes ombak dulu pake lagu. Pilih lagu yang liriknya ngegambarin perasaan Bruver ke crush.

Tips Pilih Lagu yang Cocok untuk Crush

Pilih lagu buat ngode crush bisa jadi cara yang tepat buat menarik perhatian crush sekaligus mengekspresikan perasaanmu. Meskipun kebanyakan pakai lagu-lagu romantis, tapi, jangan asal pilih, perhatiin tips-tips pilih lagu untuk crush di bawah ini:

  1. Kenali Selera Musik Crushmu

Langkah pertama adalah mencari tahu jenis musik apa yang disukai crushmu. Bruver bisa bertanya langsung, melihat playlistnya di media sosial, atau memperhatikan musik yang dia dengarkan waktu bareng.

  1. Pilih Lagu dengan Makna yang Spesial

Sesuaikan lagu dengan lirik yang menggambarkan perasaan Bruver terhadap crush. Lagu tentang cinta, rindu, atau kekaguman bisa menjadi pilihan yang tepat. Hindari lagu dengan lirik yang terlalu vulgar atau negatif.

  1. Pertimbangkan Tempo Lagu

Pilih lagu dengan tempo yang sesuai dengan suasana. Kalau Bruver ingin menunjukkan sisi romantismu, pilih lagu dengan tempo yang lambat. Jika kamu ingin menunjukkan sisi energikmu, pilih lagu dengan tempo yang cepat.

  1. Sesuaikan dengan Momen

Sesuaikan lagunya dengan momen pas Bruver mau ngasih lagu ke crush. Kalau mau ngasih langsung, pilih lagu yang upbeat dan ceria. Biar suasananya makin seru dan rame. Kalau mau ngasih lewat chat, pilih lagu untuk crush yang slow dan romantis. Bikin crush baper dan melting pas dengerinnya.

Kalau Bruver pengen memberikan sesuatu yang lebih spesial, Bruver bisa bikin playlist berisi beberapa lagu yang Bruver pilih. Berikan playlist itu ke crushmu atau untuk didengarkan saat sedang berdua.

Lagu untuk Crush Indonesia

lagu buat crush indonesia

Pertama-tama, MinBruv bakal kasih bocoran playlist yang cocok buat jadi sarana untuk lebih deket sama pujaan hati dalam bahasa Indonesia nih. Coba kasih lagu-lagu untuk crush berikut ini:

  1. Adu Rayu – Yovie Widianto, Tulus, Glenn Fredly 
  2. Bicara – The Overtunes
  3. Buka Hati – Yura Yunita
  4. Cantik – Kahitna
  5. Dari Mata – Jaz
  6. Hari Bersamanya – Sheila On 7
  7. Ikat Aku di Tulang Belikatmu – Sal Priadi
  8. Indahnya Dirimu – Hivi!
  9. Ini Laguku – Mahalini
  10. Jatuh Suka – Tulus
  11. Jadi Kekasihku Saja – Keisya Levronka
  12. Kasmaran – Jaz
  13. Komang – Raim Laode
  14. Lebih Indah – Adera
  15. Menghujam Jantungku – Tompi
  16. Menyimpan Rasa – Devano Danendra
  17. Panah Asmara – Afgan
  18. Pandangan Pertama – RAN
  19. Pemuja Rahasia – Sheila On 7
  20. Pilihanku – MALIQ & D’Essentials
  21. Romansa Ke Masa Depan – Glenn Fredly
  22. Satu-Satunya – Hivi!
  23. Seberapa Pantas – Sheila On 7
  24. Sempurna – Andra & The Backbone
  25. Sesaat Kau Hadir – Utha Likumahuwa
  26. Siapkah Kau ‘tuk Jatuh Cinta Lagi – Hivi!
  27. Simpan Rasa – Vadel Nasir
  28. Terlukis Indah – Rizky Febian & Ziva Magnolya
  29. Tergila-gila – Tulus
  30. Tolong – Budi Doremi

Lagu untuk Crush Inggris

lagu buat crush inggris

Nah, kalau pakai lagu dalam bahasa Indonesia dirasa terlalu terus terang dan mudah ditebak, MinBruv juga punya playlist lagu untuk crush dalam bahasa Inggris biar lebih terkesan misterius dan bikin crush makin penasaran.

  1. Angel Baby – Troye Sivan
  2. Anything You Want – Reality Club
  3. Be Mine Please – Joshua Malilay
  4. Best Part (feat. H.E.R.) – Daniel Caesar
  5. Can’t Take My Eyes Off You – Joseph Vincent
  6. Come Inside Of My Heart – IV Of Spades
  7. Every Summertime – NIKI
  8. Falling – Harry Styles
  9. Fallingforyou – The 1975
  10. fOoL fOr YoU – Zayn Malik
  11. Hey Girl – Boy Pablo
  12. Here With Me – d4vd
  13. I Like U – NIKI
  14. I Wanna Be Yours – Arctic Monkeys
  15. It’s Only Me – Kaleb J
  16. Juliet – Cavetown
  17. Just the Way You Are – Bruno Mars
  18. Lover – Taylor Swift
  19. Make You Mine – PUBLIC
  20. Perfect – Ed Sheeran
  21. R U Mine? – Arctic Monkeys
  22. Still into You – Paramore
  23. Sunflower – Rex Orange Country
  24. this is what falling in love feels like – JVKE
  25. Thinking out Loud – Ed Sheeran
  26. This Is How You Fall In Love – Jeremy Zucker & Chelsea Cutler
  27. Treat You Better – Shawn Mendes
  28. Until I Found You – Stephen Sanchez
  29. Yellow – Coldplay
  30. You Are The Reason – Calum Scott

Selain lagu, tetap saja Bruver juga harus bisa bikin nyaman gebetan atau crush. Salah satu cara manjurnya yaitu bruver harus pinter cari topik pembicaraan sama crush.

Tips Ganteng Bikin Crush Pangling

lagu buat ngode crush

Udah kasih lagu tapi masih belum dilirik? Mungkin Bruver perlu sedikit merubah penampilan. Ada beberapa tips ganteng bikin crush pangling yang bisa Bruver lakuin:

  1. Ubah Gaya Berpakaian

Pakaian jadi poin penting dalam menunjang penampilan. Tipsnya, kenali bentuk badan dan style yang cocok sama Bruver. 

Usahain punya outfit basic kayak kaos, kemeja, chino, dan jeans, biar gampang mix & match-nya. Pakai juga aksesoris atau pelengkap, misalnya sneakers.

  1. Atur Hairstyle

Hairstyle itu bisa mengubah penampilan lho, kalau salah style, bisa-bisa wajah ganteng Bruver nggak kelihatan. Pilih gaya rambut yang sesuai bentuk wajahmu. Pastikan rambutmu selalu rapi dan enak dilihat.

Lakukan perawatan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Kalau bisa, konsultasi sama profesional untuk tau mana gaya rambut yang cocok.

  1. Jaga Kebersihan Diri

Kebersihan adalah kunci utama untuk tampil menarik dan ganteng di mata crush. 

Mandi dua kali sehari, pagi dan sore, dengan sabun yang sesuai jenis kulit. Jangan lupa gosok gigi dua kali sehari, sikat rambut, potong kuku, dan ganti pakaian dalam setiap hari. Gunakan pakaian yang bersih dan rapi, hindari yang kusut dan bau apek. Cuci kaki setiap hari setelah beraktivitas.

Parfum juga penting, pilih aroma segar dan tidak menyengat. Gunakan secukupnya di beberapa titik tubuh.

  1. Rawat Wajah Pakai Skincare

Nah, yang paling penting buat tampil lebih ganteng dan bikin crush pangling itu dengan merawat wajah pakai skincare. Cukup pake skincare routine yang simpel dan cocok buat cowok.

Bersihkan wajah dua kali sehari. Pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Biar aman, pakai sabun cuci muka yang bisa digunakan semua jenis kulit, salah satunya pakai produk Bruv For Men

Kandungan alami kayak activated charcoal, argan oil, dan peppermint useful banget buat membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak, mengangkat sel kulit mati, dan bikin wajah Bruver makin fresh. Plus, wanginya maskulin dan bikin rileks!

Step selanjutnya, Bruver bisa pakai toner, serum, moisturizer atau pelembap, dan sunscreen, khususnya waktu pagi sama siang hari. Kalau Bruver rutin pakai skincare, Bruver bisa lebih ganteng dan bikin crush pangling.

Selain ngasih lagu untuk crush dan merubah penampilan, untuk keliatan lebih menarik Bruver juga harus bisa punya sikap yang positif dan jadilah gentleman yang sopan. Tunjukkan rasa hormat dan perhatian kepada crushmu, dengarkan ceritanya dengan penuh minat, dan berikan dia pujian yang tulus.  Ingat, Bruver! Kuncinya adalah menjadi diri sendiri dan tunjukkan sisi terbaikmu. 

Topik Pembicaraan Sama Crush! Pasti Nyambung dan Bikin Gebetan Nyaman

Topik Pembicaraan Sama Crush! Pasti Nyambung dan Bikin Gebetan Nyaman

Siapa Bruver yang suka grogi kalau lagi ngobrol sama crush? Kalau lagi naksir sama orang, wajar banget kok bingung cari topik pembicaraan sama crush.

Daripada garing dan bikin keki gebetan, sini MinBruv kasih cara cari topik buat crush!

Pentingnya Topik Pembicaraan Sama Crush

Komunikasi yang baik itu jadi kunci hubungan yang lebih baik. Apalagi disaat Bruver masih dalam tahap ‘pedekate’ atau saling mengenal, penting banget buat bangun ikatan yang baik dengan cara ngobrol lebih dalam sama orang yang Bruver suka atau crush.

Menemukan kata dan ungkapan yang tepat itu penting banget saat mengambil langkah pertama. Meskipun awalnya canggung, tapi coba Bruver sedikit lebih rileks dan jadilah diri sendiri.

Buat cari topik pembicaraan sama gebetan itu emang gampang-gampang susah, Bruver nggak boleh terlalu pasif, tapi juga nggak boleh terlalu berlebihan.

Topik Pembicaraan Sama Crush Agar Tidak Bosan

Topik Pembicaraan Sama Crush Agar Tidak Bosan

Ngobrol sama crush itu emang asik dan mendebarkan banget, rasanya nggak mau berhenti, ya kan? Tapi, kebanyakan ngobrol juga kadang bikin bosen. Nah ini topik pembicaraan sama crush agar tidak bosan:

  1. Mulai dengan Basa-basi

Basa-basi emang topik pembicaraan yang kedengeran klise, tapi ini adalah cara yang bagus untuk memulai percakapan. Bruver bisa menanyakan kabarnya, apa yang dia lakukan hari ini, atau apa yang dia sukai.

  1. Tanyakan Tentang Hobi dan Minatnya

Hobi atau minat bisa jadi topik yang bagus. Orang akan lebih bersemangat untuk berbicara tentang hal-hal yang mereka sukai. Jadi, tanyakan tentang hobi dan minatnya. Bruver bisa menanyakan tentang film, musik, buku, olahraga, atau hal-hal lainnya.

  1. Berbagi Cerita atau Pengalaman

Selain menanyakan tentang pengalaman crush, Bruver juga bisa berbagi cerita atau pengalamanmu sendiri, biar kesannya nggak kayak lagi interview. Hal ini bisa membantu membangun koneksi dan membuat percakapan menjadi lebih mengalir.

  1. Bahas Topik yang Sedang Hangat dibicarakan

Kalau ada topik yang lagi hangat dibicarakan, Bruver bisa membahasnya dengan crush. Hal ini bisa menjadi cara untuk memulai percakapan dan mengetahui pendapatnya tentang suatu hal.

  1. Gunakan Humor

Humor bisa jadi cara yang bagus untuk mencairkan suasana dan membuat percakapan menjadi lebih menyenangkan. Bruver bisa menceritakan lelucon, bercanda, atau membuat sindiran yang lucu.

  1. Bermain Game atau Kuis

Kalau Bruver mulai kehabisan topik sama crush, main game atau kuis juga bisa jadi cara yang seru buat memulai percakapan. Bruver bisa mainin game yang sederhana, seperti tebak-tebakan atau pertanyaan-pertanyaan cepat.

  1. Dengarkan dengan Aktif

Selain berbicara, penting juga untuk mendengarkan dengan aktif saat ngobrol sama crush. Berikan perhatian penuh pada apa yang dia katakan dan ajukan pertanyaan untuk menunjukkan kalau Bruver tertarik dengan apa yang dia bicarakan.

  1. Jadilah Diri Sendiri

Kayak yang udah disinggung di awal, waktu Bruver ngobrol sama crush, sebaiknya jadilah diri sendiri. Jangan berusaha menjadi orang lain yang bukan dirimu. Kejujuran dan kerendahan hati akan membuat Bruver lebih menarik di mata crush.

  1. Berikan Pujian-pujian Kecil

Memberi pujian-pujian kecil bisa jadi cara yang manis untuk menunjukkan ketertarikan dan membangun koneksi. Tapi ingat, pujian yang baik haruslah tulus, spesifik, dan tepat waktu.

Hindari pujian yang lebay dan klise, kemudian amati reaksi crush. Jika dia tampak nyaman dan senang, lanjutkan pembicaraan. Jika dia tampak canggung atau tidak nyaman, hentikan dan alihkan pembicaraan.

  1. Bersikaplah Positif dan Menyenangkan

Crush akan lebih tertarik pada orang yang positif dan menyenangkan. Jadi, cobalah untuk selalu bersikap positif dan ceria saat ngobrol dengannya.

  1. Jangan Memaksakan Diri

Jika Bruver merasa percakapan mulai macet, jangan memaksakan diri. Memaksakan percakapan bisa membuat suasana menjadi canggung dan tidak nyaman. Lebih baik akhiri percakapan dengan baik dan lanjutkan di lain waktu.

  1. Jaga Kesopanan

Menjaga kesopanan di depan crush adalah salah satu kunci untuk menarik perhatiannya. Dengan menunjukkan rasa hormat dan ketertarikan, Bruver bisa meninggalkan kesan yang positif dan membuka peluang untuk hubungan yang lebih lanjut.

Topik Untuk Crush yang Cuek

Topik Untuk Crush yang Cuek

Terus gimana kalau Bruver punya crush yang cuek? Tenang-tenang, MinBruv juga punya tips cari topik untuk crush yang cuek.

  1. Pahami Sifat Cueknya

Cuek bukan berarti nggak tertarik! Bisa jadi crush Bruver emang punya kepribadian yang pendiam, atau sulit mengungkapkan perasaannya.

  1. Tunjukan Ketertarikan dengan Jelas

Biasanya, cuek diiringi dengan ketidakpekaan. Nah, supaya crush peka, tunjukkan ketertarikan pada apa yang dia lakukan, sapa dengan ramah, berikan perhatian dan pujian, tapi hindari bersikap terlalu agresif.

  1. Mulai dengan Topik yang Ringan dan Santai

Pilih topik pembicaraan yang ringan dan santai buat mencairkan suasana. Bruver sebisa mungkin menghindari topik yang berat dan kontroversial.

  1. Bahas Minat dan Hobi

Bahas minat dan hobi crush adalah salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian crush yang cuek. Bruver bisa cari tau dulu nih, apa yang crush lakuin di waktu luang. Temukan kesamaan minat dan hobi, supaya bisa nyambung, bahkan bisa ngelakuin hobi itu bareng-bareng.

  1. Ajukan Pertanyaan Terbuka

Orang yang cuek mungkin kesulitan untuk mengekspresikan diri. Oleh karena itu, Bruver harus lebih aktif dalam mengajukan pertanyaan. Hindari pertanyaan yang hanya bisa dijawab dengan “ya” atau “tidak”.

Dengarkan dengan penuh perhatian untuk menunjukkan bahwa Bruver benar-benar tertarik dengan jawabannya. Kemudian, berikan respon yang menunjukkan kalau Bruver antusias.

Cara Membuat Topik Chat Agar Tidak Bosan

Cara Membuat Topik Chat Agar Tidak Bosan

Pernah nggak, pas lagi chatingan, terus tiba-tiba keabisan ide topik chat sama crush terus nge-stuck? Ini bisa bikin chat mandeg, dan Bruver bisa-bisa gagal lebih deket sama crush. Simak cara membuat topik chat agar tidak bosan ala MinBruv.

  1. Berbagi Kabar

Awali topik chat crush dengan sapaan. Tanyakan kabar crushmu dan apa yang dialaminya hari ini. Jangan cuma bertanya, tapi ceritakan juga gimana harimu berjalan. 

  1. Saling Beri Rekomendasi

Kalau Bruver udah tau minat dan hobinya crush, Bruver bisa banget kasih rekomendasi film, musik, buku, atau tempat wisata yang menurutmu menarik dan sesuai sama crush. Tanyakan rekomendasi film, musik, buku, atau tempat wisata favoritnya.

  1. Cerita Pengalaman

Ceritain pengalaman-pengalaman menarik yang pernah Bruver alami, bisa pengalaman yang lucu, unik, ataupun menyedihkan. Tanyain juga sama crush, terkait pengalamannya yang serupa.

  1. Main Game Sederhana

Bruver bisa coba ajak crush main game sederhana kayak tebak-tebakan, ‘Would you rather?’, ‘Never have I ever’, ‘Truth or dare’, atau bisa juga tuh ajakin mabar, kalau crush Bruver suka main game online.

  1. Selingi dengan Unsur Komedi

Selingi chat dengan candaan ringan tentang situasi sehari-hari atau kebiasaan crush bisa bikin dia tertawa. Bagikan pengalaman lucu yang Bruver alami, entah itu saat di sekolah, kantor, atau di rumah.

Biar kesannya nggak boring, Bruver juga bisa tambahin emoji, stiker, maupun GIF dalam chat kalian. Sesekali, boleh juga saling tukeran foto dan video. 

Topik yang Gak Boleh Kamu Tanyakan ke Crush

Ngobrol sama crush emang seru dan bisa bikin Bruver makin dekat sama crush. Tapi ada beberapa topik yang gak boleh kamu tanyakan ke crush, supaya suasana tetap nyaman dan nggak awkward. Cus, simak “Topik Terlarang” yang sebaiknya kamu hindari biar gebetan kamu gak ilfeel:

  1. Hindari Membandingkan dengan Orang Lain

Topik yang gak boleh kamu tanyakan ke crush itu salah satunya bandingin crush sama orang lain. Banding-bandingin crush sama orang lain bisa bikin rasa percaya diri crush menurun. Kebiasaan ini bisa bikin iri, cemburu, dan gak puas. Hal ini bisa bikin suasana jadi down dan tertekan.

  1. Hindari Bahas Masa Lalu

Sebenernya bahas masa lalu itu nggak salah, tapi ada beberapa topik yang gak boleh kamu tanyakan ke crush, biar nggak awkward. Jangan bahas topik yang bisa memicu emosi negatif, seperti mantan pacar, trauma masa lalu, atau kegagalan.

Jangan terlalu banyak tanya tentang masa lalu crush, terutama jika dia tidak ingin membahasnya.  Terus, hindari juga komentar negatif tentang masa lalu crush.

  1. Jangan Mengkritik Penampilan

Jangan sampai Bruver mengangkat masalah berat badan, pakaian, make up, rambut, atau tentang penampilan jadi pembicaraan sama crush. Efeknya bisa jadi sangat buruk! Crush jadi nggak pede dan malah jadi ilfeel sama Bruver.

  1. Hindari Bertanya Pertanyaan Personal

Memang wajar ingin mengenal crush lebih dalam, tapi hindari pertanyaan personal yang bisa membuatnya tidak nyaman. Apalagi, setiap orang punya batasan privasi yang berbeda.

Meskipun nggak ada format yang ketat, tapi jangan sampai Bruver terkesan menyelidik dan mengintimidasi, nanti malah jadi kayak wawancara. Jadi, meskipun MinBruv kasih ide topik pembicaraan sama crush di artikel ini, tapi Bruver bebas mengeksplor dan improve sendiri, sesuai dengan situasi dan kondisi.

Lebih Percaya Diri dengan Bruv For Men

Nah biar lebih pede ngobrol sama crush, Bruver harus merawat kulit dan menjaga penampilan supaya tetep bersih dan ganteng. Solusinya, pakai Bruv For Men

Bruv For Men merupakan sabun dengan konsep shareable dan memiliki kandungan aktif seperti activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil.

Kandungan-kandungan itu bisa bikin bantu membersihkan kulit secara menyeluruh dengan cara mengangkat kotoran dan minyak, sehingga kulit bersih, cerah, dan bebas dari jerawat.

Yuk Bruver, lebih percaya diri dengan Bruv For Men!

Senam Wajah Agar Simetris, Lakukan Rutin untuk Perbaiki Bentuk Wajah

Senam Wajah Agar Simetris, Lakukan Rutin untuk Perbaiki Bentuk Wajah

Bruver ngerasa insecure nggak sih kalau pas ngaca atau foto, terus wajahnya keliatan nggak simetris? Tapi tunggu dulu, jangan terburu-buru! Artikel ini bakal bahas solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan melakukan senam wajah agar simetris. Simak terus sampai akhir ya, Bruver!

Punya wajah yang nggak simetris itu sebenernya wajar-wajar aja, bahkan ada penelitian yang memvalidasi itu. Soalnya penyebabnya juga macem-macem, ada yang dipengaruhi genetik, usia, kebiasaan buruk, cedera, perubahan struktur gigi, dan masih banyak lagi. 

Gimana sih cara ngecek kesimetrisan wajah? 

Coba deh, Bruver perhatiin wajah di depan cermin. Terus, tarik garis imajiner dari tengah dahi ke bawah, sampe ke dagu. Nah, bandingin deh, kedua sisi wajahnya seimbang nggak? 

Kalau bagian mata, hidung, bibir, pipi, sampe rahang seimbang, tandanya wajah Bruver simetris.

Contoh Wajah Tidak Simetris

contoh wajah tidak simetris

Terus, gimana dong kalo wajah Bruver nggak simetris?

  1. Bentuk Mata yang Berbeda

Punya bentuk mata yang beda itu salah satu contoh wajah tidak simetris. Biasanya salah satu mata bakal keliatan lebih besar, lebih tinggi, bahkan punya eyelids yang beda. 

  1. Hidung Bengkok

Hidung mungkin bengkok ke satu sisi atau memiliki lubang hidung yang tidak sama besar. Hidung yang bengkok dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti cedera, kelainan bawaan, atau septum deviasi (dinding tulang rawan di dalam hidung yang bengkok).

  1. Bibir Nggak Simetris

Contoh wajah tidak simetris selanjutnya adalah bibir yang nggak simetris. Salah satu sisi bibir mungkin terlihat lebih tebal atau lebih turun dari yang lain. Kemungkinan, sudut bibir juga tidak sejajar.

  1. Rahang Nggak Sejajar

Punya rahang nggak sejajar bukan cuma bikin insecure, tapi juga bisa menyebabkan masalah fungsional, kayak kesulitan mengunyah atau berbicara. Biasanya, rahang bawah menonjol terlalu ke depan (overbite), rahang atas menonjol ke depan (underbite), dan rahang yang geser ke satu sisi (crossbite). 

  1. Pipi Bengkak Sebelah

Pipi yang bengkak sebelah itu contoh wajah tidak simetris lainnya. Biasanya, pipi kanan tuh kayaknya lebih naik dan kencang ke atas, beda sama pipi kiri yang malah miring ke bawah.

Meskipun wajar, tapi yang namanya wajah nggak simetris kadang ngaruh juga ke rasa percaya diri. Emang bener, cara instan yang bisa dilakuin itu salah satunya lewat prosedur operasi. Bruver yang masih takut sama pisau bedah jangan khawatir! Ada cara alami memperbaiki wajah tidak simetris, tanpa harus operasi. Salah satunya adalah senam wajah agar simetris.

Senam Wajah Agar Simetris

Senam wajah agar simetris punya banyak manfaat lainnya kayak melancarkan aliran darah serta oksigen di bawah permukaan kulit wajah, membangun otot wajah, bikin kelhatan awet muda, dan tentu bikin wajah lebih simetris. 

Ini contoh senam wajah yang bisa Bruver coba untuk bikin bentuk wajah lebih simetris secara alami:

1. Senam Wajah Fish Face

Ini sederhana, tapi bisa ngelatih otot-otot wajah, khususnya pipi dan bibir. Ini bisa buat ngatasin pipi yang bengkak sebelah, mengencangkan kulit yang kendur, dan bikin wajah lebih simetris.

  • Ambil nafas dalam-dalam, tahan sesaat.
  • Kempiskan pipi ke dalam, bayangin Bruver lagi mengisap permen karet.
  • Tahan selama 10-15 detik.
  • Kembalikan posisi pipi seperti semula dan hembuskan nafas.

2. Senam Wajah Lion’s Pose

Sebenernya, lion’s pose itu salah satu gerakan yoga yang juga disebut simhasana. Biasanya gerakan ini dipakai buat meregangkan dan bikin otot-otot wajah lebih kuat.

  • Duduk atau berlutut dengan posisi yang nyaman.
  • Ambil nafas dalam-dalam, tahan.
  • Buka mulut lebar-lebar, julurkan lidah ke bawah. Anggap Bruver itu kayak singa yang lagi mengaum.
  • Tahan selama 5-10 detik.
  • Rilekskan  wajah dan hembuskan nafas.

3. Senam Wajah Smiling Fish

Smiling fish juga salah satu senam wajah agar wajah simetris yang dirancang buat memperkuat otot-otot pipi dan rahang. Gerakan ini bisa membantu mencegah bruxism atau mengertakkan gigi dan temporomandibular joint disorder yang bisa bikin wajah nggak simetris.

  • Duduk tegak, tapi tetap rileks bahunya.
  • Tarik nafas yang dalam, tahan.
  • Senyum ganteng, tapi yang lebar. Tarik sudut bibir ke belakang dan ke atas.
  • Tahan selama 10-15 detik aja.
  • Hembuskan nafas, dan kembali rileks.

4. Senam Wajah Eye Opener

Buat Bruver yang punya mata asimetris kayak turun atau lebih kecil sebelah, mungkin bisa cobain senam wajah eye opener agar simetris. Soalnya, gerakan ini bisa bikin otot di sekitar mata jadi lebih kuat.

  • Buka mata Bruver yang lebar, kayak lagi kaget.
  • Tahan sekitar 10 detik.
  • Pejamin mata, dan ulangi step ini beberapa kali.

5. Senam Wajah Forehead Smoother

Kerutan dahi yang nggak seimbang bisa bikin wajah semakin keliatan nggak proposional. Nah, forehead smoother ini bisa banget bantu menghaluskan kerutan di dahi.

  • Tempatkan jari telunjuk di tengah dahi, tepatnya di atas alis.
  • Tekan jari ke arah bawah sambil mengangkat alis, yang lembut ya Bruver!
  • Tahan selama 10 detik dan lepaskan jari.

Baca Juga: Kenapa Wajah Memerah Saat Terkena Sinar Matahari?

Contoh Gerakan Olahraga Wajah Agar Simetris

Selain senam wajah agar simetris kayak di atas, ada juga contoh gerakan olahraga wajah agar simetris yang sebenernya nggak beda jauh. Seperti yang ada di laman Beauty by dr. Cat, berikut ini contoh-contoh gerakannya:

  1. Gerakan Mengangkat Alis

Ini membantu memperkuat otot-otot di sekitar alis, menghasilkan ekspresi wajah yang lebih seimbang dan simetris.

  • Letakkan jari tepat di atas alis. 
  • Berikan sedikit tekanan dan angkat alis sambil menahan tekanan dari jari-jari Bruver.
  • Tahan selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali.
  1. Gerakan Mengangkat Pipi

Mengangkat pipi bisa bantu meningkatkan simetri wajah dengan menargetkan dan mengencangkan area di sekitar pipi.

  • Senyum yang lebar, tapi biarkan bibir tertutup.
  • Letakkan jari telunjuk di sudut bibir dan angkat perlahan pipi ke arah mata. 
  • Tahan selama beberapa detik dan lepaskan. 
  1. Latihan Rahang

Latihan rahang bisa jadi senam wajah agar simetris, karena bisa mengencangkan otot-otot di sekitar garis rahang, sehingga bikin jadi lebih keliatan seimbang.

  • Letakkan jari telunjuk dan jari tengah di dagu. 
  • Beri tekanan tipis-tipis.
  • Coba buka mulut sambil menahan tekanan dari jari-jari.
  • Tahan selama beberapa detik.

Rekomendasi Artikel: Perbedaan Warna Kulit Sawo Matang dan Kuning Langsat.

Posisi Tidur Agar Wajah Simetris

Tidur dengan posisi yang salah bisa bikin wajah tertekan dan lama-kelamaan jadi asimetris. Menurut American Society for Aesthetic Plastic Surgery (ASAPS), ternyata emang ada hubungannya lho antara posisi tidur dan munculnya wajah yang asimetris. 

Penelitian mereka menunjukkan bahwa tekanan dan gesekan yang terjadi saat tidur miring dan tengkurap bisa bikin wajah jadi terdistorsi. Lama kelamaan, distorsi ini bisa berkembang jadi kerutan permanen.

Terus gimana posisi tidur agar wajah simetris?

Posisi tidur terlentang adalah posisi terbaik untuk menjaga simetris wajah. Posisi ini membantu menjaga kepala dan leher Bruver tetap sejajar dengan tulang belakang, dan mengurangi tekanan pada wajah. Bruver bisa pakai bantal kecil buat diletakkan di bawah lutut dan bantal lainnya di bawah kepala.

Sebenernya, tidur miring juga bisa jadi pilihan yang baik buat menjaga simetris wajah. Asalkan Bruver bisa memastikan bergantian tidur di sisi kiri dan kanan untuk mencegah tekanan pada satu sisi wajah.

Merawat Wajah dengan Bruv For Men

Nah, selain memperbaiki wajah dengan cara senam wajah agar simetris dan menjaga posisi tidur, Bruver wajib banget ngerawat wajah pakai Bruv For Men.

Bruv For Men diformulasikan khusus untuk kulit pria, dengan kandungan yang bisa membersihkan hingga pori terdalam, mencerahkan, mengatasi jerawat, mencegah tanda-tanda penuaan, dan pastinya nyaman banget, nggak bikin kulit ketarik.

Selain melakukan senam wajah agar simetris, untuk tampil maksimal dan lebih percaya diri, pastikan Bruver rutin Perawatan Pakai Face Wash Bruv For Men. Cobain sekarang juga!

Kenapa Wajah Memerah Saat Terkena Sinar Matahari? Gak Cuma Karena Kepanasan

Kenapa Wajah Memerah Saat Terkena Sinar Matahari? Gak Cuma Karena Kepanasan

Bruver yang sering berkegiatan di luar ruangan, pernah nggak sih, ngalamin muka yang tiba-tiba merah kayak kepiting rebus? Bukan cuma berubah warna dan bikin nggak percaya diri, paparan sinar matahari ini bisa bikin kulit perih, panas, dan bengkak lho!

Tapi tenang dulu, muka memerah setelah kena sinar matahari itu wajar kok. Tapi, kenapa wajah memerah saat terkena sinar matahari? Alasan ini perlu Bruver tau nih.

Kenapa Wajah Memerah Saat Terkena Sinar Matahari?

Ternyata, jawaban dari pertanyaan “Kenapa wajah memerah saat terkena sinar matahari?” cukup beragam. Meskipun punya efek yang sama, penyebabnya bisa beda-beda tiap orang.

1. Sunburn

wajah memerah saat kepanasan terkena sinar matahari

Sunburn bisa dialami oleh siapapun, terlepas dari warna kulit. Bedanya, orang yang kulitnya terang atau lebih cerah biasanya berubah jadi merah muda atau merah, sedangkan kulit dengan warna yang lebih gelap mungkin menjadi lebih gelap. 

Dalam istilah medis, sunburn melibatkan peradangan yang menyebabkan gejala seperti nyeri, panas, bengkak, melepuh, dan merubah warna kulit. Biasanya, sunburn terjadi kalau Bruver lagi ada di tempat terbuka kaya gunung atau pantai, apalagi pas cuaca lagi cerah-cerahnya.

Oh iya, ngomongin soal jenis warna kulit, mungkin bruver pingin tahu perbedaan kulit sawo matang dan kuning langsat.

2. Polymorphic Light Eruption (PLE)

PLE, atau Polymorphic Light Eruption, adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya ruam gatal setelah terpapar sinar matahari, terutama sinar UVA. Ruam ini biasanya muncul dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah paparan sinar matahari dan dapat hilang dalam hitungan hari atau minggu. 

Nah salah satu gejala yang paling umum adalah munculnya kemerahan pada kulit setelah beberapa hari atau minggu. Jadi, efeknya emang nggak langsung muncul, tapi tetep ganggu, kan?

3. Rosacea

Rosacea adalah masalah kulit kronis yang jadi alasan kenapa muka memerah saat terkena sinar matahari, terutama di area hidung, pipi, dagu, dan dahi. Selain kemerahan, rosacea juga bikin pembuluh darah kecil keliatan jelas, kulit berasa perih, panas, sampai muncul benjolan.

4. Heat Rash

Heat rash atau biang keringat bisa muncul di wajah setelah terpapar sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari dapat meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan keringat berlebih, yang menyumbat pori-pori dan memicu biang keringat.

Heat rash dapat menjadi penyebab kenapa wajah memerah pada saat terkena sinar matahari.

5. Fotosensitif

Fotosensitif adalah kondisi dimana kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Ada beberapa penyebabnya, mulai dari alergi matahari, obat-obatan, skincare, penyakit tertentu, hamil, hingga faktor keturunan. Gejalanya bisa muncul kemerahan, ruam, gatal, panas, dan perih.

Faktor Penyebab

Kondisi-kondisi di atas dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab. Pipi merah saat terkena sinar matahari sendiri terjadi karena pembuluh darah di wajah melebar, sementara aliran darah meningkat. Nah, berikut beberapa penyebab yang mungkin terjadi:

  • Genetik

Genetik bisa berpengaruh ke gampang atau nggaknya pipi merah saat kepanasan. Orang yang punya riwayat keluarga rosacea atau kondisi kulit sensitif lainnya lebih berisiko mengalami pipi merah saat terkena sinar matahari.

  • Trauma

Kalau Bruver pernah ngalamin trauma di wajah kayak luka bakar atau terbentur, biasanya pipi lebih cepat merah saat terkena sinar matahari. Ini karena trauma itu bisa bikin pembuluh darah rusak dan sensitif.

  • Alergi

Alergi matahari bisa bikin kulit jadi merah, gatal, ruam, hingga bengkak. Gejala itu muncul sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sinar matahari.

Cara Mengatasi Wajah Merah Saat Terkena Sinar Matahari

Cara Mengatasi Wajah Merah Saat Terkena Sinar Matahari

Kalau udah tahu penyebab kenapa wajah memerah saat terkena sinar matahari, sekarang Bruver juga harus tahu bagaimana solusinya.

Meskipun mungkin nggak bisa instan, tapi Bruver nggak perlu khawatir! Soalnya, ada cara mengatasi wajah merah saat terkena sinar matahari, kayak yang ada di bawah ini:

  1. Kompres Air Dingin

Air dingin bisa membantu mempersempit pembuluh darah di wajah, sehingga aliran darah ke wajah bisa berkurang. Air dingin juga punya efek anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Inget, pakai air dingin ya, jangan pakai air es. Soalnya, air es justru bisa bikin kulit iritasi. Kompres pakai handuk atau kain yang bersih dan lembut selama 10-15 menit.

  1. Gunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung aloin, senyawa yang memiliki efek anti-inflamasi dan membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang. 

Kupas dan iris lidah buaya yang telah dibersihkan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Oleskan pada wajah yang memerah seperti masker. Setelah kering, bilas dengan bersih.

  1. Kompres Kantong Teh

Kantong teh yang dingin, bisa jadi cara mengatasi wajah merah saat terkena sinar matahari. Soalnya, kantong teh punya kandungan kafein dan tanin yang bisa membantu mengurangi peradangan.

Gunakan dua kantong teh celup yang udah diseduh, dinginkan di dalam kulkas selama 15-20 menit. Kalau udah dingin, tempelin ke wajah yang memerah selama beberapa menit. Kalau sudah mereda, bilas pakai air dingin. 

  1. Gunakan Yogurt

Kandungan lactic acid di dalam yogurt bisa bantu menenangkan kulit yang iritasi dan meradang. Disamping itu, yogurt punya sensasi mendinginkan yang meredakan sensasi panas.

Pakai yogurt yang plain atau nggak mengandung gula atau bahan tambahan. Oleskan pada wajah selama 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih. 

  1. Kompres Timun 

Timun punya efek mendinginkan yang membantu meredakan rasa panas dan perih pada kulit yang terbakar matahari. 

Siapin potongan timun yang tipis dan udah dicuci bersih. Tempelkan irisan timun tersebut pada wajah secukupnya, selama beberapa menit. Bilas wajah pakai air dingin supaya lebih segar.

Untuk pencegahannya, Bruver bisa pakai sunscreen minimal SPF 30 PA ++ sebelum beraktifitas, supaya kulit tetap terlindungi. Selain itu, coba pakai pakaian yang lebih tertutup sama topi.

Bruv For Men untukmu yang Sering Terpapar Sinar Matahari

Bruver harap tenang! Bruv For Men siap buat ngasih perawatan ekstra buat kulit Bruver yang sering terpapar sinar matahari. Formulanya yang alami ampuh buat bersihin kotoran dan minyak di wajah, tanpa bikin rasa ketarik.

Antioksidan dan anti-inflamasi yang ada di dalamnya bisa meredakan rasa panas dan gatal akibat paparan sinar matahari yang bisa bikin wajah merah. Sehingga, Bruver bisa kembali beraktivitas dengan nyaman tanpa rasa perih dan kemerahan pada wajah. 

Kandungan antioksidan juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari, sehingga kulitmu tampak lebih cerah dan sehat.

Bruv For Men hadir dengan bentuk sabun padat yang praktis dibawa ke mana aja. Sabun ini juga shareable, jadi bisa dibagi ke temen atau keluarga. Yuk, Bruvers! Jaga kesehatan dan penampilanmu dengan Sabun Wajah Bruv For Men.

Gimana nih, udah fixed kan persoalan kenapa wajah memerah saat terkena sinar matahari? Kalau memerahnya udah gak normal atau berlebihan, disarankan Bruver untuk konsultasi langsung dengan tenaga medis, ya!

Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak, Cowok Cewek Wajib Paham

Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak, Cowok Cewek Wajib Paham

Bruver, pernah nggak ngerasa muka jadi terasa berat, lengket, dan basah? Ini artinya kelenjar minyak di wajah lagi aktif ngehasilin sebum atau minyak alami kulit. Ini bisa bikin muka terasa kenceng, komedo bermunculan, dan pori-pori keliatan besar. 

Biasanya kulit berminyak dipengaruhi faktor internal kayak hormon, kesehatan usus, dan pori-pori yang besar. Selain itu, ada juga faktor dari luar, misalnya cuaca, polusi, mandi air panas, serta salah pakai skincare. 

Makanya, sebagai pemilik kulit berminyak, Bruver harus pinter-pinter pilih kandungan skincare untuk kulit berminyak. Katakanlah saat ini bruver lagi cari skincare face wash atau sabun cuci muka, maka pilihlah sabun cuci muka untuk pria berminyak

Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak

kandungan skincare yang cocok untuk kulit berminyak

Supaya minyak di wajah nggak semakin parah, Bruver yang punya kulit berminyak wajib banget pakai kandungan skincare untuk kulit berminyak kayak yang ada di bawah ini!

1. Niacinamide

Niacinamide, atau vitamin B3, adalah bahan perawatan kulit yang populer karena memiliki berbagai manfaat, termasuk untuk kulit berminyak. Niacinamide itu bisa mengontrol kelenjar minyak supaya nggak berlebihan. Niacinamide juga bisa menyeimbangkan kadar air di kulit biar nggak kering atau terlalu berminyak. 

Niacinamide juga dapat membantu mengecilkan pori-pori yang terbuka lebar. Menurut hellosehat.com, niacinamide juga aman dipakai segala jenis kulit. Makanya, cocok banget jadi kandungan andalan skincare untuk kulit berminyak dan sensitif.

2. Salicylic Acid

Salicylic acid udah terkenal karena kemampuannya untuk mengontrol minyak alami kulit. BHA yang satu ini larut dalam minyak, yang berarti bisa menembus jauh ke dalam pori-pori dan mengelupas sel-sel kulit mati. 

Selain itu juga punya sifat anti-inflamasi, sehingga bisa bantu ngurangin peradangan di kulit, yang merupakan salah satu faktor penyebab jerawat dan bruntusan. Salicylic acid juga bisa bantu bunuh bakteri penyebab jerawat. Mantap banget kan salicylic acid kalau ada di kandungan skincare kulit berminyak dan bruntusan?

3. Hyaluronic Acid

Jangan kira cuma kulit kering aja ya yang butuh pelembap, kulit berminyak juga lho. Hyaluronic acid itu sering disebut-sebut mirip spons yang bisa menyerap air sampai seribu beratnya sendiri, sekaligus mengunci kelembapan kulit. 

Hyaluronic acid bisa bantu menghidrasi kulit, tanpa bikin lebih berminyak, bahkan bisa mengencangkan dan bikin kulit lebih elastis. Nah, kalau kulit lembab, maka bisa terhindar dari berbagai masalah kulit. Hyaluronic acid bisa banget untuk jadi kandungan skincare pada kulit berminyak dan kusam.

Oh iya Bruver, soal hyaluronic acid, pastikan Bruver juga paham soal kandungan hyaluronic acid tidak boleh dicampur dengan kandungan apa saja dalam penggunaan produk skincare.

4. Retinol

Retinol yang terbuat dari vitamin A adalah salah satu bahan aktif yang paling populer dalam dunia perawatan kulit. Retinol itu kandungan skincare yang pas untuk kulit berminyak dan berjerawat, soalnya bisa ngurangin produksi minyak sekaligus mengobati jerawat, mengecilkan pori-pori, dan mensintesis kolagen.

Penelitian menunjukkan bahwa retinol bisa mengurangi produksi sebum hingga 30%. Hal ini bisa membantu mengurangi masalah kulit berminyak, seperti jerawat dan pori-pori yang membesar.

5. Emolien 

Pernah pakai petrolatum, minyak kelapa, shea butter, minyak zaitun, dan sejenisnya? Mereka termasuk jenis emolien yang sering dipakai dalam skincare routine.

Emolien itu kandungan yang bisa melembapkan kulit, tanpa bikin kulit makin berminyak. Hal ini karena emolien tidak menyumbat pori-pori, sehingga cocok buat kulit berminyak.

Emolien bisa memperbaiki skin barrier. Emolien bekerja dengan cara mengisi celah-celah antar sel kulit, sehingga kulit menjadi lebih terhidrasi dan terasa lebih lembut.

6. Clay

Clay atau tanah liat ini biasanya dipakai sebagai masker yang bisa jadi solusi kulit berminyak. Hal ini karena clay bisa menyerap minyak berlebih dan kotoran pada kulit.

Kaolin clay adalah jenis clay mask yang paling umum digunakan untuk kulit berminyak. Clay mask ini memiliki sifat yang dapat menyerap minyak tanpa membuat kulit kering. 

Tapi, menurut dokter kulit bersertifikat, Brooke Grant Jeffy, MD, Bentonite Clay punya kandungan mineral kayak kalsium, magnesium, dan zat besi. Fungsinya, untuk menyerap minyak berlebih, hingga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat.

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Kulit Berminyak

infografis kandungan skincare untuk kulit berminyak

Paham kan, kandungan skincare untuk kulit berminyak? Nah sekarang kita bahas kebalikannya, yaitu kandungan skincare yang tidak boleh untuk kulit berminyak. Cek skincare-mu, Bruver! Jangan sampai ada bahan-bahan ini ya!

  1. Scrub

Scrub adalah produk perawatan kulit yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit. Scrub umumnya terbuat dari partikel-partikel kecil, seperti butiran gula, garam, atau biji-bijian, yang digosok ke kulit.

Secara umum, scrub tidak disarankan untuk kulit berminyak. Hal ini dikarenakan scrub bersifat abrasif, atau bisa menyebabkan robekan mikro pada kulit, merusak skin barrier, dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit berminyak.

  1. Occlusives

Occlusives sebenarnya nggak dilarang sepenuhnya buat kulit berminyak, Bruver. Cuma memang penggunaannya perlu lebih hati-hati dibanding tipe kulit kering atau normal.

Soalnya, occlusives mengunci kelembapan dengan cara membentuk lapisan pelindung di atas kulit yang mencegah penguapan air. Jadi, pori-pori tersumbat dan bisa bikin produksi minyak meningkat. Occlusives biasanya punya tekstur yang berat dan oily. Ini mungkin bikin kulit berminyak terasa tambah berminyak dan nggak nyaman.

  1. Face Oil

Tekstur face oil yang oily memang bisa bikin kulit berminyak terasa tambah licin dan nggak nyaman. Tapi, sama kayak occlusives, face oil juga nggak sepenuhnya dilarang, tapi tidak disarankan untuk kulit berminyak. 

Beberapa jenis face oil, terutama yang kaya akan asam oleat punya tekstur yang berat dan gampang menyumbat pori-pori. Pori tersumbat bisa memicu komedo dan jerawat, terutama pada kulit berminyak yang rentan berjerawat. 

  1. Alkohol 

Alkohol tertentu, kayak ethanol atau denatured alcohol, bersifat astringent dan bisa bikin kulit kering. Kulit berminyak sebenarnya butuh hidrasi, jadi alkohol jenis ini bisa bikin minyak kulit diproduksi lebih banyak sebagai kompensasi.

Akibatnya, kulit jadi lebih berminyak dari sebelumnya, dan pori-pori bisa tersumbat. Selain itu, alkohol juga bisa merusak lapisan skin barrier. Hal ini bisa memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. 

  1. Silikon

Silikon itu bahan sintetis yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit, seperti pelembap, sunscreen, dan makeup. Sayangnya, silikon bisa menjadi masalah buat kulit berminyak, soalnya menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi kulit berminyak. Kenapa?

Silikon bersifat hidrofobik, artinya tidak larut dalam air. Hal ini membuat silikon sulit dibersihkan dari kulit, terutama jika digunakan dalam jumlah besar atau teksturnya berat. Silikon yang menumpuk di pori-pori dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu timbulnya jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.

  1. Mineral Oil

Hampir sama kayak silikon, mineral oil juga nggak larut dalam air, atau hidrofobik. Mineral oil susah dibersihkan, dan bikin pori-pori tersumbat. Akibatnya, kulit jadi lebih berminyak dari sebelumnya.

Mineral oil juga bisa bikin lapisan film di permukaan kulit yang bisa menghalangi penguapan air dari kulit, sehingga kulit bisa terasa lebih berminyak.

Sekarang udah ngerti kan, kandungan skincare untuk kulit berminyak dan yang harus dihindari? Buat Bruver yang lagi cari skincare untuk kulit berminyak, bisa cobain Bruv For Men. Sabun ini diformulasikan khusus buat pria aktif yang nggak mau ribet.

Kandungan aktif yang ada di dalam Bruv For Men, seperti activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil, bisa membantu merawat kulit dan membantu Bruver mencapai kulit impian.

Selain pakai skincare, Bruver juga harus menjaga pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat, supaya lebih berasa efek sampingnya.

Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat, Catat Biar Perawatan Gak Sia-sia

Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat, Catat Biar Perawatan Gak Sia-sia

Bruver lagi jerawatan? Sebenernya, jerawat itu hal yang normal dialami oleh semua orang, kok. Tapi, kalau jerawatnya udah parah, tentu kita harus cari cara untuk mengatasinya.

Salah satu cara untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Namun, memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk kulit berjerawat itu nggak gampang. 

Kita harus tahu kandungan-kandungan skincare apa saja yang bisa membantu mengatasi jerawat, dan kandungan-kandungan skincare apa saja yang justru bisa memperparah jerawat.

Nah, di artikel ini, kita bakal membahas tentang kandungan skincare untuk kulit berjerawat, juga kandungan yang harus dihindari.

Misalnya soal face wash atau sabun muka, Bruver harus memilih sabun muka yang bagus untuk pria berjerawat. Jangan sampai salah pilih produk!

Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat

kandungan skincare yang bagus untuk kulit berjerawat

Bruver, kalau ngomongin soal skincare, ternyata kulit berjerawat punya treatment khusus dan harus pilih-pilih nih. Terus apa aja kandungan skincare untuk kulit berjerawat?

1. Benzoyl Peroxide

Bahan ini bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat, serta membantu membersihkan sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Untuk hasil yang optimal, Bruver bisa menggunakan benzoyl peroxide dengan kandungan 5% atau 10%. Namun, jika Bruver memiliki kulit sensitif, sebaiknya mulailah dengan konsentrasi yang lebih rendah, yaitu 2,5%.

2. Salicylic Acid

Salicylic acid termasuk Beta Hydroxy Acid (BHA) yang punya fungsi eksfoliasi atau mengelupas sel kulit mati dengan lembut biar pori-pori nggak tersumbat.

Selain itu, salicylic acid juga punya kemampuan masuk ke dalam pori-pori dan mengeluarkan minyak berlebih yang bikin lengket dan gampang jadi komedo. Salicylic acid juga punya efek sejuk dan bisa meredakan kemerahan.

3. Glycolic Acid

Kalau salicylic acid termasuk BHA, glycolic acid ini termasuk Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bisa mengatasi jerawat dengan cara mengangkat sel kulit mati dan meredakan gejala peradangan seperti kemerahan. Dikutip webmd.com, glycolic acid juga bisa merangsang pertumbuhan kulit baru, sehingga bisa jadi kandungan skincare yang baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

4. Azelaic Acid

Kalau Bruver pengen punya kulit bebas jerawat tapi takut sama skincare yang keras, atau punya kulit sensitif, azelaic acid ini bisa jadi solusinya! Soalnya, azelaic acid ini umumnya lebih gentle dibandingkan bahan-bahan lain kayak benzoyl peroxide atau salicylic acid.

Azelaic acid memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini juga membantu mencegah penumpukan keratin, protein yang dapat menyumbat pori-pori.

5. Vitamin C

Bruver, tahu nggak kalau vitamin C nggak cuma penting buat kesehatan tubuh, tapi juga bisa bermanfaat untuk kulit? Bahkan, menurut Harvard Health, vitamin C, yang secara resmi dikenal sebagai asam askorbat, adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Selain itu, vitamin C juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit berjerawat. Vitamin C bisa menghambat produksi melanin yang bisa bikin kusam, makanya cocok banget buat skincare kulit berjerawat dan kusam.

6. Tea Tree Oil

Minyak esensial ini diekstrak dari daun pohon teh. Tea tree oil ini ternyata bukan cuma wangi dan bikin rileks, tapi juga ampuh nyembuhin jerawat. 

Dalam sebuah penelitian, gel dengan 5% tea tree oil bisa seefektif gel dengan 5% benzoyl peroxide dalam meredakan jerawat, walaupun tidak dalam waktu yang singkat. Tea tree oil bisa nyembuhin jerawat dengan cara membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengatasi pori-pori tersumbat.

7. Sulfur 

Memang bener, sulfur terkenal dengan aroma yang nggak terlalu bersahabat sama hidung. Tapi jangan salah, sulfur bisa mengelupas sel-sel kulit mati yang bikin pori-pori tersumbat dan bikin jerawat. 

Sulfur juga bisa mengontrol minyak berlebih dan mencegah jerawat. Hal ini karena sulfur punya sifat antibakteri dan antijamur yang bisa membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat dan jamur yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. 

8. Niacinamide 

Menurut dermalogica.com, niacinamide itu kandungan skincare yang serba bisa ngatasin berbagai masalah dan jadi kandungan yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Niacinamide bisa memperkuat skin barrier, menjaga pori-pori tetap bersih, serta membersihkan minyak dan kotoran pada pori-pori.

Niacinamide membantu mengatur produksi minyak kulit, yang bisa mencegah kelebihan minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Niacinamide juga punya anti-inflamasi yang bisa ngilangin bengkak dan kemerahan.

9. Retinol 

Meskipun retinol terkenal buat ngatasin tanda-tanda penuaan, ternyata retinol juga termasuk kandungan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat lho. Dr. Henry, salah satu ahli dermatologi mengatakan bahwa retinol bisa bantu memperkecil pori-pori, mengelupas sel kulit mati, sekaligus merangsang produksi kolagen.

Tips: Selain soal kandungan, penting juga buat bruver paham urutan skincare pagi dan malam untuk pemula agar manfaat dari produk skincare bisa optimal dan terhindar dari efek samping negatif yang timbul karena salah penggunaan.

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Kulit Berjerawat

infografis kandungan skincare untuk kulit berjerawat
xr:d:DAF62RernhA:10,j:9070666202751188100,t:24012502

Setelah tau kandungan skincare untuk kulit berjerawat, sekarang giliran kita bahas terkait kandungan skincare yang tidak boleh untuk kulit berjerawat. 

  1. Denatured dan Stearyl Alcohol

Kedua jenis alkohol ini memang sering ditemui di kandungan-kandungan skincare, soalnya bisa menjaga konsistensi produk sekaligus pengawet. Tapi, sayangnya Denatured dan Stearyl Alcohol punya sifat drying, atau bisa bikin kulit kering dan iritasi. Alkohol ini juga bisa menyumbat pori-pori, sehingga bisa jadi tempat berkembangnya jerawat.

  1. Parfum

Parfum itu campuran bahan kimia yang bikin produk skincare jadi wangi. Nah, beberapa bahan kimia dalam parfum itu bisa bikin kulit iritasi dan meradang. Kulit yang iritasi dan meradang itu lebih rentan muncul jerawat.

Selain itu, beberapa bahan kimia dalam parfum juga bisa menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat itu bisa jadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat.

  1. Paraben 

Paraben itu pengawet yang biasa dipakai buat bikin produk perawatan kulit awet. Tapi, ada beberapa penelitian yang bilang kalo paraben bisa mengganggu hormon tubuh, terutama pada kulit berjerawat. Hal ini bisa bikin produksi minyak berlebih dan peradangan pada kulit, yang bisa bikin jerawat makin parah.

Selain itu, paraben juga bisa mengiritasi kulit, terutama pada kulit sensitif. Kulit yang iritasi lebih rentan muncul jerawat.

  1. Oxybenzone

Biasanya, oxybenzone ditemuin di dalam sunscreen, soalnya efektif melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Tapi, oxybenzone bisa menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit. Disamping itu, oxybenzone juga bisa mengganggu hormon tubuh dan menyebabkan produksi minyak berlebih dan peradangan pada kulit, yang dapat memperburuk jerawat.

  1. Mineral Oil

Mineral oil adalah bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit, seperti pelembap, make-up remover, dan sunscreen. Mineral oil memiliki beberapa manfaat, seperti melembapkan kulit, melindungi kulit dari iritasi, dan samencegah kulit kering.

Sama kayak oxybenzone, mineral oil juga jadi kandungan skincare yang tidak boleh untuk kulit berjerawat. Soalnya, mineral oil bisa menyumbat pori-pori dan bikin iritasi.

Baca Juga: Kandungan Hyaluronic Acid Tidak Boleh Dicampur dengan?

Nah, Bruver, dengan mengetahui  kandungan skincare untuk kulit berjerawat dan kandungan yang harus dihindari, Bruver bisa lebih gampang milih skincare-nya. 

Tapi, biar lebih gampang, cobain aja Bruv For Men. Sabun ini punya komposisi skincare untuk kulit kering dan berjerawat, serta tidak mengandung kandungan-kandungan yang dapat memperburuk jerawat. 

Bruv For Men mengandung activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang dapat membantu membersihkan kulit, mengontrol produksi minyak, dan mencegah jerawat.

Bruv For Men juga memiliki konsep shareable, jadi Bruver bisa pakai bareng temen-temenmu.

Yuk, cobain Bruv For Men sekarang! Dijamin kulit Bruver bakal bebas jerawat dan lebih sehat.

Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula, Jangan Sampai Keliru!

Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula, Jangan Sampai Keliru!

Skincare tidak hanya untuk wanita, lho! Bruver juga perlu skincare untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Kulit wajah Bruver sama pentingnya dengan kulit wajah wanita. Apalagi, pria lebih rentan terkena masalah kulit karena beberapa faktor, misalnya lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar polusi serta sinar matahari. Bruver bisa mengalami masalah-masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, dan penuaan dini.

Dengan menggunakan skincare dan urutan skincare pagi dan malam untuk pemula yang tepat, Bruver dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kulit wajah Bruver akan menjadi lebih sehat, cerah, dan awet muda.

Terus gimana urutan skincare pagi dan malam untuk pemula? 

Pentingnya Tahu Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula

Skincare adalah rangkaian perawatan kulit yang dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Apalagi, kulit itu organ terbesar di tubuh manusia yang punya fungsi melindungi tubuh dari berbagai faktor berbahaya, seperti sinar matahari, polusi, dan radikal bebas. 

Urutan skincare pagi dan malam untuk pemula dapat membantu melindungi kulit dari faktor-faktor berbahaya tersebut dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Skincare sendiri terdiri dari berbagai macam produk yang memiliki fungsi masing-masing. 

Urutan rangkaian Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula

Mungkin di dunia ini ada puluhan bahkan ratusan jenis skincare, mulai dari produk dasar yang wajib digunakan setiap hari, hingga produk yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Untuk Bruver yang belum terbiasa, sebaiknya mulai dari tahapan skincare pagi dan malam untuk pemula yang sederhana dan mudah untuk diterapkan.

Urutan Skincare Pagi untuk Pemula

Merawat kulit sebaiknya dimulai di pagi hari, dimana kulit Bruver belum terpapar sinar matahari dan polusi. Rutinitas perawatan kulit di pagi hari dapat membantu melindungi dan mempersiapkan kulit sebelum Bruver beraktivitas. Berikut ini urutan skincare pagi untuk pemula: 

1. Mencuci Muka

Bruver, tahu nggak kalau kulit kita memproduksi minyak alami saat tidur? Minyak ini berfungsi untuk menghidrasi kulit. Tapi, minyak ini juga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, produk skincare yang Bruver pakai malam hari juga bisa meninggalkan residu.

Nah, cuci muka itu salah satu urutan skincare yang penting banget buat menghilangkan minyak dan kotoran ini. Kulit jadi lebih bersih dan terhindar dari jerawat. Pori-pori juga jadi terbuka, sehingga produk skincare yang Bruver pakai di pagi hari bisa lebih meresap.

Tips Mencuci Muka untuk Bruver

  • Gunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit Bruver. 
  • Cuci muka dengan air hangat selama 2-3 menit.
  • Pijat wajah dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari.
  • Bilas wajah dengan air bersih.
  • Keringkan wajah dengan handuk bersih.

2. Gunakan Toner

Urutan skincare pagi dan malam yang sering dikesampingkan adalah menggunakan toner. Padahal, toner punya banyak manfaat yang bisa bikin kulit bruver makin oke, misalnya bisa bikin kulit lebih segar, menghilangkan sisa kotoran, menyeimbangkan pH kulit, sampai melembapkan kulit

Ada dua jenis toner yang Bruver harus tau, yaitu:

  • Hydrating toner

Hydrating toner adalah jenis toner yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Toner ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan sensitif.

  • Exfoliating toner

Exfoliating toner adalah jenis toner yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Toner ini cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

3. Gunakan Serum

Serum adalah produk perawatan kulit yang bisa bikin kulit Bruver makin oke. Serum mengandung bahan aktif yang terkonsentrasi, ringan dan mudah meresap ke dalam kulit sehingga cocok untuk Bruver yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk merawat kulit.

Pakai serum berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, melembapkan kulit, dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat, keriput, hiperpigmentasi, hingga garis halus.

Jenis-jenis serum juga banyak banget Bruver, tinggal sesuaiin sama kebutuhan kulit aja, misalnya ada serum niacinamide, vitamin C, hyaluronic acid, peptides, green tea, retinoid, dan masih banyak lagi.

4. Jaga Kelembapan Kulit

Pelembap adalah salah satu step penting dalam rangkaian skincare pagi dan malam untuk pemula. Setelah menggunakan rangkaian skincare sebelumnya, Bruver bisa mengaplikasikan pelembap secara merata. Oleskan dari sisi terluar wajah ke tengah, mulai dari dagu ke atas, hingga ke leher.

Pelembap berfungsi untuk menjaga kelembaban, mencegah kulit kering, melindungi dari polusi dan sinar UV, mendukung elastisitas kulit untuk menghindari penuaan dini, membantu proses penyembuhan, dan juga menjaga keseimbangan minyak alami kulit.

5. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen itu penting banget buat Bruver. Bukan cuma buat cegah kulit gosong, tapi juga buat cegah keriput dan penuaan dini. Bruver bisa pakai sunscreen minimal SPF 30 sebanyak dua ruas jari ke seluruh area wajah dan leher 30 menit sebelum terpapar sinar matahari. Jangan lupa re-apply ya setiap 2 jam sekali, atau lebih sering jika Bruver berkeringat atau berenang.

Ada dua jenis utama sunscreen yang umum di pasaran, antara lain:

  • Chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV. Sinar UV yang diserap akan berubah menjadi panas dan dibuang dari tubuh. Chemical sunscreen biasanya lebih ringan dan mudah meresap ke dalam kulit daripada physical sunscreen.
  • Physical sunscreen bekerja dengan memantulkan sinar UV. Sinar UV yang dipantulkan akan kembali ke atmosfer dan tidak mencapai kulit. Physical sunscreen biasanya lebih terasa lengket dan tebal daripada tabir surya kimia.

Selain soal urutan, Bruver juga harus paham mengenai kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Urutan Skincare Malam untuk Pemula

Sebenarnya, urutan skincare malam untuk pemula tidak jauh berbeda dengan urutan skincare pagi untuk pemula. Jangan malas melakukan skincare routine malam karena kulit beregenerasi dengan lebih cepat pada malam hari. Berikut ini urutan skincare malam untuk pemula:

1. Bersihkan Wajah

Saat malam hari, Bruver harus membersihkan wajah lebih ekstra lagi, karena dari pagi hingga sore hari, Bruver terpapar polusi, debu, dan kotoran lainnya. Lakukan dengan teknik double cleansing atau metode pembersihan wajah yang melibatkan dua tahap pembersihan untuk memastikan kulit benar-benar bersih menyeluruh. 

Pertama, gunakan pembersih berbahan dasar minyak, seperti cleansing oil, cleansing balm, makeup remover, micellar water, dan sejenisnya. Kemudian, pada tahap kedua gunakan pembersih berbasis air seperti facial wash, dan bilas hingga bersih.

2. Gunakan Toner

Jangan salah, toner tidak hanya cukup digunakan pada pagi hari, namun juga pada malam hari. Pada malam hari, kulit akan beregenerasi lebih cepat. Toner juga bisa membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang masih tertinggal.

Gunakan toner setelah mencuci muka di malam hari. Tuangkan toner secukupnya ke kapas, lalu usapkan ke seluruh wajah dan leher. Pijat wajah secara lembut dengan gerakan melingkar untuk membantu toner menyerap ke dalam kulit.

3. Gunakan Eye Cream

Mata adalah area yang paling sensitif dan lebih tipis dari area wajah lainnya, dan juga area yang paling rentan terhadap penuaan. Eye cream dapat membantu melindungi kulit di area mata dari kerusakan dan penuaan, serta membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan yang sudah muncul, seperti garis-garis halus, kerutan, kulit kendur, dan lingkaran hitam di bawah mata.

Kenapa lebih efektif saat malam hari? Pada malam hari, tidak ada makeup atau sunscreen yang menghalangi penyerapan eye cream ke dalam kulit. Ini memungkinkan bahan-bahan aktif bekerja lebih efektif dan mencapai lapisan kulit yang lebih dalam.

Rekomendasi Artikel: Hyaluronic Acid Tidak Boleh Dicampur dengan?

4. Gunakan Pelembap

Kulit wajah beregenerasi dengan lebih cepat saat tidur, sehingga kulit memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit. Pelembap membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit dapat bernapas dengan baik dan proses regenerasi kulit dapat berjalan lancar.

infografis Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Pemula

Sering Malas Pakai Skincare? Bruv For Men Solusinya

Urutan skincare pagi dan malam untuk pemula seperti yang dipaparkan diatas mungkin kelihatan ribet, dan bikin Bruver jadi makin malas pakai skincare.

Eits, jangan khawatir! Bruv For Men bisa jadi solusi buat Bruver yang sering malas pakai skincare.

Bruv For Men adalah sabun batang yang praktis dan multifungsi. Sabun muka yang sekaligus bisa digunakan untuk membersihkan kulit tubuh, sehingga Bruver bisa menghemat waktu dan tenaga.

Sabun ini memiliki kandungan aktif seperti activated bamboo charcoal, argan oil, dan peppermint oil yang dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan sisa makeup, serta melembapkan dan menyegarkan kulit.

Yuk, mulai rutin pakai Bruv For Men biar kulit Bruver tetap sehat dan ganteng sepanjang hari!